Cara Mendapatkan Mtoken BTN dengan Mudah

Infoyunik.com – Setiap nasabah bank BTN tentu sudah banyak yang memiliki aplikasi digital perbankan yang memang dikenal sangat memudahkan nasabahnya. Tapi bagaimana cara mendapatkan mtoken BTN? BTN ini juga bisa untuk transfer, pembayaran, pembelian, tarik tunai dan masih banyak lagi.

Dan khususnya untuk layanan internet banking BTN ini pengguna yang akan melakukan transaksi pasti akan diminta untuk memasukkan PIN dan kode mtoken sebagai proses verifikasi.

Untuk PIN mungkin kamu sudah banyak yang mengetahuinya, namun untuk mtoken ini kita rasa masih ada beberapa nasabah yang belum mengetahuinnya.

Dan sebenarnya cara mendapatkan mtoken ini sangatlah mudah, namun pengguna harus sudah melakukan registrasi dan aktivasi terlebih dahulu. Kode mtoken ini bersifat sangat rahasia dan hanya nasabah saja yang berhak mengetahuinnya.

Jadi dengan adanya kode ini, transaksi yang dilakukan akan lebih aman dan nyaman. Untuk itu sangat dianjurkan kepada pengguna internet banking BTN untuk melakukan registrasi dan aktivasi mtoken BTN tersebut.

Fungsi mtoken ini juga sangat penting, tanpa kode transaksi ini kamu tidak akan bisa menyelesaikan transaksi walaupun sudah memasukkan PIN dengan benar. Nah untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Apa Itu Mtoken BTN?

Sebelum kita membahas secara spesifik bagaimana cara mendapatkan mtoken BTN, mari kita definisikan terlebih dahulu mtoken BTN.

Beberapa nasabah BTN mungkin belum mengetahui apa itu mtoken BTN. Mtoken BTN adalah kode keamanan yang terdiri dari tiga digit angka dan dikirimkan oleh bank BTN melalui sms.

Kode keamanan ini harus dimasukkan saat melakukan aktivitas keuangan melalui online banking BTN, seperti transfer uang, pembelian dan pembayaran.

Perlu diingat bahwa kode mtoken BTN akan berubah setiap kali melakukan transaksi. Jika kamu salah memasukkan kode mtoken sebanyak tiga kali berturut-turut, maka akun BTN online banking kamu akan diblokir.

Keluhan yang paling umum mengenai kode mtoken ini adalah tidak adanya pesan masuk untuk informasi kode mtoken yang akan digunakan untuk transaksi.

Syarat Ketentuan Menggunakan Mtoken BTN

Setelah mempelajari apa itu mtoken BTN dan bagaimana cara kerjanya, kamu dapat membuat keputusan yang tepat. Setelah itu, kita akan membahas syarat dan ketentuan penggunaan mtoken BTN.

Sangat penting untuk dipahami bahwa untuk mendapatkan mtoken, klien harus terlebih dahulu mendaftar dan mengaktifkan mtoken. Aktivasi mtoken ini dapat dilakukan di kantor cabang BTN setempat.

Ketika permintaan mtoken diterima, sistem akan langsung mengirimkan sms berisi kode mtoken ke nomor handphone yang dimasukkan pada saat registrasi.

Namun demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seluruh nasabah layanan keuangan BTN, yaitu satu kode mtoken hanya dapat digunakan untuk satu kali transaksi, kecuali untuk pembayaran kolektif seperti BPJS.

Selain itu, mtoken memiliki batasan waktu penggunaan informasi tentang batas waktu akan disertakan dalam pesan sms yang kamu terima.

Selain itu, setiap kali kamu meminta mtoken, mtoken sebelumnya hangus atau tidak dapat digunakan lagi. Saat memasukkan kode mtoken, cobalah untuk terus memperhatikannya jika kamu salah tiga kali berturut-turut, perbankan online kamu mungkin akan diblokir.

Jika kamu ingin menggunakannya lagi, kamu harus segera menghubungi call center BTN atau mengunjungi kantor cabang bank BTN terdekat untuk membuka blokir.

Selain itu, satu nomor handphone hanya boleh digunakan untuk satu user ID, jadi usahakan untuk memanfaatkan nomor handphone tersebut agar transaksi dapat diselesaikan dengan efisien dan tanpa masalah.

Cara Mendapatkan Mtoken BTN

Cara Mendapatkan Mtoken BTN

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, beberapa nasabah bank BTN bingung bagaimana cara mendapatkan kode mtoken BTN.

Cara mendapatkannya sebenarnya cukup mudah cukup ikuti petunjuk yang diberikan di bawah ini. Namun perlu diingat, kamu harus melakukan registrasi dan aktivasi terlebih dahulu. Adapun caranya sebagai berikut ini:

Registrasi

  1. Untuk memulainya, kamu bisa mendatangi kantor cabang bank BTN terdekat di wilayah kamu.
  2. Ketika kamu tiba di tempat tersebut, ambil nomor antrian di bagian cs dan tunggu untuk dipanggil.
  3. Setelah dipanggil, datangi bagian cs BTN dan katakan bahwa kamu ingin mendaftar mtoken BTN.
  4. Jika sudah demikian, cs akan meminta banyak surat-surat, termasuk buku tabungan, KTP dan Kartu ATM.
  5. Selain itu, kamu akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran nomor handphone yang akan digunakan untuk mtoken BTN Internet banking.
  6. CS kemudian akan mendaftarkan mtoken tersebut.
  7. Setelah prosedur selesai, nasabah akan mendapatkan sms berisi nomor aktivasi mtoken.

Aktivasi

  • Masuk ke akun Internet banking BTN kamu.
  • Cari menu aktivasi mtoken setelah masuk ke halaman utama Internet banking.
  • Kemudian masukkan nomor aktivasi mtoken BTN yang kamu terima melalui sms.
  • Periksa apakah nomor aktivasi mtoken yang kamu masukkan sudah benar. Jika sudah benar, klik “Kirim.”
  • Setelah itu, nasabah akan mendapatkan notifikasi jika proses aktivasi mtoken berhasil.
Baca Juga:  Cara Buat Kartu Kredit BNI dan Syaratnya Secara Online

Penyebab Kode Mtoken BTN Tidak Masuk

Penyebab Kode Mtoken BTN Tidak Masuk

Pada dasarnya aktivasi mtoken BTN ini memang hanya bisa dilakukan pada kantor cabang bank BTN saja. Lalu untuk penggunannya kamu bisa bebas request kode mtoken BTN kapan saja dibutuhkan terutama saat bertransaksi.

Pada saat menggunakan internet banking menggunakan sistem oline sehingga kemungkinan besar ada banyak faktor.

Lalu apa saja penyebab kode mtoken BTN ini tidak masuk? Berikut ini beberapa penyebab kenapa mtoken BTN ini tidak masuk yang perlu kamu ketahui, antara lain yakni:

1. Pulsa Tidak Mencukupi

Penyebab paling umum pada kode mtoken BTN tidak masuk ini adalah ketika nomor kamu kehabisan pulsa ataupun tidak mencukupi biaya sms.

Seperti yang kamu ketahui biaya kode mtoken BTN adalah sebesar Rp. 500 pertransaksi sehingga paling tidak kamu harus mempunyai pulsa sebesar Rp.1000.

2. Penyimpanan Sms Penuh

Sebab lainnya adalah memori atau penyimpanan sms penuh sehingga tidak dapat menerima sms baru lagi. Dan memang memori pesan tiap smartphone akan berbeda-beda ketika sudah penuh makan pesan baru tidak bisa masuk.

3. Ada Filter Sms Aktif

Salah satu penyebab umum adalah kamu telah mengatur filter sms untuk memblokir pesan dari nomor tertentu. Karena aplikasi sms saat ini dilengkapi dengan filter untuk menghindari spam, ada kemungkinan filter tersebut aktif dan dengan demikian membatasi pesan yang masuk.

4. Sinyal Seluler Tidak Stabil

Sinyal juga dapat menjadi penyebab kode sms tidak sampai ke nomor kamu. Sinyal yang buruk akan mengganggu konektivitas, menyebabkan pengiriman sms gagal atau tidak terkirim. Pada dasarnya, masalahnya sama: BSI Mobile Banking tidak dapat diakses.

5. Server Bank BTN Mengalami Gangguan

Ketika ada gangguan atau pemeliharaan pada server BTN, kode tidak mungkin mencapai perangkat kamu. Pada dasarnya, kamu harus menunggu sampai gangguan selesai sebelum menerima pesan dengan kode mtoken BTN.

6. Nomor Tujuan Mtoken BTN Tidak Sama

Yang terakhir adalah kamu menggunakan nomor yang berbeda, sehingga kode tidak bisa dimasukkan. Pasang nomor ponsel yang terdaftar di perangkat yang sama untuk mempermudah mendapatkan kode mtoken BTN.

Cara Mendapatkan Kode Mtoken BTN

Cara Mendapatkan Kode Mtoken BTN

Jadi, bagaimana cara mendapatkan kode mtoken BTN? Ada beberapa pilihan untuk mendapatkan kode verifikasi dengan cepat. BTN memiliki fasilitas yang dapat dengan mudah digunakan untuk memenuhi kebutuhan setiap nasabah.

kamu bisa menggunakan fitur-fitur yang ada di halaman internet banking atau menghubungi call center. Jika kamu mengalami masalah dengan mtoken BTN yang tidak masuk, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Memakai Fitur Isi Otomatis Kode dari Sms

Langkah pertama adalah mengaktifkan fitur sms autofill code, yang secara otomatis akan mengisi mtoken BTN ketika pesan diterima. Fitur ini hanya tersedia di smartphone dan tablet yang telah terinstal nomornya.

Ketika kamu melakukan transaksi, pilih kode isi otomatis dari smspada kolom mtoken BTN. Kode tersebut akan otomatis masuk ke dalam kolom mToken BTN dan kamu perlu menekan ok untuk menyelesaikan transaksi.

2. Hapus Pesan yang Tidak Dibutuhkan

Maka, menghapus pesan yang tidak perlu adalah cara paling efektif untuk mengatasi kode mtoken BTN tidak masuk. Dengan sisa memori pesan yang ada, maka sms mtoken BTN akan lebih mudah memasukkan nomor kamu.

3. Mengisi Pulsa dan Cek Nomor

Pastikan nomor telepon yang kamu gunakan sudah terdaftar di internet banking BTN sehingga kamu dapat dengan mudah mendapatkan kode mtoken BTN.

Setelah kamu memasang nomor tersebut di perangkat kamu, pastikan kamu memiliki pulsa minimal Rp.1000 untuk membayar biaya sms BTN.

4. Nonaktifkan Filter Pesan dan Memeriksa Jaringan

Kemudian jika kamu menjumpai kode mtoken BTN tidak masu kamu bisa silahkan untuk menonaktifkan semua filter pada pesan supaya dapat menerima semua jenis sms. Dan pastikan juga jaringan atau sinyal kamu benar-benar stabil supaya mudah menerima kode mtoken BTN.

5. Hubungi BTN Contact Center

Ketika kamu masih mengalami koden BTN tidak masuk dalam waktu yang lama makan kamu segera hubungi call center di nomor 1500286.

Tapi kamu harus siapkan pulsa secukupnya kemudian dalam proses verifikasinya kamu akan diminta memberikan user id internet banking.

6. Aktivasi Ulang di Kantor Cabang BTN

Untuk cara yang terakhir ketika kode mtoken tidak masuk adalah mendatangi langsung ke kanto cabang BTN. Kamu bisa minta petugas untuk aktivasi ulang mtoken BTN yang dimana prosesnya akan berjalan sangat cepat. Kamu juga bisa siapkan identitas berupa buku tabungan dan kartu ATM untuk verifikasi identitasnya.

Biaya Mtoken BTN

Biaya Mtoken BTN

Lalu kemudian biaya mtoken BTN pakai pulsa adalah sebesar Rp. 500 per sms yang dimana sama dengan beberapa lembaga perbankan lainnya.

Baca Juga:  Begini Cara Mengambil Uang di Atm Dengan Cara Aman

Jadi untuk kamu yang satu kali transaksi kamu diwajibkan membayar biaya sms untuk mendapatkan kode mtoken BTN agar masuk.

Meskipun ada biaya token namun masih banyak penggunanya karena termasuk sangat mudah dalam pengoperasiannya.

Pada saat kode mtoken BTN tidak muncul maka hubungannya erat dengan fitur sms di smartphone atau perangkat kamu.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara mendapatkan mtoken BTN, yakni:

Berapa Digit Password BTN Mobile?

Setelah itu, kamu membuat enam digit nomor pin mobile banking BTN. kamu memasukkan nomor pin sekali lagi untuk konfirmasi dan kemudian ketuk “Benar.” Pada halaman “Pilih jenis rekening kamu”, kamu memilih “Tabungan.”

Apakah BTN Bisa Daftar Online?

Nasabah dapat membuka rekening bank secara online dengan PT Bank Tabungan Negara (BTN). Calon nasabah akan menghargai metode ini karena tidak perlu mengantri di bank. Kamu bisa membuka rekening bank BTN hanya dengan smartphone.

Berapa Saldo yang Harus Tersisa di ATM BTN?

Saldo minimum pada BTN Batara adalah Rp.50.000. Jadi kamu tetap bisa tarik tunai atau transfer Rp.50.000 jika saldo atm kamu minimal Rp.100.000. Namun, jika transaksi dilakukan di ATM bank lain, maka akan dikenakan biaya.

BACA JUGA:

Cara Transfer Dari Bank BCA Ke Ovo Secara Mudah
Buka Rekening Mandiri Online Lewat Hp Tanpa ke Bank
Cara Daftar Internet Banking Bri di Https Ib Bri Co ID

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara mendapatkan mtoken BTN ini sangatlah mudah, namun kamu harus pastikan kembali bahwa dokumen persyaratan yang diperlukan untuk melakukan registrasi sudah sangat lengkap.

Apabila mtoken sudah berhasil di dapatkan maka kamu bisa menggunakannya untuk melakukan transaksi melalui internet banking dengan aman dan nyaman.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.