Begini Cara Tarik Tunai LinkAja di Indomaret

Infoyunik.com – Sobat unik, apakah kamu sudah mengerti cara tarik tunai LinkAja di Indomaret? Nah sebelum membahas lebih detail, sudah banyak keuntungan dengan adanya aplikasi dompet digital seperti sekarang ini mulai dari pembayaran secara mudah dan cepat.

Namun itu bukanlah menjadi sebuah masalah besar, meskipun sebagian besar uang kamu masukkan ke dompet digital seperti LinkAja. Karena setiap pengguna aplikasi LinkAja dapat melakukan tarik tunai tanpa harus ke mesin atm, kamu bisa lakukan tarik tunai di Indomaret atau Alfamart.

Tidak semua akun bisa melakukan tarik tunai, karena fitur kirim uang tidak bisa digunakan apabila akun kamu masih LinkAja basic service. Nah untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Apa Itu LinkAja

Apa itu LinkAja

LinkAja ini merupakan aplikasi pembayaran yang dimiliki PT. Fintek karya nusantara (Finarya). Finarya ini adalah anak usaha dari PT.

Telekomunikasi selular Indonesia (Telkomsel) Sebuah perusahaan telekomunikasi dibawah badan usaha milik Negara (BUMN).

LinkAja ini merupakan produk kerja sama Telkomsel dengan anak usaha BUMN lain seperti bank Mandiri. BNI, BRI, Pertamina, BTN, Asuransi Jiwaraya dan DanaReksa.

Pelanggan lama Telkomsel ini tentu saja tidak asing lagi dengan Tcash, aplikasi ini adalah pembayaran milik Telkomsel yang berfungsi sebagai seperti dompet digital, namun dengan penyediaan yang lebih terbatas.

LinkAja boleh dibilang menggantikan Tcash. LinkAja ini juga mulai beroperasi pada 21 Febuari 2019, namun aplikasinya sendiri juga baru diluncurkan pada 30 Juni 2019, Pengguna Tcash ini akan otomatis teralih ke LinkAja.

Pada bulan oktober 2020, Grab Pte Ltd masuk sebagai pemegang saham baru Finarya. Menyusul pada bulan maret 2021.

PT. Dompet karya anak bangsa yang memilik produk dompet digital GoPay ini juga turut menanamkan sahamnya. Bergabungnya dua perusahaan ini memperkuat ekosistem digital LinkAja dalam mengupayakan jasa pembayaran satu untuk semua.

Syarat Tarik Tunai LinkAja

Sebelum lanjut ke pembahasan yang paling utama disini kita informasikan terlebih dahulu syarat mengenai cara tarik tunai.

Pertama Pastikan jika akun kamu sudah di upgrade dari LinkAja basic service ke full service, karena adanya fitur kirim uang atau tarik tunai hanya bisa kamu gunakan jika aplikasi di upgrade.

Kira-kira hanya itu saja persyaratan yang sangat wajib untuk kamu lengkapi, tetapi pastikan juga jika saldo yang kamu miliki lebih dari cukup untuk penarikan dan itu sudah termasuk dengan adanya biaya admin di Indomaret.

Biaya Tarik Tunai LinkAja

Biaya Tarik Tunai LinkAja

Gerai seperti Indomaret ini memang menyediakan cukup banyak jasa mulai dari bayar angsuran, BPJS, Listrik, PDAM dan masih banyak lagi. Namun semua itu terdapat biaya layanan yang dikenakan bagi setiap konsumen.

Seperti halnya ketika kamu ingin melakukan tarik tunai di Indomaret maka akan dikenakan biaya admin, mengenai besaran biaya hampir sama di Alfamart yaitu Rp. 5.000

Minimal Tarik Tunai LinkAja

Jika kamu baru pertama kali tarik tunai lewat Indomaret, hal ini sangat wajib diketahui oleh minimal penarikan yang bisa dilakukan, karena setiap merchat yang bekerja sama dengan LinkAja ini memiliki kebijakan yang beda-beda.

Hal ini karena termasuk di indomaret, dari pengalaman yang pernah melakukannya ini. Minimal bisa tarik tunai ini sebesar Rp. 50.000 sedangkan maksimal penarikan kurang lebih dari Rp. 500 ribu hingga Rp. 1 juta rupiah.

Cara Tarik Tunai LinkAja di Indomaret

Jika kamu sudah mengetahui syarat dan biaya penarikan yang sudah kita sampaikan diatas. Untuk sekarang kita akan membahas intinya ya. Berikut ini beberapa cara tarik tunai LinkAja di Indomaret yang perlu kamu ketahui, antara lain yakni:

1. Buka Aplikasi LinkAja

Langkah pertama adalah meluncurkan aplikasi LinkAja, namun pastikan terlebih dahulu koneksi internet kamu stabil.

Baca Juga:  Syarat dan Cara Buka Rekening BTN Online

2. Pilih Menu Kirim Uang

Jika sudah berhasil masuk ke halaman utama aplikasi, silakan sentuh opsi Send Money di pojok kiri atas.

3. Pilih Snap QR

Setelah itu, kamu memiliki tiga alternatif; silakan pilih Snap QR.

4. Klik Token

Kemudian, pilih saja menu token yang ada di pojok kanan bawah.

5. Masukkan PIN LinkAja

Kemudian, untuk maju ke tahap selanjutnya, masukkan pin LinkAja kamu.

6. Kunjungi Gerai Indomaret

Jika lokasinya terlalu jauh, pergilah ke toko Indomaret terdekat. Sebelum masuk ke Indomaret, kamu boleh melakukan token lagi.

7. Konfirmasi Ke Kasir

Silahkan konfirmasi kepada kasir bahwa kamu ingin menarik saldo LinkAja, lalu tunjukkan token dan tentukan jumlah penarikan. Kasir kemudian memproses dengan cepat.

8. Berhasil

Kamu kini telah berhasil menarik uang tunai LinkAja. Kamu bisa terima uangnya beserta struk transaksi.

Kelebihan LinkAja

Kelebihan LinkAja

Berikut ini adalah kelebihan aplikasi LinkAja yang perlu kamu ketahui, antara lain yakni:

1. Fitur lengkap dan Memudahkan

Kemampuan pembayaran LinkAja cukup lengkap ini, memudahkan pembayaran yang sebelumnya terpecah-pecah ke dalam beberapa saluran.

Kamu dapat membayar secara online di marketplace, membayar tagihan harian, membeli tiket transit, serta membayar pajak dan retribusi.

2. Ada Layanan Syariah

LinkAja adalah satu-satunya dompet digital dengan layanan syariah halal bersertifikat MUI. Akad qardh yang mengikat LinkAja dengan konsumen tidak diragukan lagi bebas riba.

Sehingga pengguna yang menghargai prinsip-prinsip syariah dapat berinteraksi dengan percaya diri. Ada juga dukungan pembayaran ZISWAF, yang sangat berguna bagi pengguna muslim.

3. Ekosistem Digital yang Sangat Luas

Dalam rangka menyediakan pembiayaan inklusif, LinkAja telah bekerja sama dengan ratusan ribu merchant dan 1,1 juta UMKM.

Ekosistem digital yang sangat besar ini menambah perilaku transaksi pembayaran masyarakat yang bergerak menuju masa depan tanpa uang tunai.

4. Bisa Tarik Tunai

Jika kamu perlu menarik saldo kamu setiap saat, kamu dapat menggunakan fasilitas penarikan tunai tanpa kartu. ATM Bersama dan Link, keduanya memiliki jaringan yang luas di Indonesia, yang mendukung hal ini.

5. Ada Paylater dan Pinjaman Online

Pengguna yang ingin menyelesaikan banyak tugas keuangan tanpa berpindah aplikasi mungkin menyukai opsi paylater dan pinjaman online.

Paylater dan pinjaman tanpa jaminan adalah dua produk keuangan saat ini yang harus dimasukkan dalam aplikasi e-money sebagai fitur dasar.

6. Banyak promo menarik

Setiap bulannya, LinkAja menawarkan promosi menarik di berbagai kategori, barang, dan merchant. Barang-barang tertentu, misalnya, akan mendapatkan diskon 50% atau payback Rp 50.000 jika dibeli melalui LinkAja.

Kekurangan LinkAja

Berikut ini adalah kekurangan LinkAja, antara lain yakni:

1. Harus nomor Telkomsel

Karena LinkAja membutuhkan nomor telepon Telkomsel untuk mendaftar, pelanggan provider lain dibatasi untuk menggunakan fungsi LinkAja.

2. Fitur Merchant Tidak Aktif

Masih banyak UMKM yang belum bekerja sama dengan LinkAja. Salah satu submenu LinkAja, merchant sekitarmu (Yang menampilkan merchant dan UMKM terdekat dengan wilayah kamu)

Sekarang sudah tidak aktif, sehingga pengguna harus menanyakan kepada merchant apakah mereka menerima pembayaran LinkAja atau tidak.

3. Pinjaman Online Mengandalkan Pihak Ketiga

Pinjaman tanpa jaminan yang dimediasi oleh LinkAja sangat bergantung pada verifikasi penyedia pinjaman. Karena tidak ada keuntungan tambahan untuk mengajukan pinjaman melalui LinkAja.

Prosedur verifikasi mungkin akan memakan waktu yang lama karena sama dengan mengajukan langsung melalui fintech yang sesuai.

Risiko Penggunaan

Jika kamu sudah memahami segala resiko yang mungkin timbul atas penggunaan LinkAja. Atas hal tersebut, kita akan kembalikan ingatan kepada kamu untuk memperhatikan hal-hal sebagai berikut ini:

  1. Kita tidak pernah meminta kredensial akses ke Akun LinkAja kamu, seperti kode verifikasi berupa OTP dan data akses lainnya yang hanya diketahui oleh kamu, untuk tujuan apapun selain untuk menanggapi dan memenuhi permintaan langsung dari kamu, seperti sejauh yang diperlukan untuk pemulihan Akun LinkAja. Kami tidak akan pernah melakukan pendekatan kepada pengguna untuk meminta rincian akses atau informasi pribadi lainnya yang mungkin dapat digunakan untuk mendapatkan hak akses Akun Pengguna LinkAja, oleh karena itu kami menyarankan kamu untuk tidak membalas pihak-pihak yang mengatasnamakan LinkAja yang meminta hal tersebut dan untuk selalu menjaga kerahasiaan informasi pribadi kamu.
  2. Kita juga sangat menyarankan kamu untuk hanya menghubungi layanan informasi resmi yang tertera dalam Syarat dan Ketentuan Layanan LinkAja ini, dan tidak membalas siapa pun yang mengaku sebagai perwakilan resmi Finarya yang mendekati kamu di luar layanan informasi resmi tersebut.
  3. Kamu bertanggung jawab sepenuhnya atas kerahasiaan OTP yang diberikan kepada kamu sehubungan dengan layanan LinkAja dan kamu membebaskan Finarya dari segala kecerobohan, kesalahan, atau tindakan kamu yang mengakibatkan pelanggaran kerahasiaan OTP yang kamu terima, sehingga menyebabkan kamu menderita kerugian dalam bentuk apapun.
  4. Untuk kenyamanan kamu saat menggunakan LinkAja, kami menyarankan kamu hanya mengunduh Aplikasi LinkAja dari Appstore (Jika kamu memiliki sistem operasi seluler iOS) atau Playstore (Jika kamu memiliki sistem operasi seluler Android) dan kamu selalu melakukan pembaruan terbaru yang tersedia untuk Aplikasi LinkAja.
  5. Jika kamu mengalami masalah dalam mengakses Akun LinkAja kamu, segera hubungi layanan informasi resmi kami.
  6. Kita sangat menghimbau kamu untuk membaca dengan benar syarat dan biaya layanan LinkAja ini.
  7. Kita juga harus memberitahukan kepada kamu bahwa setiap informasi mengenai promosi, hadiah, atau undian hanya tersedia melalui Aplikasi LinkAja atau media sosial resmi LinkAja, yang dapat ditemukan di situs web resmi LinkAja (https://www.linkaja.id/) Atau mereka yang berstatus terverifikasi. Kami tidak akan pernah meminta kamu untuk mengirimkan uang ke akun manapun sebagai imbalan atas promosi, hadiah, atau undian atas nama LinkAja.
Baca Juga:  Begini Cara Menghitung Suku Bunga Deposito

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara tarik tunai LinkAja di Indomaret, yakni:

Apakah di Indomaret bisa tarik tunai tanpa kartu ATM?

Kamu akan mendapatkan nomor OTP melalui mobile banking untuk menarik uang tunai dari kasir Indomaret tanpa harus memberikan kartu ATM kamu.

Kamu akan dikenakan biaya admin sebesar Rp5.000 setiap transaksi jika kamu menarik uang tunai melalui Indomaret.

Bank Apa Saja yang Bisa Tarik Tunai di Indomaret?

Indomaret menerima penarikan tunai Debit BCA, Debit Mandiri, dan Debit BRI.

Apakah Uang di LinkAja Bisa Hilang?

Menurut informasi di bagian Saldo Bonus LinkAja, Saldo Bonus memiliki masa berlaku, dan dapat hangus ketika masa berlakunya habis. Transaksi cash out, seperti tarik tunai dan transfer uang ke rekening bank, termasuk di dalamnya.

BACA JUGA:

Begini Cara Cek Transaksi E Money Secara Mudah
Cara Pinjam Uang di Pegadaian Online dan Syarat Pinjamnya
Cara Daftar dan Upgrade Dana Premium Secara Mudah

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara tarik tunai LinkAja di Indomaret ini memanglah sangat mudah sekali. Bahkan ini sangat direkomendasikan, karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja asalkan ada gerai Indomare di wilayah kamu.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.