Apa Itu Split Payment? Manfaat dan Contohnya

Infoyunik.com – Secara umum apa itu split payment ini adalah cara bayar yang menggunakan lebih dari satu bayar atau sumber pembayaran. Split payment ini bentuk pembayaran terpisah yang melibatkan pengguna beberapa sumber pembayaran atau untuk menyelesaikan seluruh biaya dari satu transaksi.

Dan ini telah diterapkan di berbagai platform yang memfasilitasi pembayaran digital. seperti e-commerce. Nah untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikel dibawah ini.

Apa itu Split Payment

Apa itu split payment ini secara umum adalah suatu pembagian cara bayar yang menggunakan lebih dari satu cara atau sumber pembayaran.

Split payment ini bentuk pembayaran yang terpisah melibatkan pengguna beberapa sumber pembayaran untuk menyelesaikan seluruh biaya dari satu transaksi itu.

Split payment ini melibatkan penggunaan beberapa sumber pembayaran untuk menyelesaikan satu transaksi yang sama.

Metode ini bisa memungkinkan beberapa individu untuk bersama-sama melakukan proses pembayaran atas satu transaksi yang sama.

Kamu bisa melakukan pembayaran untuk satu produk cukup beberapa metode pembayaran yang sangat berbeda. Maka dari itu akan memudahkan kamu ketika membawa uang cash yang cukup.

Kamu juga bisa tetap menggunakan sebagian dari kartu kredit untuk melengkapo proses-proses pembayaram dari barang yang sebelumnya kamu belu secara tunai.

Contoh Split Payment

Contoh Split Payment

Ada banyak cara untuk melakukan transaksi, salah satu yang dipilih banyak adalah menggunakan split payment, baik penjual maupun pembeli memiliki sudut pandang yang mengenai kemudahan yang dihasilkan dari adanya split payment bagi keduanya, seperti diantaranya adalah:

1. Dari Sudut Pembeli

Siti adalah seorang mahsiswi di surabaya. Saat ini siti sedang membutuhkan laptop baru untuk mengerjakan tugas-tugasnya. Tetapi saat ini keuangan siti belum bisa membeli laptop secara tunai.

Setelah survei ke beberapa toko, akhirnnya siti menemukan salah satu toko yang menerima beberapa metode pembayaran selain tunai.

Toko ini memberi penawan kepada nurul untuk menggunakan metode split payment. Laptop seharga Rp. 7 juta ini bisa siti miliki dengan membayarkan secara tunai sebesar Rp. 4juta dan Rp. 3juta lagi nyicil dalam jangka waktu yang sudah disepakati.

2. Sudut Penjual

Aan merupakan seorang penjual alat elektronik di e-commerce. Burhan mengaku beberapa kali menerima pertanyaan terkait pilihan metode pembayarannya.

Ketika costomer menanyakan metode yang belum dimiliki oleh toko aan, ia gagal menjual barang elektronik yang sudah diinginkan oleh costumer tersebut, sehingga penjualan aan ini sangat menurun.

Ketika aan mulai mengintegrasikan toko onlinenya dengan metode pembayaran lain seperti split payment, ia juga merasakan manfaatnya dalam waktu yang sangat cepat. Salah satunya adalah peningkatan penjualan barang elektronik miliknya.

Karena ini disebabkan oleh meningkatnya ketertarikan customer terhadap toko onlinenya karena metode pembayaran yang sangat beragam.

Customer tidak harus membayar utuh secara langsung, namun bisa membayar dalam dua cara. Sebagian tunai dan sebagian lainya bisa secara kredit dalam waktu tertentu.

Cara Kerja Split Payment

Cara Kerja Split Payment

Jika kamu sudah paham dengan split payment dan sekarang adalah bagaimana cara kerja metode pembayaran yang satu ini?

Seperti yang kita sudah sampaikan sebelumnya, split payment ini merupakah metode pembayaran yang anti ribet apabila sumber dana yang digunakan ini berbeda.

Dan cara kerja split payment ini juga bisa di analogikan kan dengan bisnis marketplace yang didalam bisnis market place tersebut.

Jika ada orang yang membuat pesanan dari beberapa penjual yang disana. Demi membuat pelanggan tersebut nyaman dan tidak kerepotan, berarti ia hanya membayar satu kali saja.

Pembayaran ini dilakukan untuk total seluruh harga atas barang-barang yang dibelinya dari beberapa penjual sekaligus.

Nah untuk pihak marketplace ini menggunakan sistem split payment dalam memberikan dana ditransfer oleh pelanggan kepada penjual yang berbeda tadi.

Sementara ini penjual akan memproses pesanan sekaligus mengirimkannya pada pelanggan. Dengan adanya fitur ini.

Pemilik marketplace bisa menjaga pelanggan sekaligus penjual supaya tetap merasa senang, puas dan nyaman saat berbelanja.

Tujuan Split Payment

Tujuan Split Payment

Dan ya tentu saja tujuan utama yang diberikannya metode pembayaran split payment ini adalah agar pelanggan mau untuk mengeluarkan duit secara lebih mudah. Sederhananya yakni untuk memancing konsumen mau membeli karena tertarik dengan harganya.

Seperti yang kamu ketahui dengan split payment ini harga produk terlihat sangat lebih murah dimata pelangganya. Padahal sebenarnya, hanya metode pembayaran saja yang berbeda. Selain itu metode pembayaran ini juga dilakukan untuk mempermudah transaksi yang dilakukan oleh pelanggan.

Manfaat Split Payment

Manfaat split payment ini tidak hanya dirasakan oleh pembeli tapi juga bisa dinikmati oleh penjualnya. Beberapa manfaatnya yang bisa dirasakan dari kemudahan sistem pembayaran ini adalah:

Baca Juga:  Harga Paket Data Telkomsel Terbaik dan Termurah

Manfaat split payment tidak hanya dirasakan oleh pembeli tapi juga bisa dinikmati oleh penjualnya. Beberapa manfaatnya yang bisa dirasakan dari kemudahan sistem pembayaran ini adalah:

Bagi Pembeli

Mengatur keuangan jadi lebih mudah. Dengan banyaknya pilihan penyimpanan uang, kebanyakan dari pembeli ini sudah mengalokasikan dana yang khusus disetiap rekening atau dompet digital yang dimiliki.

Ketika uang yang digunakan untuk transaksi dari rekening a tidak mecukupi, maka kamu bisa melunasinya dengan menggunakan metode split payment dengan rekening B dan rekening A:

1. Transaksi Bisa Dicicil

Jika kamu pengguna kartu kredit, kamu akan lebih mudah menggunakan metode ini untuk mencicil sebagian harga barangnya.

Contohnya saja, jika kamu ingin membeli sepatu dengan harga Rp. 3,5 juta, tetapi uang yang kamu miliki ini hanya ada Rp. 2juta. Karena kamu mempunyai kartu kredit, maka kamu akan bisa membayar sisanya dengan cara mencicil.

2. Mendapatkan Barang Yang Diinginkan

Metode ini sangat bisa membantu kamu untuk melakukan transaksi pembayaran. Split payment akan membagi pembayarannya dengan lebih dari satu metode atau sumber dananya. Hal ini tentu saja akan memudahkan kamu yang memiliki barang impianmu.

3. Pembayaran Ditanggung Bersama

Split payment ini juga bisa digunakan untuk membagi sumber dana yang digunakan untuk bertransaksi kepada lebih dari satu orang. Tentu saja saat ini dilakukan berdasarkan kesepakatan dari pemilik dana.

Contohnya ketika kamu sedang makan bersama teman atau keluarga atau kamu sedang membeli kado untuk diberikan kepada salah satu anggota keluarga lainnya.

Bagi Penjual

1. Menambah Reseller atau Distributor

Sistem pembayaran split payment ini tentunya akan sangat membantu mitra bisnis online shope seperti para distributor ataupun reseller yang dimilikinya.

2 Meningkatkan Angka Penjualan

Jika kamu sebagai penyedia layanan memberikan pilihan pembayaran ini, tentu saja akan membuka peluang untuk meningkatkan penjualan yang sangat lebih besar.

Apabila pembeli akan memilih toko yang tidak akan mempersulit mereka untuk bertransaksi baik secara online maupun offline, salah satunya dengan metode split payment ini.

Sistem split payment ini juga sangat bisa membantu dalam proses pengarsipan dari pembayaran yang telah dilakukan.

Dengan adanya sistem tersebit, nominal pembayaran akan muncul secara instan dan dapat menimalisir tingkat kesalahan perhitungan.

3. Mendukung Berbagai Model Bisnis Online

Split payment sangat ideal digunakan untuk platform online yang mencantumkan produk atau layanannya dari berbagai pedagang dan bisnis dengan model yang berbasis komisi atau biaya.

Mentukan jumlah pembayaran yang dipisah. Setiap pembayaran online yang diterima, kamu bisa menentukan berapa banyak yang akan kamu bayarkan lebih dulu dan berapa banyak persentase untuk ditagihkan setiap bulannya.

4. Menjaga Batas Limit Pembayaran

Metode pembayaran terpisah ini sangat berguna jika kamu tidak ingin melampaui batas harian kartu kredit kamu.

5. Pisahkan Pembayaran Berulang

Jika kamu memiliki integrasi pembayaran berulang khusus, seperti sistem debit otomatis pada nomor rekening kamu.

Kamu memiliki integrasi pembayaran berulang khusus pada nomor rekening kamu. Mengalokasikan pembayaran bulanan secara otomatis akan sangat bermanfaat.

Split Payment Tokopedia

Split Payment Tokopedia

Metode pembayaran ini juga dapat dihubungkan dengan situs e-commerce seperti tokopedia. Pada metode pembayaran split payment tokopedia misalnya.

Jika saldo tokocash kamu tidak mencukupi, kamu dapat menyelesaikan proses pembayaran menggunakan tokocash dan metode pembayaran lainnya.

Misalnya, ketika membeli token, pulsa, atau BPJS di tokopedia menggunakan tokocash. Namun, kamu hanya memiliki sisa uang 30 ribu rupiah di akun kamu.

Sedangkan jumlahnya 90 ribu rupiah. Kemudian, dengan menggunakan metode pembayaran yang berbeda, kamu dapat menutupi selisih 60 ribu rupiah.

Split Payment Shopee

Pembayaran split shopee adalah salah satu keuntungan yang ditawarkan oleh penjual yang membuat bisnis mereka di platform e-commerce ini.

Penjual akan sering menyertakan informasi tentang barang yang mereka jual jika barang tersebut dapat dicicil. Ada berbagai peraturan untuk setiap toko.

Oleh karena itu, kamu harus benar-benar mempelajari dan memahami informasi yang tercatat di setiap toko. Jenis transaksi yang digunakan di toko ditentukan oleh salah satu bisnis yang menawarkan opsi pembayaran terpisah ini.

Toko A, misalnya, mengizinkan pembayaran terpisah dalam dua cara. Pembayaran awal dilakukan melalui transfer, diikuti dengan sisa tagihan yang dibayarkan secara tunai atau pembayaran pertama dilakukan dengan menggunakan shopeepay diikuti dengan sisanya melalui transfer.

Baca Juga:  Ide Menu Masakan Harian Hemat, Mudah dan Enak

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar apa itu split payment, yakni:

Apa yg Dimaksud Dengan Split Payment?

Menurut bahasa, pengertian split payment adalah pembayaran terpisah. Sementara, dalam dunia jual beli, split payment adalah metode dalam membayar suatu jasa atau barang dengan menggunakan berbagai sumber pembayaran.

Apa Itu Split Payment di Shopee?

Split payment shopee adalah salah satu kemudahan yang diberikan oleh penjual yang membuka tokonya pada e-commerce ini.

Umumnya, penjual akan memberi keterangan pada barang yang dijualnya apabila barang tersebut bisa dibeli secara split payment. Untuk setiap toko, memiliki kebijakan yang berbeda-beda.

Bagaimana Sistem Split Payment?

Secara umum, split payment adalah suatu sistem pembagian pembayaran menggunakan lebih dari satu sumber. Bisa dibilang, sistem ini melibatkan beberapa cara pembayaran untuk menyelesaikan seluruh biaya dalam satu kali transaksi.

BACA JUGA:

Cara Bayar Shopee Paylater Lewat Atm Terbaru
Cara Mendapatkan Uang dari Shopee Terbaru Secara Lengkap
Cara Bayar Paylater Gojek dan Mengaktifkannya

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa apa itu split payment yakni adalah dengan banyaknya kemudahan yang diberikan dari pilihan metode pembayaran seperti split payment ini, penggunanya bisa merealisasikan kebutuhan dan keinginannya menjadi lebih sangat mudah.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.