Cara Membuat Paper Bag Dari Kertas Karton

InfoYunik.com – Kami akan membahas mengenai cara membuat paper bag dari kertas karton , yuk simak penjelasan lengkapnya pada artikel dibawah ini ya!

Di antara kalian pasti banyak yang belom tahu tentang bagaimana cara membuat paper bag dari kertas karton di rumah,tas kertas juga sering disebut sebagai tas kertas yang ringan untuk membawa benda – benda kecil atau tidak terlalu besar.

Bahkan banyak sekali dari setiap di sebuah shop, entah itu makanan, minuman, baju, tas, sepatu yang memakai tas kertas untuk menggantikan kantong plastik.

Tetapi tak jarang juga bahwa tas kertas mudah robek dan rusak jika digunakan, namun ada juga dari kebanyakan orang mengoleksi tas tersesbut dan dijadikan sebuah pajangan dikamar hanya untuk hiasan loh.

Seperti yang kita bahas diatas, tas kertas sering digunakan sebagai kantong belanja pengganti kantong plastik. Dan biasanya paper bag tersebut didesain dengan logo dari brand perusahaan tersebut atau sebuah pesan – pesan yang menarik.

Misalnya, info mengenai promosi perusahaan tersebut di beberapa cabang – cabang terdekat, atau quotes yang bagus bisa di design untuk menghibur customernya.

Karena hal ini bagi kalian yang sangat menyukai tas kertas, dan ingin mengtahui bagaimana cara membuatnya maka kami akan membahas cara membuat tas kertas dengan kertas karton yang begitu mudah di rumah, cepat dan sederhana namun bisa tahan lama dan cantik. Yuk simak caranya!

Cara Membuat Paper Bag dari Karton

Berikut ini adalah cara untuk membuatnya:

1. Siapkan Alat – alatnya

Siapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan dalam membuat tas kertas, sebenernya tidak terlalu rumit, peralatannya cukup mudah dan simple juga mudah untuk didapatkan. Berikut peralatan yang diperlukan:

  1. Kertas Karton
  2. Double Tape
  3. Gunting atau Cutter
  4. Pelubang Kertas
  5. Tali

Setelah itu kamu bisa langsung membuat dengan menggunakan alat yang sudah disiapakan

2. Cutting Kertas

Potong kertas yang berukuran sesuai keinginan kamu dengan menggunakan gunting atau cutter. Namun kamu harus memperhatikan panjang sisinya harus lebih lebar daripada kertasnya.

Misal, jika panjang kertasnya 20 cm dan lebarnya 10 cm. Mengapa demikian? Karena ini akan dibuat dengan bentuk memanjang keatas. so, jangan sampai salah ya sobat!

3. Double Tap

Pasanglah double tap pada sisi samping, dari atas sampai bawah. Kamu bisa melakukan hal itu pada kedua sisi, ini diperlukan untuk memperkuat pondasi supaya bisa berdiri dengan tegak.

4. Lipat Kertas

Step berikutnya adalah melipat kertas, temukan setiap sisi pada ujung kertas. Misalnya, ujung kertas bagian atas bertemu ujung bagian atas juga, lakukan seperti sebaliknya sampai semua sisi bertemu.

5. Lipat Pada Bagian Bawah

Selanjutnya adalah lakukan lipat kerta bagian bawah, supaya bisa menjadi titik tumpu bagian bawah.

Tetapi kamu cukup lipat sedikit saja kertasnya tidak perlu terlalu banyak, lalu lipat sebanyak 1,5 x ukuran yang akan kamu bawa didalam tas kertas tersebut.

Setelah itu lipat ujung pada sisi kertas bagian bawahnya yang sebelumnya sudah dibentuk.

6. Bagian Sisi Atas

Sama seperti sisi bagain bawah, kamu lakukan hal yang sama seperti yang disebutkan pada step no 5. Lalu dengan begitu pada bagian atas dan bawah sudah dilipat

Baca Juga:  Tips Bijak Mengelola Keuangan di Tengah Krisis Ekonomi

bahan membuat paper bag

7. Gunting Ujung Bagian Kertas yang Sudah di Lipat

Langkah berikutya, guntinglah kedua sisi bagian ujung yang sudah dilipat, sesai dengan panjang yang sudah dilipat. Setelah itu gunting kertas karton dengan yang telah disediakan sesuai dengan ukuran tinggi dan lebar yang sudah dilipat. Dan juga jangan lupa siapkan potongan karton yang berukuran sama.

8. Tempel Kertas Karton

Tempelkan kertas karton pada bagian sisi dalam lipatan, lalu kemudian tembel kembali karton dalam lipatan.

Karton sebagai penguat atau pondasi pada sisi bagian atas yang dilipat, diberikan lubang menggunakan alat peubang kertas dengan jarak yang sama sejajar. Dan buatlah 4 bolongan

9. Masukan Tali

Setelah kertas dilubangkan, masukan tali kedalam kertas yang sudah dilubangkan tadi. Lalu ikat tali dan lakukan hal yang sama pada sisi bagian lain. Terakhir, paperbag bisa digunakan.

FAQ

Berikut pertanyaan mengenai cara membuat paper bag dari kertas karton:

Tali apa untuk membuat paper bag?

Dalam membuat tas kertas, tali yang digunakan untuk tas ini adalah tali pita. Biasanya pita sering digunakan untuk hiasan kado atau hadiah yang digunakan untuk moment – moment penting.

Berapa ukuran paper bag?

Biasanya tas ini sering digunakan adalah panjang 37x lebar 15 x tinggi 28 cm. Itu adalah ukuran tas yang sering kita temukan untuk kemasan sepatu, makanan, yang lainnya.

Apa manfaat dari paper bag?

Manfaat dari paper bag ini adalah sebagai kemasan. Selain dinilai bagus, pembuatan tas kertas juga aman dan tidak di didasari dengan bahan yang berbahaya dan bahan kimia, sehingga dinilai aman untuk mengemas makanan sekalipun.

Kesimpulan

Nah demikianlah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai cara membuat paper bag dari kertas karton , semoga bermanfaat dan berguna untuk sobat unik ya!

Kalian juga bisa membaca artikel lainnya di web kami, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Tips, Info Unik, dll. Yuk kunjungi web kami dan temukan informasi yang kamu butuhkan.