Cara Daftar Shopee Mall dan Persyaratannya

Infoyunik.com – Jika kamu sudah punya toko di Shopee dan kamu juga penjual aktif Shopee namun belum terdaftar di Shopee Mall? Nah kali ini kita akan membahas penjelasan cara daftar Shopee Mall, kenapa harus mendaftar program ini?

Karna akan makin banyak sekali keuntungan yang didapatkan. Cara ini berbeda dengan cara menjadi star seller Shopee. Nah untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Apa Itu Shopee Mall

Sebelum kita membahas cara daftar Shopee Mall ini ada baiknya buat kamu untuk mencari lebih detail mengenai fitur satu ini terlebih dahulu.

Shopee Mall ini merupakan toko pilihan dari Shopee yang bisa dapat memberikan pelayanan yang terbaik dengan berbagai keunggulan pada pembeli. Ini memberikan jaminan keaslian, kualitas produk atau merk yang diklaim juga menjamin kualitas pelayanan toko.

Selain untuk pembeli fitur ini tentu saja memiliki banyak keunggulan bagi para seller atau pemilik brand. Contohnya membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, menaikkan kreadibilitas toko dan masih banyak lainnya.

Tentu dengan mendaftarkan toko kosmetik atau brand kecantikan yang kamu miliki di Shopee Mall akan memberikan banyak keuntungan. Sehingga kemajuan toko pun akan lebih terjamin.

Kriteria Seller di Fitur Shopee Mall

Ini sangat berpengaruh pada kreadibitilas, Shopee Mall ini tidak bisa didapatkan begitu saja meskipun kamu telah memiliki brand kosmetik sendi. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan penuhi. Contohnya kriteria penjual Shopee Mall berikut ini:

1. Jenis Badan Usaha

Kebutuhan awal untuk mendaftar Shopee Mall adalah jenis organisasi bisnis. Artinya, kamu harus memastikan bahwa perusahaan internet kamu adalah bagian dari organisasi perusahaan yang diakui secara hukum.

Misalnya, Pt, Cv, Distributor, Firma, Koperasi, Persekutuan Perdata, Persero, Perusahaan Dagang, Persekutuan Komanditer, atau usaha perseorangan.

2. Jenis Merk yang Dijual

Kriteria kedua adalah mempertimbangkan merek produk yang akan ditawarkan. Shopee membatasi jenis merek yang dapat masuk ke Shopee Mall, seperti yang terlihat dalam daftar resmi di bawah ini.

Jadi, jika jenis merek dari perusahaan kamu ada dalam daftar di atas, kamu dapat langsung mendaftar sebagai vendor di Shopee Mall.

Kamu pun dapat melihat pembaruan data yang mungkin sewaktu-waktu dapat terjadi di halaman resmi Shopee Mall.

3. Dokumen-Dokumen yang Harus Dilampirkan

Surat-surat penting yang berkaitan dengan perusahaan kamu juga termasuk dalam persyaratan yang harus kamu siapkan untuk mendaftar Shopee Mall.

Hal ini dikarenakan Shopee tidak akan sembarangan menunjuk toko online atau Mall perusahaan kamu di lapak mereka. Alhasil, demi mempertahankan kualitas, konsumen harus memastikan keaslian dan kenyamanan.

Syarat Operasional untuk Pendaftaran Shopee Mall

Syarat Operasional untuk Pendaftaran Shopee Mall

Selain memenuhi kriteria yang sudah dilampirkan diatas, kamu juga perlu memenuhi persyaratan operasional. Berikut ini adalah syarat-syarat yang perlu kamu ketahui:

  1. Lebih dari 25 jenis penawaran atau barang yang berbeda harus tersedia di toko atau perusahaan kosmetik kamu.
  2. Memiliki proporsi pembicaraan yang ditanggapi lebih dari 75%.
  3. Toko atau perusahaan online harus memiliki rating minimal 4,5.
  4. Memiliki beberapa pesanan atau transaksi pembelian.
  5. Tingkat ketidakpatuhan (NFR) harus kurang dari 5%.
  6. Tingkat pengiriman terlambat (LFR) harus kurang dari 5%.
  7. Jumlah item pre-order, yang kurang dari 20% dari total jenis produk atau penawaran yang dapat diakses, juga harus dievaluasi.
  8. Shopee tidak pernah menghukum atau memberi sanksi kepada toko atau merek apa pun.
  9. Saat mendaftarkan barang, toko dan merek di Shopee Mall, selalu patuhi aturan, kriteria, dan regulasi.

Biaya Menjadi Seller Shopee Mall

Menjadi seller Shopee Mall ini tidaklah gratis. Ada sejumlah biaya yang harus kamu bayar, yang meliputi biaya administrasi dan biaya pembayaran yakni:

1. Administrasi

Vendor harus membayar biaya administrasi untuk menjadi penjual Shopee Mall. Biaya ini tergantung pada jumlah total pesanan yang diselesaikan.

Pada 19 Agustus 2019, biaya administrasi penjual Shopee Mall untuk setiap produk yang dijual berkisar antara 5% dan 3%, dengan kemungkinan serendah 1%.

Perbedaan proporsi biaya disebabkan oleh fakta bahwa setiap produk memiliki beberapa sub-kategori. Jumlah biaya admin untuk setiap kategori ditunjukkan di bawah ini.

Untuk pengetahuan kamu, biaya administrasi ini tidak berlaku untuk pengiriman, kupon diskon, atau diskon barang yang disediakan penjual. Ketika penjual mendapatkan uang, biaya akan diambil secara otomatis oleh sistem Shopee.

2. Pembayaran

Jenis biaya kedua adalah biaya pembayaran, yang dihitung setelah pesanan selesai. Untuk berbagai jenis barang yang ditawarkan di Shopee Mall, biaya pembayarannya adalah 1.5%. Harga pembayaran ini tidak termasuk biaya pengiriman, kupon diskon, atau diskon produk yang telah ditentukan sebelumnya.

Cara Daftar Shopee Mall untuk Penjual dan Brand Owner

Setelah mengetahui apa saja kriteria dan persyaratan yang dibutuhkan, maka kamu sudah siap untuk cara daftar Shopee Mall bagi seller. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut ini:

Baca Juga:  Cara Daftar Gratis Ongkir Shopee Seller Paling Mudah

1. Mengisi dan Melengkapi Formulir Pendaftaran

Langkah pertama dalam mendaftar Shopee Mall adalah mengisi dan mengirimkan formulir pendaftaran Shopee. Formulir pendaftaran Shopee Mall dapat ditemukan di sini.

2. Lakukan Pengisian Data yang Dibutuhkan

Ketika kamu membuka formular, kamu akan diminta untuk memasukkan semua informasi penting. Mulai dari merek produk, alamat lengkap, nama merek kosmetik atau perusahaan kamu, serta nama PIC merek kamu, nomor kontak, upload lpgo merek, dan masih banyak lagi.

Isilah semua kolom data tersebut dengan akurat dan teliti. Sehingga prosedur pemilihan dapat berjalan lancar dan kamu dapat langsung mendaftar di Shopee Mall. Jika sudah, klik tombol submit untuk mengirimkan info yang kamu berikan.

3. Masa Seleksi Shopee Mall

Setelah menyelesaikan cara mendaftar Shopee Mall sebelumnya, langkah selanjutnya adalah menunggu prosedur seleksi Shopee.

Shopee akan meninjau semua dokumen dan kredensial toko kosmetik kamu. Jika kamu lulus, Shopee akan memberi tahu kamu dalam waktu tujuh hari setelah formular selesai dan dikirim.

4. Pelatihan On Boarding dari Shopee

Jika merek atau toko online kamu telah lulus, Shopee juga akan menawarkan pelatihan orientasi untuk sistem dan struktur Shopee Mall.

Shopee akan memberikan masukan langsung pada jadwal. Jika kamu berhasil, kamu dapat segera memulai pelatihan orientasi yang akan dididik dan diatur oleh Shopee.

Keuntungan Memiliki Akun Shopee Mall Bagi Pebisnis

Keuntungan Memiliki Akun Shopee Mall Bagi Pebisnis

Namun, bagi yang lain, mendaftar untuk akun Shopee Mall adalah tugas. Fungsi marketplace ini, di sisi lain, cukup menjanjikan untuk pertumbuhan merek kosmetik atau perusahaan online kamu.

Apa keuntungan memiliki akun Shopee Mall bagi pemilik perusahaan dan pemilik merek kosmetik? Yuk, simak seluruh daftarnya dalam uraian berikut ini:

  1. Dapatkan key account manager yang dapat membantu perusahaan kamu dan berkomitmen untuk memberikan rekomendasi terbaik untuk memaksimalkan penjualan produk atau transaksi.
  2. Brand atau retailer online yang telah terdaftar di Shopee Mall akan diprioritaskan kontennya di halaman pencarian pembeli. Tentunya dengan menggunakan kata kunci yang berkaitan dengan hal yang kamu tawarkan.
  3. Vendor Shopee Mall mendapatkan akses pertama ke fitur dan promosi eksklusif. Dalam jangka waktu tertentu, ini tidak diragukan lagi akan membantu meningkatkan penjualan serta pengenalan merek barang.
  4. Kamu mendapatkan akses pertama ke semua fitur dan promosi baru Shopee.
    Akun yang telah terdaftar untuk Shopee Mall memiliki kemampuan untuk menguji fitur-fitur baru dan mempelajari tentang spesial Shopee saat ini dibandingkan dengan vendor lain.
    Kamu juga memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam Shopee Markerting Solution, aktivitas promosi yang menawarkan berbagai aset pemasaran yang lebih komprehensif daripada jenis vendor lainnya.

Perbedaan Shopee Mall dan Star Seller

Sebagai pembeli yang rajin masukin barang ke keranjang, kamu harus perlu tahu perbedaan antara keduanya, kali ini kita akan coba bahas bedanya Shopee Mall dengan star seller dari segi pelayanan dan kepuasan pelanggan, antara lain yakni:

1. Respon Penjual Kepada Pembeli Antara Shopee Mall dan Star Seller

Tentu saja, sebagai penjual, kamu harus memberikan informasi produk yang tepat kepada konsumen; layanan pelanggan adalah orang yang bertanggung jawab atas layanan ini.

Shopee Mall memiliki fasilitas obrolan 24 jam sebagai semacam dukungan pelanggan, tetapi Star Seller tidak. Kamu hanya dapat menanyakan tentang suatu produk di toko berlogo Star Seller selama jam-jam tertentu atau yang telah ditentukan.

2. Orisinalitas Produk yang Dijual

Shopee Mall akan memuat label ori, yang menandakan bahwa barang yang dijual adalah asli selain itu, Shopee Mall akan memberikan jaminan berupa pengembalian uang jika barang tersebut tidak asli. Kamu tidak perlu khawatir mendapatkan barang KW atau palsu.

Vendor Star Seller tidak diharuskan menawarkan barang unik, namun barang yang dijual harus berkualitas tinggi karena kategori Star Seller diperuntukkan bagi penjual yang dapat memberikan pelayanan yang luar biasa kepada konsumennya.

Jadi tidak mengherankan jika jumlah barang yang dijual oleh pedagang Star Seller bisa mencapai puluhan ribu.

3. Ketersediaan Barang Antara Shopee Mall dan Star Seller

Sebagai pembeli, kamu pasti ingin barang yang kamu beli datang sesegera mungkin; ini selalu terkait dengan apakah barang tersebut terdaftar di Shopee atau tidak.

Shopee Mall memiliki kondisi yang memungkinkan barang Pre-order mencapai 20% dari total produk yang ditampilkan. Ini menyiratkan bahwa hampir semua barang yang ditawarkan dapat segera dikirim.

Shopee mengharuskan Penjual Bintang untuk menjual tidak lebih dari 20% dari total barang mereka pada Pre-order selama maksimal 5 hari.

Baca Juga:  Begini Cara Mengambil Uang di Atm Dengan Cara Aman

Hal ini menunjukkan bahwa jika jumlah produk Pre-order melebihi batas selama 5 hari, Shopee dapat memberikan peringatan atau hukuman kepada Penjual Bintang.

4. Gratis Ongkos Kirim Di Shopee Mall dan Star Seller

Harga pengiriman akan dihitung berdasarkan jarak semakin jauh jaraknya, semakin tinggi biayanya, dan sebaliknya.

Shopee, di sisi lain, menawarkan layanan bermerek ‘Pengiriman gratis’ dengan persyaratan pembelian minimum untuk setiap barang di Shopee Mall.

Shopee juga menawarkan pengiriman gratis ke Penjual Bintangnya. Perbedaannya adalah tidak ada simbol pengiriman gratis, seperti yang terlihat pada gambar (Shopee Mall)

Dan ada jumlah pembelian minimum yang berbeda yang diperlukan untuk mendapatkan pengiriman gratis. Jumlah belanja minimum untuk penjual bintang biasanya lebih tinggi dari jumlah minimum untuk Shopee Mall.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab cara daftar shopee mall, yakni:

Apakah Shopee Mall Bisa COD?

Kamu dapat memperoleh barang dengan COD dengan memilih pengecer otentik dari Shopee Mall.

Apakah Shopee Mall Aman?

Keaslian dijamin. Shopee berjanji bahwa semua barang yang ditawarkan di Shopee Mall 100% asli.

Kenapa Harga Barang di Shopee Mall Lebih Mahal?

Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa harga di Shopee Mall lebih tinggi. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa barang Shopee Mall harus 100% asli. kamu juga dapat menerima Gratis Ongkos Kirim Khusus dan Masa Pengembalian 7 Hari jika barang rusak atau tidak lengkap.

BACA JUGA:

Cara Mengubah Alamat Pengiriman di Shopee Lewat Hp
Cara Daftar Gratis Ongkir Shopee Seller Paling Mudah
Apa itu Shopee Pay? Kelebihan Fitur dan Cara Aktivasi

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara daftar Shopee Mall ini harus memenuhi kriteria. Tentu saja akan menjadi bagian dari Shopee Mall dan tidak bisa sembarangan.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.