Syarat dan Cara Mencairkan Tabungan Rencana Mandiri

Infoyunik.com – Cara mencairkan tabungan rencana Mandiri yang belum jatuh tempo ini sangatlah mudah. Justru kamu tidak perlu mengunjungi kantor cabang yang terdekat untuk mencairkan uang dalam tabungan ini.

Tabungan rencana Mandiri ini merupakan tabungan yang berjangka dengan adanya setoran bulanan dan jangka waktunya yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan kamu serta fasilitas yang autodebet, sehingga nasabah akan dapat mempersiapkan dan mewujudkan rencana masa depannya.

Syarat Mencairkan Tabungan Rencana Mandiri

Syarat Mencairkan Tabungan Rencana Mandiri

Untuk saat ini sebenarnya semua nasabah pemegang buku rekening tabungan rencana Mandiri sudah bisa mencairkan saldo sebelum ataupun setelah tanggal jatuh tempo setoran.

Namun terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus kamu penuhi terlebih dahulu agar proses pencairan dana tabungan rencana Mandiri bisa dilakukan secara berhasil.

Salah satu syarat agar kegiatan mencairkan tabungan rencana Mandiri bisa berhasil yakni kamu harus mendapatkan sertifikat TRM terlebih dahulu.

Yang dimana sertifikat itu hanya bisa diambil di kantor cabang bank Mandiri semua wilayah. Nah berikut ini syarat mencairkan tabungan rencana Mandiri yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Pencairan Sebagian Dana

Di dalam tata cara mencairkan tabungan rencana Mandiri ini kamu harus mengetahui seluruh sistem pencairan dan ternyata mencairkan tabungan rencana mandiri ini bisa kamu lakukan bisa jadi untuk sebagian ataupun keseluruhan tergantung keinginan pad nasabah.

Terdapat ketentuan bahwa saldo bisa kamu rencana Mandiri ini hanya bisa dicairkan maksimal 30% dari total nominal tabungan apabila ingin mencairkannya sebagian saja. Untuk proses mencairkan dana tabungan ini juga hanya bisa dilakukan satu kali saja.

2. Pembatalan atau Penutupan Rekening

Jika dana yang kamu butuhkan mengharuskan untuk mencairkan seluruh dana. Yang artinya kam wajib memproses pembatalan ataupun penutupan rekening.

Adapun pembatalan ataupun penutupan rekening. Tabungan rencana Mandiri ini bisa kamu lakukan di kantor cabang atau melalui mobile banking atau internet banking.

Cara Mencairkan Tabungan Rencana Mandiri

Cara Mencairkan Tabungan Rencana Mandiri

Setelah kamu mengetahui syarat-syaratnya, nah untuk selanjutnya kamu juga harus mengerti bagaimana tata cara Mandiri sebagian ataupun keseluruhannya.

Kamu juga harus tahu tata cara untuk melakukannya. Kita cuma membahas hanya melalu Mandiri mobile atau Livin by Mandiri.

Kertika sertifikat tabungan rencana mandiri nasabah ini sudah diterima, untu cara selanjutnya yakni tinggal memproses pencairan saldo melalui aplikasi Livin by Mandiri.

Berikut ini cara mencairkan tabungan rencana Mandiri ini melalui aplikasi Livin by Mandiri atau Mandiri online yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Buka Livin’ by Mandiri

Untuk cara mencairkan tabungan rencana Mandiri yang pertama kamu bisa buka Livin by Mandiri di Hp kamu. Sebelum kamu melanjutkan langkah-langkahnya kamu pastikan terlebih dahulu.

Bahwa koneksi jaringan internet di Hp kamu berada dalam keadaan stabil dan lancar. Selanjutnya login ke dalam aplikasi menggunakan user ID dan Password kamu.

2. Pilih Tabungan Rencana Mandiri

Dan untuk cara mencairkan tabungan rencana Mandiri yang kedua jika setelah berhasil masuk kedalam menu utama aplikasi Livin by Mandiri ini.

Nantinya kamu akan disuguhkan mengenai beberapa fitur termasuk daftar rekening nasabah. Dan untuk cara selanjutnya kamu tinggal memilih salah satu jenis tabungan rencana Mandiri.

3. Ketuk Cairkan

Cara mencairkan tabungan rencana Mandiri yang ketiga jika sudah masuk ke dalam menu tabungan rencana Mandiri, nantinya halaman akan memunculkan total saldo ataupun dana di dalam rekening tersebut.

Untuk mencairkannya, silahkan pilih opsi “Cairkan” yang berada di bagian bawah layar. Pada menu ini juga akan ditampilkan besaran biaya penalti dan biaya administrasi pencairan tabungan rencana Mandiri.

4. Pilih Rekening Pencairan

Lalu untuk cara mencairkan tabungan rencana Mandiri berikutnya kamu tinggal memilih jenis rekening pencairan dari TRM. Kamu bisa pilih salah satu jenis rekening tabungan Mandiri.

Kemudian kamu klik tombol “Lanjutkan” di bagian bawah layar dan jangan lupa untuk mengonfirmasi pencairan saldo dengan cara menekan tombol “Cairkan”.

5. Masukkan PIN

Dan langkah terakhir yakni tinggal memasukan PIN Livin by Mandiri ini tunggu beberapa saat ini sampai transaksi pencairan saldo tabungan rencana Mandiri ini berhasil dilakukan. Apabila sudah sampai pada tahap ini maka cara mencairkan tabungan rencana Mandiri ini telah berhasil dilakukan.

Baca Juga:  Apa itu Split Bill? Berikut Penjelasannya

Biaya Pencairan Tabungan Rencana Mandiri

Biaya Pencairan Tabungan Rencana Mandiri

Untuk proses mencairkan saldo tabungan Mandiri ini mempunyai ketentuan mengenai biaya administrasi tambahan yang dimana besaran biaya administrasi.

Atau biaya layanan tambahan dalam pencairan saldo tabungan rencana Mandiri sendiri dibedakan menjadi dua jenis, yakni biaya penalti serta biaya admin. Untuk besaran biaya penalti penarikan tabungan rencana Mandiri yakni sekitar Rp. 150.000 per transaksi.

Dan sementara besaran biaya admin pencairan rekening tabungan rencana Mandiri ini jauh lebih murah yakni sekitar Rp. 5.000.

Jadi jika ditotal maka nasabah akan dikenai potongan sebesar Rp. 155.000 ketika ingin melakukan pencairan saldo tabungan rencana Mandiri ini melalui aplikasi Livin by Mandiri.

Fitur dan Keuntungan Tabungan Rencana Mandiri

 

Fitur dan Keuntungan Tabungan Rencana Mandiri

Bank Mandiri ini menawarkan tabungan berjangka dengan nama tabungan rencana Mandiri atau TMR ini. Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika membuat tabungan rencana Mandiri, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Fasilitas Autodebet

Untuk persyaratan lain membuka rekening tabungan ini adalah setidaknya memiliki tabungan Mandiri atau Mandiri giro. Dari tabungan utama ini nantinya kamu bisa memanfaatkan fasilitas autodebet untuk membayar tagihan bulanan.

Yang artinya adalah nasabah tidak perlu repot-repot untuk melakukan setoran secara manual karena seperti ini seringkali membuat beberapa orang lupa.

Nasabah bisa saja mengatur berapa jumlah yang ter-autodebet setiap bulannya dan tanggal berapa. Ketika mendaftar nanti akan dibantu prosesnya oleh CS dan nasabah tinggal melakukan pengaturan sesuai dengan anjuran CS.

2. Memiliki Jangka Waktu yang Fleksibel

Keunggulan berikutnya dari tabungan rencana Mandiri adalah fleksibilitas jangka waktu tabungan rencana. Di awal, akan ada kesepakatan antara pihak bank dengan masing-masing nasabah.

Nasabah dapat memilih jangka waktu mulai dari 1 tahun hingga 20 tahun sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Jika jangka waktu yang telah ditentukan akan segera berakhir.

Nasabah berhak untuk memperpanjang atau menarik dana tabungannya. Jika ingin melakukan perpanjangan, kamu hanya perlu mendatangi bank dan melakukan perpanjangan seperti biasa. Proses perpanjangan sebaiknya dilakukan 1 bulan sebelum jatuh tempo.

3. Mendapatkan Perlindungan Asuransi

Bank Mandiri memiliki kerjasama dengan PT AXA Mandiri Financial Services untuk memberikan perlindungan asuransi bagi setiap nasabahnya. Kisaran asuransi yang diberikan bisa mencapai 5 juta atau 500 dollar per bulan untuk setiap nasabahnya.

Dengan adanya perlindungan asuransi ini, nasabah tentu akan tenang dalam menabung di Bank Mandiri. Jika terjadi sesuatu pada nasabah di tengah jalan, pihak asuransi akan melanjutkan setoran rutin bulanan hingga akhir jangka waktu.

Katakanlah nasabah telah menetapkan jangka waktu 5 tahun, kemudian pada tahun ke-3 terjadi sesuatu. Maka 2 tahun terakhir menjadi tanggung jawab pihak asuransi untuk melanjutkan setoran bulanan hingga jatuh tempo.

4. Mendapatkan Dukungan Konsultasi Gratis Dengan CS

Jika nasabah mengalami masalah terkait fasilitas layanan atau sejenisnya, mereka bisa menghubungi call center bank.

Dukungan konsultasi gratis ini tentu tidak boleh dilewatkan karena nasabah bisa menanyakan informasi yang dibutuhkan sejelas-jelasnya. Kamu juga bisa mengunjungi bank secara langsung untuk mendapatkan informasi lebih cepat.

5. Bebas Dalam Mengubah Setoran Bulanan

Setoran bulanan untuk tabungan rencana Mandiri ini pada dasarnya fleksibel, yang berarti bahwa nasabah dapat mengubahnya sesuai dengan kapasitas mereka. Syarat minimal setoran bulanan ini adalah Rp 100.000 atau setara dengan $10 per bulan.

Nasabah dapat meningkatkan setoran bulanannya dengan mudah dan praktis dengan menghubungi call center atau mendatangi bank secara langsung.

Jika sewaktu-waktu kamu ingin mengurangi setoran bulanan kamu ke jumlah minimum, kamu hanya perlu melakukan langkah yang sama seperti sebelumnya.

Terdapat 2 jenis mata uang deposito, yakni Rupiah dan US Dollar (USD). Nasabah bebas memilih salah satunya untuk dijadikan acuan setoran bulanan.

6. Memberikan Suku Bunga Cukup Tinggi

Perlu diketahui bahwa suku bunga yang diperoleh untuk tabungan rencana Mandiri ini lebih tinggi dari yang lain. Artinya, semakin banyak setoran bulanan yang dilakukan nasabah, maka semakin besar pula suku bunga yang akan diperoleh hingga akhir jatuh tempo.

Baca Juga:  Begini Cara Tarik Tunai LinkAja di Indomaret

Kekurangan Tabungan Rencana Mandiri

Kekurangan Tabungan Rencana Mandiri

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dibalik kelebihan tabungan Mandiri rencana pasti ada kelemahannya, yaitu tidak cocok untuk investasi jangka panjang.

Hal ini karena memiliki tingkat suku bunga yang selalu di bawah inflasi, akibatnya cenderung lebih cocok untuk jangka pendek, seperti umroh, persiapan pernikahan, travelling, tabungan untuk membeli laptop.

Membeli kendaraan secara tunai dan lain-lain. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari tabungan Mandiri rencana yang pasti akan kamu temui ketika ingin membuatnya, yaitu:

1. Tidak Cukup Untuk Tabungan Biaya Kuliah Sambil Bekerja

Orang tua yang bekerja di Indonesia, khususnya di Jakarta, tidak sendirian dalam membuka rekening tabungan berjangka dengan tujuan menabung untuk biaya sekolah.

Dari hasil penelitian yang kami lakukan selama dua tahun terakhir, tingkat kenaikan biaya sekolah mencapai 15%-20% per tahun.

Ini jelas tidak mencukupi. Karena suku bunga tabungan berjangka umumnya tidak lebih dari 6% per tahun dan belum termasuk potongan pajak.

2. Tidak Bisa Mengubah Instrumen yang Ada

Fleksibilitas dalam investasi itu penting, karena keadaan selalu berubah. Inilah salah satu kekurangan dari tabungan rencana Mandiri.

Namun ketika kamu ingin memulai investasi, kamu harus bisa menyelesaikannya dan berhenti dari jenis tabungan ini, kemudian bermigrasi ke instrumen lain yang lebih baik untuk jangka panjang.

Seperti pada poin pertama tadi, jika kamu ingin menabung untuk dana pendidikan jangka panjang, maka kamu harus mengambil instrumen yang lebih berisiko dengan imbal hasil yang lebih tinggi.

3. Tidak Bisa Terlalu Berharap Terhadap Asuransi Jiwa

Jika kamu sudah memiliki produk asuransi AXA Mandiri, jangan pernah mengandalkan dana tersebut untuk melindungi keluarga kamu dalam jangka panjang.

Hal ini keliru, karena asuransi jiwa yang diberikan Mandiri hanya bisa memberikan perlindungan untuk deposito tabungan rencana Mandiri, bukan untuk keperluan lain. Alhasil, kamu harus memilih produk asuransi lain untuk memberikan perlindungan bagi keluarga kamu.

4. Hanya Cocok untuk Tujuan Investasi Jangka Pendek

Sekali lagi, tabungan berjangka Bank Mandiri hanya cocok untuk investasi jangka pendek, karena nilai investasinya cukup rendah dibandingkan instrumen investasi lainnya seperti investasi reksadana saham di Tokopedia, Bukalapak dan lainnya.

Jika kamu tetap bersikeras memilih tabungan rencana Mandiri untuk jangka panjang, maka akan menyulitkan kamu untuk mencapai tujuan masa depan yang indah yang telah direncanakan.

Tidak hanya itu, ketika kamu membutuhkan dana darurat yang sangat penting, kamu tidak akan bisa mencairkan uang tersebut dan akan dikenakan biaya penalti sebesar Rp 150.000.

Ada satu hal lagi, yaitu ketika kamu tidak membayar setoran rutin bulanan sebanyak 3 kali, maka sistem bank akan secara otomatis menutup rekening tersebut.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara mencairkan tabungan rencana Mandiri, yakni:

Bagaimana Jika Tabungan Rencana Mandiri Tidak Dibayar?

Pertama, bagaimana jika kamu tidak membayar Mandiri Tabungan Rencana tepat waktu? Jika kamu menunggak setoran wajib bulanan selama 3 (tiga) bulan.

Maka rekening tabungan rencana Mandiri kamu akan ditutup dan dana yang ada di rekening MTR akan ditransfer ke Rekening Penampungan (Escrow Account) setelah dipotong biaya-biaya dan denda.

Saldo Mandiri 0 Apakah Akan Terblokir?

Rekening kamu dapat dibatalkan jika saldo rekening kamu 0 (nol) selama beberapa bulan tertentu.

Apakah Saldo Mengendap Bisa di Ambil?

Ini menandakan bahwa saldo penyelesaian adalah batas saldo terendah atau jumlah minimal bank. Konsumen tidak dapat menarik jumlah penyelesaian.

Akibatnya, jika jumlah di rekening tabungan turun di bawah tingkat minimum bank, klien tidak akan dapat menarik dana dari ATM.

BACA JUGA:

Cara Tarik Shopeepay ke Rekening Bank Secara Mudah
Begini Cara Ganti Nomor Di M Banking BCA
Buka Rekening Mandiri Online Lewat Hp Tanpa ke Bank

Baca Juga:  Apa Itu User ID Bca? Inilah Cara dan Contohnya

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara mencairkan tabungan rencana Mandiri ini sebelum atau sesudah tanggal jatuh tempo sudah dilengkapi syarat dan biayanya.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.