Cara Menghapus Produk di Tokopedia Dengan Mudah

Infoyunik.com – Sobat unik apakah kamu sudah tahu bagaimana cara menghapus produk di Tokopedia? Ya sebagai seorang seller yang menjual produk dari para supplier dan semisalnya produk yang kamu jual nantinya tidak produksi lagi.

Kamu harus melakukan cara mengahus produk tersebut di toko Tokopedia. Supaya nanti kedepannya tidak ada masalah, apalagi stok barangnya sudah habis tapi persediaanya di toko masih ada. Ini bisa jadi masalah kalau produknya ada yang pesan.

Mau tidak mau kamu yang harus membatalkan. Oleh karena itu untuk langkah baiknya kamu harus menghapus produk tersebut. Nah untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Cara Menghapus Produk di Tokopedia

Apa itu Tokopedia?

Tokopedia adalah industri perdagangan elektronik yang didirikan pada tahun 2009 hingga sekarang. Tokopedia adalah yang paling digemari oleh masyarakat di tengah banyaknya industri e-commerce yang bermunculan.

Perusahaan lain termasuk Shopee, Bukalapak, Lazada, TikTok Shop dan masih banyak lagi. Layanan baru ini bisa mempengaruhi penjual untuk menghapus toko kamu di Tokopedia.

Faktanya adalah urusan pesaing sudah tidak asing lagi bagi industri ini. Dari awal kemunculannya hingga perjuangannya.

Tokopedia sudah memiliki kompetitor yang sangat berat saat itu, yaitu Bukalapak, yang menambah status Bukalapak sebagai perusahaan yang dibangun oleh anak bangsa.

Tokopedia harus berusaha lebih keras. Usaha tersebut berhasil dan menjadikan Tokopedia sebagai Unicorn yang bisa berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara.

Mengawali terlebih dahulu adalah sebuah kata kebanggaan, e-commerce Tokopedia sangat membanggakan karena produk dan jasa yang dijual sama di aplikasi Tokopedia.

Hal ini tentu saja didukung oleh banyak dan berbagai macam penjual di situs Tokopedia. Kelengkapan produk yang lengkap diharapkan dapat memudahkan pelanggan dalam berbelanja dan membuat mereka tidak menghapus toko di Tokopedia.

Cara Menghapus Produk di Tokopedia

Untuk cara menghapus produk di Tokopedia ini memiliki beberapa cara dan tergantung dari mana kamu ingin menghapusnya.

Dan cara mengahapus produk ini bukanlah hal yang sulit tapi masih banyak pengguna baru yang belum terbiasa atau belum memahami caranya.

Ada juga beberapa seller yang ingin merapikan etalasenya dengan menghapus beberapa produk yang ada di etalasenya. Berikut ini adalah cara menghapus produk di Tokopedia yang perlu kamu ketahui, antara lain yakni:

1. Via Smartphone

Berikut ini adalah cara menghapus produk di Tokopedia melalui Hp tentunya ada banyak sekali seller yang mengoperasikan penjualannya melalui Hp. Cara ini sama saja jika kamu pengguna Iphone. Diantaranya adalah:

  1. Masuk ke aplikasi Tokopedia.
  2. Selanjutnya, masuk ke menu Akun dengan klik ikon senyum di pojok kanan bawah.
  3. Pada menu akun, silakan klik ikon roda gigi di pojok kanan atas, yakni Menu Pengaturan.
  4. Pada halaman pengaturan Tokopedia, kita klik menu Toko untuk melihat pengaturan toko di Tokopedia.
  5. Setelah itu, kita masuk ke menu Produk untuk melihat daftar produk yang kita jual di Tokopedia.
  6. Pilih salah satu produk yang ingin kita hapus di Tokopedia, klik Icon Tiga Titik di sisi kanan setiap daftar.
  7. Kemudian akan muncul popup di bagian bawah layar handphone kita, silahkan klik Hapus.
  8. Akan muncul popup notifikasi lain yang berisi informasi konfirmasi apakah kita benar-benar ingin menghapus produk tersebut di Tokopedia atau tidak, jika iya silahkan klik Ya.
  9. Selesai, produk yang kita jual di Tokopedia berhasil dihapus.

2. Desktop

Ini sedikit berbeda dengan melalui Hp tapi tidak memiliki perbedaan yang terlalu jauh, berikut ini adalah cara menghapus produk di Tokopedia yang perlu kamu ketahui, antara lain:

  1. Masuk ke akun Tokopedia kamu.
  2. Pilih pengaturan toko.
  3. Kemudian pilih “Produk” pada menu sebelah kiri.
  4. Kemudian pilih daftar produk.
  5. Kemudian kamu tinggal memilih produk mana yang ingin kamu hapus.
  6. Klik hapus.
  7. Kemudian muncul notifikasi, cukup tekan “Yes”.
  8. kamu juga bisa memilih untuk menghapus semuanya sekaligus jika kamu mencentang bagian atas produk.
  9. Namun, batas maksimal hanya 20 produk yang bisa dihapus secara bersamaan.

Cara Edit Produk di Tokopedia

Cara Edit Produk di Tokopedia

Tokopedia ini menyediakan fitur untuk mengedit produk yang telah diunggah, kamu bisa mengedit informasi produk, nama produk dan informasi lainnya.

Kamu juga bisa dapat menambahkan ataupun edit produk di Tokopedia, berikut ini adalah cara edit produk di Tokopedia yang perlu kamu ketahui, antara lain:

  1. Buka halaman akun Tokopedia kamu.
  2. Setelah itu klik icon menu toko, dan pilih menu daftar produk untuk melihat semua produk yang ada di toko kamu.
  3. Kemudian pilih produk yang ingin kamu edit infonya, dengan cara klik nama produknya.
  4. Setelah itu akan masuk ke halaman produk yang dipilih.
  5. Ada beberapa menu di halaman tersebut Informasi produk, untuk melihat statistik secara detail.
  6. Ulasan, untuk menyimpan setiap ulasan dari setiap pembeli yang telah berhasil melakukan transaksi.
  7. Diskusi Produk, untuk melihat daftar dan membalas komentar atau pertanyaan yang diberikan oleh calon pembeli dan juga pembeli yang telah menerima barang tersebut dari toko kamu.
  8. Set empty, untuk mengubah status produk yang dimaksud dari tersedia menjadi kosong, dan sebaliknya.
  9. Ubah, Untuk mengubah info data dari produk yang sedang dipilih.
  10. Untuk mengubah info produk yang ada, maka klik menu Change.
  11. Setelah itu, akan muncul form untuk mengubah info produk.
  12. Jika sudah selesai mengubahnya, maka klik menu Save untuk menyimpan perubahan info produk yang baru saja kamu lakukan.

Cara Menghapus Akun Tokopedia Seller

Cara Menghapus Akun Tokopedia Seller

Cara menghapus akun Tokopedia seller kamu harus pastikan pesenan yang dari pembeli sudah terselesaikan semua. Jika sudah yakin untuk menghapus toko kamu. Berikut ini adalah langkah-langkah cara hapun akun di Tokopedia, diantaranya yaitu:

  1. Pertama, login ke aplikasi Tokopedia. Klik menu “Akun”, lalu klik “Pengaturan”.
  2. Klik menu toko, lalu kamu pilih Informasi.
  3. Setelah itu klik opsi atur pada menu “Status toko” lalu pilih “Tutup toko sekarang”.
  4. Silahkan atur jadwal mulai dan berakhirnya status toko tutup beserta alasannya pada bagian Catatan.
  5. Terakhir klik “Save”.
Baca Juga:  Apa Itu User ID Bca? Inilah Cara dan Contohnya

Alasan Produk yang Diunggah ke Tokopedia Terhapus

Jika produk jualan yang kamu unggah di toko Tokopedia. dapat terhapus secara otomatis oleh sistem. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena foto produk yang diunggah telah melanggar ketentuan dan kebijakan yang dibuat oleh Tokpedia.

Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan proses jual beli produk yang melanggar syarat dan ketentuan Tokopedia.

Sebelum mengunggah foto produk, sebaiknya kamu dapat mengetahui informasi dan kriteria jenis produk yang dilarang di Tokopedia terlebih dahulu agar toko atau produk kamu tidak terkena pengurangan kekerasan.

Jika hal ini terjadi kamu tidak akan bisa berjualan untuk sementara waktu secara aktif. Produk atau toko yang terkena pengurangan kekerasan Tokopedia dapat diaktifkan kembali.

dengan bantuan tim Tokpedia melalui Tokopedia Care sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Namun jika toko kamu telah melakukan pelanggaran yang sama berulang kali.

Maka toko kamu akan dinonaktifkan secara permanen oleh Tokopedoa. Berikut ini adalah produk yang dilarang untuk dijual yang perlu kamu ketahui antara lain yaitu:

  1. Produk yang dijual berupa barang dengan hak distribusi eksklusif yang hanya dapat diperjualbelikan dengan sistem penjualan strategi pemasaran berjenjang atau berantai dimana penjual yaitu sales tidak hanya mendapatkan penjualan yang dihasilkan tetapi juga mendapatkan kompensasi atas penjualan sales lain yang mereka rekrut.
  2. Yang kedua adalah produk yang melanggar hak kekayaan intelektual (Haki).
  3. Produk yang diunggah mengandung unsur promosi situs, toko atau pihak lain di luar Tokopedia. Misalnya, menawarkan jasa yang memiliki testimoni atau iklan ke situs lain.
  4. Produk keempat yang dilarang adalah uang tunai, perangko, dokumen resmi, senjata, narkotika, hewan, minuman beralkohol, obat atau kosmetik berbahaya, bahan peledak, dan masih banyak lagi.
  5. Dan yang terakhir adalah produk dengan judul, deskripsi, gambar yang melanggar norma-norma kesusilaan di masyarakat. Misalnya produk memiliki foto sensual, menyerupai alat vital, obat untuk aktivitas seksual, dan lain-lain.

Kenapa Seseorang Menghapus Toko di Tokopedia

 

Kenapa Seseorang Menghapus Toko di Tokopedia

Jika kamu menggunakan aplikasi Tokopedia, kamu bisa memilih dua status. Apakah kamu ingin membeli produk di Tokopedia atau kamu ingin menjual produk disini.

Namun jika kamu memutuskan untuk menjual produk di Tokopedia, kamu akan memiliki toko di Tokopedia. Jika beberapa hal menyebabkan kamu ingin menghapus toko Tokopedia kamu. Adapun beberapa penyebab seseorang menghapus toko di Tokopedia, yaitu sebagai berikut:

1. Aplikasi Sering Error

Aplikasi e-commerce ini memang membutuhkan proses kinerja yang lebih berat dibandingkan dengan aplikasi lain di HP. Namun aplikasi e-commerce ini juga dipaksa untuk bisa meminimalisir error dan gangguan pada aplikasi. Karena kelancaran aplikasi e-commerce ini akan meningkatkan minat masyarakat untuk membuat akun di layanan tersebut.

2. Perang Harga

Banyaknya pengguna tokopedia mengakibatkan beragamnya penjual yang ada di dalamnya. Keberagaman penjual menciptakan kekacauan yang disebut perang harga.

Kondisi ini membuat penjual menurunkan harga barang secara drastis untuk menarik konsumen. Tentu saja, hal ini bisa dianggap persaingan tidak sehat.

Dan berpotensi menyebabkan banyak penjual menghapus toko Tokopedia mereka. Fitur pengelolaan toko juga sangat sulit. Seorang penjual tentu saja akan mengharapkan fitur pengelolaan toko yang mudah.

Namun, pengelolaan Tokopedia memang sangat sulit. Hal ini akan berbahaya karena akan ada banyak e-commerce lain yang memudahkan pengelolaan toko dan menarik minat pengguna Tokopedia.

3. Banyak Produk Spam

Tokopedoa sangat memungkinkan siapa saja untuk berjualan dengan mudah. Karena itu, ada banyak produk serupa yang diunggah oleh pengguna lain dengan menaikkan atau menurunkan harga.

Sehingga pembeli terkadang suka membutuhkan klarifikasi untuk menemukan penjual yang kredibel dan penjualan yang curang.

4. Kualitas Gambar Menurun

Poin ini sangat berpengaruh bagi penjual karena kualitas gambar yang diunggah ke Tokopedia untuk mendeskripsikan produk mereka menurun.

Hal ini membuat tampilan produk mereka harus lebih menarik untuk membuat orang membeli produk tersebut. Hal ini akan sangat merugikan penjual di Tokopedia.

Kelebihan Tokopedia

Kelebihan Tokopedia

Kelebihan Tokopedia ini sendiri dari banyak poin keunggulan yang bisa berguna dalam memberikan dan meningkatkan penilaian merketplace Tokopedia.

Sementara ini menjadi lebih unggul dari marketplace yang lainnya atas memilih dan menggunakan Tokopedia sebagai tempat transaksi jual beli secara online, berikut kelebihannya antara lain:

  1. Tampilan yang disajikan Tokopedia melalui website cukup menarik, terlihat segar dan simpel atau sederhana dimata pengguna karena dominasi warna situs yang berwarna hijau.
  2. Kecepatan proses loading website cukup cepat karena logaritma situs yang digunakan memiliki perhitungan yang lebih ringan, yang berguna dalam memudahkan proses pencarian dan menampilkan produk dengan cepat tanpa memakan banyak waktu.
  3. Marketplace Tokopedia memberikan layanan akses gratis, yang menyebabkan pengguna Tokopedia setia untuk selalu menggunakan Tokopedia sebagai tempat untuk melakukan transaksi jual beli online.
  4. Marketplace Tokopedia ini sangat memberikan banyak layanan promo gratis ongkos kirim dan promo diskon barang kepada banyak pengguna Tokopedia.
  5. Tokopedia ini juga memberikan izin kepada pengguna Tokopedia sebagai pembeli untuk melakukan kegiatan pelaporan untuk proses pengembalian barang di Tokopedia yang tidak sesuai untuk dibeli di toko pilihan penjual.
  6. Umumnya marketplace menyediakan berbagai pilihan harga yang relatif murah atau murah yang dapat dijangkau oleh banyak pembeli di Tokopedia.
  7. Marketplace Tokopedia menyediakan banyak keunggulan Tokopedia melalui fitur atau layanan keuangan dan pembayaran di Tokopedia, seperti layanan pembelian pulsa, paket data (Kuota), listrik, air, tikel dan lain-lain, yang berguna untuk menghemat waktu pengguna layanan Tokopedia sebagai pembeli.
  8. Transaksi pembayaran belanjaan atau transaksi lainnya dapat dilakukan dengan mudah tanpa ribet, karena tersedianya dompet saldo Tokopedia.
  9. Sistem keamanan yang dimiliki oleh akun member di Tokopedia sangat baik dan cukup kuat karena sistem keamanannya menggunakan verifikasi kode OTP.
  10. Marketplace Tokopedia menyajikan pengelompokan jenis produk sesuai kategori, yang menjadi keunggulan Tokopedia dalam memudahkan pengguna layanan Tokopedia sebagai pembeli untuk dengan mudah mencari dan menemukan produk yang ingin dicari dan dibeli nantinya.
  11. Marketplace Tokopedia menyediakan berbagai fasilitas seperti fitur COD.
  12. Ini juga memiliki berbagai macam pilihan metode pembayaran yang dapat dipilih dan digunakan dalam menyelesaikan transaksi pembelian produk di Tokopedia.
  13. Tokopedia menyediakan berbagai fitur penting seperti fitur katalog, yang berguna untuk memudahkan dalam memilih produk mana yang ingin dibeli nantinya.
  14. Marketplace Tokopedia memiliki keunggulan Tokopedia dibanding yang lain yaitu memberikan fitur tampilan yang simpel dan informatif kepada para pengguna Tokopedia sebagai penjual dalam hal tampilan daftar produk, variasi kategori, dan harga produk.
  15. Marketplace Tokopedia menyediakan banyak fitur yang dapat digunakan penjual atau member seller Tokopedia secara eksklusif, seperti fitur pre order, fitur toko, fitur promosi, fitur pengiriman dan masih banyak fitur lainnya.
Baca Juga:  Cara Cek Tagihan Indihome Tanpa Aplikasi Secara Mudah

Kekurangan Tokopedia

Kekurangan Tokopedia

Setelah diatas yang disebutkan apa saja terkait kelebihan berjualan di Tokopedia, kamu juga harus tahu kekurangan di Tokopedia apa saja. Berikut ini adalah kekurangan Tokopedia, antara lain:

  1. Sering mengalami masalah banyaknya produk spam di Tokopedia, dengan kondisi harga yang ditawarkan cukup murah atau lebih murah namun produk yang diterima tidak dalam kondisi yang benar dan berdampak pada sulitnya mencari produk termurah di Tokopedia.
  2. Berbeda dengan marketplace lainnya, Tokopedia tidak dapat mengirimkan foto produk kepada pembeli atau penjual melalui share link.
  3. Aplikasi dan situs resmi Tokopedia sering mengalami masalah website error.
  4. Marketplace Tokopedia tidak memiliki layanan fitur blacklist yang bisa digunakan untuk pembeli atau pelanggan.
  5. Karena seringnya terjadi perang harga di Tokopedia, menyebabkan penjual enggan menyesuaikan harga produk sesuai dengan harga pasar agar dapat bertahan dalam persaingan pasar.
  6. Fitur pengelolaan marketplace Tokopedia kurang optimal, terutama mengenai stok barang yang tidak otomatis berkurang.
  7. Sering terjadi masalah notifikasi yang tidak muncul atau ditakuti.
  8. Sering mengalami masalah dengan sistem dropshipper di Tokopedia.
  9. Memiliki waktu verifikasi pembayaran yang lama, terutama transfer manual atau ketika ada maintenance atau error.
  10. Edukasi cara pembelian masih belum jelas dan cukup membingungkan untu yang pemula make marketplace ini.
  11. Marketplace Tokopedia menyediakan fitur promo tanpa disertai dengan estimasi batasan penggunaan fitur promo ini.
  12. Ukuran tampilan foto gambar produk yang dibuka terlihat kecil pada website atau aplikasi.
  13. Waktu maintenance yang dibutuhkan oleh tim marketplace Tokopedia cukup lama dan ditambah lagi masalah atau kendala terkait toko akan muncul dan mengikuti notifikasi.
  14. Layanan care atau customer service Tokopedia sulit untuk dihubungi, terlebih tim Tokopedia subuk dan lambat dalam merespon.
  15. Pengguna layanan Tokopedia khususnya pembeli tidak dapat mengatur alamat default.

Tanya Jawab Cara Menghapus Produk di Tokopedia

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara menghapus produk di Tokopedia, yakni:

1. Bagaimana Cara Mengaktifkan Produk di Tokopedia?

Pilih halaman Akun Toko dengan mengklik Akun. Pilih Tambah Produk. Lengkapi detail produk (Nama, kategori, deskripsi, harga, berat, dll) Simpan file.

2. Apakah Bisa Mengganti Nama Produk Tokopedia?

Nama produk hanya dapat diubah jika belum pernah dijual; jika sudah terjual, nama produk tidak dapat diubah. Namun demikian.

Setelah kamu menetapkan bahwa barang tersebut belum terjual, kamu dapat mengubah nama produk dengan mengklik di sini.

3. Kenapa Produk Saya Dihapus Tokopedia?

Jika produk kamu melanggar syarat dan ketentuan, Tokopedia akan menghapusnya secara otomatis. Pastikan kamu tidak membeli atau menjual barang yang melanggar syarat dan ketentuan Tokopedia.

BACA JUGA:

Cara Tarik Tunai Gopay Tanpa Kartu ATM BCA
Cara Mulai Berjualan di Tokopedia Dengan Cara Mudah
Cara Daftar Shopee Mall dan Persyaratannya

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara menghapus produk di Tokopedia ini bisa dilakukan pada pengaturan aplikasi Tokopedia yang ada di Hp.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.