Syarat dan Cara Membuka Tabungan BCA Online dan Offline

Infoyunik.com – Belum punya rekening tabungan Bank Central Asia (BCA)? Lalu bagaimana cara membuka tabungan BCA? Mungkin kamu termasuk orang-orang yang mau pindah tabungan dari bank lain ke BCA atau pertama kalinya membuka tabungan BCA.

Bagaimana sih caranya? Sebaiknya kamu persiapkan dulu syarat-syarat dan ketahui langkah-langkah yang memiliki tabungan di BCA yang kamu sebut sebagai Tahapan BCA.

Kita akan membantu kamu mempersiapkan apa saja yang harus kamu lakukan untuk membuka tabungan di BCA. Nah untuk lebih jelasnya kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Cara Membuka Tabungan BCA

Cara Membuka Tabungan BCA

Cara buka tabungan BCA ini tidak akan terlalu sulit. Kamu bisa lakukan ini dengan mudah. Bahkan bagi yang tidak suka rumit bisa langsung pergi ke kantor cabang saja.

Ada dua metode atau cara membuka tabungan BCA yaitu online dan offline, antara lain yakni:

1. Melalui Online

Kamu bisa simak cara buka tabungan online bank BCA, berikut ini adalah caranya:

1. Install Aplikasi BCA Mobile dan Buka Rekening Baru

Langkah pertama cara membuka tabungan BCA adalah mengunduh dan menginstal aplikasi BCA Mobile dari PlayStore atau AppStore. Setelah instalasi, masuk ke area ‘Buka Rekening Baru’.

Pada tahap ini, kamu harus memastikan bahwa nomor telepon kamu belum terdaftar di BCA Mobile. Kemudian klik ‘Buka Rekening’.

Ketika ditanya apakah kamu sudah memiliki akun BCA, kamu dapat memilih sesuai kepemilikan atau ‘Tidak’ jika belum.

2. Pilih Jenis Tabungan

Cara membuka tabungan BCA seperti yang telah disebutkan sebelumnya , BCA Mobile memungkinkan kamu untuk membuat berbagai jenis rekening tabungan online.

Setiap jenis tabungan memiliki manfaat yang berbeda kamu dapat menyesuaikan strategi tabungan kamu dengan kebutuhan spesifik kamu.

Setoran awal untuk masing-masing rekening tabungan ini sangat bervariasi. Tahapan BCA mensyaratkan setoran awal sebesar Rp 500 ribu untuk membuat rekening.

Setoran pertama untuk Tahapan Xpresi adalah Rp50 ribu. Dan Rp10 juta untuk Tahapan Gold. Setelah memilih jenis tabungan yang tepat, kamu dapat melanjutkan ke verifikasi SMS.

Membuat Kode Akses

3. Membuat Kode Akses

Langkah selanjutnya adalah membuat kode akses untuk tabungan online bank BCA. Kode ini terdiri dari huruf dan angka yang harus dihafal. Hal ini karena kode akses ini akan dibutuhkan untuk mengakses BCA Mobile. Jadi untuk itu jangan sampai lupa ya.

4. Melengkapi Dokumen

Sejumlah dokumen harus diisi. Misalnya foto e-KTP, foto pribadi, tanda tangan dan NPWP (Jika ada). Setelah kamu melengkapi berkas-berkas tersebut.

Kamu harus mengisi data diri kamu. Sebagai contoh, tujuan utama pembuatan rekening tabungan adalah untuk mengumpulkan data pribadi.

5. Memilih Kartu yang Diinginkan

Selanjutnya, pilihlah kartu yang sesuai untuk memulai tabungan online bank BCA. Kamu dapat memilih jenis kartu yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

Setiap kartu akan memiliki keunikan tersendiri. Limit tarik tunai, limit transfer dan biaya admin semuanya akan berbeda.

6. Pilih Cabang Rekening Terdaftar

Meskipun tabungan ini dibuat secara online, namun buku tabungan fisik diambil ke kantor cabang BCA. Kamu bisa pilih kantor cabang yang terdekat.

7. Konfirmasi Data dan Verifikasi Data

Pada titik ini, kamu bisa memeriksa data. Jika semuanya sudah benar dan sesuai, kamu bisa melakukan konfirmasi data secara langsung.

Setelah itu, kamu akan melakukan video call dengan Customer Service BCA untuk memverifikasi informasi kamu. Video call ini akan segera berakhir.

8. Aktivasi Mobile Banking

Untuk cara membuka tabungan BCA yang terakhir terakhir adalah dengan mengaktifkan mobile banking. Untuk menggunakan mobile banking dan online banking, kamu harus membuat PIN terlebih dahulu. PIN adalah 6 digit angka yang dirahasiakan.

Prosedur pembukaan tabungan online bank BCA telah selesai dengan sukses. Kartu ATM dan buku tabungan kamu dapat dicetak di kantor cabang setempat.

2. Offline

Selain memanfaatkan opsi internet, calon nasabah dapat membuat rekening BCA secara offline dengan mengunjungi kantor cabang dan melengkapi prosedur yang diuraikan di bawah ini:

  1. Datangi kantor cabang BCA yang terdekat dengan kamu.
  2. Petugas keamanan akan memberikan nomor antrian untuk Customer Service (Cs).
  3. Tunggu sampai kamu menerima panggilan jika kamu memiliki nomor antrian.
  4. Ketika antrean datang, informasikan kepada CS bahwa kamu ingin membuat ATM atau rekening BCA baru.
  5. Kemudian, berikan dokumen yang diperlukan, seperti KTP dan NPWP.
  6. Lalu, isi dokumen yang diberikan oleh CS untuk membuat rekening BCA.
  7. Selanjutnya, bayar tagihan kartu debit.
  8. Kemudian pilih opsi untuk meluncurkan KlikBCA atau BCA Mobile.
  9. Setelah itu, silakan ke teller untuk melakukan setoran awal.

Fitur Tabungan Bank BCA

Fitur Tabungan Bank BCA

Dari segi fungsionalitas, tabungan rencana ini menawarkan berbagai fitur yang perlu kamu ketahui, antara lain:

  1. Tabungan mata uang Rupiah.
  2. Jangka waktu menabung mulai dari 12 bulan hingga 240 bulan.
  3. Setoran otomatis bulanan dari rekening sumber dana. (Dana untuk rekening Tahapan Rencana dapat berasal dari Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi atau Tapres BCA).
  4. Setoran bulanan dimulai dari Rp 500.000 per bulan dengan kelipatan Rp 50.000.
  5. Selama periode tabungan, penarikan tidak diizinkan.
  6. Mulai Januari 2016, fitur e-statement tersedia di KlikBCA Individual dan KlikBCA Bisnis.
  7. Nasabah dapat memiliki banyak rekening Tahapan Berjangka yang terhubung dengan satu rekening utama (Sumber dana).
  8. Identitas kepemilikan rekening sumber dana digunakan untuk mengkonfirmasi kepemilikan rekening.
  9. Pengecekan saldo KlikBCA Individual dan KlikBCA Bisnis sangat sederhana.
Baca Juga:  Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BRI Secara Mudah

Syarat Membuka ATM BCA

Syarat Membuka ATM BCA

Berikut ini adalah syarat membuka ATM BCA yang perlu kamu ketahui, antara lain yakni:

1. Tahapan BCA

Jenis tabungan yang paling umum di BCA adalah tahapan. Produk tabungan dari BCA ini menyediakan kemudahan untuk semua nasabahnya. Bagi kamu yang hendak membuka tahapan BCA, syaratnya adalah:

  1. Yakni berupa perorangan ataupun yayasan.
  2. Mengisi formulir yang berisikan tentang permohonan buka rekening.
  3. Menyerahkan KTP dan NPWP.
  4. Lalu memberikan setoran awal dengan angka minimal Rp. 500 ribu. Lalu selanjutnya setoran minimalnya adalah Rp. 50 ribu.
  5. Saldo minimum yang mengendap perbulannya adalah Rp. 100 ribu.

Nah untuk jenis kartu ATM yang bisa dipilih oleh nasabah Tahapan BCA adalah:

  1. Paspor BCA Silver
    Yang pertama jika ada kartu paspor BCA silver dengan limit tarik tunai di ATM adalah Rp. 7juta sementara maksimal transfer adalah Rp. 25 juta dengan biaya administrasi yang di bebankan setiap bulannya adalah Rp. 15.000
  2. Gold
    Dan yang kedua ada paspor BCA gold dengan limit transaksi hingga Rp.10 juta dan maksimal transfer Rp. 50 juta ke sesama BCA. Adapu administrasi yang dimiliki perbulannya adalah Rp. 17 ribu.
  3. Platinum
    Yang terakhir ada paspor BCA Platinum dengan limit transfer mencapai Rp. 100juta dengan beban administrasi per bulannya adalah Rp. 20 ribu.

2. Xpresi

Jenis tabungan ini adalah salah satunya ditunjukan untuk anak muda yang dinamis. Beberapa syarat untuk membuka tahapan Xpresi adalah:

  1. Calon nasabah yang berusia minimal 12tahun.
  2. Lalu wajib mengisi formulir yang berisikan pembukan rekening.
  3. Kemudian menyerahkan KK dan KTP orang tua.
  4. Lalu membawa setoran awal, paling minimal Rp. 50 ribu. Sementara untuk setoran setelahnya adalah Rp. 50ribu. Khususnya tahapan xpresi ini maka saldo minimum yang ditahan atau mengendap adalah Rp. 10 ribu.

3. Gold

Bagi pemilik bisnis tahapan gold ini merupakan jenis tabungan dari BCA yang di rekomendasikan sebab akan bisa memudahkan para pengusaha untuk melakukan segala macam transaksi bisnis. Syarat untuk membuka tahapan gold sendiri adalah:

  1. Calon nasabah ini bisa berupa individu atau yayasan.
  2. Lalu wajib mengisi formulir yang diberikan cs tentang permohonan pembukaan ATM.
  3. Kemudian kamu harus membawa KTP dan juga NPWP jika ada.
  4. Kamu juga harus membayara setoran awal yang diserahkan pertama kali adalah Rp. 10 juta dan saldo minimum Rp. 50.000.

Dan sama halnya dengan tahapan BCA, maka tahapan gold ini juga dilengkapi dengan pilihan kartu ATM seperti:

  • Paspor BCA Platinum.
  • Silver.
  • Gold.

Cara Mengurus Buku Tabungan BCA Hilang

Cara Mengurus Buku Tabungan BCA Hilang

Masih banyak nasabah BCA yang mengabaikan atau menghiraukan buku tabungan BCA yang hilang, padahal tidak boleh melakukan hal tersebut karena buku tabungan tetap akan dibutuhkan untuk melengkapi beberapa persyaratan yang diminta instansi tertentu.

Jadi untuk nasabah yang merasa bukunya hilang harus cepat-cepat mengurus kehilangan, agar nantinya bisa cepat memperoleh buku yang baru.

Nasabah yang baru yang mengalami kejadian kehilangan buku pastinya masih bingung bagaimana cara mengurusnya

Untuk mengurus kehilangan tersebut sebenarnya tidak terlalu sulit. Nasabah cukup mengikuti beberapa cara yang ada dibawah ini pasti kamu bisa memperoleh buku baru dengan sangat cepat.

1. Hubungi Call Center BCA

Langkah pertama dalam menangani buku tabungan BCA yang hilang adalah menghubungi call center. Nasabah harus melaporkan kehilangan tersebut ke layanan bank melalui contact center BCA di nomor 1500 888.

Jika nasabah melaporkan kehilangan buku tabungan BCA, maka bank akan melakukan tindakan pencegahan agar buku tabungan yang hilang tersebut tidak disalahgunakan.

Setelah menerima pengaduan dari konsumen, bank akan segera menghentikan penggunaan buku tersebut. Jika buku tersebut diblokir.

Maka buku tersebut tidak dapat digunakan untuk melakukan transaksi apapun, sehingga uang nasabah yang ada di dalam buku tabungan tidak hilang atau berkurang.

2. Datang ke Kantor BCA

Nasabah harus menghubungi Kantor BCA terdekat setelah melaporkan kehilangan untuk mendapatkan buku pengganti.

Nasabah yang tinggal di desa dapat pergi ke kantor cabang yang menerbitkan buku tabungan BCA yang hilang atau tidak perlu pergi ke kantor pusat kota karena jaraknya terlalu jauh.

Karena buku tabungan yang baru dibuat harus ditandatangani oleh petugas bank yang sebelumnya mensertifikasi buku tabungan nasabah yang hilang, maka harus memilih kantor cabang.

Kamu harus membawa kartu identitas dan kartu ATM kamu ke kantor cabang. Kartu-kartu ini harus diberikan agar bank dapat membuat buku tabungan baru.

Melaporkan Permasalahan

3. Melaporkan Permasalahan

Ketika clien tiba di kantor, clien cukup masuk ke antrean untuk mengelola buku tabungan dan ketika nomor antrean diumumkan, konsumen harus mendatangi petugas layanan pelanggan yang bertugas.

Baca Juga:  8 Cara Lepas dari Pinjol Terbaru

Konsumen hanya perlu menunjukkan alasan kunjungannya dan petugas layanan pelanggan akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk mencocokkan rincian pemilik buku tabungan dan orang yang melaporkan kehilangan.

Petugas sering menanyakan tentang seluruh pemilik tabungan, tempat lahir, alamat tempat tinggal, nomor telepon dan nama ibu kandung.

Jika jawaban pelapor sangat cocok dengan data di database Bank BCA, buku yang hilang akan segera ditangani.

4. Menunggu Buku Tabungan Baru

Setelah menjawab semua pertanyaan petugas, konsumen juga harus memberikan informasi pribadi yang dibawa. Nasabah harus menunggu 15 hingga 20 menit hingga proses pembuatan buku baru selesai.

Jika prosedur penanganan buku tabungan BCA yang hilang selesai, petugas akan memberikan buku tabungan pengganti dan biaya administrasi kepada nasabah.

Sangat penting untuk merencanakan dana kamu setelah menerima buku tabungan BCA kamu. Memiliki asuransi adalah salah satu pilihan. Karena asuransi dapat digunakan untuk melengkapi pengelolaan keuangan.

Tanya Jawab Cara Membuka Tabungan BCA

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara membuka tabungan BCA, yakni:

1. Saldo BCA Terpotong Setiap Tanggal Berapa?

Jadi, di Bank BCA, pengurangan biaya admin setiap bulannya adalah setiap hari Jumat di minggu ketiga setiap bulannya.

Tidak ada tanggal yang ditetapkan kapan jumlah yang ada di rekening Bank BCA dikurangi untuk biaya admin setiap bulannya, dengan patokan setiap hari Jumat di minggu ketiga.

2. Apakah Bisa Tarik 50 Ribu di ATM BCA?

Silahkan kunjungi ATM BCA dengan pilihan penarikan minimal Rp50.000,- atau Rp100.000,- Layanan Transaksi Tanpa Kartu tidak tersedia antara pukul 22.30 – 00.00 WIB.

3. Apakah Semua Mesin ATM BCA Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu?

Ada banyak transaksi yang tersedia di ATM BCA yang tidak memerlukan kartu. Nasabah tidak hanya dapat menarik uang dari ATM BCA tanpa kartu, tetapi juga dapat menyetor uang di ATM BCA tanpa kartu.

BACA JUGA:

Buka Rekening Mandiri Online Lewat Hp Tanpa ke Bank
Daftar Kode Bank Syariah Indonesia dan Cara Transfernya
Cara Pembayaran Kartu Kredit BRI Via SMS Banking

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara membuka tabungan BCA ini tentunya ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi. Semoga artikel ini bisa dapat bermanfaat untuk kamu yang sedang membutuhkannya!

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.