Cara Bayar Tagihan ShopeePaylater Secara Mudah

Infoyunik.com – Cara bayar tagihan ShopeePaylater saat ini semakin mudah karena bisa dilakukan di berbagai media pembayaran. Nama Shopee juga sebagai salah satu e-commerce kini semakin terkenal di berbagai negara di dunia.

Dengan salah satunya adalah indonesia. Pencapaian ini bisa diraih Shopee berkat kelengkapan toko dan produk yang dijual, kemudian promo gratis ongkos kirim (Ongkir) Dan beragamnya metode pembayaran.

Mulai dari transfer bank, bayar melalui mini market, kartu kredit sampai bayar ditempat atau cash on delivery (Cod) Dengan tingginya peminat pengguna aplikasi belanja online ini, pihak Shopee ini juga terus melakukan inovasi.

Berbagai layanan baru yang dirilis untuk mempermudah pembayaran dengan salah satunya adalah layanan ShopePaylater atau disebut juga sebagai SPayLater. Nah untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikel yang telah  Infoyunik.com buat dibawah ini.

Cara Bayar Tagihan ShopeePayLater

Cara Bayar Tagihan ShopeePaylater

Berikut ini adalah beberapa tahapan yang perlu dilakukan sebagai cara bayar tagihan ShopeePaylater, baik melalui ShopeePay, Indomaret dan Virtual Account (Va), antara lain yakni:

1. Melalui ShopeePay

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan ShopeePay, layanan e-wallet Shopee, untuk membayar tagihan ShopeePaylater.

Untuk membayar, isi terlebih dahulu saldo ShopeePay kamu dengan jumlah nominal tagihan yang harus dibayar. Berikut ini adalah caranya melalui ShopeePay:

  • Buka aplikasi Shopee dan masuk ke profil akun kamu dengan mengklik opsi “Saya” di pojok kanan bawah.
  • Pilih opsi ShopeePaylater.
    Ketika seluruh biaya ditampilkan, klik “Bayar sekarang.”
  • Kamu dapat meninjau kembali informasi transaksi pembelian kredit dan kemudian klik “Bayar sekarang.”
  • Pilih “ShopeePay” dari daftar opsi pembayaran untuk membayar biaya ShopeePaylater, lalu klik “Konfirmasi.”
  • Isi pin ShopeePay kamu.
  • Biarkan setidaknya 10 menit untuk konfirmasi pembayaran.
  • Hutang Shopee PayLater telah diselesaikan.

2. Indomaret

Untuk cara yang kedua, kamu dapat membayar tagihan ShopeePaylater di minimarket Indomaret menggunakan layanan kasir atau terminal pembayaran. Begini caranya:

  • Masuk ke profil akun kamu dengan memilih tab “Saya” di sudut kanan bawah aplikasi Shopee.
  • Pilih opsi ShopeePaylater.
  • Ketika seluruh biaya ditampilkan, klik “Bayar sekarang.”
  • Kamu dapat meninjau kembali informasi transaksi pembelian kredit dan kemudian klik “Bayar sekarang.”
  • Pilih metode “Pembayaran indomaret” dari daftar pilihan pembayaran untuk membayar tagihan ShopeePaylater.
  • Kode pembayaran akan ditampilkan klik “Ok.”
  • Kunjungi minimarket Indomaret terdekat.
  • Masukkan kode pembayaran ke kasir atau mesin pembayaran untuk melakukan pembayaran tagihan ShopeePaylater.
  • Periksa kembali jumlah tagihan dan nama akun Shopee, lalu selesaikan prosedur pembayaran dengan menyerahkan uang tunai ke kasir.
  • Tagihan ShopeePaylater telah terbayar lunas.

3. Virtual Account (VA)

Layanan bank juga dapat membantu kamu dalam membayar faktur ShopeePaylater. Kamu dapat melakukannya dengan memasukkan kode virtual account (VA) yang sesuai dengan tagihan di akun Shopee kamu. Berikut ini cara kamu membayar ShopeePaylater secara penuh menggunakan VA:

  • Arahkan ke profil akun kamu dengan memilih tab “Saya” di sudut kanan bawah aplikasi Shopee.
  • Pilih opsi ShopeePaylater.
  • Ketika seluruh biaya ditampilkan, klik “Bayar sekarang.”
  • Kamu dapat meninjau kembali informasi transaksi pembelian kredit dan kemudian klik “Bayar sekarang.”
  • Pilih “Transfer Bank (Virtual account)” dari metode pembayaran yang ditampilkan sebagai cara untuk membayar biaya ShopeePaylater.
  • Kemudian pilih jenis bank dan klik “Konfirmasi.”
  • Nomor rekening virtual akan ditampilkan. Baca dengan teliti instruksi untuk membayar faktur ShopeePaylater menggunakan metode pembayaran yang kamu pilih sebelumnya.
  • Klik “Ok” untuk memulai transfer ke aplikasi perbankan online terdekat, aplikasi perbankan seluler, atau mesin ATM.

Daftar Biaya Cicilan ShopeePaylater

Daftar Biaya Cicilan ShopeePaylater

Setelah membahas cara bayar tagihan ShopeePaylater. Berikut ini adalah daftar bayar cicilan ShopeePaylater yang perlu kamu ketahui, antara lain yakni:

1. Penanganan

Biaya pertama adalah biaya pemrosesan. Dimana biaya tersebut adalah 1% dari nilai transaksi. Biaya tersebut merupakan biaya administrasi untuk memanfaatkan Shopee Paylater untuk membeli produk.

2. Bunga

Suku bunga yang sama akan diberlakukan untuk semua pelanggan Shopee Paylater. Di mana tingkat bunga bulanan adalah 2,95%. Ini adalah suku bunga minimum dan dapat berubah sewaktu-waktu, sesuai dengan kebijakan Shopee.

3. Keterlambatan

Pengguna yang terlambat membayar angsuran Shopee Paylater akan dikenakan denda keterlambatan sebesar 5% dari jumlah total. Dengan adanya denda ini, selalu pastikan untuk membayar Shopee Paylater tepat waktu.

ShopeePaylater adalah pilihan terbaik bagi anggota Shopee yang ingin membeli dengan paket cicilan. Namun, sebelum kamu membeli, kami menghimbau agar kamu terlebih dahulu mempelajari semua biaya yang akan dikenakan.

Faktor yang paling penting adalah biaya penanganan, yang akan dibayarkan setiap kali kamu menyelesaikan transaksi. Harga barang akan sedikit lebih tinggi karena biaya penanganan.

Semua biaya yang tercantum di atas adalah hasil dari pemanfaatan ShopeePaylater. Namun, kami percaya itu mirip dengan kenyamanan yang diperoleh.

Karena layanan ini akan memungkinkan pengguna Shopee untuk membeli dengan cepat dan sederhana tanpa harus membayar dengan uang tunai.

Pembayaran dapat langsung dilakukan dengan menggunakan limit kredit Shopee. Setelah melakukan pembayaran, limit akan langsung dikurangi.

Nah, agar limit tersebut dapat dikembalikan lagi, kamu harus membayar tagihan yang akan dikirimkan setiap bulannya.

Fitur ShopeePayLater

Berikut ini adalah fitur ShopeePaylater yang perlu kamu ketahui, diantara yakni:

Baca Juga:  Syarat dan Cara Mencairkan Deposito Mandiri

1. Limit Kredit yang Bervariasi

Pengguna yang mendapatkan undangan dan mengaktifkan ShopeePaylater akan bisa mendapatkan limit kredit untuk melakukan pembelian. Limit kredit tersebut berkisar antara Rp. 500.000 hingga Rp. 15.000.000.

Secara umum besaran limit kredit akan didasarkan pada kemampuan finansial pengguna serta riwayat pembayaran tagihan yang pernah dilakukan.

2. Tenor Cicilan Beragam

ShopeePaylater memberi kamu dua alternatif untuk menggunakan batas kredit yang tersedia. Yang pertama memungkinkan konsumen untuk membeli produk melalui cicilan selama periode 30 hari.

Opsi kedua menawarkan jangka waktu pembayaran yang lebih lama, mulai dari 2 hingga 12 bulan. Keduanya memberikan suku bunga yang beragam berdasarkan besar kecilnya transaksi. Banyaknya pilihan tenor ini membuat platform ShopeePaylater menjadi salah satu yang paling populer di Indonesia.

Kelebihan Shopee PayLater

Bisakah Melunasi Cicilan ShopeePaylater Sekaligus

Kamu tidak bisa melunasi cicilan ShopeePaylater sekaligus. Bagaimana kredit ketentuan Shopee mengharuskan pengguna menaati angsuran sesuai transaksi. Pelunasan dilakukan dalam jangka waktu yang kamu pilih saat melakukan pembelian.

Tetapi kamu harus dapat mempersingkat tenor melalui memanfaatkan fitur bayar sekarang. Karakteristik ini juga memungkinkan kamu membayar tagihan bulan depan dalam waktu yang bersamaaan. Alhasil kamu bisa kurangi durasi cicilan. Contohnya saja 8 bulan jadi 4 bulan saja.

Karena ini berlaku jika kamu bertransaksi menggunakan ShopeePaylater melalui sistem “Beli sekarang, bayar nanti” tanpa adanya cicilan. Kamu juga bisa dapat menulasi keseluruhan pembayaran bulan selanjutnya dalam kali pembayaran.

Kelebihan ShopeePayLater

Berikut kelebihan ShopeePaylater, antara lain yakni:

1. Sebagai Metode Pembayaran yang Praktis dan Cepat

Pelanggan Shopee dapat menyelesaikan pembelian menggunakan berbagai opsi pembayaran yang berbeda. Pengguna dapat mengirimkan pembayaran melalui rekening bank atau gerai ritel seperti minimarket.

Namun, kehadiran ShopeePaylater dapat dimanfaatkan sebagai salah satu solusi praktis karena konsumen tidak perlu lagi mendapatkan kode pembayaran atau informasi rekening untuk menyelesaikan transaksi. Pengguna hanya perlu memilih ShopeePayLater sebagai opsi pembayaran, dan transaksi akan langsung terverifikasi.

Selain itu, karena fungsi cicilan, metode pembayaran ini merupakan pilihan yang berguna untuk memperoleh produk dan layanan tanpa harus segera menyediakan uang tunai.

Batas kredit pada ShopeePaylater tidak diragukan lagi dapat digunakan untuk membeli barang-barang untuk perusahaan kamu.

Fitur menarik lainnya adalah kemampuan untuk membeli kredit melalui ShopeePaylater. Jadi, jika kamu menginginkan kredit dengan cepat tetapi kekurangan keuangan yang diperlukan, kamu dapat membayar nanti.

2. Syarat dan Proses Pengajuan yang Mudah

Syarat penting untuk mendapatkan batas kredit ShopeePaylater adalah mendapatkan undangan dari Shopee. Shopee tidak mendefinisikan dengan benar kategori pengguna yang mendapatkan undangan mereka sendiri.

Secara umum, Shopee mengirimkan undangan kepada pengguna yang telah aktif berbelanja di Shopee dalam tiga bulan terakhir.

Selain itu, setelah menerima undangan, prasyarat untuk ShopeePaylater sangat sederhana, dengan pelanggan hanya perlu memberikan foto KTP dan selfie wajah untuk prosedur verifikasi. Jika dibandingkan dengan kriteria kredit perusahaan lain, kriteria tersebut cukup sederhana.

Namun, pengguna juga harus memberikan informasi pribadi dan keuangan. Informasi ini akan digunakan untuk memutuskan berapa banyak batas kredit ShopeePaylater yang akan kamu berikan.

3. Bunga yang Ditetapkan Cukup Rendah

Suku bunga ShopeePaylater relatif murah jika dibandingkan dengan suku bunga yang ditetapkan oleh perusahaan pemberi pinjaman lainnya.

Suku bunga bulanan maksimal untuk transaksi cicilan adalah 2,95%. Sementara itu, transaksi Paylater dengan jatuh tempo 30 hari tidak akan dikenakan bunga kredit.

Sementara itu, proporsi denda yang dikenakan setiap hari juga relatif sederhana, sekitar 0,1%. Hal ini menyiratkan bahwa denda keterlambatan pembayaran tidak akan terlalu memberatkan pengguna.

Namun demikian, kamu harus melacak jumlah angsuran dan denda kamu dan meminimalkan keterlambatan pembayaran sebanyak mungkin.

4. Pilihan Pembayaran Cicilan yang Beragam

Pembayaran tagihan ShopeePaylater, seperti halnya pembayaran transaksi Shopee, dapat dibayarkan melalui berbagai metode pembayaran.

Bagi kamu yang memiliki rekening bank, kamu cukup melakukan pembayaran menggunakan transfer bank. Namun, pembayaran tagihan dapat dilakukan melalui kasir minimarket jika kamu tidak memiliki rekening bank.

Jika kamu memiliki saldo Shopee Pay, kamu juga dapat membayar tagihan kamu. Shopee juga memungkinkan konsumen untuk memanfaatkan Voucher Shopee untuk menurunkan jumlah pembayaran saat menyelesaikan pembelian cicilan.

Kekurangan Fitur Cicilan Shopee PayLater

Kekurangan Fitur Cicilan Shopee PayLater

Meskipun terdapat banyak kelebihannya, namun layanan ini juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Hanya Tersedia Untuk Pengguna Tertentu

ShopeePaylater, seperti organisasi kredit lainnya, memiliki persyaratan tertentu yang harus dipenuhi konsumen untuk mendapatkan batas kredit.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa batas kredit hanya diberikan kepada orang yang mampu membayar pengeluaran mereka.

Shopee tidak memberikan gambaran lengkap tentang persyaratan bagi konsumen yang memenuhi syarat untuk mendapatkan batas kredit.  Namun, pengguna harus memiliki catatan transaksi aktif dalam tiga bulan sebelumnya dan alamat yang jelas.

Ini menyiratkan bahwa individu yang baru saja menggunakan Shopee mungkin memiliki masalah dalam mendapatkan batas kredit ShopeePaylater.

Namun, kamu disarankan untuk terus menggunakan aplikasi Shopee untuk memaksimalkan peluang kamu menerima batas kredit dengan ShopeePaylater.

2. Keterlambatan Pembayaran Dikenakan Bunga dan Denda

Salah satu bahaya yang terkait dengan pemanfaatan opsi cicilan ShopeePaylater adalah keterlambatan pembayaran tagihan. Jika hal ini terjadi, konsumen harus membayar bunga harian berdasarkan jumlah transaksi cicilan yang dilakukan.

Baca Juga:  Begini Cara Buka Rekening Cimb Niaga Online Secara Praktis

Jika pengguna memiliki hutang yang belum terbayar, Shopee akan menangguhkan sementara akun Shopee PayLater pengguna. Hal ini berarti bahwa sisa limit kredit yang tersisa tidak akan memenuhi syarat untuk transaksi cicilan selanjutnya.

Selain itu, transaksi cicilan besar akan dikenakan denda dan bunga yang signifikan jika jumlahnya tidak segera dibayarkan. Oleh karena itu, selalu bijaksana untuk memanfaatkan batas kredit yang disediakan oleh ShopeePaylater.

3. Limit Kredit Tidak Selalu Besar

Batas kredit anggota ShopeePaylater akan ditentukan oleh keterampilan keuangan mereka serta riwayat pembelian yang dilakukan pada aplikasi Shopee.

Hal ini menunjukkan bahwa semakin besar batas kredit yang diberikan, semakin sering orang memanfaatkan Shopee untuk membeli barang yang mereka inginkan.

Namun, karena mereka kurang percaya, pelanggan baru Shopee PayLater tidak akan bisa mendapatkan batas yang besar.

Ini menyiratkan bahwa pelanggan baru tidak akan dapat membeli barang dengan biaya tinggi jika mereka baru saja mendapatkan batas kredit dari Shopee PayLater.

Tidak perlu khawatir, jika limit pinjaman yang diperoleh dinilai kurang memadai, ada opsi untuk meningkatkan limit ShopeePaylater.

Limit kredit akan ditingkatkan berdasarkan riwayat pembayaran. Semakin tinggi limit kredit Shopee PayLater, maka semakin baik pula catatan pembayaran cicilannya.

4. Limit Kredit Tidak Bisa Ditarik

Batas kredit yang disediakan di ShopeePaylater hanya dapat digunakan untuk pembelian aplikasi Shopee. Akibatnya, kamu tidak dapat menarik batas kredit kamu secara tunai.

Hal ini sesuai mengingat tujuan Shopee PayLater adalah untuk memudahkan transaksi daripada memberikan alternatif keuangan.

Tanya Jawab Cara Bayar Tagihan ShopeePaylater

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara bayar tagihan ShopeePaylater, yakni:

1. Bolehkah Membayar Shopee PayLater Sebelum Jatuh Tempo?

Tagihan Shopee Pay Later dapat dibayar lebih awal. Hal ini dapat dilakukan melalui Alfamart, Indomaret, dan ATM.

2. Kapan Ttagihan SPayLater Keluar?

Informasi tagihan SPayLater akan ditampilkan pada tanggal 25, 1, dan 15 setiap bulannya.

3. Apa yang Terjadi Jika Shopeepaylater Tidak Digunakan?

Kamu tidak akan ditagih jika tidak menggunakan Shopee Paylater.

BACA JUGA:

Begini Cara Masuk Akun Shopee Lama
Cara Daftar Shopee Mall dan Persyaratannya
Cara Pesan Barang di Shopee Untuk Pemula

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara bayar tagihan ShopeePaylater ini bisa kamu ikuti langkah-langkahnya yang diatas.

Dan pilih metode pembayaran yang menurut kamu paling cepat untuk dilakukan supaya kamu tidak mendapatkan denda atas keterlambatan pembayaran.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.