Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BRI Secara Mudah

Infoyunik.com – Cara cek tagihan kartu kredit BRI ini sudah bukan hal yang merepotkan lagi, karena jika kamu merupakan seorang pengguna layanan kartu kredit BRI tentu saja harus melakukan pengecekan tagihan secara rutin agar tidak terjadi kesalahn pembayaran.

Tetapi beberapa nasabah baru belum paham tentang cara mengecek tagihan kartu kredit BRI dan cara bayar kartu kredit BRI yang telah mereka gunakan.

Dimana saat melakukan akan ada sedikit kesulitan akibatnya sering di abaikan dan bisa mengakibatkan terjadinya limit dalam waktu yang sangat cepat.

Kartu kredit ini sangat membantu sekali dalam hal layanan pembayaran yang mana pengguna dapat meminjam sementara dana dari penyedia kredit.

Salah satu bank BRI ini sendiri meluncurkan berbagai macam tipe, guna memberikan peningkatan user kartu kredit serta menjadi pelengkap pelayanan berkualitas oleh perusahaan perbankan yang satu ini.

Contohnya saja BRI ceria yang baru saja diluncurkan pada tahun 2019 yang dapat digunakan untuk pembayaran belanja online tanpa kartu kredit.

Dan disisi lain kartu kredit BRI ini menawarkan berbagai macam tawaran yang menarik, bisa dibilang promo yang menggiurkan untuk nasabahnya supaya tertarik pada program tersebut. Nah untu lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Apa itu Kartu Kredit BRI?

Kartu kredit BRI ini adalah kartu kredit yang dikeluarkan oleh Bank Republik Indonesia. Bank yang terbesar di Indonesia ini menawarkan sejumlah keuntungan bagi pengguna kartu kreditnya melalui jaringan kerjasama merchant yang luas.

Kartu kredit BRI yang menjadi salah satu produk pinjaman konsumen milik BRI yang semakin diminati oleh nasabah pada tahun 2020 bank BRI ini mencatatkan pertumbuhan outstanding pada produk kartu kredit sebesar 33,6% secara tahun ke tahun atau senilai Rp. 3,6 Triliun.

Proses pengajuan kartu kredit BRI ini juga semakin mudah karena bisa dilakukan secara online. Penggunannya hanya perlu mengunjungi situs https://kartukredit.bri.co.id/ untuk melakukan pendaftaran dan informasi lainnya.

Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BRI

Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BRI

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek tagihan kartu kredit BRI. Dengan adanya cara-cara tersebut.

Nasabah BRI yang bisa mengecek tagihan kartu kreditnya dengan secara mudah sehingga bisa mengetahui berapa tagihan yang harus dibayar. Adapun cara cek tagihan kartu kredit BRI sebagai berikut ini:

1. Melalui SMS Banking

Cara cek tagihan kartu kredit BRI yang pertama adalah melalui sms Banking. Untuk menggunakan cara ini, pastikan nomor telepon yang digunakan untuk mengecek tagihan Kartu Kredit BRI sudah terdaftar di sms Banking.

Selain itu, pastikan juga kamu memiliki pulsa yang cukup karena ada biaya transaksi yang berbeda untuk setiap kartu SIM yang digunakan. Jika kamu sudah mempersiapkan semuanya, maka tinggal ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, buka Smartphone kemudian pilih menu ‘Pesan’.
  2. Jika sudah, silahkan buat sms dengan format “BRI<spasi>BS<spasi>Nama di Kartu#6 digit nomor kartu
  3. kredit BRI#Tanggal lahir (DD, MM, YY)#alamat email”. Misalnya, BRI BS
  4. Andiri#455655#300590#Dono@gmail.com, maka kirim SMS ke 99333.
  5. Untuk mengirim SMS, pastikan menggunakan nomor telepon yang sudah terdaftar di SMS Banking BRI.
  6. Setelah SMS terkirim, tunggu saja sampai kamu mendapatkan SMS balasan yang berisi informasi tagihan, tanggal jatuh tempo, minimum pembayaran dan detail lainnya.
  7. Selesai.

2. Internet Banking

Selanjutnya adalah dengan menggunakan Internet Banking untuk mengecek tagihan kartu kredit BRI. Cara ini juga merupakan salah satu cara yang paling praktis, namun untuk menggunakan cara ini pastikan kamu sudah memiliki akun di Internet Banking.

Jika belum, sebaiknya kamu melakukan registrasi terlebih dahulu di kantor cabang BRI terdekat. Bagi yang sudah memiliki akun di Internet Banking,maka kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukan pengecekan tagihan kartu kredit BRI.

  1. Pertama, silahkan login ke akun Internet Banking BRI kamu.
  2. Setelah berhasil masuk ke halaman utama Internet Banking, selanjutnya tinggal pilih menu “Pembayaran”.
  3. Kemudian pilih menu “Kartu kredit atau KTA” lalu silahkan pilih nama Bank BRI.
  4. Jika sudah, maka tinggal masukkan nomor Kartu Kredit BRI kamu.
  5. Jika nomor Kartu Kredit yang dimasukkan sudah benar, maka kamu akan mendapatkan informasi mengenai tagihan yang harus dibayarkan.
  6. Selesai.

3. Mesin ATM

Bagi kamu yang masih bingung dengan cara-cara sebelumnya untuk mengecek tagihan Kartu Kredit BRI, maka kamu bisa menggunakan cara terakhir ini, yakni melalui mesin ATM.

Cara ini juga merupakan cara cek tagihan Kartu kredit BRI yang mudah sehingga pemula pun bisa melakukannya. Langkah-langkah untuk mengecek tagihan Kartu Kredit BRI menggunakan cara ini adalah sebagai berikut ini:

  1. Silahkan kunjungi ATM BRI terdekat dan jangan lupa untuk membawa kartu ATM kamu.
  2. Setelah sampai di mesin ATM, masukkan kartu ATM kemudian masukkan nomor PIN dengan benar.
  3. Jika sudah, selanjutnya pilih menu “Pembayaran” kemudian pilih menu “Kartu kredit atau KTA”.
  4. Selanjutnya, tinggal pilih nama Bank BRI kemudian masukkan nomor kartu kredit BRI.
  5. Setelah itu, informasi mengenai jumlah tagihan yang harus dibayarkan akan muncul di layar mesin ATM.
  6. Jika kamu sudah mengetahui informasi tagihan dan tidak ingin melakukan transaksi lainnya, maka kamu bisa menekan tombol “Batal” kemudian ambil Kartu ATM.
  7. Selesai.
Baca Juga:  Cara Daftar Kartu Kredit BRI Online dan Syaratnya

Fasilitas Bagi Pemilik Kartu Kredit BRI

Fasilitas Bagi Pemilik Kartu Kredit BRI

Bagi yang mempunyai kartu kredit BRI ini juga mempunyai fasilitas, berikut ini adalah fasilitas yang perlu kamu ketahui, antara lain yaitu:

1. Free Airport Lounge

Sudah bukan rahasia lagi bank-bank BUMN ini memberikan fasilitas lounge gratis untuk kamu yang ingin berpergian dengan pesawat terbang. Kamu juga bisa menikmatinya di banyak bandara di Indonesia.

2. Program Belanja Ringan

Ada banyak program BRI yang memberikan bunga cicilan 0%, jika pun ada bunganya itupun tidak sampai 1%. Program ini bisa kamu temukan dibanyak merchants yang bekerja sama dengan BRI tentunya.

3. Travel Service

Kartu kredit BRI ini juga bisa jadi pilihan yang sangat tepat untuk kamu yang doyan traveling. BRI ini juga memberikan kemudahan layanan pemesan tiket, hotel dan paket wisata keseluruh dunia.

4. Point

Bertransaksi dengan kartu kredit BRI tidak hanya akan mendapatkan cashback dan diskon. Namun, kamu juga akan mendapatkan poin yang bisa dikumpulkan untuk ditukarkan dengan promo lainnya. Semakin banyak transaksi yang kamu lakukan, semakin banyak poin yang bisa kamu tukarkan.

5. Call Center 24 Jam

Kapanpun kamu membutuhkan bantuan, cukup hubungi 14015 atau 021 1500 017. Customer Service BRI akan bersedia membantu menyelesaikan masalah dan kebutuhan kamu.

Jenis Kartu Kredit BRI Terbaik

Jenis Kartu Kredit BRI Terbaik

BRI ini juga banyak pilihan jenis kartu kredit. Biarpun sepertinya menguntungkan, hal ini akan sering bikin nasabah bingung mau pilih jenis dan tipe yang mana.

Karena masing-masing kartu kredit ini punya kelebihannya masing-masing. Berikut ini adalah jenis kartu kredit yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Easy Card

Jenis ini merupakan kartu kredit dengan keunggulan dalam penggunaan sehari-hari. Karena kartu kredit BRI Easy Card memudahkan transaksi sehari-hari.

Kelebihan:

Cashback tarik tunai di ATM (1%)
Cashback belanja di supermarket (2%)
Cashback pembelian bahan bakar di SPBU (3%)
Semua cashback berlaku di seluruh Indonesia.

2. Platinum

BRI Platinum merupakan jenis kartu dengan tujuan untuk memenuhi gaya hidup penggunanya.

Kelebihan:

  1. Diterima di semua jaringan MasterCard.
  2. Fasilitas Executive Lounge gratis di berbagai bandara domestik.
  3. Fitur poin reward.
  4. Fasilitas cicilan ringan dengan tenor hingga 12 bulan.

3. JCB Platinum

Ini adalah jenis kartu kredit yang menargetkan pengguna dalam kategori pengusaha dan profesional olahraga. Kartu kredit jenis ini memiliki keunggulan di bidang travel dan olahraga, khususnya traveling di negara-negara Asia.

Kelebihan:

  1. 2x BRI Point untuk transaksi MCC Travel, Airlines, Hotel.
  2. 3x transaksi BRI Point di luar negeri.
  3. Gratis akses JCB Lounge.
  4. Perlindungan belanja hingga Rp.20 juta.
  5. Promo JCB
  6. Tidak ada biaya penggantian pin.

4. Wonderful Indonesia

Jenis kartu kredit ini merupakan hasil kerjasama BRI dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Dimana kartu kredit BRI Wonderful Indonesia memiliki keunggulan di bidang pariwisata keindahan alam dan budaya Indonesia.

Kelebihan:

  1. Welcoming Pack (500 Traveloka Points).
  2. Double Point (Transaksi travel, airlines, hotel).
  3. Konversi otomatis Traveloka Points.

5. World Access

Sesuai dengan namanya, World Access adalah jenis kartu kredit yang berfungsi sebagai teman perjalanan. Baik itu perjalanan bisnis atau traveling keliling dunia.

Kelebihan:

  1. Kartu kredit Double BRI Point (Tiket pesawat, hotel dan paket wisata).
  2. Konversi Mileage Ganda.
  3. Bebas iuran tahunan (1 tahun).

6. Touch

Jika kamu termasuk golongan milenial yang gemar melakukan transaksi online, maka BRI touch adalah jenis kartu yang sangat paling cocok untuk kamu.

Kelebihan:

  1. Bebas iuran tahunan selama kamu memiliki dan mengaktifkan kartu kredit BRI lainnya.
  2. Fasilitas cicilan 0% (12 bulan).
  3. Diterima di semua jaringan Visa.

7. Infinite

Kartu kredit BRI Infinite merupakan jenis yang istimewa, karena hanya bisa didapatkan oleh nasabah BRI Prioritas. Kartu ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup.

Kelebihan:

  1. Priority Pass (6x per tahun).
  2. 3x BRI Point (Transaksi luar negeri).
  3. Gratis perlindungan asuransi (Ketidaknyamanan perjalanan, medis, pembelian barang).
  4. Diskon 50% untuk penjemputan di bandara menggunakan Golden Bird.
  5. Bantuan Pribadi.
  6. Promosi menarik dari Visa.

8. Corporate Card

Coorporate card ini adalah jenis kartu yang bisa membantu untuk pengurusan keuangan perusahaan:

Kelebihan:

  1. Akses Lounge Eksekutif gratis.
  2. Penarikan tunai hingga Rp.10 juta per hari.
  3. Diterima di semua jaringan MasterCard.

9. Traveloka Paylater Card

Ini adalah kartu kredit co-branding dengan Traveloka. Pengguna dapat menggunakan fitur pelacak transaksi real-time di aplikasi Traveloka.

Baca Juga:  6 Cara Membayar Kartu Kredit BRI Secara Lengkap

Kelebihan:

  1. Tidak ada iuran tahunan selamanya.
  2. Fitur real-time.
  3. Bonus Traveloka Points untuk berbagai transaksi.
  4. Proses verifikasi cepat.
  5. Diterima di semua jaringan Visa.
  6. Bebas biaya penggantian pin.

10. Business Card

Jenis kartu kredit yang terakhir adalah Kartu Bisnis BRI. Kartu Bisnis BRI hanya diterbitkan untuk nasabah karyawan perusahaan tertentu. Dimana perusahaan atau lembaga tersebut telah bekerjasama dengan bank BRI.

Kelebihan:

  1. Bebas iuran tahunan selamanya.
  2. Promo menarik dari MasterCard.
  3. Diterima di semua jaringan Mastercard.

Tutorial Video Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BRI Secara Mudah

Source YT DRZ M.

Tanya Jawab Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BRI

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cek tagihan kartu kredit BRI, yakni:

Apakah Tagihan Kartu Kredit Bisa Diputihkan?

Jadi satu-satunya cara untuk memutihkan kartu kredit adalah dengan membayar lunas semua tagihan kredit ke bank atau lembaga pemberi pinjaman keuangan lainnya.

Sampai Kapan Debt Collector Menagih Kartu Kredit?

Peraturan penagihan debt collector OJK adalah 90 hari. Debt collector memiliki waktu maksimal 90 hari untuk menagih hutang kepada debitur dan denda maksimal yang dikenakan adalah 100% dari total pokok pinjaman.

Debt collector dapat melakukan intervensi untuk menagih jika terjadi keterlambatan pembayaran kurang dari 90 hari.

Apakah Orang yang Tidak Bisa Membayar Kartu Kredit Bisa Dipenjara?

Jadi, jawaban atas pertanyaan apakah kamu bisa masuk penjara karena tidak membayar kartu kredit kamu adalah tidak. Namun, ada kemungkinan kamu akan dituntut. Namun, gugatan perdata terhadap debitur untuk membayar tagihan yang belum dibayar adalah mungkin.

BACA JUGA:

Cara Cek Tagihan Kartu Kredit Mandiri Paling Lengkap
Pinjaman KTA Online Tanpa Kartu Kredit Secara Mudah
Cara Mengurus ATM BNI Hilang Secara Mudah

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cek tagihan kartu kredit BRI ini bisa kamu lakukan dengan berbagai cara yang diatas, kamu juga bisa bisa memilih cara yang mana yang paling mudah sehingga kamu tidak kesulitan untuk mengecek tagihan pada kartu BRI kamu.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.