Syarat dan Cara Buka Rekening BTN Online

Infoyunik.com – Sekarang ini adalah jaman yang serba canggih, kamu bisa membuka tabungan BTN secara online. Nah apakah kamu sudah tau cara buka rekening BTN online? BTN ini menawarkan fitur pembukaan tabungan melalui BTN digital solution.

Lewat aplikasi tersebut tidak harus ke cabang BTN untuk membuka rekening baru. Kamu bisa melakukan pembukaan rekening baru kapan dan dimana saja.

Yang paling penting HP kamu selalu terhubung dengan jaringan internet. Dan sebaiknya kamu juga harus menyiapkan beberapa dokumen, untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

 

Syarat Buka Buku Rekening Baru

Sebelum membuka rekening baru, tentunya calon nasabah BTN tentu harus mempersiapkan berbagai syarat yang akan diperlukan nantinya. Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus kamu siapkan antara lain:

1. KTP

KTP adalah salah satu kartu identitas yang wajib dibawa atau ditempelkan oleh calon kalien. Memang, karena diakui keasliannya.

Dan tentu saja, tercatat dalam statistik kependudukan, kartu ini sering digunakan sebagai prasyarat. Selain itu, KTP sering dipegang oleh orang yang berusia 17 tahun dan sudah menikah.

2. NPWP

NPWP sering dikaitkan dengan klien yang ingin mendaftarkan akun baru pada suatu perusahaan. Hal ini disebabkan karena NPWP adalah surat yang membawa nomor yang akan dikirimkan kepada wajib pajak. Dengan tujuan sebagai alat pengenal dalam administrasi perpajakan.

3. SIM

Surat Izin Mengemudi (SIM) juga diperlukan sebagai tanda pengenal saat membuat rekening baru bank BTN. Kartu SIM diperlukan untuk mencocokkan data yang diperlukan.

Alhasil, kartu SIM ini sudah pasti diperlukan sebelum memulai rekening baru. Karena aturan ini berlaku untuk semua bank, tidak hanya bank BTN.

Cara Membuka Rekening Baru Bank BTN

 

Cara Membuka Rekening Baru Bank BTN

Jika kamu sudah tahu persyaratan yang diperlukan maka selanjutnya ada beberapa cara yang harus kamu lakukan jika ingin membuka rekening.

Namun ada beberapa informasi sedikit bahwa bank BTN ini adalah termasuk bank yang mempunyai titik fokus dalam hal kredit perumahan. Adapun cara buka rekening bank BTN online dengan menggunakan aplikasi:

1. Download Aplikasi BTN Digital Solution

Calon konsumen dapat memulai dengan mengunduh aplikasi bank dari PlayStore. Tunggu hingga prosedur instalasi aplikasi selesai sebelum membukanya.

Setelah itu, pilih tab “Register Now”, dan akan muncul berbagai kolom yang harus diisi. Jika kolom tersebut sudah diisi, pengguna menekan “Register.”

2. Verifikasi Email

Jika menu tersebut diklik, maka akan mendapatkan konfirmasi melalui email. Pengguna kemudian menekan “Pembukaan Rekening” pada tampilan aplikasi.

Pengguna selanjutnya diarahkan ke aplikasi Buka Rekening BTN untuk diunduh. Jika program sudah terinstal, pengguna akan menjalankannya.

3. Mengisi Identitas

Langkah berikutnya adalah masuk ke halaman Daftar Akun. Pengguna kemudian diinstruksikan untuk memasukkan informasi mereka.

Setelah mengisi identitas, pengguna harus mengklik tombol kamera. Dengan maksud untuk mengambil potret, pilih opsi “Finish”. Setelah itu, pengguna mendapat SMS dengan nomor registrasi.

4. Mendatangi Bank Terdekat

Tujuan nasabah mendatangi bank terdekat ini untuk melakukan aktivasi terhadap rekening baru yang dimiliki. Untuk melakukan aktivasi ini nantinya pengguna baru akan diarahkan ke meja cs untuk melakukan validasi. Jika semua tahap ini sudah dilakukan, maka nanti secara otomatis cs akan memberikan buku tabungan.

Cara Membuka Rekening Tabungan Atm BTN

Cara Membuka Rekening Tabungan Atm BTN

Nah BTN ini ada cara membuka rekening dari berbagai jenis rekening BTN lainnya. Dibawah ini juga akan dijelaskan seputar syarat hingga cara buka rekening, antara lain yakni:

1. Juara

BTN Juara ini bisa menjadi solusi tepat bagi kamu para remaja yang ingin sekali belajar menabung. Dengan memiliki rekening tersebut kamu juga bisa melatih kemandirian dan pengelolaan uang demi kebaikan di masa depan. Berikut beberapa Syarat dan cara buka rekening BTN antara lain:

Syarat Buka Rekening

  1. Warga negara indonesia berusia 12 hingga 23 tahun.
  2. Paspor, kartu pelajar atau akta kelahiran.
  3. Biaya dan setoran pertama.
Baca Juga:  Daftar Kode Bank Syariah Indonesia dan Cara Transfernya

Bagi yang ingin membuat rekening BTN Juara harus melakukan setoran awal sebesar Rp 50.000,-. Selain itu, pemegang rekening BTN Juara akan dikenakan biaya administrasi bulanan sebesar Rp 2.000.

Cara Buka Rekening

  1. Siapkan semua dokumentasi yang diperlukan.
  2. Datangi cabang Bank BTN terdekat.
  3. Kemudian ambil nomor antrian customer service.
  4. Tunggu sampai nomor kamu dipanggil.
  5. Kemudian, temui petugas dan informasikan bahwa kamu ingin membuat rekening BTN Juara.
  6. Sampaikan informasi yang dibutuhkan.
  7. Selanjutnya petugas akan memandu kamu dalam proses pembukaan rekening.
  8. Berikan biaya setoran pertama kepada petugas setelah semuanya selesai.
  9. Terakhir, petugas akan memberikan buku tabungan dan kartu ATM.

2. Junior

Sesuai dengan namanya rekening BTN Junior ini memang ditujukan untuk anak kecil supaya sadar menabung sejak dini. Nah beberapa syarat dan cara buka yang perlu kamu ketahui antara lain:

Syarat Buka Rekening

  1. Diperlukan setoran minimum Rp 20.000.
  2. Setoran berikutnya minimal Rp 10.000 diperlukan.
  3. Kamu akan diberikan buku tabungan tetapi bukan kartu ATM.
  4. Fotocopy Akta Kelahiran atau KK.
  5. Bawa kartu pelajar kamu.
  6. Mengisi formulir izin pembukaan rekening, orang tua.
  7. Orang tua akan menandatangani kesepakatan.
  8. Lampirkan FC KTP orang tua.

Cara Buka Rekening

  1. Bawa anak kamu ke bank BTN terdekat.
  2. Lihatlah nomor antrian Customer Service.
  3. Kemudian datangi petugas dan jelaskan bahwa kamu ingin mendaftarkan rekening BTN Junior untuk anak kamu.
  4. Serahkan data-data yang diperlukan sesuai dengan aturan yang berlaku.
  5. Ikuti semua arahan petugas.
  6. Jika sudah demikian, petugas akan menerbitkan buku tabungan BTN Junior untuk anak kamu.
  7. Rekening BTN Junior tidak termasuk kartu atm. Hal ini dilakukan agar anak kamu dapat berkonsentrasi menabung daripada menarik uang tunai dari mesin atm.

3. Simpanan Pelajar

Sebagai anak pelajar, menabung rasanya sangat diperlu dilakukan sejak dini. Mengenai hal tersebut BTN menawarkan jenis rekening bernama simpanan pelajar.

Dengan adanya rekening ini pelajara bisa menumbuhkan budaya menabung demi kebaikannya di masa depan. Berikut ini adalah beberapa syarat dan cara buka rekening BTN Simpanan Pelajar yang perlu kamu ketahui:

Syarat Buka Rekening

  • Warga negara indonesia.
  • Surat keterangan kelahiran.
  • Kartu keluarga.
  • NISN, NIS atau Kartu pelajar.
  • Surat pernyataan pembukaan rekening.
  • Biaya dan setoran pertama.

Untuk biaya setoran awal saat buka rekening tersebut hanya 5.000. Namun disamping itu BTN memasang tarif Rp. 15.000 untuk biaya ganti buku tabungan Simpanan Pelajar.

Cara Buka Rekening

  1. Siapkan dokumentasi yang diperlukan serta biaya setoran pertama.
  2. Datangi lokasi Bank BTN terdekat.
  3. Temui petugas Customer Service Bank BTN.
  4. Informasikan bahwa kamu ingin membuat rekening Simpanan Pelajar.
  5. Petugas selanjutnya akan meminta kamu untuk mengisi formulir pendaftaran.
  6. Serahkan formulir, data-data yang diperlukan, dan biaya setoran pertama.
  7. Petugas kemudian akan memproses data tersebut.
  8. Terakhir, buku tabungan Simpanan Pelajar kamu akan dikirimkan kepada kamu.
  9. Penarikan dan penyetoran dapat dilakukan di Bank BTN manapun di Indonesia.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara buka rekening BTN online, yakni:

Apakah Bisa Buka Rekening BTN Online?

PT. Bank Tabungan Negara (BTN) memberikan kemudahan bagi nasabah yang ingin membuka rekening bank melalui online.

Cara itu sangat memudahkan calon nasabah karena tidak perlu antre ke bank. Cukup dengan smartphone, kamu sudah bisa memiliki rekening bank BTN.

Berapa Biaya Buka Rekening Bank BTN?

Buatlah identifikasi seperti KTP, SIM atau Paspor. Uang muka Rp200.000 sebagai uang muka. Setiap bulannya, dikenakan biaya administrasi sebesar Rp12 ribu. Suku bunga tahunan sebesar 2,75 persen

Berapa Saldo Minimal Bank BTN?

Saldo minimum BTN Batara adalah Rp50 ribu. Jadi, jika saldo di ATM kamu masih Rp100 ribu, kamu masih boleh tarik tunai atau transfer Rp50 ribu. Namun, jika transaksi dilakukan di ATM bank lain, akan dikenakan biaya.

BACA JUGA:

Cara Menghitung Bunga di Bank Simpanan Secara Lengkap
Buka Rekening Mandiri Online Lewat Hp Tanpa ke Bank
Cara Daftar Internet Banking Bri di Https Ib Bri Co ID

Baca Juga:  Cara Daftar Gratis Ongkir Shopee Seller Paling Mudah

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara buka rekening BTN online ini memerlukan syarat dan syarat ada diatas juga dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan bank BTN.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.