Apa itu Nomor Rekening? Fungsi dan Manfaatnya

Infoyunik.com – Sobat unik apakah kamu sudah tahu apa itu nomor rekening? Secara umum nomer rekening adalah nomor yang digunakan untuk menarik dan memasukkan uang di bank. Singkatnya saja nomor rekening atau nomor akun bank ini dipakai dalam transaksi uang.

Nomor rekening sendiri terdiri dari nomor yang sangat unik, yang dimana setiap nasabah bank bisa memiliki nomor rekening yang berbeda-beda.

Pada umumnya nomor akun bank ini akan dibutuhkan dalam berbagai kebutuhan transaksi. Setelah itu penting bagi kamu untuk mempersiapkan nomor ini yang sekarang telah tersedia di mobile banking ataupun internet banking.

Apa itu Nomor Rekening

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia apa itu nomor rekening yakni adalah nomor yang akan digunakan untuk menarik dan memasukkan uang di bank.

Melainkan no rekening diperlukan untuk segala aktivitas keuangan di bank. No rekening ini terdiri dari kode unik pembeda tiap nasabah, no rekening akan diperoleh ketika kita membuka rekening di setiap bank tertentu dan akan terdapat buku tabungan.

Cara Cek Nomor Rekening

Pada dasarnya, pemilik rekening ini melalukan pengecekan rekening ini melalui buku tabungan yang mereka miliki. Lalu bagaimana jika kamu tidak bisa mengakses buku tabungan dengan segera?

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengacek nomor rekening terlepas dari bank apapun yang mengeluarkan buku tabungan kamu:

1. Di Buku Tabungan

Sebagai klien bank, kamu hampir mungkin memiliki buku tabungan. Cukup mudah untuk memverifikasi nomor rekening mandiri dengan menggunakan buku tersebut.

Buku rekening menyediakan catatan mutasi saldo debit dan kredit. Nomor rekening adalah bagian lain dari informasi dalam buku rekening.

Nomor rekening biasanya terdapat pada sampul buku tabungan. Jika kamu masih ragu, bukalah buku rekening dan periksa kembali.

Pada halaman yang sama dengan nomor rekening, kamu juga akan menemukan informasi tambahan seperti nama pemilik rekening.

Apabila kamu memverifikasi nomor rekening di buku tabungan fisik, kamu juga akan mendapatkan informasi berikut ini:

  1. Cabang atau lokasi di mana kamu memulai rekening tabungan kamu.
  2. Nama pemilik rekening (KTP) sesuai dengan kartu identitas.
  3. Alamat pemilik rekening.
  4. Tanggal pembukaan rekening tabungan.
  5. Nomor seri.

2. Mesin ATM

ATM atau mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), adalah mesin yang dimaksudkan untuk membantu pengguna dengan operasi keuangan. ATM sekarang sudah sangat umum dan telah menjadi fasilitas perbankan bagi setiap nasabah bank.

kamu dapat menggunakan ATM untuk memverifikasi nomor rekening kamu selain melakukan operasi standar seperti penarikan tunai, setoran tunai, pembayaran, atau pembelian.

Apakah itu benar? Kamu dapat melihat riwayat transaksi dengan memilih menu mutasi rekening. kamu juga dapat melihat nomor rekening kamu pada saat yang bersamaan.

Kamu juga bisa dapat mengecek nomor rekening BRI kamu di ATM sebagai pengguna baru dengan mengikuti petunjuk berikut ini:

  1. Pertama dan yang terpenting, pastikan kamu membawa kartu ATM kamu.
  2. Masukkan kartu ke dalam mesin ATM dan masukkan PIN, tetapi jangan memberitahukan PIN tersebut kepada orang lain.
  3. Ketika kamu memilih opsi cek saldo, nomor rekening akan muncul di layar mesin.

3. E-Banking

E-banking adalah jenis layanan perbankan yang dapat diakses dan dimanfaatkan secara online oleh pengguna. Ini berarti bahwa e-banking tersedia untuk membantu kamu menghemat waktu dan uang. kamu tidak perlu pergi ke bank lokal atau atm untuk menggunakan layanan ini.

kamu dapat memeriksa saldo kamu dengan meluncurkan aplikasi e-banking di ponsel kamu. Periksa nomor rekening yang tercantum dalam opsi detail saldo.

4. Internet Banking

Kamu harus mengaktifkan layanan keuangan ini sebelum kamu dapat menggunakannya. Jika sudah, buka halaman utama dan cari opsi detail akun.

kamu dapat memverifikasi atau mencari nomor rekening kamu di sini. Jika kamu khawatir lupa di kemudian hari, catatlah nomor rekening kamu di ponsel atau perangkat lain, seperti laptop.

5.  Mobile Banking

Nasabah bank dapat melakukan operasi keuangan dalam genggaman tangan mereka melalui mobile banking. Mobile banking adalah aplikasi berbasis teknologi yang memerlukan konektivitas internet.

Namun, ini tidak sama dengan perbankan online. Kamu harus harus terlebih dahulu mengunduh dan menginstal mobile banking pada smartphone kamu karena ini adalah sebuah aplikasi.

Untuk memanfaatkan layanan perbankan ini, kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu, kemudian membuat ID dan kata sandi.

kamu dapat mendaftar ketika kamu membuat rekening tabungan di lokasi bank lokal kamu. kamu juga dapat melakukannya nanti jika kamu benar-benar membutuhkannya.

Nomor rekening ini biasanya terdapat di bawah menu informasi Rekening, info, atau apa pun yang sejalan dengan itu.

Jadi, jika kamu ingin mengecek nomor rekening BCA kamu, buka BCA mobile dan pilih m-BCA. Nomor rekening akan ditampilkan di sebelah saldo kamu ketika kamu memilih detail saldo.

6. Call Center

Layanan pusat kontak perbankan sekarang dapat diakses 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Dengan kata lain, kamu dapat menghubungi layanan pelanggan kapan saja, siang atau malam.

Kamu dapat menghubungi bank melalui telepon untuk berbagai alasan, termasuk menonaktifkan kartu ATM dan mempelajari lebih lanjut tentang produk perbankan.

Baca Juga:  Cara Mudah Buka Rekening BNI Online Lewat HP

Kamu juga dapat menanyakan tentang nomor rekening kamu, sehingga kamu tidak perlu mencarinya jika kamu tidak dapat menemukan buku tabungan kamu saat itu juga.

7.  Ke Kantor Bank Terdekat

Bank-bank besar dan terkemuka di Indonesia memiliki beberapa kantor cabang yang tersebar di seluruh negeri. Hal ini mempermudah kamu untuk pergi ke tempat yang terdekat dengan rumah atau bisnis kamu.

Meskipun kamu harus mengantri dan membuang waktu, kamu tetap membutuhkan informasi yang kamu inginkan. Ingatlah untuk membawa kartu identitas kamu.

Untuk membantu prosedur validasi data ketika customer care bank mencari informasi seperti nomor rekening kamu.

Jika kamu ingin mengetahui cara memverifikasi nomor rekening BNI kamu, datanglah ke kantor bank BNI, bukan ke bank lain.

8. Bukti Transfer

Apakah kamu masih memiliki bukti transfer? Jika ya, kamu bisa dengan cepat menemukan nomor rekening kamu. Tidak perlu mengunjungi ATM atau kantor cabang bank setempat.

9. Rekening Koran

Jika kamu adalah nasabah bank yang sering mencetak rekening koran, kamu tidak perlu mempelajari cara memverifikasi nomor rekening BRI.

Informasi pemilik rekening, termasuk nomor rekening, disertakan dalam rekening koran. Coba ingat-ingat kembali di mana kamu menyimpan rekening koran yang sudah dicetak.

Manfaat Nomor Rekening

Manfaat Nomor Rekening

Selain bisa digunakan untuk menarik dan memasukkan uang di bank, nomor akun bank juga memiliki banyak manfaat, berikut ini adalah manfaat nomor rekening yang perlu kamu ketahui adalah:

  1. Bentuk pembayaran.
  2. Sebagai alat tukar.
  3. Bagian dari proses pengajuan atau pengambilan beasiswa.
  4. Prasyaratan untuk pengajuan kredit dan pinjaman.
  5. Untuk mendapatkan uang untuk menabung.
  6. Mengirim uang.
  7. Untuk mengajukan permohonan program perbankan lainnya.
  8. Mengingat banyaknya tujuan dan keuntungan penting dari nomor rekening bank, berhati-hatilah saat mengungkapkannya kepada orang lain.

Saat menuliskan nomor rekening bank harus berhati-hati ya. Karena jika kamu salah mengetik satu nomor saja, transaksi bisa gagal atau keliru dengan nasabah lain.

Fungsi Nomor Rekening

Saat mencari cara cek nomor rekening mandiri. Kamu pasti melakukannya bukan tanpa alasan maksudnya adalah ada keperluan tertentu yang melibatkan nomor rekening tabungan kamu.

Atau bahkan hendak mencari tahu informasi pemilik nomo rekening yang dicurigai melakukan penipuan. Pada dasarnya adalah nomor rekening memiliki banyak fungsi yakni adalah:

  1. Sebagai sarana untuk melakukan transaksi perbankan.
  2. Sebagai bentuk pembayaran.
  3. Diperlukan untuk mengirim, mentransfer, dan menerima uang.
  4. Salah satu prasyarat untuk memperoleh kredit atau pinjaman.
  5. Persyaratan aplikasi untuk program perbankan.

Website untuk Melacak Nomor Rekening

Jika semua cara di atas kamu gunakan untuk mengecek nomor rekening milik pribadi, sekarang kamu bisa mencoba mengecek nomor rekening milik orang lain. Namun tetapi hal ini tidak akan boleh digunakan untuk tujuan kejahatan.

Kamu bisa melakukan pengecekan bahkan tanpa bantuan jasa lacak nomor rekening. Dengan kecanggihan teknologi yang ditawarkan ada beberapa website yang akan membantu kamu yang hendak melacak nomor rekening bahkan dengan identitas pemilik rekening tersebut:

1. CekRekening.id

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa kementerian komunikasi dan informasi Republik Indonesia, atau Kemenkominfo RI.

Telah mengembangkan situs web untuk membantu dalam menentukan identitas pemegang rekening dengan menggunakan nomor rekening bank. Hal ini mungkin sangat bermanfaat bagi kamu yang pernah atau akan menjadi korban penipuan:

  1. Untuk memulai, buka situs web, yang dapat dilihat langsung melalui ponsel atau komputer.
  2. Kemudian, pilih bank dan masukkan nomor rekening.
  3. Centang “I’m not a robot” dan periksa kembali nomor rekening yang kamu berikan sebelumnya.
  4. Pilih Periksa rekening dan tunggu hasilnya.
  5. Informasi ini juga akan memberi tahu kamu apakah nomor rekening tersebut sudah pernah dilaporkan atau belum, termasuk untuk pelanggaran pidana. Ini sangat berguna untuk lebih berhati-hati saat bertransaksi online.

2. Lapor.go.id

Jika kamu melihat nama situs webnya, kamu bisa tahu bahwa situs web itu milik pemerintah. Lapor adalah akronim dari layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat.

Laman web tersebut adalah situs resmi PANRB atau kementerian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (PANRB).

Tahap awal dalam pelaporan adalah memilih jenis laporan, bisa berupa pengaduan, aspirasi, atau permintaan informasi. Kemudian, pada bagian yang tersedia, berikan judul laporan serta deskripsi laporan yang kamu buat. Klik lapor untuk mengirimkan laporan.

3. Www.kredibel.co.id

Mengapa tidak memeriksa rekening BNI orang lain secara online? www.kredibel.co.id adalah situs web lain yang dapat membantu individu yang perlu memantau nomor rekening.

Cukup dengan memasukkan nomor rekening seseorang akan memberi tahu kamu apakah mereka mungkin telah melakukan penipuan.

Masukkan nomor rekening dan klik cek untuk melihat apakah ada orang lain yang telah melaporkan penipuan. Untuk mendapatkan detail yang lebih luas, kamu harus masuk dengan akun Google atau Facebook kamu.

Perbedaan Nomor Rekening dengan Nomor ATM

Perbedaan Nomor Rekening dengan Nomor ATM

Meskipun semakin banyak orang yang membuat rekening tabungan, tidak semua orang memahami perbedaan antara nomor rekening dan nomor ATM.

Baca Juga:  Cara Cek Tagihan Listrik Pasca Bayar Secara Mudah

Akibatnya, tidak mengherankan jika beberapa orang masih percaya bahwa kedua nomor tersebut sama. Nomor rekening tabungan muncul di bagian depan buku tabungan, tetapi nomor ATM muncul pada kartu ATM yang sebenarnya.

Nomor rekening tidak dapat ditemukan pada kartu ATM atau kartu debit karena tidak tercetak di sana. Ada berbagai kriteria yang perlu diingat untuk mengidentifikasi nomor rekening dari nomor ATM, antara lain:

  1. Banyak aktivitas, seperti setoran tunai dan transfer uang, membutuhkan nomor rekening.
  2. Buku tabungan berisi nomor rekening, sedangkan kartu ATM berisi nomor kartu ATM.
  3. Orang yang memiliki nomor rekening hampir pasti memiliki nomor kartu ATM jika mereka mengajukan permohonan. Pemilik nomor ATM, di sisi lain, mungkin tidak memiliki nomor rekening karena mereka menerima kartu sebagai hadiah dari seseorang yang dekat dengan mereka.
  4. Meskipun nomor rekening dapat digunakan untuk berbagai pembayaran, nomor pada kartu ATM hanya berfungsi untuk mengidentifikasi bank yang mengeluarkan kartu dan pemilik sah kartu tersebut.
  5. Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa fungsi nomor rekening cukup rumit. Akibatnya, ini adalah salah satu alasan mengapa bank tidak mempublikasikan nomor kartu ATM. Akibatnya, hal ini dapat menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan, seperti penyalahgunaan data dan lain-lain.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar apa itu nomor rekening, yakni:

Dimana Letak Nomor Rekening Pada Kartu ATM?

Karena nomor rekening hanya disebutkan dalam buku tabungan pribadi, maka tidak dapat ditemukan pada kartu ATM.

Sementara itu, 16 digit angka yang tertulis pada kartu ATM dikenal sebagai nomor kartu ATM atau nomor kartu debit. Nomor ini tercetak di bagian depan kartu ATM.

Apakah Nomor Rekening Bisa Digunakan Untuk Berbagai Pembayaran?

Jika nomor rekening dapat digunakan untuk banyak pembayaran, nomor pada kartu ATM hanya membantu mengidentifikasi bank yang mengeluarkan kartu dan pemilik sahnya. Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa fungsi nomor rekening cukup rumit.

14 Digit Rekening Bank Apa?

  • Mandiri memiliki 13 digit.
  • Syariah Mandiri: 10 digit.
  • CIMB Niaga untuk 14 digit.

BACA JUGA:

Cara Melihat Nomor Rekening di Kartu Atm Dengan Mudah
Cara Mengirim Pulsa ke Nomor Lain yang Beda Operator
Begini Cara Buka Rekening Cimb Niaga Online Secara Praktis

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa apa itu nomor rekening? Yakni adalah nomor yang akan digunakan untuk menarik dan memasukkan uang di bank.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.