Berikut Cara Mengganti Nomor Dana yang Hilang Dengan Mudah

Infoyunik.com – Sobat unik apakah kamu sudah mengerti dan paham cara mengganti nomor Dana yang hilang? Ya pastinya para pengguna Dana setidaknya pernah mengalami kejadian melupakan nomor handphone atau nomor handphone yang didaftarkan di aplikasi Dana sudah hilang maupun tidak aktif.

Seperti yang kamu ketahui ada dua tipe akun yang bisa di aktifkan oleh para pengguna Dana yang pertama adalah akun versi premium dengan berbagai keunggulannya. Lalu kemudian ada akun non premium yang sudah sangat fungsionalitas.

Jika para pengguna melupakan nomor akun Dana maka cara penggantiannya berbeda untuk akun yang premium dan untuk akun yang non premium. Nah untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Cara Mengganti Nomor Akun Dana yang Hilang atau Tidak Aktif

Syarat Untuk Mengaktifkan Dana

Kamu bisa siapkan beberapa hal sebagai berikut ini:

  1. Nomor Dana baru yang belum pernah didaftarkan.
  2. Foto KTP yang sesuai dengan foto KTP yang digunakan untuk validasi akun Dana (Jika akun Dana yang ingin di renumber adalah akun Dana Premium).
  3. Selfie dengan KTP, KTP yang disimpan adalah KTP yang digunakan untuk verifikasi akun Dana (Jika akun Dana yang ingin diganti nomornya adalah akun Dana Premium).

Cara Mengganti Nomor Akun Dana yang Hilang atau Tidak Aktif

Sebelum kamu masuk ke langkah-langkahnya, kamu sudah memenuhi syaratnya yang kita sudah kasih tahu diatas ini ya agar nantiny proses penggantian nomor berjalan dengan lancar. Berikut ini cara mengganti nomor akun Dana yang hilang, diantaranya adalah:

1. Dana Premium

Nah untuk cara mengganti nomor Dana premium yang hilang ini kamu bisa simak dibawah ini:

  1. Luncurkan aplikasi Dana dan cobalah untuk masuk.
  2. Ketika diminta untuk membuat OTP, pilih ‘Nomor hilang’.
  3. Halaman penggantian nomor akun Dana akan segera muncul klik ‘Ubah nomor’ dan kemudian ‘Saya tidak lagi menggunakan nomor ponsel saya sebelumnya’.
  4. Isi alamat email kamu. Dilaporkan bahwa jika akun terhubung dengan alamat email, maka email akan dikirim ke alamat email yang terkait dengan akun Dana apakah ini benar atau tidak, kamu tidak tahu karena akun Dana kamu tidak terikat dengan alamat email (Kamu menggunakan cara lain, yaitu menghubungi CS Dana , untuk tutorialnya juga ada di bawah).
  5. Kamu kemudian akan mendapatkan email dari CS Dana silahkan ikuti petunjuknya dan jawab semua pertanyaan yang ada di dalam email tersebut (Seperti petunjuk untuk melampirkan foto KTP, dll).
  6. Jika semua informasi sudah benar, kamu akan mendapatkan email balasan dengan pertanyaan konfirmasi untuk mengganti nomor HP akun Dana. Balas email tersebut dengan konfirmasi bahwa kamu ingin mengganti nomor HP akun Dana kamu.
  7. Selanjutnya, kamu akan menerima SMS dengan link konfirmasi penggantian nomor akun Dana klik link tersebut untuk konfirmasi penggantian akun Dana dan mendapatkan OTP.
  8. Login menggunakan nomor ponsel dan OTP baru yang kamu terima sebelumnya.
  9. Selesai.

Begitulah dengan caranya. Namun sebenarnya ada cara lain yang mirip dengan cara yang dijelaskan di atas, namun langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendapatkan email yang berisi instruksi cara mengubah nomor akun Dana dari CS Dana yang berbeda.

Silakan kamu gunakan teknik di bawah ini jika akun Dana kamu tidak terhubung dengan email atau jika kamu terhubung tetapi tidak mendapatkan email instruksi dari Dana.

Nah berikut ini ada beberapa cara lain untuk mendapatkan email instruksi pengganti nomor akun Dana dari CS Dana, antara lain yakni:

  1. Cara pertama adalah dengan mengirimkan email ke help@dana.id dengan permintaan untuk mengubah nomor akun Dana X (X = nomor akun Dana , ex: 08573215431) Setelah mengirimkan email, CS Dana akan merespon dengan instruksi untuk mengubah nomor akun Dana .
  2. Biasanya cara pertama sudah cukup dan kamu hanya perlu menunggu satu atau dua kali per 24 jam, namun jika sudah lama dan CS Dana belum merespon, kamu dapat mencoba menghubungi CS Dana dan meminta nomor akun Dana yang baru menggunakan kontak CS Dana selain email berikut ini. Dana Care Whatsapp: 08191 1500 445 Telepon: 1500445

Dan bagi kamu yang nomornya hilang dan ingin mengganti nomor akun Dana dan untungnya masih login ke aplikasi Dana.

Kamu cukup masuk ke menu pengaturan dan membuka halaman penggantian nomor akun, dimana nantinya kamu bisa mengganti nomor akun Dana kamu dengan yang baru.

Namun terlebih dahulu kamu akan ditanyai beberapa pertanyaan keamanan sebelum akhirnya kamu bisa mengganti nomor akun kamu (Pastikan kamu menjawab dengan benar).

Dana Non Premium

2. Dana Non Premium

Nah untuk berikut ini adalah pembahasan mengenai cara mengubah nomor telepon untuk akun Dana app Premium. Setelah itu.

Kita akan membahas tindakan yang harus dilakukan oleh pemilik akun Dana Non-Premium. Karena statusnya yang non-premium atau karena belum diupdate. Berikut ini adalah caranya yang perlu kamu ikuti, antara lain:

  1. Masuk ke Aplikasi Dana yang kamu miliki.
  2. Pilih opsi bahwa nomor telah hilang saat sesi memasukkan kode OTP.
  3. Kemudian, pilih opsi untuk mengubah nomor.
  4. Centang kotak di samping ‘Saya tidak lagi menggunakan nomor ponsel sebelumnya’. Tujuannya sama kode OTP tidak boleh dikirimkan ke ponsel yang tidak aktif.
  5. Di area teks yang muncul kemudian, masukkan alamat email yang aktif. Tunggu sampai kamu mendapatkan pemberitahuan masuk yang menunjukkan bahwa email telah diterima.
  6. Dana akan memberikan kode OTP baru di email yang dapat dimasukkan pengguna ke dalam kolom OTP.
  7. Pengguna dapat memasukkan nomor baru pada kolom yang disediakan. Kemudian, lakukan konfirmasi melalui SMS dengan nomor telepon yang valid.
Baca Juga:  Cara Menggunakan E Money Mandiri dengan Mudah

Tips Mengganti Nomor Akun Dana

Berikut ini beberapa petunjuk untuk membantu kamu mengganti nomor rekening Dana dengan cepat dan mudah:

  1. Pastikan gambar KTP dan Foto Selfie dengan KTP tidak kabur.
  2. Jangan gunakan KTP yang salah gunakan KTP yang kamu gunakan untuk memvalidasi akun Dana kamu (upgrade akun Dana kamu ke Akun Dana Premium)
  3. Pastikan nomor telepon baru bukan nomor telepon yang sudah terdaftar di Dana.
  4. Tanggapi email dengan cara yang akurat, jelas dan ringkas.
  5. Balas email satu kali, lalu tunggu tanggapan berikutnya sebelum menanggapi lagi untuk menghindari dicap sebagai spam.

Penyebab Akun Dana Dibekukan

Penyebab Akun Dana Dibekukan

Akun Dana diblokir karena berbagai alasan, termasuk transaksi yang tidak sesuai, PIN yang salah, transaksi yang menunjukkan penipuan, peretasan, pencurian akun.

Dan penyalahgunaan kupon atau promosi di aplikasi Dana. Secara umum, berikut ini adalah alasan pembekuan sementara atau permanen Dana:

  1. Transaksi yang dianggap janggal.
  2. Informasi akun Dana tidak valid. Memanfaatkan kelemahan sistem.
  3. Dana mengetik PIN yang salah.
  4. Ada tanda-tanda penipuan.
  5. Akun Dana membutuhkan dua kali login.

Berikut ini adalah penyebab akun Dana kamu dibatasi atau dibekukan, antara lain yakni:

1. Transaksi Tidak Wajar

Alasan pertama untuk pembatasan rekening Dana adalah karena telah terdeteksi melakukan transaksi yang tidak semestinya seperti transfer saldo Dana secara terus menerus dalam hitungan detik atau klaim Dana kaget dengan menggunakan klik otomatis.

Karena penggunaan yang tidak tepat, ini jelas melanggar ketentuan Dana. Karena kegiatan ini dianggap spam dan dapat merugikan akun Dana lainnya.

2. Data Akun Tidak Valid

Dana memerlukan verifikasi agar akun dapat menggunakan banyak fiturnya. Akun Dana tidak bisa masuk karena salah memasukkan data.

Hal ini karena melanggar ketentuan karena penggunaan data orang lain untuk kepentingan pribadi dilarang. Hal ini sama dengan memalsukan data kamu sendiri untuk kepentingan kamu sendiri, yang menyebabkan kerugian bagi orang lain dan merupakan tindak pidana.

3. Memanfaatkan Bug System Dana

Tidak jarang, IMF tidak menyadari beberapa masalah yang sedang dieksploitasi oleh beberapa pengguna. Salah satunya adalah bug yang seharusnya tidak boleh digunakan, namun beberapa pengguna melakukannya demi mendapatkan keuntungan.

Dana membekukan akun secara langsung untuk melakukan investigasi terhadap siapa saja yang terlibat dalam memanfaatkan bug sistem Dana karena telah melanggar aturan mengenai penipuan sistem.

4. Salah Memasukkan PIN Dana

Pengguna harus menggunakan ID wajah atau nomor PIN untuk terhubung ke akun Dana mereka. Karena sistem Dana yang dimaksudkan untuk membatasi.

Tindakan pemaksaan login akun karena perilaku yang mencurigakan akibat kesalahan input PIN yang berulang-ulang sebagai pencegah peretasan akun Dana, maka akun Dana dikunci karena memasukkan PIN Dana yang salah hingga tiga kali.

Akun Dana dikunci selama satu jam setelah pesan pembekuan akun tiba karena PIN yang salah. Jika peringatan pembekuan akun telah hilang, kamu dapat mencoba masuk lagi.

5. Indikasi Penipuan

Keluhan penipuan dari pengguna lain kepada Dana menyebabkan akun diblokir sementara atau akun Dana tidak dapat diakses.

Pada dasarnya Dana berupaya membangun layanan aman yang memberikan kenyamanan saat bertransaksi. Setiap dugaan penipuan akan ditangani secara hati-hati dan akun Dana akan dibekukan sementara.

Pengguna tidak dapat melakukan transaksi sebelum akun diverifikasi oleh pemiliknya. Jika akun tersebut ternyata palsu, maka akan dibekukan secara permanen dan tidak akan digunakan lagi.

6. Multi Login Akun Dana

Akun Dana, secara umum, tidak dapat digunakan pada beberapa perangkat pada saat yang sama (Kecuali pengguna melakukan login ulang akun).

Dana akan dibekukan karena adanya tanda-tanda perilaku yang tidak pantas jika satu akun Dana digunakan di banyak perangkat, yang juga dikenal sebagai akun multi login.

Ciri Ciri Akun Dana Dibekukan (1)

Ciri-Ciri Akun Dana Dibekukan

Akun Dana yang telah diblokir karena penipuan biasanya ditandai dengan pesan peringatan di aplikasi Dana atau email yang digunakan untuk mendaftarkan akun.

Akun Dana yang dibekukan memiliki batasan transaksi di aplikasi Dana untuk transfer, isi ulang dan penarikan Dana.

Yang ditunjukkan dengan pesan pembekuan akun yang muncul setelah akun dibatasi. Berikut ini adalah ciri-ciri akun Dana yang dibekukan yang perlu kamu ketahui, antara lain yakni:

1. Muncul Notifikasi Pembatasan Akun

Apabila sistem membekukan akun Dana, pesan mengenai penyebab pembekuan akan muncul dalam aplikasi Dana. Pemberitahuan ini muncul sebagai pesan pop-up yang dapat diabaikan.

Meskipun kamu menghapus pesan di akun kamu tapi akun Dana kamu tetap tidak dapat diakses karena telah dibatasi.

Baca Juga:  Cara Daftar Internet Banking Bri di Https Ib Bri Co ID

2. Tidak Bisa Transaksi

Setelah pembatasan akun, terkadang tidak ada indikasi mengapa akun Dana dibekukan. Namun, mencoba melakukan transaksi akan menghasilkan pesan pembatasan akun.

Salah satu fitur akun Dana yang dibekukan adalah kamu tidak dapat melakukan aktivitas apa pun dalam aplikasi Dana, seperti mentransfer, mengisi ulang, menarik atau mengirim Dana ke Bank atau Dana lainnya.

3. Akun Dana Force Close

Selanjutnya, uang yang dibekukan akan langsung log out (Tutup paksa) sehingga akun tidak dapat digunakan sampai pengguna melakukan validasi atau permohonan pemulihan akun.

Namun, fakta bahwa akun log out secara otomatis tidak selalu menyiratkan bahwa akun tersebut telah dibekukan kadang-kadang akun log out secara otomatis karena masalah koneksi internet yang buruk.

4. Dana Tidak Bisa Dibuka

Namun demikian, jika akun secara otomatis log keluar dan kemudian tidak bisa masuk kembali, ini merupakan tanda akun Dana terbatas akibat pelanggaran akun.

Setelah login Dana gagal, pesan pembatasan akun biasanya dikirim ke email atau nomor ponsel yang terdaftar dalam aplikasi Dana kamu.

Tanya Jawab Cara Mengganti Nomor Dana yang Hilang

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara mengganti nomor Dana yang hilang, yakni:

1. Apakah DANA Bisa Pakai 2 Nomor?

Aplikasi DANA mengikuti aturan ‘Satu akun, satu perangkat’, yang berarti kamu hanya dapat mengakses satu akun Dana di perangkat kamu. Oleh karena itu, pastikan kamu hanya menggunakan satu akun Dana di ponsel kamu.

2. Apakah Akun DANA yang Belum Premium Bisa Tarik Tunai?

Jika kamu ingin menarik saldo Dana tanpa membeli upgrade premium, kamu dapat membuka akun bisnis Dana dan mentransfer saldo menggunakan kode QR.

Kemudian kamu dapat menyelesaikan proses registrasi nama perusahaan. Kemudian, dalam aplikasi, tentukan lokasi.

3. Berapa Maksimal Uang di DANA?

Jika kamu telah menyelesaikan KYC atau Dana Premium, jumlah top up kumulatif maksimum per bulan adalah Rp20.000.000 (dari sebelumnya Rp10.000.000).

Jika kamu belum menyelesaikan KYC atau Dana Premium, jumlah top up total maksimum per bulan adalah Rp2.000.000.

BACA JUGA:

Cara Mendapatkan Dana Paylater 100% Mudah
Apa itu Dana Premium? Keunggulan dan Faktanya
Begini Cara Mencairkan Uang di Shopeepay

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara mengganti nomor Dana yang hilang baik yang akun premium.

Ataupun non sekarang untuk para pengguna tidak perlu khawatir lagi dengan kartu yang hilang atau nomor yang sudah tidak aktif.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.