20 Tips Menabung Paling Mudah untuk Pemula

InfoYunik.com – Berikut ini kita akan menjelaskan mengenai tips menabung untuk pemula , yuk simak penjelasan detail dan rincinya pada artikel yang sudah kami rangkai untuk sobat unik!

Milenial di Indonesia lebih menyukai liburan daripada membuat tabungan hari tua. Ini adalah hasil jajak pendapat yang dilakukan oleh perencana keuangan Prita Ghozie. Ternayata menyimpan uang tampaknya menjadi masalah untuk generasi saat ini.

Sebenarnya, kita sudah dianjurkan untuk pintar menabung sejak kecil. Sayangnya, pelajaran ini dengan cepat dilupakan.

Ada banyak cara untuk kamu bisa menghemat uang saku kamu. Beberapa orang mungkin mendapatkan uang saku dengan menjual barang-barang kecil.

Menabung adalah pelajaran yang diajarkan orang tua kita apapun caranya. Manfaat masa depan sangat banyak. Mari kita bahas mengenai tips cara menabung

Faktor Mengapa Tabungan Sangat Penting

Apa itu Tabungan?

Kita mulai pembahasan ini dari definisi. Tabungan merupakan bentuk strategi atau cara untuk mengurangi pemakaian uang saat ini, demi mengumpulkannya untuk persiapan masa depan.

Pengurangan pemakaian bisa dilakukan sedikit demi sediki.

Tentu saja, lama kelamaan uang yang tadi dikumpulkan akan menjadi banyak seiring berjalannya waktu.

Dan pada akhirnya uang hasil menabung itu bisa kamu pakai untuk kepentingan masa depan.

Bisa disimpulkan bahwa menabung berarti menunda pemakaian saat ini demi untuk pemakaian dimasa depan.

Pengertian ini dirangkum dari The Library of Economics and Liberty.

Kegiatan menabung, hampir sering di sama kan dengan investasi. Padahal, terdapat banyak perbedaan diantara keduanya.

Kata Investopedia, menabung mempunyai tujuan jangka pendek, sedangkan investasi mempunyai tujuan yang sebaliknya. Selain dari pada itu, resiko menabung lebih kecil daripada berinvestasi.

Faktor Mengapa Tabungan Sangat Penting

Ada beberapa penyebab atau faktor mengapa kegiatan menabung dianggap penting, berikut faktor – faktornya!

1. Pengeluaran Tak Terduga

Tidak ada yang bisa masa depan seperti apa? Dan selalu ada peluang kejadian tidak terduga datang, yang tiba – tiba kamu sangat membutuhkan uang.

Misalnya, ada seorang yang mendadak sakit keras dan tidak bisa bekerja. Belum lagi ternyata hpnya hilang, sehingga tidak bisa menghubungi siapa pun. Sehingga kamu bisa membantu dalam bentuk uang untuk orang itu bisa makan dan berobat.

Dan alasan itulah mengapa kamu harus mempunyai tabungan, untuk sesutau yang tidak terduga.

2. Hari Tua yang Lebih Sejahtera

Saat ini kamu boleh mempunyai fisik yang kuat, jika saat ini kamu bisa bekerja dari pukul 9 hingga 5 sore ditambah lembur jika perlu, tentu itu bukanlah hal yang masalah.

Akan tetapi keadaan ini tidak akan berlangsung lama suatu saat nanti, fisikmu bisa saja sudah lemah karena faktor usia dan sudah terlalu banyak bekerja.

Disinilah tabungan bisa kamu gunakan, tabungan yang sudah kamu siapkan dimasa kini disaat kamu masih produktif bisa dipakai untuk hari tua kamu.

3. Pembelian Barang Mahal Tetapi Penting

Bagaimana caranya bisa mempunyai mobil ataupun rumah yang sangat mahal harganya? Tidak semua orang mempunyai penghasilan yang tinggi setiap bulannya.

Menabung merupakan salah satu cara dan solusi. Banyak dari beberapa orang yang bisa membeli mobil, rumah dari hasil tabungan yang berhasil dilkumpulkan.

Jenis – Jenis Tabungan

Menurut Money Crashers, pada dasarnya ada tiga cara yang berbeda untuk menyimpan uang. Tiga cara itu adalah jenis tabungan untuk pengeluaran darurat, pensiun, dan penggunaan pribadi.

Kamu bisa menyimpan tabungan kamu di bank. Di bank-bank Indonesia, kamu dapat memilih ada 7 tempat untuk menabung yang berbeda. Kamu bisa memilih jenis tabungan mana yang sesuai dengan tujuan kamu ya:

Jenis - Jenis Tabungan

1. Tabungan Konvensial

Jenis tabungan yang ini sudah tidak asing lagi bagi banyak orang. Sebab, proses pengajuannya yang mudah dan sangat cepat.

Dan setiap bulannya kamu hanya dikenakan biaya administrasi, dan besarnya pun ditentukan dengan ketentuan bank. Pada tabungan ini, kamu bisa mengambil uang kapan saja.

2. Tabungan Berjangka

Berikutnya adalah tabungan yang berjangka. Ini tentu berbeda dengan tabungan konvensional, kamu tidak bisa mengambil asal uang yang ada didalamnya.

Pencairan uang yang disimpan ditabungan itu mempunyai jangka waktu yang tertentu, sesuai kesepakatan diantara kamu dan bank.

3. Pembiayaan Haji

Sedang berpikir untuk menunaikan haji dalam waktu dekat? Tapi sepertinya kamu tidak bisa mendapatkan uang tunai? Dalam hal ini, Tabungan Haji adalah jawabannya.

Pembayaran sering diperlukan sekali setiap bulan. Jika kamu memiliki antara Rp 25.000.000 hingga Rp 30.000.000, kamu dapat mengajukan permohonan ke Kementerian Agama untuk melakukan haji.

Kemampuan kamu untuk mengakses dana ini dibatasi dengan cara yang sama seperti tabungan berjangka.

4. Investasi

Jika kamu tertarik untuk berinvestasi saham, ini adalah rencana tabungan yang dirancang khusus untuk kamu penyuka investasi.

kamu dapat menyisihkan dana untuk jual-beli dokumen penting ini. Hasil dari transaksi kamu dicatat di sana juga.

5. Tabungan Anak

Tak heran lagi, orang tua yang bertanggung jawab menanamkan nilai menyimpan uang kepada anak-anak mereka. Untungnya, melestarikan untuk rajin menabung kepada anak-anak dapat membantu dalam proses pendidikannya kelak.

6. Giro

Transaksi bisnis seperti ini dibuat untuk urusan moneter antar perusahaan

7 Dana Disisihkan di Luar Negeri

Seperti yang pasti kamu ketahui, nilai mata uang dapat berfluktuasi. Harga berfluktuasi terkadang dia naik terkadang dia turun.

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp GB APK MOD

Karena itu, dimungkinkan untuk berinvestasi menggunakan mata uang asing. kamu dapat memperoleh keuntungan dengan memperdagangkan mata uang asing.

Kamu dapat menggunakan tabungan mata uang asing untuk melakukan transaksi.

Tips Menabung

Berikut ini adalah beberapa tips menabung untuk pemula yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Tetapkan Rencana Menabung

Tips menabung yang pertama adalah kamu harus rencanakan tabungan kamu, supaya tabungan mu mempunyai tujuan yang didukung. Dan kamu harus mempunyai sebuah target yang jelas dan cara atau strategi untuk kamu realisasikan.

  1. Cari tau harga pasaran. Contoh kamu harus punya tujuan untuk apa dana pensiun, kamu harus membuat rencana untuk tabungan bulanan
  2. Tetapkan deadline dan hitung inflasi. Contoh beli rumah 5 tahun lagi, maka kamu harus pantau dan hitung harga untuk 5 tahun kedepan beserta biaya properti
  3.  Berkomitmen menabung setiap bulannya

2. Stick to the Budget

Tips menabung yang berikutnya adalah atur sistem keuanganmu. Antara mau nongkrong di cafe elite dengan sisihkan uang untuk menabung? Berikut tipsnya:

  1. Lakukan savings challenge. Misalnya kamu bisa menyisihkan 50% dari gaji kamu
  2. Ingatkan diri akan tujuan awal keuangan kamu. Ini bisa kamu lakukan dengan menulis di note wallpaper handphone atau sticky notes

3. Batasi dan Kurangi Pengeluaran

Tips menabung berikutnya adalah batasi dan kurangi setaiap pengeluaran. Bagi kamu yang mempunyai gaji mepet, ada dua solusi utama untuk menngurangi pengeluaran.

Pertama rajin mencatat pengeluaran, kedua mampu membedakan kebutuhan dan keinginan.

Cukup kurangi frekuensi belanja secara bertahap, kurangi jajan, dan belanja lah disaat yang tepat dan sesuai kebutuhan.

4. Cari Sumber Pendapatan Tambahan

Tips menabung selanjutnya jika kamu ingin mencapai sebuah target, sudah pasti kamu membutuhkan income dari beberapa sumber kan? Nah kami akan memberikan tips bagaimana cara menghasilkan uang hany dari internet.

Contoh, kamu bisa menjadi freelancer penulid, fotografi, desain grafis dan yang lainnya.

Seperti Jualan barang – barang yang banyak dicari orang atau peminatnya, dari sebagaian mereka menjual beberapa pakaian yang masih layak digunakan.

Untuk platform penjualannya, kamu bisa menggunaka e-commerce atau instagram.

Tips Menabung

5. Buat Rencana Cadangan

Rencana selanjutnya kamu harus memikirkan resiko,karena resiko finansial bisa terkena ke siapa saja. Hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah dana darurat yang suatu saat bisa digunakan disaaat darurat.

Hal kedua adalah memiliki asuransi, saat ini sudah banyak sekali asuransi yang terjangkau jadi jangan takut kamu akan membayar mahal setiap bulannya. Kamu bisa pilih kategori asuransi tersebut sesuai kebutuhan kamu.

6. Tentukan Nominal

Sesudah menetapkan tujuan, tips menabung yang selanjutnya adalah dengan menentukan berapa nominal yang akan kamu kumpulkan setiap hari, setiap minggu atau setiap bulannya.

Kamu bisa memberikan batas minium nominal yang harus terkupul dalam jangka waktu yang tertentu. Ini dapat menyemangati kamu yang lagi menabung karena adanya target yang ditetapkan.

Kamu bisa mengusahakan untuk menabung secara nominal yang sama agar uangnya semua terkumpul agar lebih cepat.

Tips menabung ini bisa kamu lakukan di rumah yakni mengumpulkan nominal yang sama setiap minggunya di celengan ataupun tempat lainnya.

Jika semua sudah terkumpul banyak kamu bisa memindahkannya ke bank ataupun ketempat yang lebih aman.

7. Pisahkan Tabungan Sejak Awal

Kamu bisa memisahkan tabungan sejak awal gajian. Tips ini merupakan berlaku bagi karyawan yang mendapat gaji tetap setiap bulannya.

Kamu bisa pisahkan uang yang akan ditabung setiap tanggal gajian, kamu bisa menyimpan uang tersebut dimana saja yang menurut kamu aman. Dan kamu anggep uang itu sudah tidak ada jadinya kamu tidak ada kepikiran dengan uang itu.

Kamu bisa hindari menabung dengan uang sisa karena umumnya uang yang tidak di alokasikan akan habis begitu saja di tengah jalan. Jadinya cara menabung kamu yang sudah direncanakan tidak akan berhasil.

8. Amankan Uang di Tempat Tersembunyi

Jika kamu kesulitan menabung ada baiknya kamu bisa mengamankan uang di tempat tersembunyi yang tidak kamu sering cek.

Kamu bisa membuat mindset bahwa kamu tidak mempunyai uang yang sangat banyak untuk dibelanjakan. Cara ini bisa kamu cegah untuk mengeluarkan uang dan tidak membeli hal-hal yang tidak penting.

Uang yang kamu sembunyikan juga bisa menjadi suprise pada diri kamu sendiri ketika kamu menemukan uang tersebut. Tapi pastikan kamu selalu ingat dimana tempat kamu sembunyikan uangnya.

9. Gunakan Sistem Tabungan Otomatis

Kamu bisa menggunakan sistem tabungan otomatis yang di auto debet langsung dari rekening. Kamu bisa menentukan berapa saja nominal yang akan kamu sisihkan setiap bulannya untuk diambil secara otomatis. Sudah ada banyak bank resmi di Indonesia yang mempromosikan produk tabungan otomatis ini.

Tidak hanya dapat dilakukan oleh para pekerja cara menabung cepat dengan adanya sistem ini juga dapat dilakukan oleh pelajar, mahasiswa untuk mempersiapkan kebutuhannya.

10. Mengunci Tabungan

Cara yang lain untuk menabung secara cepat dengan nominal Rp. 1 Juta, Rp 10 Juta sampai Rp. 50 Juta dalam waktu yang sebulan, enam bulan ataupun yang setahun adalah dengan mengunci tabungan di bank.

Baca Juga:  WhatsApp Mod Official Terbaru

Saat ini sudah ada banyak produk tabungan di bank yang menawarkan karakteristik pengunci tabungan. Kamu tidak bisa dapat secara tiba-tiba untuk mengambil uang begitu saja sebab tabungan sudah dikunci.

Ada jangka waktu yang tertentu untuk kamu bisa mengambil uang tersebut. Ini akan memaksa kamu untuk terus menabung dan mengumpulkan uang. Kamu akan dipaksa tegas dalam mengelola keuangan tersebut.

Cara ini juga bisa kamu lakukan dirumah dengan menggunakan celengan. Kamu bisa pilih celengan yang mempunyai kunci dan tidak bisa dibuka secara mudah. Dengan adanya cara ini kamu akan sulit untuk mengambil tabungan kamu secara tiba-tiba.

11. Menyimpan Uang Recehan

Walaupun sangat sepele kamu jangan pernah meremehkan yang yang receh. Ketika ada uang kembalian belanja berubah uang receh kamu bisa segera simpan dan kumpulkan di tempat yang sangat aman. Uang recehan ini kamu harus simpan secara baik.

Dan jangan sepelekan uang yang bernilai kecil sebab jika dikumpulkan menjadi bernilai yang besar. Mengumpulkan uang recehan juga menjadi salah satu cara agar kamu menabungnya cepat.

12. Minta Dukungan dengan Orang Terdekat

Yang selanjutnya kamu bisa minta orang terdekat menjadi penyemangat agar tetap fokus menabung dengan adanya mengutarakan niat kamu pada orang-orang terdekat, seperti orang tua, kakak, adik ataupun lainnya.

Dengan adanya ini mereka pasti juga akan berperan memberi dukungan agar niat kamu tercapai. Usahakan jika tujuan kamu demi masa depan misalnya seperti membeli rumah atau menikah.

Nah dengan adanya begitu pastinya orang lain akan mengingatkan kamu agar tidak mengeluarkan uang demi hal yang tidak terlalu penting dan tetap fokus pada tujuan kamu.

13. Jangan Berutang

Tips selanjutnya adalah jangan berutang pada siapapun. Pilihan opsi utang adalah jika kamu benar-benar penting dan pastikan kamu bisa mencicil utang tersebut.

14 Batasi Uang di Dompet Digital

Berikutnya adalah membatasi nominal uang yang tersimpan di dompet digital karena dengan kemudahan bertansaksi di dompet digital ini, berisiko membuat kamu lupa dan bikin kamu semakin boros.

15. Bawa Uang Tunai Secukupnya dan Hindari Kartu Kredit

Jika orang keterusan mengeluarkan uang lantaran melihat banyaknya uang tunai di dompet. Tidak hanya uang tunai saja, kartu debit ini juga membuat seseorang gampang tergiur akan membelanjakan dana yang ada.

Jika kartu kredit kerap menawarkan promo cicilan 0% sampai membuat orang pemilik kartu tidak akan ragu untuk menggeseknya. Sikap tersebut justru buat berisiko membuat kamu gigit jari karena uang habis dan tagihan kartu kredit banyak.

Hal ini biasakan untuk membawa uang yang secukupnya di dompet dan tinggalkan kartu debit dirumah. Langkah ini membuat kamu terhindar dari godaan untuk membeli barang yang tidak diperlukan. Jika pergi ketempat yang berisiko kamu bisa berisko gelap mata misalnya ke pusat perbelanjaan.

16. Ikut Arisan

Kamu bisa bergabung dalam arisan yang menjadi salah satu tips menabung yang sangat tepat. Dengan arisan kamu akan dipaksa untuk menyisahkan uang setiap bulannya seperti sedang menabung.

Sebagai sarana menabung, kamu juga bisa memanfaatkan arisan untuk belajar mengatur keuangan kamu. Jika ada teman arisan yang seorang pengusaham kamu juga bisa dapat belajar bisnis.

17. Beli Barang Aset

Sumpama uang tabungan kamu sudah lumayan banyak, kamu bisa pertimbangkan untuk membeli barang yang bernilai jual tinggi. Kamu juga bisa membeli rumah atau tanah di lokasi yang strategis, emas atau pehiasan lainnya.

Tidak cuman itu saja, kamu juga bisa membeli barang koleksi, semacam barang antik yang kondisinya masi sangat bagus, buku komik, di ecast, lego.

Kamu jangan sampai salah, nilai jual kembali barang-barang itu sangatlah tinggi. Ada yang harga jualnya sampai 3 kali lipat atau bahkan 20 kali lipat dalam 2 sampai 4 tahunan.

18. Bawa Bekal Makanan

Dengan mengurangi biaya pengeluaran, termasuk urusan perut. Bukan berarti kamu tidak bisa makan tetapi kamu mengurangi jajan di luar yang mengarah menguras biaya lebih tinggi.

Biaya yang memungkin kamu keluarkan untuk makan siang sekitar Rp. 30.000 sampai Rp. 35.000 untuk sekali makan. Terlebih jika ada lembur dari kerjaan kamu harus mengluarkan uang tambahan untuk membeli makanan di sore harinya.

19. Singkirkan Wish List Tidak Penting

Biasanya wish list atau daftar barang yang kamu ingin bisa meluluhkan kamu pada belanja yang boros. Mau ini mau itu, padahal kamu tidak butuh. Kamu hanya sekadar ingin ikut-ikutan saja, takut ketinggalan seperti yang lainnya.

Jadi seperti kamu harus mempunyai barang itu. Nah ini yang membuat keuangan kamu akan kocar-kacir. Bukannya untuk ditabung, uangnya malah dipakai untuk memenuhi gengsi kamu.

Sebab itu kamu bisa singkirkan wish list yang tidak penting. Belanja barang yang menurut kamu benar-benar sedang lagi dibutuhkan. Bijak dalam menggunakan uang dimasa muda kamu agar hidup tenang di masa tua kamu.

20. Hemat Paket Data Internet dan Memanfaatkan Wifi

Tips yang terakhir adalah kamu harus menghemat kouta internet kamu dengan membeli paket data lebih sedikit dari kebutuhan yang lainnya. Kamu bisa beli kouta selayaknya saja dan memanfaatkan Wifi yang ada.

Baca Juga:  Inilah Mobil Tempur Buatan Indonesia Berkelas Dunia

Contohnya saja untuk update atau download aplikasi sampai mengunggah foto di sosial media. Cara ini sangat mudah dan membuat kamu lebih hemat setiap bulannya.

Tanya Jawab Tips Menabung

Berikut ini merupakan pertanyaan mengenai tips menabung untuk pemula, yakni:

1. Kenapa Harus Menabung Sejak Dini?

Tujuan menabung sejak dini bisa mengajarkan anak – anak untuk belajar mengelola uang dengan baik, dan bisa menumbuhkan rasa sadar untuk memperoleh uang bisa jadi lebih mudah.

2. Apa Manfaat Menabung Bagi Anak Anak?

Berikut ini adalah beberapa manfaat menabung untuk anak

  1. Akan lebih menghargai uang yang diperoleh
  2. Lebih bisa mengatur keuangan sendiri
  3. Lebih hemat
  4. Jadi lebih mandiri
  5. Masa depan anak lebih cerah
  6. Mengajari kedisiplinan
  7. Menghindarkan sikap suka berhutang
  8. Untuk melatih kesabaran

3. Apa Manfaat Menabung di Bank Bagi Pelajar?

Ada beberapa banyak manfaat menabung untuk para siswa, diantaranya adalah untuk mengatur uang yang dimiliki, belajar disiplin, dan menghargai uang supaya bisa menimbulkan rasa ingin menyisihkan.

BACA JUGA:

Cara Menggunakan E Money Mandiri dengan Mudah
Begini Cara Pakai Voucher Gratis Ongkir Shopee Secara Mudah
Cara Cek Pajak Kendaraan Banten Online Dengan Mudah

Kesimpulan

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai tips menabung untuk pemula , semoga informasi diatas bermanfaat dan berguna ya sobat!

Kalian juga bisa membaca artikel lainnya di web kami, ada banyak kategori bacaan didalamnya seperti Daftar Harga, Review, Tips, Info Unik, Teknologi, dll. Yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan beragam informasi didalamnya.