Cara Membuat Tas Serut Dari Kain

InfoYunik.com – Kami akan membahas mengenai cara membuat tas serut dari kain , yuk simak penjelasan lengkapnya pada artikel dibawah ini ya!

Tas seringkali menjadi salah satu objek dan opsi hadiah kepada seseorang. Kali ini InfoYunik akan membahas bagaimana cara membuat tas dari kain yang sederhana.

Dan itu bisa menjadi solusi untuk kamu yang bingung ingin memberikan hadiah, selain menghemat uang, ini sekaligus memungkin kan kamu untuk mendaur ulang kain yang kamu miliki.

Tas yang paling mudah untuk dibuat adalah tas yang berbahan kaos, mengapa demikian? Karena kaus kamu tidak perlu untuk menjahit kembali. Jika kamu ingin menjadi lebih kreatif lagi, kamu bisa mencoba membuat tas serut lengkap dengan pegangannya,

Step 8

Cara Membuat Tas Serut dari Kain

Berikut ini beberapa cara untuk membuat tas dari kain

1. Membuat Tas Serut Kain

Cara membuat tas menggunakan bahan kain

Step 1

Potong kain dengan ukuran 25×50 cm, lalu pilih lah kain yang paling kuat. Contoh seperti katun,linen, kanvas atau jersey. Buatlah pola menggunakan kain bagian dalam, lalu potong kain dengan menggunakan gunting kain

  • ┬áKamu bisa memilih bahan kain yang berwarna polos atau bermotif
  • Pola ini sudah di ukur dengan memperhitungkan keliman. Jadi kamu tidak perlu menambahkan apa – apa lagi
  • Kamu bisa membuat tas berukuran lebih kecil atau lebih besar,tetapi tetap harus dipastikan bahwa kamu juga melakukan perbandingan agar sama. Dan buatlah tas dengan ukuran panjang dua kali lebarnya

Step 2

Lipat bagian ujung kain yang memanjang dengan lebar 10 cm, kemudian setrikalah. Lalu bentangkan kain yang bagian dalam dan menghadap keatas ( ke arah mu) kemudian lipat kain pada bagian sisi yang berukuran 50 cm selebar 10 cm, setelah itu tahan kain menggunakn jarum pentul dan pres menggunakan setrika. Lipatan tersebut akan menjadi bagian sisi atas dari tasnya ya sobat!

  • Setelkan suhu yang sangat panas pada setrikaan supaya aman untuk kain ketik digunakan. Misalnya jika kamu menggunakan kain bahan linen, maka gunakan setelan panas yang paling aman untuk bahan kain linen.

Step 3

Setalah menentukan bagian sisi atas pada tas tersebut, kamu jahit 2 garis yang berhorizontal pada bagian ujung yang sudah dilipat supaya kamu bisa membuat tali untuk tas.

Pada garis yang pertama berada kurang lebih 6,5 cm dari sisi atas lipatan, dan garis yang kedua terletak diantara 9 cm dari lipatan. Setelah menentukan garis ruang, maka dua garis inilah yang akan menjadi jalur untuk kamu membuat pita atau tali.

Gunakan lah warna benang yang sama dengan warna pada bahan, atau kamu juga bisa menggunakan warna benang yang sedikit kontras dengan warna bahan.

  • Misalnya, jika kamu menggunakan bahan warna putih dan akan membuat tas berwarna putih maka cobalah untuk menggunakan benang warna merah untuk menciptakan desain yang sederhana.
  • Kamu bisa menggunakan pola tusuk lurus untuk menjahit lipatan, tetapi jika kamu memakai atau menggunakan bahan yang melar atau elastis, sebaiknya gunakan pola tusuk zigzag.
  • Kamu juga harus menggunakan pola tusuk balik, supaya jahitan tidak terlepas. Untuk tahap ini kamu harus membalik arah mesin jahit sampai 2-3 jahitan.
Baca Juga:  Cara Membeli Saham Perusahaan Untuk Pemula

Step 4

Pada langkah yang keempat, lipatlah bahan menjadi dua dan secara melebar dengan menggunakan bagian dalam bahan yang menghadap keluar.

Balik bahan sehingga sisi bagian dalamnya menghadap ke arah kamu. Lalu gunakan pentul dibagian samping dan tepi bawah bahan.

  • Jarum pentul tidak boleh terpasang pada sisi tepi atas atau pada sisi yang terlipat
  • ┬áSeberapa banyak jarum pentul yang kamu gunakan dan seberapa dekat jarum pentul yang pasang, itu tidak akan jadi masalah. Cukup pastikan saja posisi bahan tidak bergeser

Step 5

Selanjutnya jahitlah bagian sisi pinggir tas dengan keliman sekitar 1,25 cm. Ketika kamu menjahit bagian sisi, bukalah sekitar 2,5 cm diantara dua garis horizontal yang kamu jahit pada step 3, supaya kamu bisa menyelipkan tali didalamnya.

Setelah selesai menjahit, lepaskan jarum pentul yang kamu gunakan.

  • Kamu bisa menggunakan pola tusuk lurus untuk bahan yang biasa, dan kamu juga bisa menggunakan pola tusuk zigzag untuk bahan yang elaslis atau melar
  • Dan jangan lupa juga kamu harus menggunakan tusuk balik saat memulai dan menyelesaikan jahitan
  • Kamu hanya bisa menjahit bahan yang susdah kamu tandai dengan jarum pentul tadi, dan jangan menjahit melewati bagian sisi atas atau sisi yang dilipat.

Step 6

Step yang keenam, kamu bisa balik tas sampai menunjukan bagian dalam tas berada di luar.

Supaya bisa mendpatkan hasil yang lebih maksimal dan rapih, lalu potong sudut – sudut pada sisi bawah lebih dekat dengan jahitan sebelum kamu membalik bagian tas.

Kamu bisa mengamankan keliman dengan pola tusuk zigzag atau obras, tetapi ini tidak wajiba untuk dilakukan.

  • Beberapa bahan yang lebih mudah terurai lainnya. Jika bahan yang mudah terurai, kamu harus bisa mengamankan keliman menggunakan tusuk zigzag dan obras

Step 7

Potong tali atau pita dengan ukuran 50 cm, pililah pita yang mempunyai lebar kurang lebih dari 1,25 cm. Dan Potong pita atau tali berukuran sepanjang 50 cm, tali dan pita ini akan digunakan untuk membuka dan menutup tas.

  • Gunakan warna yang kontras untuk antara pita dengan warna tas, misalnya jika mau membuat tas yang berwarna biru maka gunakan pita tipis berwarna putih supaya terlihat lebih menarik
  • Supaya tidak mudah ter urai bakar ujung pita yang terbuat dari poliester
  • Tetapi jika pita tidak terbuat dari bahan poliester, maka amankan ujung tali dengan lem khusus, lalu tunggu sampai ujung tali kering.
Baca Juga:  Beginilah Tujuh Cara Agar Menghindari Perbuatan Maksiat

Membuat Tas Serut Kain

Step 8

Kalian bisa gunakan peniti untuk menyelipkan. Pasang peniti pada ujung tali dan masukan peniti ke bukaan yang berukuran 2,5 cm pada bagian sisi dalam tas.

Lalu dorong peniti yang kamu sematkan melalui jalur pita sampai ke ujung celah yang lain. Setelah selesai, kamu bisa melepas penitinya

Step 9

Tutup tas tersebut dengan menarik pita, setelah tas tertutup kamu ikat pita menjadi simpul. Dan kamu juga bisa menghias tas tersebut menggunakan manik yang cantik di setiap ujung pita, dan ikat pita menjadi simpula supaya bisa menahan manik agar tidak terlepas.

FAQ

Berikut ini pertanyaan mengenai cara membuat tas serut:

Apa nama tali untuk membuat tas serut?

Tali yang digunakan untuk tas serut adalah tali kepang atau tali sumbu, karena bentuknya mirip sumbu.

Apa yang dimaksud dengan tas serut?

Tas serut adalah salah satu jenis tas yang mempunyai berat yang ringan dibandingkan dengan tas – tas lainnya.

Dan tas ini terbuat dari bahan yang bermacam macam dengan design tali pada sisi kanan dan kiri yang digunakan untuk menyerut tas aga bisa menutup dan membuka tas serut tersebut.

Tas serut untuk apa?

Tas serut merupakan tas yang simple, dan bisa digunakan untuk apa saja. seperti untuk olahraga, untuk bersepada, berenang atau jalan- jalan.

Kesimpulan

Nah demikianlah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai cara membuat tas serut dari kain , semoga bermanfaat dan berguna untuk sobat unik ya!

Kalian juga bisa membaca artikel lainnya di web kami, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Tips, Info Unik, dll. Yuk kunjungi web kami dan temukan informasi yang kamu butuhkan.