Cara Membuat Asinan Buah Rambutan

InfoYunik.com – Kami akan menjelaskan mengenai Cara Membuat Asinan Buah Rambutan . Yuk simak penjelasannya lengkapnya pada artikel yang sudah kami rangkum untuk sobat unik

Masih banyak jenis acar lainnya, dua yang paling terkenal adalah asinan Bogor dan asinan Betawi, dan saya yakin semua orang di sini pernah mencoba resep asinan rambutan. Camilan ini cukup disukai di berbagai tempat.

Asinan sendiri memiliki rasa yang manis, asin, asam, segar, dan pedas, sehingga cocok disajikan dalam keadaan panas.

Jika kamu ingin membuatnya sendiri di rumah, caranya cukup mudah. Mari kita fokus pada resep yang tercantum di bawah ini.

Cara Membuat Asinan Buah Rambutan

Perhatikan komponen yang tercantum di bawah ini ,kamu bisa mengganti buah mangga, mentimun, atau ubi, tergantung selera kamu, tapi saya suka menggunakan nanas.

Bahan Utama:

  1. 50 rambutan dari satu tkamun, kupas, dan sisihkan
  2. Nanas, 1 (bisa diganti buah apa saja sesuai selera)
  3. 400 ml air
  4. 3 sdm gula pasir (bila suka manis bisa ditambah).
  5. Peras jeruk nipis, lalu ambil airnya (bisa diganti dengan 1 sendok makan air asam jawa atau cuka secukupnya).

Bahan yang di Cincang – Cara Membuat Asinan Rambutan

  1. Tiga potong cabai rawit, sesuai selera
  2. 4 cabai merah besar, sesuai selera kamu
  3. 10 iris cabai keriting merah, potong sesuai selera
  4. Sejumput garam
  5. Garnis (Sauted Fruit Garnish)
  6. Irisan lemon atau jeruk nipis opsional

Cara Membuatnya:

1. Pertama, siapkan rambutan yang sudah dikupas. Jika mau, tambahkan nanas yang sudah dikupas dan dipotong-potong.

Jika ingin warna nanas lebih menarik, rendam potongan nanas dalam larutan gula yang dibuat dengan cara merebus 1 gelas air dengan 1 sendok makan gula pasir dan menambahkan pewarna kuning secukupnya. Setelah nanas dingin, masukkan potongan nanas, dan hasilnya akan lebih hidup.

2. Untuk membuat cabai ini, siapkan 4 buah cabai rawit, 6 cabai merah besar, dan 10 cabai merah keriting. Sesuaikan jumlah cabai sesuai selera jika tidak suka pedas.

Langkah selanjutnya adalah haluskan semua cabai. Tambahkan 400 ml air ke dalam blender, lalu tutup dan nyalakan blender. Blender cabai sampai benar-benar halus.

3. Selanjutnya, siapkan panci manis, taruh di atas kompor, tambahkan semua cabai yang dihancurkan, dan nyalakan api.

Kemudian, tambahkan 3 sendok makan gula pasir, atau lebih banyak gula jika kamu lebih suka manis, dan setengah sendok teh garam, tergantung selera.

Kemudian aduk dan panaskan sampai mendidih, setelah mendidih matikan api dan diamkan sampai uapnya hilang dan dingin, lalu tambahkan air perasannya sekitar 1-2 sendok makan air jeruk nipis secukupnya, satu jam kemudian, siapkan mangkuk besar atau uleni masukan acar kuah ke dalam baskom sambil diaduk.

Agar biji cabai tidak lepas kendali, saring acar sausnya. Setelah menyaring tes rasa, kamu bisa menambahkan air mendidih tambahan jika ada yang kurang, seperti jika kuah sinan terlalu pedas, atau kamu bisa menambahkan tambahan garam, air jeruk nipis, atau gula sesuai selera.

Baca Juga:  Ajarkan 4 Hal Ini Agar Anak Terhindar dari Penculikan

4. Setelah acar kuah dirasa pas, tambahkan potongan nanas, buah rambutan, atau buah lain yang ingin ditambahkan.

Aduk rata, lalu masukkan campuran ke dalam lemari es selama minimal 3 jam agar saus meresap ke dalam buah. Acar siap disantap setelah disimpan di lemari es untuk hiasan.

Tambahkan irisan jeruk nipis atau lemon secukupnya agar terlihat lebih menarik dan segar. Jika tidak ingin pedas, jangan tambahkan ampas cabai.

Jika kamu tidak ingin menggunakan ampas cabai, uleni lagi sampai halus dan tambahkan ke dalam acar.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa infromasi yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Membuat Asinan Buah Rambutan , semoga bemanfaat dan berguna ya sobat unik.

Kalian juga bisa membaca beberapa artikel kami yang lainnya di web InfoYunik.com ada banyak kategori yang bisa kalian temui seperti Daftar Harga, Tips, Info Unik dll.