Begini Syarat dan Cara Formulir Daftar Umkm Online

Infoyunik.com – Pemerintah kota tangerang membuka pendaftaran bantuan langsung tunai (Blt) bagi pemilik usaha mikro kecil dan menengah (Umkm) secara online. Formulir daftar umkm online ini untuk mencegahnya penumpukan massa.

Pemkot tangerang sudah membuka pendaftaran blt umkm secara offline. Tetapi, pendaftaran blt umkm tersebut menimbulkan kerumanan masa sehingga terpaksa dibatalkan.

Bantuan blt umkm tersebut untuk mendukung pertumbuhan umkm, mengingat pandemi corona menjatuhkan perekonomian sehingga menekan bisnis umkm.

Dan bantuan blt umkm ini merupakan program pemerintah pusat untuk membantu pengusaha umkm berkembang di tengah pandemi corona.

Blt umkm merupakan bagian dari program pemulihan ekonomi nasional. Besarnya bantuan blt umkm mencapai Rp. 2.4 juta per pengusaha.

Cara Formulir Daftar Umkm Online

Cara Formulir Daftar Umkm Online

Berikut ini adalah cara pendaftaran bantuan blt umkm di kota tangerang, yang perlu kamu ketahui:

  1. Buka sabakota.tangerangkota.go.id, klik ikon login, dan masuk menggunakan akun sabakota kamu.
  2. Isi formulir yang diberikan setelah memilih pilihan pendaftaran stimulus modal usaha umkm.
  3. Unggah surat keterangan rt atau rw yang membuktikan bahwa pemohon adalah pemilik perusahaan. Pemohon juga wajib melampirkan gambar ktp, kk, dan tempat usaha.
  4. Buat lokasi yang sesuai dengan lokasi perusahaan menggunakan peta digital.
  5. Simpan dan isi tombol izin sebelum mengklik tombol daftar. Jika permohonan ditolak, pemohon dapat mengajukan kembali. Jika dikabulkan, pemohon harus menunggu Kementerian koperasi dan ukm menyelesaikan prosedur pelaksanaannya. Permohonan bantuan blt umkm telah selesai.
  6. Permohonan bantuan blt umkm kemudian akan diverifikasi. Jika permohonan ditolak, calon penerima dapat mengajukan permohonan kembali. Namun, jika dikabulkan, permohonan bantuan blt umkm harus menunggu kementerian koperasi dan ukm menyelesaikan prosedur pelaksanaannya.

Syarat Mendaftar Umkm Online

Sebelum kamu melakukan cara daftar umkm online, ada baiknya kamu harus mengetahui beberapa syarat untuk mempersiapkan dengan secara baik. Berikut syarat mendaftar umkm online yang perlu kamu ketahui antara lain:

  1. Untuk warga negara indonesia, diperlukan ktp (Wni).
  2. Memiliki nomor induk kependudukan (Nik) yang masih berlaku.
  3. Memiliki usaha kerajinan, masakan, warung, atau restoran yang berbeda.
  4. Bekerja sebagai pegawai negeri, tni, atau polri bukan merupakan pilihan.
  5. Memiliki iumk.
  6. Bagi perorangan yang memiliki ktp dengan domisili yang berbeda dengan alamat perusahaan, simpanlah surat keterangan usaha (Sku).

Proses Izin Komersial atau Operasional

Proses Izin Komersial atau Operasional

Kalau kamu ingin meminta izin secara komersial atau operasional untuk bisnis kamu, cobalah untuk melakukan beberapa cara mendaftar umkm khusus izin komersial yakni seperti:

  1. Buka https://oss.go.id/portal/ untuk mendaftar umkm.
  2. Kemudian, pilih “Aplikasi iumk” dari opsi drop-down.
  3. Kemudian, pilih “Izin komersial atau operasional.”
    baru kemudian kamu memilih “Nib atau mungkin kegiatan usaha kamu.”
  4. Kemudian, klik “Nib.”
  5. Nantinya, situs web akan menampilkan banyak daftar aktivitas perusahaan, serta nama kamu sebagai pemilik perusahaan.
  6. Pilih aktivitas bisnis yang ingin kamu ikuti.
  7. Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengisi formulir dengan detail yang harus kamu isi.
  8. Isi semua bagian yang kosong dalam formulir; setelah kamu selesai, klik “Lanjutkan”.
  9. Kemudian tekan tombol “Save”.
  10. Kemudian, pilih “Pratinjau izin” untuk memeriksa draf izin komersial atau operasional kamu.
  11. Kemudian klik tombol “Lanjutkan” dan kemudian “Simpan”.
  12. Terakhir, kamu dapat menginstruksikan oss untuk menerbitkan izin operasional atau komersial perusahaan kamu dengan memilih opsi “Pratinjau”.
Baca Juga:  Begini Cara Menghemat Uang Setiap Hari Secara Efektif

Cara Mengembangkan UMKM

Mengembangkan bisnis kamu seperti merawat tanaman. Kamu membutuhkan tanah yang tepat untuk bisnis kamu bisa berakar dan jumlah air dan sinar matahari yang tepat untul mendorong dan memelihara pertumbuhan.

Kamu juga pasti menginginkan bisnis stabil dan berkelanjutan sehingga bisnis kamu tidak hanya tumbuh, tetapi juga akan berkembang apalagi setelah mendaftarkannya ke oss. Bagi kamu yang ingin mengembangkan bisnis kita akan kasih beberapa cara yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Fokus pada Penjualan

Sebagai perusahaan baru yang bertujuan untuk tumbuh setelah mendapat lisensi dari OSS, kamu harus mencurahkan sebagian besar waktu dan perhatian kamu pada penjualan. Jika kamu ingin maju dalam karier kamu, kamu perlu mencurahkan sekitar sepertiga waktu kamu untuk penjualan.

Dunia dipenuhi dengan barang-barang luar biasa dan layanan pelanggan yang luar biasa, tetapi jika kamu tidak menawarkan hal-hal hebat yang sama, kamu akan kesulitan untuk bersaing. Jadi, cobalah fokus pada penjualan dan lihatlah seberapa cepat perusahaan kamu berkembang.

2. Lakukan Ekspansi

Jika kamu memulai dengan toko offline, metode alami untuk memperluas perusahaan kamu adalah dengan membuka lokasi lain.

Dan jika bisnis pertama kamu berjalan dengan baik dan kamu yakin dapat mengelola peluncuran bisnis lain tanpa kehilangan kendali, pertimbangkan untuk melakukan ekspansi. Cari tempat dan pilih yang terbaik bagi kamu untuk memasuki pasar baru.

3. Diversifikasi Bisnis

Diversifikasi adalah metode lain yang sangat baik untuk mengembangkan perusahaan kamu. Kamu mungkin sudah memiliki beberapa ide untuk barang atau jasa yang akan melengkapi penawaran perusahaan kamu saat ini.

Untuk itu ciptakan sumber pendapatan baru yang menyenangkan konsumen yang sudah ada dan menarik konsumen baru.

4. Daftarkan Bisnis Dengan Tokoko

Salah satu solusi yang harus dilakukan adalah memperluas perusahaan kamu dengan mendaftarkannya di internet. Sebuah situs web harus dimiliki di era teknologi saat ini untuk ekspansi bisnis. Belanja online telah menjadi sumber pendapatan yang signifikan bagi banyak perusahaan.

5. Fokus pada Pemasaran

Pemasaran sangat penting dalam setiap perusahaan. Pemasaran yang dilakukan dengan benar dapat membantu perusahaan kamu berkembang. Terutama jika perusahaan kamu sudah terdaftar di OSS.

6. Dapatkan Dukungan Keuangan

Setiap perusahaan membutuhkan modal untuk berkembang. Tentukan sumber-sumber keuangan, jenis modal yang dibutuhkan perusahaan kamu dan bagaimana cara mendapatkannya. Apakah kamu baru memulai atau mengembangkan perusahaan kamu.

Ciri-Ciri Umkm

Ciri-Ciri Umkm

Untuk itu ada beberapa ciri-ciri umkm yang mesti kamu ketahui juga. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Umkm yang dimanfaatkan sebagai peluang kerja untuk mencari nafkah diklasifikasikan sebagai kegiatan mata pencaharian. Ini disebut sebagai sektor informal.
  2. Usaha mikro: umkm yang bersifat artisanal tetapi bukan wirausaha.
  3. Usaha kecil dinamis: umkm yang telah merambah kewirausahaan dan mampu menerima pekerjaan subkontrak dan ekspor.
  4. Perusahaan yang bergerak cepat (fast moving enterprise, fme): umkm yang giat dan akan tumbuh menjadi perusahaan besar.
Baca Juga:  Apa itu Nomor Rekening? Fungsi dan Manfaatnya

Berikut penjelasan lebih detail mengenai ciri-ciri umkm yang perlu kamu ketahui sebagai berikut:

  • Mikro: kekayaan bersih maksimal 50 juta rupiah, hasil penjualan paling banyak 300 juta rupiah per tahun.
  • Kecil: kekayaan sekitar 50 juta hingga 500 juta rupiah, hasil penjualan sekitar 300 juta hingga 2,5 milyar rupiah per tahun.
  • Menengah: kekayaan bersih sekitar 500 juta hingga 10 milyar, hasil penjualan paling banyak 2,5 milyar hingga 50 milyar per tahun.
  • Usaha kecil dilakukan oleh sendiri ataupun pegawai dengan jumlah sedikit.
  • Jenis produk ekonomi tidak tetap dan dapat berganti sesuai kondisi.
  • Lokasi transaksi ekonomi tidak tetap dan dapat berpindah-pindah.
  • Sistem pembukuan belum baku karena masih bercampur dengan uang pribadi.
  • Aturan kebijakan usaha dan sistem administrasi belum jelas.
  • Sumber daya manusianya belum memadai.
  • Modal yang terbatas.
  • Tidak memiliki legalitas atau izin usaha.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar formulir daftar umkm online, yakni:

Apakah Masih Bisa Daftar Umkm 2022?

Pemerintah saat ini sedang melakukan finalisasi blt umkm. Akibatnya, proses pendaftaran BLT UMKM 2022 tetap ditutup untuk sementara waktu.

Bantuan Umkm 2022 Kapan Dibuka?

Keputusan tersebut tertuang dalam peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 134/2022, yang ditandatangani pada 5 September 2022.

Tentang belanja wajib dalam rangka penanganan dampak inflasi tahun anggaran 2022. Bpum atau blt umkm akan disalurkan oleh pemerintah daerah mulai bulan Oktober 2022 (Pemda).

Apakah Bisa Daftar UMKM Lewat Hp?

Dengan mendaftarkan diri melalui ponsel, kamu bisa mendapatkan bantuan blt umkm sebesar Rp1,2 juta. BLT umkm.

Seperti namanya akan diberikan kepada usaha kecil dan menengah yang memenuhi syarat. blt umkm akan diberikan mulai minggu pertama Oktober 2022, yaitu minggu ini.

BACA JUGA:

10 Cara Memulai Usaha dan Contohnya
Cara Mendapatkan Uang dari Shopee Terbaru Secara Lengkap
Jenis Bisnis Online Yang Menghasilkan Uang

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa formulir daftar umkm online ini tidak ada pungutan biaya. Dan jika kamu memiliki bisnis umkm jangan lupa mendaftarkan usaha kamu secara resmi agar dapat memperoleh sku.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.