4 Cara Cek Tagihan Kartu Kredit Mandiri Paling Lengkap

Infoyunik.com – Sobat unik apakah kamu sudah tahu cara cek tagihan kartu kredit Mandiri? Sekarang Mandiri memudahkan nasabahnya dan bank Mandiri sekarang menyediakan beberapa opsi pengecekan tagihan kartu kredit, kamu juga bisa tanpa pergi ke kantor cabang terdekat.

Kamu bisa mengecek tagihan yang ada hanya dengan menjetikkan jari di ponsel kamu. Dengan demikian tidak sekedar menghemat waktu, hal tersebut juga bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun kamu berada. Nah untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Cara Cek Tagihan Kartu Kredit Mandiri

Cara Cek Tagihan Kartu Kredit Mandiri

Agar pengeluaran dan penggunaan kartu kredit tetap terkontrol, kamu juga bisa sering-sering mengecek tagihan agar tagihan kamu tidak membludak saat waktu penagihan.

Kamu bisa menggunakan beberapa cara yang ditawarkan oleh bank untuk bisa cara cek tagihan kartu kredit Mandiri antara lain yakni:

1. Via SMS

Sebagai nasabah bank Mandiri yang juga menggunakan kartu kredit, kamu juga bisa cek tagihan berjalan kartu kredit Mandiri melalui sms banking. Sudah tahu cara cek tagihan kartu kredit Mandiri lewat sms banking?

Cara ini dapat dinilai paling mudah dan simpel. Namun masih ada saja pengguna kartu kredit yang belum tahu caranya. Untuk melakukan pengecekannya, berikut ini langkah-langkahnya antara lain yakni:

  1. Kirim ke 3355 TGH (spasi) KK (spasi) enam belas nomor kartu kredit (spasi) enam digit tanggal lahir dalam format dd, mm, yy.
  2. Tunggu respon dari Bank Mandiri mengenai jumlah tagihan yang harus kamu bayarkan.

2. ATM

Kartu kredit bisa kamu gunakan di mesin atm Mandiri yang terdekat. Mungkin kamu juga sudah terbiasa menggunakan mesin atm untuk melakukan berbagai transaksi.

Tetapi ini juga bukan jaminan kalau kamu sudah tahu cara cek saldo kartu kredit Mandiri. Langkah-langkah yang harus dilakukan sebenarnya cukup mudah dan tidak jauh berbeda dengan penggunaan atm untuk kartu debit.

  1. Masukkan kartu atm dan pin kamu.
  2. Pilih bank yang menerbitkan kartu kredit.
  3. Masukkan enam belas digit kartu kredit.
  4. Tunggu sampai layar menampilkan jumlah tagihan dan jumlah minimum yang harus dibayar.
  5. Jika kamu ingin segera membayarnya, masukkan jumlah pembayaran dan tekan OK.
  6. Tagihan telah dibayar.

M-Banking

3. M-Banking

Salah satu fasilitas yang bisa kamu gunakan untuk kemudahan dalam bertransaksi kapan saja dan dimana saja adalah mobile banking.

Untuk mendapatkannya, nasabah memang harus mendatangi bank mandiri terlebih dahulu agar customer service membantu pendaftarannya.

Pemilik m-banking Mandiri bisa kamu melakukan pengecekan tagihan kartu kredit melalui aplikasi ini. Jika belum tahu cara cek tagihan kartu kredit Mandiri via Mandiri online, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut ini:

  1. Masukkan username dan password kamu untuk mengakses aplikasi mandiri mobile, atau gunakan sidik jari dan face ID untuk menghemat waktu.
  2. Pada halaman utama aplikasi mandiri mobile, pilih info total pagi di kolom kartu kredit.
  3. Limit dan riwayat transaksi akan ditampilkan.
  4. Pilih salah satu kartu kredit yang ingin dilihat jumlah tagihannya.
  5. Pilih cek limit untuk menampilkan tagihan saat ini, lalu klik tanda seru untuk melihat detail limit kartu kredit.
  6. Layar ponsel akan menampilkan limit dan riwayat transaksi.

4. Call Center

Ada cara lain untuk mengetahui jika ada tagihan kartu kredit mandiri yang tidak terduga, yaitu dengan menghubungi Call Center. Inilah yang harus kamu ketahui jika cara ini dirasa lebih mudah daripada cara lainnya.

Bank Mandiri menawarkan layanan call center 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, termasuk hari libur nasional dan tanggal merah, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada nasabahnya.

Hal ini memungkinkan setiap nasabah mendapatkan solusi terbaik untuk setiap masalah atau kebutuhan terkait produk dan layanan Bank Mandiri.

Untuk menghindari salah sambung, pastikan kamu sudah mengetahui nomor call center mandiri. Kamu bisa menjelaskan mengapa kamu perlu menghubungi mereka setelah kamu terhubung dengan call center.

Kamu bisa menanyakan atau mencari tahu informasi lain mengenai kartu kredit kamu, seperti kapan tanggal cetak kartu kredit Mandiri, selain mengecek jumlah tagihan kartu kredit kamu.

Cukup tekan 14000 dan tekan tombol telepon di ponsel kamu untuk menghubungi call center Mandiri. Nasabah akan dikenakan biaya pulsa saat melakukan panggilan, jadi pastikan pulsa kamu cukup terlebih dahulu.

Selain keempat cara di atas, kamu bisa mengecek tagihan mandiri kartu kredit melalui internet banking. Cara ini tidak memerlukan instalasi aplikasi mandiri mobile di ponsel kamu. Caranya adalah dengan mengakses mandiri internet banking melalui browser di smartphone, laptop, atau perangkat lainnya.

Cara Membaca Istilah-istilah yang ada di Tagihan Kartu Kredit Mandiri

Cara Membaca Istilah-istilah yang ada di Tagihan Kartu Kredit Mandiri

Kartu kredit Mandiri adalah salah satu kartu kredit yang memiliki banyak peminat karena bisa digunakan sebagai salah satu alat pembayaran terutama di kota-kota besar di Indonesia.

Sebagai salah satu produk perbankan yang disediakan oleh bank Mandiri, kartu kredit Mandiri ini memiliki beberapa istilah. Setiap pengguna harus tahu istilah-istilah tersebut dan bagaimana caranya yakni sebagai berikut ini:

1. Nomor Kartu (Account Number)

Sama halnya dengan kartu kredit debit Mandiri, kartu kredit ini juga memiliki nomor akun atau account number. Nomor ini berupa angka 16 digit yang tertulis di kartu kredit fisik.

2. Tagihan Baru (Rp) atau New Balance

Jika benar-benar ingin menggunakan kartu kredit Mandiri, kamu juga harus familiar dengan istilah tagihan baru. Ini berisi informasi saldo terutang saat tanggal cetak yang mencakup saldo terhutang bulan lalu.

Baca Juga:  Pinjaman KTA Online Tanpa Kartu Kredit Secara Mudah

Dan transaksi-transaksi yang dilakukan sampai dengan tanggal cetak. Juga termasuk di dalamnya biaya-biaya, bunga sampai koreksi di kurangi pembayaran dan kredit.

3. Pembayaran Minimum (Rp) atau Minimum Payment

Setiap kartu kredit memiliki persyaratan pembayaran minimum yang harus kamu ketahui sebelum mengajukan permohonan kartu kredit. Kartu kredit mandiri memiliki pembayaran minimum 10% dari saldo terutang, atau Rp50.000.

Ketika saldo terutang pengguna kartu kredit melebihi batas kreditnya, selisihnya akan diterapkan pada pembayaran minimum yang harus dibayar.

Namun, jika pengguna tidak membayar seluruh pembayaran minimum yang jatuh tempo pada bulan sebelumnya, jumlah tersebut ditambahkan ke pembayaran minimum yang jatuh tempo.

Tanggal Jatuh Tempo (Payment Due Date)

4. Tanggal Jatuh Tempo (Payment Due Date)

Saldo terutang harus sudah dibayarkan ke Bank Mandiri pada tanggal cut-off atau tanggal jatuh tempo. Yaitu, 20 hari dari tanggal publikasi.

Bahkan jika kamu belum menerima laporan kartu kredit, pastikan kamu telah melakukan pembayaran minimum pada tanggal jatuh tempo.

Akan ada biaya keterlambatan untuk setiap pembayaran yang dilakukan setelah tanggal jatuh tempo atau kurang dari jumlah pembayaran minimum, kecuali jika tanggal jatuh tempo jatuh pada hari libur nasional.

5. Tanggal Cetak (Statement Date)

Untuk singkatnya, tanggal cetak tagihan kartu kredit Mandiri adalah tanggal ditagihnya transaksi serta saldo terutang lainnya yang jatuh di tanggal yang sama setiap bulannya.

6. Tanggal Transaksi (Transaction Date)

Apapun transaksi yang kamu lakukan dengan menggunakan kartu kredit, maka kamu akan tercatat di tanggal transaksi. Transaksi itu bisa berupa pembayaran belanja, tarik tunai atau transaksi lainnya.

7. Tanggal Pembukuan (Posting Date)

Untuk setiap transaksi yang dilakukan para pengguna kartu kredit akan dobukukan atau dibebankan ke rekening kartu kredit masing-masing.

8. Keterangan (Description)

Keterangan disini adalah keterangan dari setiap transaksi yang terjadi. Deskripsi ini sesuaidengan jenis transaksi apa yang pengguna lakukan dengan kartu kredit mereka.

Pagu Kredit (Rp) atau Credit Limit

9. Pagu Kredit (Rp) atau Credit Limit

Pernahkah kamu mendengar istilah limit kredit? Singkatnya, batas kredit adalah batas berapa banyak kredit yang dapat digunakan oleh pemegang kartu.

Setiap pengguna biasanya memiliki batas kredit yang unik. Limit kredit setiap nasabah ditentukan oleh beberapa faktor.

Salah satunya adalah penghasilan pemilik kartu kredit. Jika limit kredit bulanan kamu adalah 20 juta dan kamu telah menggunakan 4 juta, maka sisa limit kredit kamu adalah 16 juta rupiah.

10. Total Pagu Kredit (Rp) atau Total Credit Limit

Tidak jarang orang memiliki banyak kartu kredit. Hal ini bukan tanpa alasan, karena tujuan penggunaan kartu kredit adalah untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan.

Jika kamu memiliki lebih dari satu kartu kredit, kamu harus mengetahui total limit kredit. Total limit kredit adalah total limit dari semua kartu kredit yang dimiliki.

11. Sisa Pagu Kredit atau Credit Limit Left to Use

Kartu kredit membuat hidup lebih mudah dan lebih sulit. Semuanya tergantung pada bagaimana kamu berniat menggunakannya.

Meskipun kartu kredit sangat berguna pada saat-saat tertentu, terutama ketika kamu membutuhkan dana untuk keadaan darurat, jangan pernah lupa untuk memeriksa sisa limit kartu kredit.

Pemegang kartu kredit dapat melihat tagihan kartu kredit masing-masing secara online. Prosedur yang sama dapat digunakan untuk menentukan sisa limit kredit. Sisa limit kredit adalah limit kartu kredit yang masih tersedia untuk digunakan dalam berbagai transaksi.

12. Total Sisa Pagu Kredit (Rp ) atau Total Credit Limit Left to Used

Saking asyiknya menggunakan kartu kredit untuk pembelian yang sepele, kamu sampai lupa total sisa limit kredit pada semua kartu kamu.

Kamu tidak bisa membayangkan melakukan pembayaran dan menemukan bahwa tidak ada lagi total limit kredit yang tersisa.

Sisa limit kredit mengacu pada jumlah kredit gabungan yang tersedia antara satu kartu kredit dan jenis kartu kredit lainnya.

13. Kualitas Kredit (Loan Performance)

Kamu juga harus mengetahui kualitas kredit dan kinerja pinjaman. Ini adalah istilah yang sudah tidak asing lagi bagi setiap pengguna kartu kredit.

Penggunaan kartu kredit berpengaruh pada kualitas kredit. Dalam penggunaan kartu kredit, ada beberapa jenis kualitas kredit, antara lain lancar, dalam perhatian khusus, kurang lancar, diragukan, dan macet.

Menurut Bank Mandiri, kredit lancar apabila pemilik kartu kredit telah melakukan pembayaran tepat waktu atau sebelum jatuh tempo.

Sedangkan dalam perhatian khusus menunjukkan adanya keterlambatan pembayaran kartu kredit pada bulan sebelumnya, yaitu kurang lebih 1 hingga 90 hari kalender setelah tanggal jatuh tempo.

Bank Mandiri akan selalu memberikan peringatan kepada pengguna kartu kredit agar tagihan yang tertunggak tidak bertambah. Hal ini demi kenyamanan mereka saat menggunakan kartu kredit Mandiri.

Jika kurang lancar, berarti ada keterlambatan pembayaran 91 hingga 120 hari di bulan sebelumnya. Periksa tagihan kartu kredit kamu sesering mungkin untuk menghindari hal ini terjadi atau untuk memastikan bahwa kamu selalu membayar tepat waktu.

Atau, kamu bisa mengatur pengingat bulanan di smartphone kamu. Bank Mandiri mengklasifikasikan pengguna kartu kredit sebagai diragukan jika pembayaran terlambat 120 hingga 180 hari kalender setelah tanggal jatuh tempo pada akhir bulan sebelumnya.

Keterlambatan pembayaran untuk kredit macet berarti sudah lebih dari 180 hari. Untuk memperbaiki standing debitur dengan Bank Indonesia, tagihan yang terlambat harus segera dibayar. Pembayaran yang kurang dari minimum, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, akan dianggap terlambat.

Baca Juga:  Cara Menabung Saham di BCA Sekuritas Tanpa Ribet

Batas Penarikan Tunai (Cash Advance Limit)

14. Batas Penarikan Tunai (Cash Advance Limit)

Karena kartu kredit mandiri kamu memiliki batas penarikan tunai, kamu tidak dapat menarik uang tunai secara mendadak. Sangat penting untuk memahami berapa banyak uang tunai yang dapat kamu tarik dengan kartu kredit kamu.

15. Bunga Pembelanjaan (Interest Rate for Retail)

Memiliki kartu kredit tidak sesederhana yang kamu bayangkan karena ada banyak istilah dan pertimbangan penting yang perlu dipertimbangkan, seperti bunga pembelian. Ini adalah bunga yang dibebankan pada pembelian kapan saja, baik bulanan atau tahunan.

16. Bunga Penarikan Tunai (Interest Rate for Cash Advance)

Ada juga konsep bunga penarikan tunai. Bunga ini akan dibebankan setiap kali pemilik kartu kredit menarik uang tunai dari atm atau kantor cabang Mandiri, sesuai dengan namanya.

Bunga ini berlaku baik bulanan maupun tahunan. Kamu bisa mengetahui besaran bunga tarik tunai dengan menghubungi call center mandiri atau bertanya kepada customer service saat kamu melakukan pembelian kartu kredit.

Fiestapoin

17. Fiestapoin

Ada keuntungan tambahan yang tersedia bagi pemegang kartu kredit Mandiri, diantaranya fiestapoin. Setiap kali kamu menggunakan kartu kredit untuk melakukan pembelanjaan, kamu akan mendapatkan loyalty point dengan kelipatan Rp. 20.000.

Kamu juga bisa mendapatkan berbagai hadiah menarik dengan menukarkan fiestapoin yang telah kamu kumpulkan. Semakin banyak poin yang kamu miliki, semakin besar kemungkinan kamu memenangkan hadiah menarik.

Periksa katalog untuk melihat hadiah apa saja yang bisa kamu dapatkan dengan menukarkan fiestapoin, seperti berbagai voucher diskon dan gadget. Terkadang merchant atau toko akan menawarkan kamu pilihan untuk membayar transaksi dengan fiesta point.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara cek tagihan kartu kredit Mandiri, yakni:

Kapan Harus Membayar Tagihan Kartu Kredit Mandiri?

Batas waktu pembayaran Saldo Terhutang yang harus diterima Bank Mandiri adalah 20 hari sejak Tanggal Cetak. Meskipun kamu belum menerima statement, kamu harus membayar Minimum Payment pada atau sebelum Tanggal Jatuh Tempo setiap bulannya.

Apakah Orang yang Tidak Bisa Membayar Kartu Kredit Bisa Dipenjara?

Karena hal ini pada dasarnya merupakan kesepakatan antara debitur dan bank sebagai kreditur. Jika masalah ini dibawa ke pengadilan, hukum yang akan diterapkan adalah hukum perdata. Jadi, jawaban atas pertanyaan apakah kamu bisa masuk penjara karena tidak membayar kartu kredit kamu adalah tidak.

Apakah Tagihan Kartu Kredit Bisa Diputihkan?

Alhasil, satu-satunya cara untuk memutihkan kartu kredit adalah dengan melunasi semua tagihan kredit secara penuh kepada bank atau lembaga keuangan pinjaman lainnya.

BACA JUGA:

Kode Bank Mandiri Syariah Terbaru, Ini Cara Transfernya!
Cara Daftar Internet Banking Bri di Https Ib Bri Co ID
Cara Transfer Melalui M Banking Bca Secara Mudah

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara cek taguhan kartu kredit Mandiri ini sebarnya sangat penting. Kamu bisa memastiskan bahwa memiliki kartu kredit berarti memiliki tanggung jawab lain, bukan hanya yang sekadar ikut-ikutan.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.