Tips Menabung 1 Juta Per Bulan Secara Mudah

Infoyunik.com – Jika kamu sedang ingin menabung, kita mempunya tips menabung 1 juta per bulan secara mudah, tetapi terdapat banyak godaaan seperti membeli kopi kekinian, menjadi korban promo toko online dan masi banyak hal lainnya yang bisa menjerumuskan pada pemborosan.

Agar kamu tidak mempunyai kebiasaan buruk tersebut, ada baiknya kamu untuk mengikuti tips menabung secara mudah, nah untuk lebih jelasnya lagi kamu simak artikel dibawah ini.

Apa itu Menabung?

Menabung adalah usaha menyisihkan sebagian pendapatan dan menyimpan sebagai dana cadangan. Dana cadangan tersebut bisa dapat digunakan untuk berbagai kepentingan.

Bisa untuk membeli barang yang diinginkan, pergi liburan sampai keperluan besar seperti biaya pernikahan dan membeli rumah.

Mengapa Perlu Menabung?

Menabung ini merupakan hal yang sangat penting karena kamu memiliki dana cadangan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di masa depan.

Sebaliknya jika kamu tidak menabung kamu bisa memiliki kebiasaan boros dan terlilit hutang. Disamping itu, kamu juga perlu menggunakan dana tersebut untuk membeli keperluan tertentu.

Sebagai contohnya kamu ingin membeli baju seharga Rp. 300.000 dana yang bisa kamu tabung selama seminggu sebersar 100.000, jika konsisten kamu bisa membeli baju tersebut selama 3 minggu.

Cara Menabung di Bank

Cara Menabung di Bank

Jika kamu sudah memiliki rekening di bank, ada terdapat dua metode yang bisa kamu lakukan untuk menabung yakni langsung ke bank dan secara online, berikut ini antara lain yakni:

1. Langsung ke bank

Cara menabung ini adalah cara konvesional dan sering diigunakan oleh masyarakat indonesia, berikut detailnya:

  1. Ambil nomor antrian ke kantor cabang bank terdekat.
  2. Siapkan uang yang ingin kamu serahkan serta buku tabungan kamu.
  3. Untuk menabung, isi formulir. Jangan membuat kesalahan saat memasukkan informasi pribadi dan jumlah yang ingin kamu simpan!
  4. Tunggu sampai teller menghubungi nomor telepon kamu.
  5. Berikan formulir tabungan dan uang yang kamu bawa kepada teller. Teller akan menghitung uang kamu dan memvalidasi data formulir.
  6. Setelah selesai, buku tabungan kamu akan mencerminkan jumlah yang baru saja kamu setorkan serta jumlah keseluruhan tabungan di rekening kamu.

2.Menggunakan M-Banking

Jika kamu memerlukan dua rekening untuk menggunakan cara menabung untuk detailnya sebagi berikut ini:

  • Buka rekening bank pengirim melalui m-banking perangkat kamu.
  • Pilih menu transfer. Jika kamu mentransfer menggunakan bank yang sama, kamu seharusnya dapat mengirim ke rekening kamu sendiri. Jika tidak, kamu harus memilih opsi transfer ke bank lain.
  • Pilih bank target kamu. Langkah ini tidak diperlukan jika kamu mentransfer uang ke rekening kamu sendiri.
  • Masukkan nomor rekening tujuan di sini.
  • Catat jumlah yang ingin kamu transfer.
  • Isi kata sandi transaksi kamu.
  • Bukti transfer akan muncul di aplikasi m-banking kamu jika transfer berhasil.
  • Kamu dapat memeriksa rekening tujuan dan melihat apakah uang yang dikirim sudah sampai. Jika sudah, berarti kamu telah menyelesaikan prosedur menabung.

Tips Menabung 1 Juta Per Bulan Secara Mudah (2)

Tips Menabung 1 Juta Per Bulan

Berikut ini adalah cara tips menabung 1 juta per bulan secara mudah yang perlu kamu ketahui, antara lain yakni:

1. Tetapkan Tujuan Menabung

Saran menabung yang pertama adalah mencari tahu mengapa kamu menabung. Apakah kamu ingin memanfaatkan tabungan kamu untuk membuat dana cadangan, atau kamu ingin membeli produk yang tidak mampu kamu beli saat ini?

Pastikan tujuan kamu berbeda dan tidak tumpang tindih dengan tujuan lainnya. Jika diperlukan, kamu dapat melakukan banyak penghematan sekaligus, dan ini beberapa menetapkan tujuan menabung:

  • Tetapkan batas waktu dan jumlah uang yang akan dihemat.
  • Strategi menabung cepat yang kedua adalah menetapkan batas waktu dan jumlah uang yang akan ditabung.
  • Misalnya, kamu ingin membeli buku terbaru seharga Rp 500.000. Kemudian, berdasarkan kapasitas kamu untuk menabung, pilih batasan waktu untuk menabung. Seimbangkan dengan kebutuhan harian kamu.

2. Membuat Anggaran dan Mengelola Keuangan

Teknik menghemat uang yang mudah berikutnya adalah membuat anggaran. Misalnya, dalam satu bulan, kamu harus menganggarkan untuk transportasi, makan, dan tabungan. Pisahkan uang kamu dari penghasilan bulanan sebesar Rp500.000 sebagai berikut:

  1. Rp100.000 untuk transportasi
  2. Rp300.000 untuk biaya makan
  3. Rp100.000 untuk tabungan
  4. Hasilnya, pendekatannya adalah pertama-tama tentukan kebutuhan utama dan sehari-hari, lalu sisihkan uang tunai untuk tabungan. Hal ini juga akan tercakup dalam pengelolaan uang dasar, yang bisa dapat kamu praktikkan di rumah.
Baca Juga:  Cara Menabung Saham di BCA Sekuritas Tanpa Ribet

3. Manfaatkan Aplikasi Pencatatan Keuangan

Teknik menghemat uang dengan cepat yang keempat adalah mencatat semua transaksi keuangan. Jika kamu mudah teralihkan perhatiannya, buatlah catatan setiap transaksi sehingga kamu tidak melupakan apapun.

Hal ini dapat digunakan untuk review dan pelacakan catatan keuangan. Buku akuntansi tradisional dapat digunakan untuk mencatat transaksi.

Jika kamu merasa terlalu sulit, ada berbagai aplikasi pencatatan keuangan yang tersedia untuk diunduh di Play Store dan App Store.

4. Gunakan Rekening Terpisah

Memakai rekening yang berbeda jika realitis dan dibutuhkan, kamu bisa dapat memisahkan antara rekening khusus tabungan dan rekening kebutuhan sehari-hari.

Dengan adanya begitu, kamu tidak perlu khawatir untuk menghitung berapa sisa dana yang bisa kamu gunakan diluar dana tabungan tersebut.

5. Menabung Terbalik Tanggal

Tabungan tanggal terbalik adalah strategi menabung cepat keenam. Idenya adalah menabung selama sebulan dengan menggunakan nominal terbalik setiap harinya.

Contohnya dalam sebulan, memiliki 30 hari. Kamu bisa menguji strategi ini dengan menabung Rp30.000 pada tanggal 1 Januari.

Kemudian, pada tanggal 2, kamu menabung Rp29.000 lagi. Begitu seterusnya hingga kamu mencapai tanggal 30 dan hanya memiliki Rp10.000 untuk ditabung.

6. Membatasi dan Mengurangi Pengeluaran Sekunder dan Tersier

Teknik penghematan uang yang keenam adalah meminimalkan pengeluaran kamu. Selain membuat anggaran, penting juga untuk meminimalkan pengeluaran yang tidak dibutuhkan atau impulsif.

Jika kamu masih memiliki air mineral di rumah, misalnya, kamu tidak perlu membeli kopi setiap hari untuk memuaskan dahaga kamu.

7. Tetapkan Cara Belanja

Berhemat adalah kuncinya. Tetapkan cara belanja kamu, seperti mencari dan membandingkan barang termurah untuk memenuhi kebutuhan, tidak berbelanja berlebihan dan memakai diskon ataupun vocher yang biasanya kamu gunakan di toko-toko tertentu.

8. Jangan Berutan.g

Jika kamu berutang itu sangat tidak disarankan, karena nantinya kamu tidak akan bisa menabung. Maka dari itu kamu menabung agar memiliki dana cadangan yang bisa digunakan sewaktu-waktu.

Pilih opsi utang jika kamu benar-benar memerlukannya. Dan pastikan kamu juga bisa mencicil utang dimasa mendatang.

10. Batasi Uang di Dompet Digital

Membatasi nominal uang yang tersimpan di dompet digital, karenan dengan kemudahan transaksi yang ditawarkan dompet digital, terkadang seseorang bisa lupa diri dan berbelanja diluar anggaran.

11. Pasang Target Menabung

Strategi berikutnya untuk menabung Rp1 juta per bulan adalah membuat target tabungan. Strategi ini akan sangat berhasil jika kamu juga mengetahui tujuan target. Misalnya, kamu ingin menabung Rp250.000 setiap minggu untuk membayar sekolah.

Kamu bisa menabung uang saku, bekerja sampingan, atau memulai perusahaan sendiri untuk memenuhi jumlah tersebut. Tujuan ini berfungsi sebagai batas pengeluaran dan dorongan untuk terus menabung.

12. Membuat Bisnis Sendiri

Bagi kamu yang belum cukup umur untuk bekerja, kamu bisa membuat bisnis sendiri dapat menjadi salah satu tips menabung 1juta perbulan.

Contohnya bisnis yang dapat kamu jalankan adalah berjualan makanan, baju, aplikasi premium atau paket data. Biasanya bisnis-bisnis kecil ini akan dapat kamu mulai dengan modal Rp. 50.000 dan janga lupa pilih strategi marketing yang murah dan efektif agar keuntungan yang didapatkan semakin besar.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar tips menabung 1 juta per bulan, yakni:

Menabung 5000 per Hari Setahun Berapa?

Jika menabung Rp. 5000 di awal tahun sampai di akhir tahun dapat 6.890.000.

Menabung 10 Ribu Per Hari Dapat Berapa?

Tahukah kamu bahwa hanya dengan menabung Rp10.000 setiap hari, kamu dapat mengumpulkan Rp300.000 dalam sebulan? Jadi, jangan pernah mengabaikan perubahan kecil.

Menabung Rp2 000 Dalam 1 Bulan Dapat Berapa?

Misalnya, jika kita menabung Rp2.000 setiap hari di celengan, kita bisa menabung Rp60.000 dalam sebulan. Uang yang terkumpul dalam setahun bisa melebihi Rp720.000. Tentu saja, setelah uang sebanyak ini terkumpul, akan memberikan keuntungan lebih lanjut.

Baca Juga:  Syarat dan Cara Menggunakan Kartu Kredit Mandiri

BACA JUGA:

5 Tips Menabung Paling Mudah untuk Pemula
Begini Cara Menghemat Uang Setiap Hari Secara Efektif
Apa itu Mutasi Rekening? Cara dan Fungsinya

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa tips menabung 1 juta per bulan ini bisa kamu manfaatkan dengan aplikasi dan kamu juga bisa bekerja sampingan atau memulai bisnis.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.