Cara Mengirim Barang Shopee Untuk Pemula

Infoyunik.com – Jika kamu adalah seller baru di marketplace Shopee kita akan membahas cara mengirim barang Shopee nih. Sebagai seller di marketplace manapun pastinya kamu perlu mengirim orderan dari buyer ini melalui jasa kirim manapun.

Shopee mempunyai banyak jasa kirim yang tersedia untuk mengirim barang yang kamu jual. Kamu juga bisa mengeset jasa kirim mana yang mau kamu pakai.

Jika kamu sudah selesai, kamu bisa buka toko kamu dan tunggulah orderan dari costumer. Nah untuk lebih jelasnya kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Apa Itu Resi Otomatis Shopee

Apa Itu Resi Otomatis Shopee?

Sebelum bisa akses resi otomatis ke Shopee, pastikan kamu harus berjualan di Shopee dulu. Berikut ini cara berjualan di Shopee yakni pergilah ke menu saya, kemudian pilih mulai jual.

Lalu pilih mulai registrasi setelah iitu isilah informasi tentang toko kamu, setelah itu selesai pilihlah berikutnya, lalu pilih jasa kirim yang ingin kamu aktifkan dan yang terakhir tekan sumbit. Setelah itu tambahkan produk agar customer kamu bisa membeli dari toko kamu.

Setelah itu, sebagai vendor, kamu harus mengurus barang-barang yang akan kamu kirim, seperti mengemasnya dengan rapi.

Kita membutuhkan tanda terima setelah pengepakan untuk mengirimkan produk. Shopee memiliki teknologi Resi Otomatis yang memungkinkan pedagang menghasilkan resi secara otomatis, sehingga penjual tidak perlu menyiapkan resi secara manual.

Tanda terima otomatis Shopee Shopee adalah sistem pembelian yang memberikan tanda terima segera setelah konsumen membayar pesanan mereka.

Manfaat tanda terima otomatis adalah bahwa penjual tidak lagi harus membayar biaya pengiriman karena biaya pengiriman Pembeli ditransmisikan langsung ke penyedia pengiriman oleh Shopee.

cara mengirim barang Shopee

Jenis Layanan Shopee Express

Sebagai informasi tambahan buat kamu semua, sebelun kamu lanjut ke pembahasaan utama yang terlebih dahuu untuk mengenai jenis layanan dari SHopee Express. Agar lebih jelas dan detailnya, kamu bisa simak dibawah ini:

Shopee Express Standard

Layanan ini mirip dengan pengiriman konvensional, dengan antisipasi waktu kedatangan 1 sampai 3 hari di Jawa dan berat maksimum 300 kg. Karena dapat mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia, area layanannya cukup luas.

Shopee Express Same Day

Opsi berikutnya adalah Same Day, yang menyediakan pengiriman dengan waktu yang diantisipasi kurang dari 24 jam dan merupakan opsi yang disukai oleh sebagian besar pelanggan. Hanya saja berat maksimum pada layanan ini hanya 7 kg dan wilayahnya tidak terlalu luas.

Shopee Express Instant

Setelah itu adalah Instant, yang memiliki waktu antisipasi lebih pendek daripada Same Day. Layanan ini memiliki banyak penggemar.

Meskipun harga pengirimannya pasti lebih tinggi, tetapi itu bukan masalah besar, terutama karena berat maksimumnya adalah 50 kg.

Shopee Express Hemat

Terkahir, karena layanan semacam ini masih relatif baru, banyak orang yang tidak menyadarinya. Layanan ini memang menawarkan tarif pengiriman yang lebih rendah namun demikian, waktu kedatangan yang diharapkan adalah 2 hingga 14 hari.

Cara Mengirim Barang Shopee Lewat Shopee Express

Kemudian kita akan sampai ke inti permasalahan, yaitu cara mengirim barang Shopee melalui Shopee Express tanpa mencetak.

Dengan asumsi bahwa pesanan telah dikemas dengan benar. Jadi, untuk memperjelas cara mengirim barang Shopee mari kita langsung ke intinya yang perlu kamu ketahui, yaitu sebagai berikut ini:

1. Buka Aplikasi Shopee

Langkah yang pertama cara mengirim barang Shopee yakni kamu harus lakukan adalah buka aplikasi Shopee tapi sebelum itu kamu pastikan terhubung dengan jaringan internet yang bagus.

2. Pilih Menu Saya

Setelah itu kamu bisa masuk ke tampilan utama aplikasi Shopee lalu langsung saja pilih menu saya pada bagian pojok kanan bawah.

3. Tap Toko Saya

Lalu setelah itu berikutnya kamu tinggal tap toko saya pada bagian pojok kiri atas untuk sesuai gambar tersebut.

4. Klik Penjualan Saya

Ketika sudah masuk ke tampilan toko kamu bisa langsung klik penjualan kemudian pilih menu dikemas.

5. Atur Pengiriman

Nanti akan muncul dua pilihan yakni antar ke counter atau pickup, kamu bisa pilih salah satunya dan setelah itu klik konfirmasi.

6. Atur Tanggal Pickup

Dan untuk langkah berikutnya kamu tinggal atur tanggal pickup jika sudah semua maka kamu lanjut tap konfirmasi, sampai sini kamu sudah berhasil mengirim pesanan lewat Shopee Express.

Cara Kirim Barang Shopee Lewat J&T

Cara Kirim Barang Shopee Lewat JnT

Dan kemudian untuk cara kirim barang Shopee lewat JnT harus di proses terlebih dahulu untuk melalui aplikasi ataupun website.

Perlu kamu perhatikan bahwa kamu tidak bisa cetak label kiriman Shopee ketika memakai aplikasi karena hanya dapat di akses melalui Seller Center, berikut ini cara kirim barang lewat JnT yang perlu kamu ketahui, antra lain:

  1. Sebagai contoh, silakan navigasikan ke menu Saya di aplikasi Shopee.
  2. Menu baru akan terbuka lanjutkan dengan memilih “Toko kamu” di sudut kiri atas.
  3. Pilih opsi “Perlu dikirim” untuk memproses transaksi.
  4. Pilih opsi “Need to ship” untuk menyelesaikan transaksi.
  5. Saat pesanan kamu ditampilkan, pilih salah satu dan klik opsi atur pengiriman.
  6. Tampilkan pilihan paket JnT Express – counter delivery dan pickup. Pilih salah satu layanan JnT yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.
  7. Terakhir, klik “Konfirmasi” untuk mengirimkan barang.
  8. Menu pop-up dengan penjelasan akan ditampilkan klik “Ok”.
  9. Nomor resi akan langsung ditampilkan di aplikasi Shopee. Kamu dapat menyimpannya dan kemudian klik OK.
  10. Kamu dapat langsung mengirimkan produk dengan mencantumkan alamat, nama dan nomor telepon pada wadah menggunakan kertas.
  11. Jika kamu ingin mencetak label pengiriman Shopee JnT, buka situs web seller.shopee.co.id dan login.
  12. Selanjutnya, masuk ke Kiriman Saya lalu ke urutan yang ingin kamu cetak labelnya. Atur Pengiriman (Tap)
    Setelah itu, kamu dapat langsung mencetak dengan menekan Cetak Resi.
  13. Resi Shopee JnT, seperti yang ditunjukkan di bawah ini, akan dicetak.
  14. Kemas produk lalu tempelkan label di atas untuk memudahkan pengiriman.
  15. Jika kamu memilih opsi pengiriman konter, kamu kemudian harus mengirimkan produk. Jika kamu memilih opsi pickup, produk akan diantar ke tempat kamu oleh kurir JnT.
  16. Setelah JnT menerima produk, kamu akan mendapatkan bukti pengiriman dengan nomor resi.
Baca Juga:  Berikut Cara Mengaktifkan Bpjs Kesehatan Secara Online

Cara Packing Paket Shopee

Pengiriman J&T di Shopee memiliki standarnya sendiri, dimulai dengan pengemasan dan diakhiri dengan operasi. Parameter berikut harus dilengkapi sebelum kamu dapat menambahkan label atau tulisan khas untuk membedakan jenis barang dalam wadah.

  • Kemasan karton digunakan untuk barang-barang dengan berat kurang dari 10kg, namun kotak khusus harus digunakan jika barang tersebut besar dan mudah rusak.
  • Harap bungkus produk setidaknya dalam tiga lapis bubble wrap dan bahan pengisi untuk menghindari guncangan saat pengiriman. Bahan pengisi termasuk styrofoam, busa, kertas, koran atau kain.
  • Harap gunakan isolasi untuk menutup ujung atau potongan yang terbuka.
  • Jangan gunakan segel satu kali yang meninggalkan bekas saat dilepas.
  • Untuk produk bernilai tinggi, gunakan label pelindung khusus yang bertuliskan hal-hal seperti jangan dilipat, jangan terkena air, jangan tumpang tindih, mudah rusak dan sebagainya.
  • Lampirkan tanda terima dari situs web penjual shopee ke dalam kemasan.
  • Kemasan luar dengan lapisan plastik, karton, lakban, polybag plastik, bubble wrap, karton, lakban dan pembungkus lainnya

Cara Mengirim Paket Shopee Tanpa Print

Untuk cara mengirim barang Shopee tanpa print kamu tidak dapat mencetak label pengiriman, kamu dapat secara manual mencantumkan nomor resi pada bagian luar paket.

Dengan menggunakan spidol atau alat tulis lainnya, kamu dapat menambahkan informasi pada nomor resi bersama dengan pesanan, seperti yang terlihat pada contoh di atas.

Tentu saja, mengirim paket Shopee tanpa mencetak lebih sederhana karena tidak memerlukan label dan sangat ideal untuk penjual yang mengakses dari smartphone mereka. Jadi lebih sederhana ketika kamu telah memverifikasi dan dapat langsung menggunakan tanda terima.

Cara Jualan di Shopee Agar Cepat Laku

Cara Jualan di Shopee Agar Cepat Laku

Setelah membas apa itu resi otomatis sampai cara mengirim paket Shopee tanpa print. Nah berikut ini adalah cara jualan di Shopee agar cepat laku dan banyak yang pembeli yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Menggunakan Iklanku

Iklan adalah yang paling umum, namun masih disukai oleh pedagang. Dengan iklan di semua tempat, produk kamu akan menjadi terkenal dan memiliki pengaruh pada penjualan.

Fungsi ini tersedia di Shopee. Pastikan kamu memiliki saldo yang memadai di Shopee sebelum menggunakan fungsi ini. Karena iklan ini adalah bantuan layanan Shopee, ada biaya yang harus kamu bayar.

2.Menggunakan Promo Shopee

Menjadi bagian dari promo Shopee akan membuat produk kamu lebih terkenal dari sebelumnya. Karena fitur ini resmi dari Shopee dan di kelola dari pihak Shopee kamu tidak bisa sembarangan.

Pertama dan terpenting, kamu harus mencantumkan barang kamu dalam seri nominasi produk Shopee. Jangan lupa untuk membuat penawaran terbaik untuk barang dagangan kamu.

Bayar sedikit, dapatkan banyak adalah filosofi konsumen. Konsep itu harus dipahami dengan baik. Setelah itu, yang harus kamu lakukan adalah menunggu keputusan Shopee.

Shopee akan menentukan apakah produk kamu layak masuk nominasi produk. Dan jika penawaran kamu benar-benar berharga, niscaya penjualan akan meroket.

3. Menggunakan Promo Toko

Kamu juga akan dapat meningkatkan penjualan kamu dengan menjalankan promosi ritel. Promosi toko ini memungkinkan kamu untuk memilih jumlah diskon yang ingin kamu berikan. kamu juga dapat memilih masa berlaku diskon.

Penjualan kamu pasti akan meningkat jika kamu dapat menggunakan teknik yang tepat untuk semua jenis pelanggan, dari kelas menengah ke atas.

Baca Juga:  16 Cara Cari Tiket Pesawat Murah dan Paling Gampang!

4. Menggunakan Voucherku

Pernahkah kamu mendengar tentang voucher belanja supermarket terkenal? Bukankah ada banyak minat? Kamu juga dapat menggunakan fitur seperti itu untuk meningkatkan penjualan di Shopee.

Kamu bisa dapat menarik konsumen sebanyak mungkin dengan fungsi ini. Kupon ini berfungsi mirip dengan diskon untuk pembelian umum.

Hanya saja fungsi ini tunduk pada batasan tertentu. Namun, kamu bisa bersantai. Pembatasan ini dilakukan untuk membatasi kerugian kamu. Saat membuat voucher, ingatlah hal-hal berikut ini:

  • Subsidi atau diskon yang diberikan. Pikirkan baik-baik agar kamu tidak merasa rugi setelah membuat voucher.

Pembelian minimum yang diperlukan. Biasanya, ketentuan penggunaan voucher adalah sebagai berikut:

  • “Dapatkan voucher senilai xxxx dengan minimal pembelian xxxxx”. Kamu dapat menggunakan sistem itu juga.
  • Waktu aktif. Jangan terus mengirimkan voucher tanpa batasan waktu. Hal ini dapat merugikan kamu.

Tanya Jawab Cara Mengirim Barang Shopee

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara mengirim barang Shopee, yakni:

Bagaimana Cara Mengirim Pesan ke Penjual di Shopee?

Pilih fitur Obrolan di sudut kanan atas aplikasi Shopee untuk mengakses Fitur Obrolan Penjual. Memilih Obrolan di sudut kanan bawah halaman Pusat Penjual akan membawa kamu ke fungsi Obrolan Penjual.

Apa yang Akan Terjadi Jika Penjual Tidak Mengirim Barang di Shopee?

Pesanan harus dikirim dalam waktu dua hari untuk pengiriman standar dan satu hari untuk pengiriman Hari Berikutnya, Sameday dan Instan. Jika pesanan tidak terkirim dan tenggat waktu telah berlalu, sistem di Shopee akan segera membatalkan pesanan.

Kurir Shopee Libur Hari Apa?

Jadi, apakah Shopee Express Standard bekerja pada hari Minggu? Jawabannya tidak karena kantor buka Senin sampai Minggu tetapi jam kerjanya tidak 24 jam.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara mengirim barang Shopee ini bisa tanpa print label pengiriman. Dan caranya sangat cukup mudah untuk para Seller yang baru mencoba berjualan.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.