Cara Membuat TV Biasa Menjadi Smart TV

InfoYunik.com – Berikut ini kami akan membahas mengenai Cara Membuat TV Biasa Menjadi Smart TV. Yuk simak penjelasan detailnya pada artikel dibawah ini yang sudah kami rangkum untuk sobat unik.

Banyak objek di lingkungan kita telah dibuat agar lebih sesuai dengan kebutuhan manusia sebagai akibat dari kemajuan teknologi yang pesat.

Salah satunya adalah kebutuhan kita akan hiburan yang cepat dan praktis, apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini.

Jika kamu ingin mendengarkan musik saat bepergian di masa lalu, kamu harus mengemas berbagai kaset dan Walkman, tetapi saat ini kamu hanya membutuhkan smartphone karena kamu dapat mendengarkan musik dalam format digital.

Hal yang sama berlaku untuk televisi. Selain bentuk berubah dari cembung menjadi datar, fitur yang tersedia juga berkembang.

Fitur-fitur tersebut mulai dari smart TV dengan koneksi internet hingga teknologi VCR (Video Cassette Recorder) untuk merekam siaran televisi. Lalu apa yang membedakan smart TV dengan TV biasa pada umumnya?

Modem WiFi terbaik untuk TV pintar dapat digunakan untuk menghubungkan TV jenis ini ke internet, memungkinkan kamu menjelajahi internet, bermain game online, dan streaming film seperti di komputer.

Tidak mengherankan jika banyak orang memilih untuk beralih dari TV konvensional ke TV pintar karena fitur-fitur mutakhir ini.

Cara Mengubah Tv Biasa ke Smart Tv

Sayangnya, karena kelebihan ini, TV ini lebih mahal daripada TV biasa dan, bagi sebagian orang, tampaknya cukup besar dan kuat.

Jika kamu salah satu orang yang ingin menggunakan fitur canggih dari smart TV namun terkendala biaya, berikut cara mengupgrade TV kamu saat ini ke smart TV tanpa harus membeli yang baru. Ya, simak baik-baik kesimpulannya.

1. Pastikan Mempunyai Port HDMI

Pastikan TV kamu memiliki port HDMI, juga terhubung sebagai Antarmuka Multimedia Definisi Tinggi, sehingga kamu dapat menghubungkan perangkat kotak TV ke sana setelah memilih kotak TV yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu.

Untuk mengirimkan data audio dan video berkualitas tinggi dari perangkat lain ke layar TV, teknologi HDMI sering digunakan pada gadget elektronik seperti pemutar DVD dan proyektor.

2. Pasang Stik Streaming

Menghubungkan streaming stick ke koneksi HDMI di TV kamu adalah salah satu metode untuk mengubah TV stkamur kamu menjadi TV pintar.

Stik streaming adalah pemutar video portabel yang terjangkau dan seukuran USB. Karena ukurannya yang kecil, kamu bisa membawanya kemana-mana.

Meski begitu, kapasitas penyimpanan streaming stick dibatasi dengan cepat dan CPU-nya lebih lambat daripada TV box

Pilih Smart Media Player Sesuai Keinginan

3. Pilih Smart Media Player Sesuai Keinginan

Memasang pemutar media pintar, sering dikenal sebagai kotak TV, adalah metode lain yang dapat kamu gunakan untuk memasang untuk mengubah TV biasa menjadi TV pintar.

Perangkat keras ini berisi sistem operasi mirip smartphone yang memungkinkannya digunakan untuk streaming film dan bermain game.

Mirip dengan smartphone, pilihan TV box di pasaran semakin beragam. Dengan membandingkan semua kelebihan dan kekurangannya, kamu dapat memilih jenis yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu dan keluarga kamu.

4. Sambungkan TV Box Menggunakan Sambungan HDMI

Saatnya menghubungkan pemutar media pintar pilihan kamu ke TV rumah kamu untuk memeriksa apakah TV kamu dapat dengan benar mengambil dan mendeteksi sinyal dari perangkat.

Pastikan kabel HDMI kamu sesuai dengan panduan pemasangan. TV kamu tidak akan dapat membaca kotak TV yang akan kamu pasang jika kamu menggunakan kabel yang tidak sesuai.

Baca Juga:  Indahnya Perpaduan Gaya Tradisional dan Modern di Dalam Rumah

5. Aktifkan Koneksi Internet Menggunakan Port LAN atau WiFi

kamu hanya perlu mengaktifkan koneksi internet menggunakan kabel ethernet melalui port LAN pada TV atau modem WiFi untuk Smart TV agar TV box dapat berfungsi dengan baik jika TV box telah terpasang dengan benar dan dikenali oleh TV kamu.

Untuk memanfaatkan fitur-fitur canggih seperti smart TV pada umumnya, pastikan koneksi internet stabil dan cukup cepat untuk mengakses semua fitur.

Jangan biarkan buffering atau pemutusan sambungan yang tidak terduga merusak pengalaman bermain atau streaming favorit kamu. Oleh karena itu, selalu pastikan kamu memilih penyedia internet rumahan terbaik, seperti Telkomsel Orbit.

Lengkapi TV Pintar  dengan Keyboard Wireless

6. Lengkapi TV Pintar  dengan Keyboard Wireless

Supaya pengalaman kamu dalam menikmati fitur-fitur TV pintar terasa lebih lengkap, kamu bisa membeli keyboard wireless yang khusus diciptakan untuk smart TV.

Keyboard jenis ini biasanya sudah dilengkapi dengan touch pad yang berfungsi sebagai mouse. Sehingga, kamu bisa mengoperasikan web browser seperti komputer pada umumnya serta memudahkan kamu saat memilih film yang akan ditonton. Cukup menarik, bukan?

FAQ

Apakah smart TV bisa buat nonton TV biasa?

Jawabannya adalah bisa. Hampir semua Smart TV yang saya temui sejauh ini masih dibekali dengan slot untuk antena TV biasa atau konvensional.

Namun, panel layar Smart TV yang high-definition atau HD itu, rasanya sayang banget kalau disandingkan dengan kualitas tayangan dari antena biasa.

Apakah bisa TV tabung jadi smart TV?

Mengubah TV tabung jadi smart TV, apakah bisa? Pada dasarnya, semua pesawat TV bisa menjadi TV pintar. Namun pada umumnya, Android TV Box yang dijual di pasaran mempunyai colokan HDMI. Colokan HDMI sendiri hanya terdapat pada TV layar datar.

Apa perbedaan Smart TV dengan Android TV?

Perbedaanya kedua televisi tersebut terjadi pada bentuk fisiknya. Smart TV memiliki fisik menawan dengan fitur canggih yang dapat digunakan oleh pemilik. Sedangkan Android TV hanya dapat diakses dengan sistem bukan berupa fisik dan bentuk.

Apa fungsi dari Smart TV?

8 Fungsi dari Smar TV

  1. Banyak Hiburan. Smart TV menyimpan segudang hiburan buat kamu biar semakin enjoy apalagi kalau sudah tersambung ke internet
  2. Terkoneksi dengan Smartphone.
  3. Pencarian Bebas sesuai Keinginan
  4. Bisa Pakai Google Assistant
  5. Desain Elegan Minimalis
  6. Resolusi Tinggi
  7. Main Game
  8. Fitur Playback.
  9. Terintegrasi dengan Smarthome

Apa kekurangan Smart TV?

Kita tidak dapat menggunakan televisi dengan jenis ini tanpa adanya jaringan internet. Walaupun, kita sudah mengunduh film yang ingin kita tonton, ada beberapa jenis televisi pintar yang tetap membutuhkan jaringan internet untuk memutar film

Kesimpulan

Nah itu adalah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Membuat TV Biasa Menjadi Smart TV, semoga berguna dan bermanfaat untuk sobat unik ya, dan mohon maaf apabila ada salah kata dalam penulisan.

Kalian juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kami dan terdapat beberapa kategori bacaan yang bisa kamu temui di web InfoYunik seperti Daftar Harga, Tips, Info Unik, Review, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.