Cara Membaca Rekening Koran dan Kegunaanya

Infoyunik.com – Untuk cara membaca rekening koran itu menjadi salah satu hal yang mungkin sulit bagi sebagian orang. Namun meski sudah sering mendengar istilahnya, kebanyakan orang tidak membaca dengan seksama isi dari rekening tersebut.

Jika keperluan administrasi yang membutuhkan rekening koran, maka orang itu akan memintanya ke pihak perbankan. Namun jika tidak, jarang sekali orang meminta rekening koran.

Padahal di dalamnya terdapat banyak informasi mengenai riwayat transaksi rekening yang selama ini kamu gunakan. Nah untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Pengertian Rekening Koran

Pengertian Rekening Koran

Rekening koran ini merupakan sebuah istilah bahasa Belanda yakni courant. Pengertian rekening koran adalah ringkasan transaksi keuangan secara menyeluruh dari suatu rekening dapat berupa rekening milik individu ataupun rekening milik badan usaha.

Data yang terlampir pada sebuah rekening koran yang tercetak adalah rincian mengenai alur debit dan kredit termasuk dari dana hasil transfer masuk ataupun keluar

Sebelum perkembangan teknologi seperti ini, nasabah dulunya hanya dapat mengecek seluruh rincian data transaksi rekeningnya dari rekening koran.

Adapun ketentuan atau sistem tentang percetakan atau pemberitahuan mengenai rekening koran di setiap bank bisa berbeda-beda.

Ada yang rutin secara teratur memberi atau mengirimkannya kepada nasabah meski tidak diminta, tapi ada juga nasabah sendiri yang harus melakukan proses pengajuan dulu sebelum mendapatkannya.

Terkadang untuk proses pengajuannya harus menunggu beberapa waktu. Karena customer service bank biasanya meminta persetujuan terlebih dahulu dari pejabat bank senior atau atasannya.

Untuk sekarang ini nasabah sudah dapat mengakses transaksinya keuangan dengan sistem online. Kamu bisa melihat keseluruhan daftar transaksi hingga mutasi rekening melalui mobile application, website bank atau melalui mesin ATM.

Meskipun permintaan cetak rekning koran sudah mulai jarang tapi masi ada saja yang membutuhkannya. Karena rekening koran memiliki banyak kegunaan bagi nasabah.

Cara Membaca Rekening Koran

Cara Membaca Rekening Koran

Untuk kamu yang ingin membaca rekening koran, kamu harus mengetahui terlebih dahulu bagian-bagian apa saja yang ada pada lembar mutasi rekening. Berikut ini adalah bagian-bagian cara membaca rekening koran, antara lain yakni:

1. Informasi Umum Bank

Pada bagian pertama untuk cara membaca rekening koran di paling atas, kamu akan menemukan informasi umum mengenai bank yang mengeluarkan dokumen tersebut.

Contohnya, kamu membuat dari bank Mandiri, maka bagian atas adalah informasi bank Mandiri, berbeda jika kamu meminta dokumen tersebut dari bank BNI, maka informasi yang tertera adalah BNI. Informasi ini menyesuaikan dengan pihal bank yang mengeluarkannya.

Informasi umum ini berisi nama bank yang membuat, alamat lengkap cabang-cabang terdekat dan nomor telepon pihak bank yang bisa dihubungi.

Adanya informasi ini memudahkan nasabah ketika terjadi kesalahan atau ketidaksesuaian isi rekening koran sehingga segala masalah dapat segera teratasi.

2. Informasi Akun atau Bisnis

Untuk cara membaca rekening koran selanjutnya adalah informasi mengenai diri kamu atau bisnis usaha yang kamu miliki. Informasi ini bertujuan apabila pihak bank hendak memberitahu adanya perubahan mutasi rekening kamu atau perusahaan.

Informasi ini meliputi identitas pemilik usaha atau bisnis, alamat dimana bisnis didirikan serta nomor telepon aktif yang bisa dihubungi. Informasi dasar mengenai identitas memang harus dicantumkan dalam rekening koran sebagai bukti.

3. Tanggal Periode Rekening Koran

Untuk bagian cara membaca rekening koran selanjutnya adalah tanggal periode dimana dokumen diterbitkan. Setiap rekening koran diterbitkan

Maka harus ada tanggal yang tercantum supaya dijadikan sebagai bukti perusahaan dalam melakukan audit keuangannya atau untuk pribadi, bisa menjadi bukti kejahatan atau bukti memiliki rekening koran terbaru.

Biasanya periode tanggal dikeluarkannya adalah perbulan. Contohnya saja ketika tertera tanggal 3 Februari 2022 maka artinya isi rekening koran adalah transaksi keseluruhan pada bulan Januari 2022 secara lengkap dan detail.

4. Ringkasan Akun

Ringkasan akun pada cara membaca rekening koran adalah ringkasan yang berisi saldo awal akun pada periode tertentu dibandingkan dengan saldo akhir akun pada batas waktu yang telah ditentukan. Ringkasan ini juga menyatakan total penarikan dan total deposit.

Deposit adalah sejumlah uang yang disetorkan ke dalam rekening untuk jangka waktu tertentu, selama waktu itu, tidak ada penarikan yang diizinkan dari bank.

Kemudian pengembaliannya adalah seseorang akan mendapatkan berapa persen bunga dari bank, tergantung kesepakatan kedua belah pihak dan ketentuan bank.

Ringkasan rekening biasanya berada di bagian atas halaman pada rekening koran bank, sehingga memudahkan jika seseorang ingin mengecek jumlah saldo secara singkat dan cepat tanpa harus mencari jumlahnya dalam penjelasan yang lebih detail.

5. Ringkasan Transaksi

Bagian terakhir cara membaca rekening koran adalah ringkasan transaksi. Ringkasan transaksi adalah bagian penting dan akan menonjol dalam laporan bank.

Baca Juga:  Cara Daftar Shopee Food Driver dari Hp Secara Mudah

Ringkasan transaksi adalah tabel yang mencantumkan semua transaksi keluar dan masuk kamu untuk periode tertentu.

Setiap transaksi akan menunjukkan tanggal saat transaksi dilakukan, keterangan bank tujuan atau bank asal, jumlah yang keluar dan masuk.

Untuk membacanya, bagian debit atau biasanya adalah uang yang masuk ke rekening kamu sedangkan bagian kredit atau K adalah uang yang keluar dari rekening kamu.

Di bagian akhir, akan terlihat saldo rekening setelah transaksi, serta total transaksi di akhir. Dengan informasi ini kamu akan lebih mudah untuk mengecek setiap transaksi yang keluar dan masuk secara detail, mulai dari tanggal, jumlah uang, hingga keterangan yang disertakan.

Sehingga lebih mudah untuk mendeteksi jika akun kamu terjadi penipuan, atau uang hilang secara tiba-tiba dan juga memudahkan perusahaan jika ingin melakukan audit keuangan. Sesuaikan dengan catatan dari bank dan catatan dari perusahaan.

Biasanya perusahaan akan meminta untuk dikirimkan ke email perusahaan mereka minimal 3 bulan sekali. Penyesuaian catatan perusahaan dengan bukti bank menjadi catatan yang kuat dalam sistem akuntansi perusahaan.

Cara Mengajukan Rekening Koran

Cara Mengajukan Rekening Koran

Pencetakan rekening mungkin memerlukan waktu yang sangat singkat, bahkan beberapa menit. Untuk mengajukan permohonan rekening koran, kamu dapat mengunjungi cabang bank terdekat.

Jika kamu beruntung dan ada pejabat bank senior yang hadir, layanan pelanggan dapat menerbitkan rekening koran dalam waktu singkat.

Umumnya, penerbitannya memerlukan tanda tangan pejabat bank senior. Biasanya rekening koran memerlukan cap atau stempel atau legalisasi dari bank yang bersangkutan.

Syarat Memperoleh Rekening Koran

Berikut ini adalah syarat agar memperoleh rekening koran yang perlu kamu ketahui, antara lain yaitu:

1. Buku Tabungan Asli

Untuk mencetak rekening koran, kamu harus datang sendiri dengan membawa buku tabungan asli. Beritahukan kepada petugas customer service bahwa kamu ingin mencetak rekening koran dan tujuannya dengan menyerahkan buku tabungan asli.

Kartu Tanda Penduduk (KTP). Petugas bank kemudian akan meminta kartu identitas kamu untuk mencocokkan identitas kamu dengan buku tabungan.

Jadi, bawalah kartu identitas kamu atau dokumen identitas lainnya, seperti paspor atau Surat Izin Mengemudi (SIM) jika kamu tidak bisa menunjukkan kartu identitas kamu.

2. Kartu Debit

Persyaratan lainnya adalah kartu debit. Customer service akan meminta nasabah untuk menunjukkan kartu debit sebagai bukti kepemilikan rekening dan nasabah bank.

Jangan lupa untuk membawa kartu debit kamu saat ingin mencetak rekening koran, karena jika kamu tidak membawanya, petugas tidak akan bisa memproses permintaan kamu untuk mencetak rekening koran.

3. Biaya Cetak

Biaya pencetakan rekening koran bervariasi, tergantung pada kebijakan masing-masing bank. Misalnya saja:

  • Bank BCA: Rp2.500 per lembar.
  • Bank Permata: Rp10.000 per lembar.
  • Bank Mandiri: Rp2.500 per lembar (Transaksi 3 bulan terakhir) Rp5.000 per lembar (Transaksi lebih 3 – 6 bulan) hingga Rp20.000 (Transaksi lebih dari 12 bulan).
  • Bank BNI: Rp3.000 hingga Rp10.000 per lembar.
  • Bank BRI: mulai dari Rp5.000 per lembar.

Kegunaan dari Rekening Koran

Kegunaan dari Rekening Koran

Berikut ini adalah kegunaan dari rekening koran yang perlu kamu ketahui:

1. Mengajukan Visa

Jika kamu ingin berlibur atau berbisnis di luar negeri, ada negara yang mengharuskan kamu memiliki visa. Di sinilah laporan bank berperan.

Ketika kamu ingin mengajukan visa, kamu harus bisa membuktikan bahwa kamu memiliki dana yang cukup agar kamu tidak terdampar di negara tujuan.

Biasanya, persyaratannya meliputi berbagai dokumen yang dianggap dapat memberikan informasi dan menggambarkan kondisi keuangan.

Misalnya, Surat Pemberitahuan Pajak Penghasilan (SPT) 21, slip gaji, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), dan daftar riwayat transaksi selama 3 atau 6 bulan terakhir yang bisa kamu dapatkan dari pencetakan rekening koran bank.

2. Menjadi Bukti Hukum

Rekening koran bisa menjadi bukti hukum yang sah jika kamu pernah terlibat perselisihan dengan pihak lain atas transfer rekening kamu.

Misalnya, jika kamu yakin telah mengirim uang untuk membayar pesanan di toko online, tetapi penjual belum mengirim uang ke rekening kamu, sehingga pesanan kamu tidak dapat diproses. Maka rekening koran dapat membuktikannya.

3. Mengajukan Pinjaman

Jika kamu sedang membutuhkan dana dan ingin mengajukan kredit atau pinjaman melalui bank, seperti kredit pemilikan rumah (KPR), kredit tanpa agunan (KTA) atau Kredit Kendaraan Bermotor (KKB).

Pasti pihak bank akan meminta catatan riwayat transaksi keuangan. Misalnya, fotokopi rekening koran yang dikeluarkan oleh bank.

Rekening koran juga dapat dijadikan salah satu dokumen yang dapat mendukung ketika kamu mengajukan atau membuat aplikasi tertentu.

(Umumnya hal-hal yang berkaitan dengan keuangan) untuk memberikan bukti bahwa ada aliran keuangan yang sehat di rekening kamu. Hal ini wajib dilakukan jika kamu bukan karyawan perusahaan.

4. Ikut Lelang

Bagi kamu yang berminat mengikuti lelang, kamu juga akan dimintai rekening koran. Terutama lelang proyek swasta atau pemerintah.

Baca Juga:  Cara Cek Tagihan Listrik Pasca Bayar Secara Mudah

Peserta lelang diwajibkan memberikan bukti kepemilikan dana dengan menunjukkan jumlah saldo di rekeningnya. Jangan lupa untuk melampirkan rekening koran tersebut dalam dokumen persyaratan lelang.

5. Audit Keuangan Perusahaan

Sebagai sebuah perusahaan, rekening koran sangat penting. Fungsi dari rekening koran perusahaan ini adalah untuk merekap daftar keuangan, baik transaksi masuk maupun keluar. Sehingga jika ada sesuatu yang tidak biasa dalam transaksi rekening perusahaan, hal ini bisa segera diproses.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara membaca rekening koran, yakni:

Apakah sama rekening koran dan mutasi rekening?

Rekening koran berisi informasi umum tentang setiap transaksi, sedangkan rekening mutasi hanya menampilkan beberapa informasi singkat tentang setiap transaksi.

Berapa Bulan Rekening Koran Bisa Dicetak?

Rekening koran adalah catatan proses transaksi keuangan dalam suatu rekening. Periode pencetakan berbeda antara laporan ini,

Dan laporan mutasi; laporan mutasi dapat dibuat setiap hari, namun rekening koran hanya dapat dicetak satu kali dalam sebulan, umumnya menjelang akhir bulan.

Apakah Penyidik Berhak Meminta Rekening Koran?

Pada dasarnya, penyidik, penuntut umum, atau hakim berhak memperoleh informasi dari bank mengenai posisi keuangan tersangka atau terdakwa dalam perkara korupsi untuk kepentingan penyidikan, penuntutan, atau pemeriksaan di pengadilan.

BACA JUGA:

Cara Tarik Shopeepay ke Rekening Bank Secara Mudah
Apa itu Mutasi Rekening? Cara dan Fungsinya
Apa itu Nomor Rekening? Fungsi dan Manfaatnya

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara membaca rekening koran ini kamu bisa ikuti yang ada diatas.

Dan pengertian rekening koran ini yakni ringkasan transaksi keuangan secara menyeluruh dari sebuah rekening, bisa berupa rekening sendiri atau rekening milik perusahaan.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.