Cara Mengubah Alamat Pengiriman di Shopee Lewat Hp

Infoyunik.com – Cara mengubah alamat pengiriman di Shopee yang sudah dikirim sebenarnya cukup sangatlah mudah. Namun beberapa pengguna masih belum tahu caranya tetapi juga masih ada beberapa pengguna yang bertanya apakah bisa atau tidak.

Untuk mengubah alamat pengiriman di Shopee yang sudah dikirim tentu akan bisa asalkan resinya belum di input. Tentu ada beberapa syarat lain untuk mengenai hal ini dan ada langkah-langkah untuk mengubahnya.

Terkadang kamu harus memasang paket di Shopee alamat yang sudah terisi secara otomatis sesuai dengan yang kamu isi pada data alamat. Sehingga seringkali beberapa pengguna mengalami kesalahan karena belum ubah alamat padahal tujuan paket berbeda.

Tentu jika salah dalam memilih alamat tujuan bisa membuat kamu panik terlebih jika paket sudah terkirim sehingga banyak yang bertanya bagaimana cara mengubah alamat pengiriman di Shopee yang sudah dikririm.

Syarat Mengubah Alamat Pengiriman di Shopee Yang Sudah Dikirim

Tentu ini ada beberapa syarat yang perlu kamu untuk mengubah alamay pengiriman di Shopee, sebagai berikut ini:

  1. Sebelum checkout, kamu hanya dapat mengubah alamat pengiriman kamu di Shopee untuk layanan pengiriman POS, Indah Logistik, JNE, GoSend, dan GrabExpress.
  2. Kamu dapat mengubah alamat pada layanan pengiriman JNE, J&T, Ninja Xpress, SiCepat, dan Shopee Express karena toko belum menjadwalkan pengiriman barang.

Cara Mengubah Alamat Pengiriman Di Shopee Status Dikemas

Untuk cara mengubah alamat pengirim di Shopee dengan status barangnya masi dikemas, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut ini:

  1. Pertama, luncurkan aplikasi Shopee.
  2. Selanjutnya, buka menu Saya.
  3. Klik “Dikemas” di bagian pesanan produk.
  4. Pada halaman detail, di bawah kolom Alamat, klik “Ubah.”
  5. Kemudian pilih alamat lain atau masukkan yang baru.
  6. Jika sudah, klik Confirm.
  7. Selesai.

Dengan memuat ulang halaman, kamu dapat melihat apakah alamat pengiriman telah diubah. Jika alamat telah berubah ke yang baru saja kamu masukkan, itu menandakan kamu telah berhasil mengubah alamat pengiriman di Shopee.

Cara Mengubah Alamat Pengiriman Di Shopee yang Sudah Dikirim

Cara Mengubah Alamat Pengiriman Di Shopee yang Sudah Dikirim

Cara memperbarui alamat pengiriman yang dikirim sebelumnya di Shopee. Tentu saja kamu bisa, tetapi ini sedikit lebih sulit. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan nomor resi, yang bisa kamu temukan di area status pengiriman Shopee.
  2. Kemudian, cari situs web resmi layanan pengiriman yang digunakan untuk mengirimkan paket.
  3. Kemudian hubungi penyedia jasa pengiriman kamu dapat melakukannya dengan menghubungi pusat telepon kurir.
  4. Hubungi pengirim dan minta perubahan alamat pengiriman.
  5. Berikan alamat baru dan tunggu sampai kiriman diantar ke lokasi baru.
  6. Tentu saja, memperbarui alamat pengiriman yang sudah disediakan di Shopee akan sulit, jika bukan tidak mungkin. Akibatnya, alamat pengiriman di Sholee tidak dapat diubah.

Cara Mengatasi Paket Shopee Salah Alamat

Namun jika ternyata pihak ekspedisi menolak mengganti alamat pengiriman, maka silahkan saja kamu tunggu paket sampai lalu kamu bisa minta saudara atau teman mengirimkannya kembali ke alamat kamu. Selain itu kamu juga bisa dapat mengatasi paket Shopee lewat beberapa cara sebagai berikut ini:

1. Pastikan Nomor Telepon Aktif

Sangat penting untuk selalu mengaktifkan nomor telepon ketika ada masalah alamat pada pengiriman Shopee. Terutama nomor telepon pada kemasannya. Jika nomor telepon aktif, kurir akan dapat menghubungi kamu untuk mengkonfirmasi alamat pengiriman.

Pengiriman paket ke tujuan tidak terhambat karena kurir sudah memiliki alamat terbaru. Alhasil, pastikan nomor telepon yang tertera pada paket Shopee selalu beroperasi.

2. Hubungi Kurir Paket

Jika kiriman kamu tidak sampai pada tenggat waktu, tidak ada salahnya kamu segera menelepon kurir untuk mengkonfirmasi perubahan alamat pembelian kamu.

Tanyakan kepada tetangga atau kenalan kamu yang sering membeli di aplikasi Shopee untuk nomor ponsel kurir yang secara teratur mengirimkan barang ke lokasi kamu.

3. Ambil Paket Di Drop Point

Jika kiriman sudah dikirim tetapi belum sampai karena alamatnya salah, kamu harus mengambil paket di Gudang atau Drop Point penyedia pengiriman yang kamu pilih.

Pastikan kamu memiliki nomor resi paket yang dipesan dengan menariknya di halaman pesanan Shopee sebelum mengambilnya di DP. Ingatlah untuk membawa kartu identitas kamu saat kamu mengambil kotak.

4. Hubungi CS Shopee

Jika paket Shopee ternyata gagal dikirim karena alamat salah atau tidak lengkap, kamu bisa langsung segara hubungi Cs Shopee dengan cara sebagai berikut ini:

  1. Mengobrol dengan Shopee atau gunakan Live Chat 24 jam Pusat Bantuan.
  2. Hubungi Pusat Panggilan di 1500702 kapan saja bisa pagi, siang atau malam.
  3. Email Layanan Pelanggan Shopee.
  4. Setelah terhubung dengan Cs Shopee, kamu bisa minta agar alamat pengiriman pembelian kamu diubah.
Baca Juga:  Cara Tarik Shopeepay ke Rekening Bank Secara Mudah

5. Buat Pesanan Baru

Solusi untuk yang terakhir adalah jika paket salah alamat dengan membuat pesanan baru dengan memastikan alamat pengiriman sudah sesuai sebelum checkout. Ini merupakan opsi terakhir jika ternyata paket Shopee yang salah alamat tidak sampai ketangan kamu.

Sejarah Berdirinya Shopee

Sejarah Berdirinya Shopee

Shopee, yang kita kenal sebagai marketplace yang sangat waspada dalam menjalankan promosi, dikatakan telah didirikan pada tahun 2015 di Singapura.

Tidak hanya fokus pada negara tempat didirikannya, ternyata shopee memiliki tujuan mulia yang pada akhirnya akan membuatnya menyebar ke negara tetangga Indonesia dan Malaysia, Thailand, Taiwan, Filipina, dan Vietnam.

Pasar oranye ini berisi dua peritel penting, Forrest Li dan Chirs Feng, yang tidak diragukan lagi merupakan kekuatan pendorong di balik kesuksesan shopee.

Kamu harus menyadari bahwa, sejak awal keberadaannya, Shopee tidak mengejar strategi bisnis yang mirip dengan yang ada sekarang.

Mereka lebih suka membuat marketplace menggunakan struktur C2C (Customer to Customer), mirip dengan Tokopedia dan Bukalapak.

Seiring berjalannya waktu, Shopee mencoba untuk mengoperasikan model bisnis lain, yang masih mereka terapkan hingga saat ini, terutama C2C Hybrid dan B2C, seperti yang terlihat dengan hadirnya Shopee Mall.

Shopee Mall adalah kumpulan toko-toko yang dipilih sendiri oleh Shopee berdasarkan barang yang mereka tawarkan dan layanan yang mereka berikan kepada pelanggan.

Shopee merupakan salah satu marketplace yang tumbuh secara signifikan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2017, dua tahun setelah didirikan, Shopee memiliki banyak pengguna.

Pada saat itu, aplikasi Shopee telah diunduh 80 juta kali. Tidak hanya jumlah unduhan yang berkembang secara substansial, tetapi juga jumlah barang yang ditawarkan di Shopee, yang sekarang mencapai lebih dari 180 juta.

Jumlah pengguna meningkat, dan barang yang ditawarkan menjadi lebih beragam, menghasilkan GMV (nilai perdagangan bruto) sebesar US$ 1,6 miliar untuk shopee pada Q4 2017.

Jika dibandingkan dengan nilai perdagangan bruto yang dicapai pada tahun 2016, perolehan pada tahun 2017 meningkat drastis, sebesar 206%.

Peristiwa yang sama terjadi pada tahun berikutnya, pada tahun 2018. Tahun ini, shopee menghasilkan $2,7 miliar dalam perdagangan kotor.

Persentase kenaikannya tidak sebesar tahun 2017, tetapi tidak signifikan. Shopee meningkatkan GMV mereka sebesar 153% pada tahun 2018.

Keberhasilan Shopee sebagai pasar tidak terbatas pada negara tempat ia didirikan. Shopee telah membuat pencapaian signifikan di negara lain, termasuk Indonesia dan Malaysia.

Di Indonesia, misalnya, menurut data dari jajak pendapat tahun 2017 yang dilakukan oleh TheAsianParent, shopee adalah salah satu marketplace yang disukai ibu-ibu di Indonesia, dengan skor 73%. Sementara Tokopedia hanya bisa mengelola 54% pada saat itu.

Begitu pula Shopee di Malaysia berhasil menjadi situs jual beli online ketiga yang paling banyak diperdagangkan, mengalahkan lawannya Lelong, dan Shopee di Apps Store juga berhasil menjadi aplikasi terbaik, yang sebelumnya dipegang oleh Lazada.

Seolah tidak mau kalah dengan aplikasi makan malam lainnya seperti gojek, shopee memasuki bisnis baru di tahun 2020, tepatnya pada bulan April.

Dengan menawarkan layanan pesan antar makanan yang mirip dengan apa yang dilakukan Grab dengan grabfood dan gojek dengan gofood. Selain itu, shopee menciptakan dompet digital, yang sekarang dikenal sebagai shopeepay.

Memang bukan marketplace Asia Tenggara yang pertama, namun dengan pengelolaan yang matang dan terencana, berhasil membuat shopee dikenal dan dimanfaatkan.

Yang kini dikenal sebagai salah satu marketplace utama Asia Tenggara yang bersaing dengan tokopedia, yang kini bergabung dengan GOTO, sebuah asosiasi dengan Gojek.

Kelebihan dan Kekurangan Shopee

Kelebihan dan Kekurangan Shopee

Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari Shopee:

Kelebihan

  • Kemudahan mengunggah foto produk untuk diiklankan di sana. Di Shopee, kamu dapat mengunggah hingga 9 gambar secara bersamaan.
  • Ada elemen di area penjualan yang akan membantu penjual saat mereka menunggu pembayaran, hal-hal yang harus dikirim, dan status transaksi yang diselesaikan.
  • Ketika ada masalah dengan produk yang dijual, ada opsi “item yang diblokir” khusus yang dapat membantu konsumen.
  • Karakteristik variasi produk yang membuatnya lebih sederhana dan lebih tepat untuk menawarkan barang dengan berbagai warna, tema, atau ukuran.
  • Ada alat yang memungkinkan kamu mengambil foto dari Instagram dan menambahkan hingga 18 hastag.
  • Tersedia aplikasi untuk Android dan iTunes (Apple).
  • Masih tersedia berbagai skema promosi, seperti penangguhan ongkos kirim (JNE), dan pemasaran halaman depan masih gratis.
  • Hal-hal yang akan ditawarkan di sini sama sekali tidak dibatasi.
  • Prospeknya masih banyak dan menarik. Shopee masih digunakan oleh sejumlah kecil toko online karena tidak banyak digunakan.
Baca Juga:  Cara Setor Tunai Mandiri Lewat Atm dan Teller

Kekurangan

  • Tampaknya tidak efisien dan membingungkan karena ada bagian pembeli dan penjual.
  • Persyaratan yang harus dilengkapi untuk promosi gratis ongkos kirim terkesan berat dan memakan waktu.
  • Tampilan deskripsi produk yang dianggap kurang menarik bagi calon konsumen.
  • Pencairan uang ke rekening yang ditentukan setelah prosedur transaksi berhasil.
  • Kadang-kadang, situs ini sulit dinavigasi atau bahkan lamban untuk dimuat.
  • Terlepas dari kenyataan bahwa kamu dapat mengunggah foto dalam jumlah yang sangat banyak, unggahan gambar sering gagal.
  • Selain foto, memasukkan nomor resi ke dalam program sering gagal.
  • Dropshipping juga tidak disarankan di pasar online saat ini.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab cara mengubah alamat pengiriman di shopee, yakni:

Apakah Kurir Shopee Akan Menelpon?

Tidak, Namun kurir biasa akan meminta alamat tertentu untuk mempercepat prosedur pengiriman paket.

Bagaimana jika COD Shopee Tidak Dibayar?

Jika pengiriman gagal, kurir akan mengirimkan kembali barang tersebut pada waktu dan berapa kali yang ditentukan oleh kurir.

Uang COD Masuk Kemana?

Tentu saja, kamu sekarang mengerti kemana perginya uang COD shopee berdasarkan informasi di atas. Ya, ketika pembeli menerima produk, uang COD shopee ditransfer ke saldo penjual. Sama halnya dengan pembayaran melalui transfer bank.

BACA JUGA:

Cara Pesan Barang di Shopee Untuk Pemula
Cara Daftar Gratis Ongkir Shopee Seller Paling Mudah
Cara Mendapatkan Uang dari Shopee Terbaru Secara Lengkap

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara mengubah alamat pengiriman di shopee ini bisa kamu lakukan dengan cara yang ada diatas ini.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.