Cara Investasi Emas Di Pegadaian

InfoYunik.com – Kami akan membahas mengenai Cara Investasi Emas Di Pegadaian. Yuk simak penjelasan detailnya yang sudah kami rangkum untuk sobat unik pada artikel dibawah ini ya!

Emas adalah aset nyata atau aset investasi dalam bentuk yang digunakan sebagai media investasi. Emas setara dengan real estat.

Mengenai bahayanya, emas dapat dianggap sebagai investasi berisiko rendah dengan pengembalian jangka panjang yang sebagian besar konsisten.

Meskipun harga komoditas berfluktuasi setiap hari, orang yang berinvestasi emas masih dapat memperoleh keuntungan dari keuntungan yang terkait dengan investasi logam mulia.

Tertarik berinvestasi di Pegadaian atau Antam menggunakan logam mulia ini? Yuk, simak pengeluaran dan perhitungan investasi emas dan rewardnya!

Cara Investasi Emas Di Pegadaian Lewat Tabungan Emas

Tabungan Emas Pegadaian adalah nama layanan investasi logam mulia yang ditawarkan oleh Pegadaian. Tabungan ini merupakan alat untuk menyimpan dan membeli emas.

Berikut cara berinvestasi emas melalui Tabungan Emas Pegadaian.

  1. Sebagai dokumen prasyarat pendaftaran, siapkan KTP atau paspor kamu.
  2. Kunjungi toko Pegadaian, agen, atau aplikasi digital Pegadaian, yang dapat diunduh dari Play Store atau App Store untuk diakses secara online.
  3. Isi formulir untuk memulai Rekening Tabungan Emas.
  4. Kamu harus datang ke toko Pegadaian untuk mengambil buku Tabungan Emas, khususnya untuk pendaftaran di Aplikasi Pegadaian Digital (maksimal waktu pengambilan 6 bulan sejak pendaftaran).
  5. Membayar biaya awal untuk rekening Tabungan Emas serta biaya administrasi atau deposit emas.

Cara Berinvestasi Emas Antam

Melalui Unit Usaha Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia atau Logam Mulia UBPP, PT Aneka Tambang, Tbk. menyediakan layanan investasi logam mulia selain menjual emas.

Layanan Brankas Logam Mulia atau Antam Safe menawarkan layanan pembelian dan penyimpanan emas.

Berikut cara menggunakan Brankas Logam Mulia untuk berinvestasi emas Antam.

  1. Persiapkan dokumen yang diperlukan untuk membuat akun, antara lain fotokopi KTP, NPWP, dan kartu keluarga.
  2. Jika kamu memenuhi kualifikasi, kamu dapat mengunjungi Butik Emas yang tersebar di beberapa kota atau Kantor Logam Mulia (LM) di Pulogadung, Jakarta.
  3. Isi dan tanda tangani formulir Syarat dan Ketentuan LM Safe saat kamu tiba di Kantor LM atau Butik Emas. Proses pendaftaran tidak dapat digambarkan, mohon diperhatikan.
  4. Setelah mendaftar, berikan saldo minimum akun.
  5. Untuk aktivasi akun di www.brankaslm.com, petugas akan memberikan LM Safe login dan Activation Code.
  6. Untuk memeriksa saldo akun kamu, melakukan pembelian, penjualan, penarikan fisik, atau membayar zakat emas online, masuk ke akun kamu.

Keuntungan dari Investasi Emas

Ada banyak metode yang berbeda untuk berinvestasi dalam emas. Namun, seperti yang telah dikatakan sebelumnya, berinvestasi emas mungkin cukup menguntungkan jika kamu menunggu dengan sabar.

Manfaat berinvestasi logam mulia adalah sebagai berikut.

1. Investasi Yang Likuid Adalah Emas.

Emas mudah dijual karena berbentuk cair. Oleh karena itu, kamu dapat menggadaikan atau menjual emas batangan saat kamu membutuhkan uang segera atau dalam keadaan darurat.

2. Investasi Dalam Jumlah Kecil Dapat Digunakan Untuk Investasi Emas.

Selain itu, jumlah uang yang dibutuhkan untuk investasi dalam logam mulia sederhana. Bagaimana kamu berinvestasi dalam emas akan menentukan ini.

Jika kamu benar-benar ingin membeli per gram, maka minimal investasi otomatis akan sesuai dengan harga emas per gram. Kamu dapat, tentu saja, membayar dengan mencicil jika kamu mau.

3. Kenaikan Harga Emas Mengungguli Inflasi

Meskipun keuntungan sederhana, inflasi dapat dikalahkan oleh kenaikan harga emas. Itulah salah satu faktor yang berkontribusi terhadap popularitas emas sebagai salah satu bentuk investasi.

Baca Juga:  Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

Investasi emas mungkin bermanfaat, tetapi tidak selalu berhasil. Ada beberapa kekurangan yang harus diperhatikan saat berinvestasi emas, seperti yang dijelaskan dalam artikel Untung dan Rugi Investasi Emas.

Keuntungan dari Investasi Emas

Tips Cara Investasi Emas yang Aman Buat Pemula

Sangat mudah bagi pemula untuk berinvestasi dengan aman dalam emas. Dua bisnis yang disebutkan sebelumnya, Pegadaian dan Antam, adalah opsi yang paling aman.

Yuk simak tips berikut ini agar investasi kamu lebih aman:

  1. Miliki tujuan keuangan yang akan memandu dan memengaruhi nilai investasi kamu. Membeli rumah atau berinvestasi emas, misalnya, adalah dua contoh.
  2. Mengawasi evolusi harga emas sering. Hal ini dilakukan agar kamu dapat membeli emas pada saat yang tepat. Tentunya saat harga turun.
  3. Beli dari sumber terpercaya. kamu dapat pergi ke toko langganan selain Pegadaian dan Antam jika ingin berinvestasi logam mulia berupa perhiasan. Misalnya, Cikini Gold Center yang berlokasi di Jakarta.
  4. Simpan emas di lokasi yang aman, seperti brankas atau Safe Deposit Box yang ditawarkan oleh banyak institusi.

FAQ

Berikut pertanyaan yang banyak ditanyakan mengenai Investasi Emas:

Apa Kerugian Menabung Emas di Pegadaian?

Kekurangan lainnya, saldo emas Pegadaian tabungan emas tak bisa langsung dikonversi menjadi emas batangan fisik karena harus menunggu beberapa hari di kantor cabang pembukaan. Permohonan pencetakan emas juga akan dikenakan biaya, baik untuk pencetakan emas Antam, UBS, maupun emas batangan Galeri 24.

Apakah Emas Investasi Jangka Panjang?

Investasi emas tergolong sangat aman untuk jangka panjang, karena emas termasuk ke dalam jenis investasi yang rendah risiko (low risk).

Hal itu dikarenakan pergerakan harga emas yang cenderung mengikuti laju inflasi. Ketika inflasi meningkat, maka harga emas pun akan ikut naik.

Apakah Boleh Investasi Emas dalam Islam?

MUI memutuskan hukum menabung emas masuk kategori mubah. Mubah berarti boleh untuk dilakukan, bahkan lebih condong kepada dianjurkan.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa soal jual-beli emas secara tidak tunai. Pihak MUI memutuskan hukum menabung emas secara kredit dalam kategori mubah, alias diperbolehkan.

Apa yang Menyebabkan Harga Emas Naik dan Turun?

Berbagai situasi yang terjadi seperti politik, ekonomi, krisis, resesi, atau perang adalah salah satu pemicu naik dan turunnya harga emas.

Harga Emas Bergantung Kepada Apa?

Harga emas sangat tergantung pada kebijakan moneter yang diambil bank sentral Amerika Serikat, The Fed. Kebijakan moneter yang dimaksud adalah kebijakan menaikkan atau menurunkan suku bunga. Jika The Fed menurunkan suku bunga, emas berpotensi naik harganya.

Kesimpulan

Itu adalah beberapa informasi dan penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai Cara InvestasiĀ  Emas Di Pegadaian, dan jika ada salah kata dalam penulisan diatas mohon dimaafkan, dan semoga informasi diatas bermanfaat ya sobat!

Kalian juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kami, dan ada banyak kategori bacaan yang tersedia seperti Info Unik, Review, Tips, dan Daftar Harga, yuk kunjungi website kami dan temukan informasi yang kamu cari!