Apa itu Mutasi Rekening? Cara dan Fungsinya

Infoyunik.com – Sebagian nasabah tidak mengerti apa itu mutasi rekening. Khususnya buat yang baru saja buat tabungan, padahal ini adalah istilah penting yang erat kaitannya dengan transaksi pajak dan keuangan secara menyeluruh.

Istilah ini merupakan informasi dasar tentang perbankan yang harus diketahui nasabah baik kreditur maupun debitur selain info dasar lainnya seperti cara menabung.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian mutasi, contoh dan fungsinya. Info ini akan sangat bermanfaat buat kamu baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai pengertian mutasi, contoh, dan fungsinya. Info ini akan sangat bermanfaat buat kamu baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

Apa Itu Mutasi Rekening

Mutasi rekening bank adalah catatan transaksi nasabah yang meliputi dana masuk dan keluar. Semua transaksi keuangan yang dilakukan sejak membuka rekening tabungan di bank akan dimasukkan dalam mutasi.

Karena dicetak, banyak orang mengenal mutasi rekening sebagai rekening koran tabungan. Namun, karena kemajuan teknologi, mutasi kini bisa dilakukan dengan menggunakan fasilitas seperti atm, mobile, internet, dan sms banking.

Meskipun mutasi rekening sudah berpindah ke versi digital yang lebih canggih, namun kegunaannya tidak berubah. kamu tidak perlu lagi ke bank untuk mencetak mutasi pada buku tabungan, apalagi jika melihatnya secara online.

Cara Cek Mutasi Rekening Bank

Cara Cek Mutasi Rekening Bank

Lalu bagaimana cara melakukan cek mutasi dan mengetahui alur keuangan kamu sendiri? Kamu bisa melakukannya melalui cara-cara berikut ini:

1. Teller Bank

Kamu dapat menemui teller di kantor bank yang terkait dengan rekening kamu. Saat bertemu dengan teller, kamu hanya perlu membawa buku tabungan dan kartu identitas seperti ktp, sim, kk, dan identitas lainnya.

Kemudian, tunggu hingga teller selesai mencetak mutasi rekening. kamu kemudian akan dapat melacak alur transaksi keuangan pribadi kamu.

2. Mesin ATM

Jika lokasi kamu cukup jauh dari kantor bank, kamu bisa pergi ke atm dan mencari laporan arus transaksi melalui mesin atm bank.

Caranya mudah, cukup bawa kartu atm pribadi kamu dan masukkan ke dalam mesin, lalu ikuti petunjuk yang ada di layar mesin atm.

Kemudian, tentu saja pilih menu mutasi pada layar dan tunggu prosesnya selesai hingga mesin mencetak struk dengan transaksi terbaru pada rekening. Namun, mutasi rekening koran melalui ATM cukup terbatas. Hanya 5 transaksi terakhir yang terlihat.

3. SMS Banking

Ini adalah metode yang nyaman jika kamu berada di rumah dan perlu memeriksa saldo rekening kamu segera. Hanya SMS Banking yang memungkinkan kamu untuk memeriksa mutasi rekening.

Caranya adalah dengan memiliki kode akses bank, yang bisa kamu hasilkan dengan cara menggabungkan kode bank dengan nomor rekening lalu mengirimkannya ke nomor tertentu.

Bank kemudian akan menghubungi kamu terkait mutasi rekening. Namun, sama seperti ATM, pengecekan perubahan rekening melalui SMS Banking terbatas. Kamu juga harus memiliki pulsa untuk mengetahuinya.

4. Aplikasi Mobile Banking

Banyak bank yang kini menyediakan aplikasi untuk mengakses semua kebutuhan, termasuk mutasi rekening koran. Aplikasi tersebut disebut mobile banking, dan dapat diakses melalui smartphone.

Hal ini hanya bisa dilakukan jika rekening kamu sudah diatur untuk mobile banking. Untuk mendaftarkan rekening kamu di mobile banking, pergilah ke kantor bank rekening tersebut dan beri tahu mereka bahwa kamu ingin mendaftarkan dan mengaktifkan rekening di mobile banking.

5. Internet Banking

Internet banking, seperti Mobile Banking, mengharuskan kamu untuk login terlebih dahulu dan kemudian memilih menu mutasi rekening.

Namun, kamu harus mengaktifkan koneksi internet yang stabil. Kemudian kamu bisa mengaksesnya menggunakan browser komputer atau ponsel kamu.

6. Aplikasi Cek Mutasi

Ternyata, selain metode yang dijelaskan di atas, ada cara yang lebih sederhana untuk memeriksa mutasi akun kamu. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi cek mutasi, yang tersedia di Google Play.

Baca Juga:  Cara Hitung Denda Bayar Pajak Motor Secara Mudah

Fungsi Mutasi Rekening Bank

Fungsi Mutasi Rekening Bank

Apa saja fungsi mutasi rekening bank. Berikut ini adalah beberapa fungsi yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. Laporan

Fungsi pertama adalah menyediakan ringkasan semua aktivitas transaksi. Khususnya, riwayat dana masuk dan keluar.

2. Memperlancar Bisnis Online

Jika kamu menjalankan bisnis online, memiliki riwayat transaksi sangat penting. Kamu bisa memverifikasi transfer dana pembeli. Ini juga dapat digunakan sebagai bukti transfer saat mengirimkannya ke pemasok.

3. Controlling

Perdagangan online menjadi semakin canggih. Pembelian online tidak dapat dihindari. Semuanya harus cepat dan tepat.

Jika kamu sering berbelanja di marketplace, misalnya, melihat mutasi secara berkala sangat penting untuk mengontrol penggunaan dana dan menghindari penyalahgunaan dana pihak lain di buku tabungan kamu.

4. Persyaratan Pengajuan Visa

Visa diperlukan untuk perjalanan internasional. Salah satu persyaratan untuk mengajukan permohonan visa adalah menyerahkan rekening koran untuk periode waktu tertentu.

Riwayat transaksi ini biasanya digunakan untuk menentukan keadaan sirkulasi keuangan kamu dan sangat berpengaruh dalam pemberian visa.

5. Syarat Pengajuan Pinjaman

Jika kamu membutuhkan uang dalam jumlah besar dan ingin mengajukan pinjaman, salah satu persyaratan mutlak adalah cetakan mutasi dari 3 sampai 6 bulan terakhir. Setiap bank memiliki persyaratannya sendiri-sendiri.

Hal ini dikarenakan mutasi rekening dapat digunakan untuk mencerminkan sirkulasi keuangan, yang berkisar pada pemasukan dan pengeluaran.

Dari sini, kamu dapat melihat informasi tentang persyaratan minimum bulanan kamu. Penghasilan kamu juga akan tercatat dengan jelas mulai saat ini.

Melalui riwayat transaksi perbankan, bank bahkan akan menilai kekuatan pembayaran calon debitur. Mereka akan mulai menghitung nominal cicilan bulanan yang tidak akan memberatkan agar terhindar dari kredit macet di kemudian hari. Selanjutnya, jumlah plafon pinjaman yang diajukan akan disetujui atau dikurangi berdasarkan catatan ini.

6. Membantu Menyusun SPT

Mencetak mutasi secara rutin sangat penting bagi para pebisnis. Karena semua arus keuangan tercatat di sini. Hal ini akan sangat berguna di kemudian hari saat pelaporan SPT. Bukti mutasi ini memungkinkan kamu untuk menghitung pendapatan tahunan kamu.

Tentu saja, untuk mendapatkannya, kamu harus rutin mengunduh dan menyimpan rekening koran. Karena setiap bank memiliki batas maksimal untuk mencetak rekening koran dengan mutasi dalam rentang waktu tertentu.

7. Membantu Mengatur Keuangan

Catatan pembukuan singkat di bank ini bisa digunakan untuk mengelola keuangan bulan berikutnya. Caranya adalah dengan melihat riwayat secara teratur selama periode waktu tertentu.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab adalah apa itu mutasi rekening, yakni:

Mutasi Rekening Seperti Apa?

Mutasi rekening bank adalah semua catatan atau riwayat transaksi yang terjadi dalam suatu rekening, seperti dana masuk dan keluar.

Mutasi Rekening Bisa Dilihat Dimana?

Cara mengecek saldo rekening bank kamu dengan menggunakan ATM sangatlah mudah. Kamu cukup pergi ke ATM terdekat dan masukkan kartu ATM kamu seperti biasa.

Kemudian pilih menu mutasi rekening dan tunggu prosesnya hingga menghasilkan struk dengan transaksi terbaru kamu.

Apa itu Mutasi Rekening Di ATM?

Mutasi rekening bank merupakan catatan, riwayat, dan sejarah transaksi yang terjadi pada suatu rekening, yang dapat berupa dana yang mengalir masuk atau keluar dari rekening tersebut.

BACA JUGA:

Buka Rekening Mandiri Online Lewat Hp Tanpa ke Bank
Begini Cara Mengambil Uang di Atm Dengan Cara Aman
Cara Menghitung Bunga di Bank Simpanan Secara Lengkap

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa apa itu mutasi rekening yakni supaya kamu memantau pengeluaran kamu selama ini.

Secara tidak langsung kamu bisa mengontrol pengelolaan keuangan supaya tidak boros dan memastikan bahwa kamu memakainya sesuai kebutuhan kamu saja.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.