Cara Membuat Bunga Dari Kertas Origami

InfoYunik.com – Kami akan membahas mengenai cara membuat bunga dari kertas origami, yuk simak penjelasan lengkapnya pada artikel dibawah ini ya sobat!

Terkadang kita mudah bosan dengan suasana rumah yang itu – itu aja, atau terkadang kita sering ada waktu luang sehingga bingung ingin mengisi waktu luangnya.

Nah kamu bisa mengisi waktu luang kamu dengan membuat bungan dari kertas origami. Selain bisa menjadi kegiatan untuk mengisi waktu luang, kamu bisa jadikan bunga origami ini untuk hiasan rumah.

Jika kamu pikir membuat kerajinan dari kertas origami itu sulit, sekarang ada beberapa cara yang bisa membuat bunga dari arogami dengan mudah dan praktis sehingga bisa kamu ikuti dan coba dirumah.

Cara Membuat Bunga dari Kertas Origami

Berikut ini beberapa cara untuk membuat bunga dari ketas origami:

1. Origami Bunga Sederhana

Step 1: Siapkan kertas origamui yang berukuran sedang dan berwarna kuning, merah, pink, hijau, dan ungu.

Step 2: Karena setiap kelopak akan dibuat dengan dua lapisan, yaitu bagian depan yang berukuran kecil, dan bagian belakang yang berukuran besar.

Setiap warna mempunyai lipatan yang berbeda, dan jumlah kelopaknya bisa kamu sesuaikan seperi empat kelopak atau lima kelompak.

Step 3: Bunga yang berukuran besar dan kecil disatukan, dengan posisi bunga kecil dibagian depan dan dibagian belakang adalah bunga yang berukuran besar.

Baca Juga:  Cara Membuat Tas Serut Dari Kain

Step 4: Berikutnya siapkan tangkai dan masukan ke bagian bunga yang tengah, dan lapisi tangkai dengan selotip warna atau kertas warna.

Step 5: Supaya tidak mudah lepas, ujung tangkai bisa kamu buat atau lapisi sampul

2. Origami Bunga Mawar

Step 1: Siapkan kertas origami berwarna biru dan putih, dengan ukuran 20×20 cm. Untuk warna biru dibagian depan dan untuk bagian belakang putih.

Step 2: Buat garis pada kertas menjadi 16 kotak, berikan tanda di tengah – tengah pada 4 kota supaya bisa melipat lebih mudah

Step 3: Lalu lipat kertas tadi dengan mengikuti tanda

Step 4: Setelah itu buka lipatan dan ambil sudut yang paling kanan lalu lipat secara diagonal, jika sudah dilipat secara diagonal temukan lipatan dengan lipatan diagonal.

Step 5: Ulangi step yang tadi untuk keempat sisi lipatan yang lainnya

Step 6: Buatlah lipatan yang lainnya pada setiap diagonal dengan lipatan bawah

Step 7: Jika semua step susdah dilakukan, maka akan terlihat garis – garis kecil untuk memudahkan dalam membuat kelopak mawar.

3. Origami Bunga Tulip

Step 1: Siapkan selembar kertas berbentuk persegi dengan ukuran 9.5×9.5 ( sesuaikan dengan ukuran yang ingin kamu buat)

Step 2: Lipat silang kertas disetiap sisinya

Step 3: Setelah itu buka kembali lipatan yang tadi dilipat, kemudian buatlah lipatan yang berlawanan.

Baca Juga:  Tips Travelling Nyaman dan Hemat ke Pekanbaru

Step 4: Lipat lagi sampai berbentuk segi tiga sama kaki

Step 5: Kemudian lipat lagi sampai berbentuk seperti diamond

Step 6: Step terakhir usahakan dibagian atas ada lubang, supaya bisa menggelembungkan menyerupai bunga tulip

4. Origami Bunga Matahari

Step 1: Siapkan kertas origami satu lembar dan bagi menjadi empat, jika kamu ingin berbeda warna di setiap kelopak bunga maka kamu bisa menggunting origami dengan warna yang berbeda

Step 2: Siapkan selembar pada origami yang berukuran kecil, kemudian dibagi dua sampai membentuk segitiga. Lalu bukalah lipatan segitiga tadi dan lipat kembali satu sisi yang bagian tengah, lalu balik dan lipat lagi sisi yang lain ke tengah juga

Step 3: Kemudian bagian ujung yang runcing lipat keatas dan lipat ujungnya keluar, buat sampai delapan buah

Step 4: Lalu buatlah lingkaran dengan ukuran sedang diatas kertas asturo lalu gunting.

Step 5: Setelah di gunting, lem kertas yang sudah dibuat disekeliling lingkaran

Step 6: Step terakhir adalah tempel sedotan pada bagian belakang lingkaran

5. Origami Bunga Lavender

Step 1: Siapkan kertas berwarna hijau yang berukuran 9×30 cm dan 7×8 cm, lalu siapkan juga kertas bewarna pink atau merah jambu dengan ukuran 8×30 cm.

Step 2: Untuk membuat tangkainya gulung kertas yang warna hijau dengan ukuran 9x 30 cm, kemudiam tempelkan sisa kertas di ujung gulungan tadi menggunakan lem. Setelah itu potong sedikit kedua ujung tangkai dengan gunting, supaya terlihat rapi.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok Paling Mudah

Step 3: Step ketiga lipat kertas yang berwarna merah jambu secara horizontal, kemudian bagian yang dilipat dipotong sampai berbentuk rumbai – rumbai. Lalu buka lipatan kertas tersebut dan lipat lagi secara horizontal ke sisi yang baliknya. Dan tempelkan lipatan tadi dengan lem

Step 4: Step yang terakhir gulung kertas warna merah jambu dengan tangkai, kemudian tempel dengan lem. Kemudian bagian bawah ditutup dengan kertas berwarna hijau yang berukuran 7×8 cm, yang pada sebelumnya di potong zigzag dengan menyerupai rumput

Kesimpulan

Nah itu adalah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai cara membuat bunga dari kertas origami , semoga informasi diatas bermanfaat dan berguna untuk sobat unik dirumah!

Kalian juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kami, ada beberapa kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Tips, Info Unik, dll, yuk kunjugi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.