Syarat dan Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BCA

Infoyunik.com – Ada beberapa pertanyaan mengenai cara menonaktifkan kartu kredit BCA karena sebagian orang mungkin menggunakan kartu kredit merupakan hal yang sangat wajib, tapi tidak banyak pula yang menghasilkan masalah karena menggunakan kartu kredit.

Dengan kartu kreedit ini maka pembelian akan menjadi lebih mudah tanpa harus repot menggunakan atau membawa uang cash.

Terlebih dengan limit kartu kredit yang tinggi kamu bisa menggunakannya untuk membeli berbagai barang yang kamu inginkan dengan sangat lebih mudah.

Kartu kredit ini telah banyak berubah dimana kamu juga sudah bisa menggunakan kartu kredit untuk pembayaran online.

Kamu bisa menggunakan kartu kredit ini untuk membeli barang sesuai keinginan di berbagai toko online yang sudah bekerjasama dengan kartu kredit kamu.

Dengan menggunakan kartu kredit kamu sebagai nasabah bisa membeli suatu barang atau membayar tagihan dengan sistem cicilan.

Setelah itu kartu kredit sebagai alat pembayaran tagihan secara langsung juga bisa menjadi salah satu hal yang di nantikan banyak penggunannya. Nah untuk lebih jelasnya kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BCA

Cara Menonaktifkan Kartu Kredit BCA

Untuk bisa menonaktifkan kartu kredit BCA ini tentu saja kamu wajib mengetahui prosedur yang berlaku dari bank BCA. Beberapa prosedur seperti melunasi terlebih dahulu tagihan dan lainnya merupakan prosedur utama sebelum menonaktifkan kartu kredit BCA.

Kamu juga tidak bisa menonaktifkan kartu kredit BCA jika belum melunasi kredit atau mungkin denda yang kamu miliki. Untuk lebih lengkapnya lagi kamu bisa ikuti cara menonaktifkan kartu kredit BCA, antara lain:

1.Datangi Bank BCA

Cara menonaktifkan kartu kredit BCA yakni langkah pertama pasti ketika kamu ingin menonaktifkan kartu kredit BCA kamu adalah pergi ke bank BCA terdekat. Tinggal bilang ke teller atau petugas bank untuk menonaktifkan kartu kredit bank BCA.

Nantinya kamu akan dimintai beberapa persyaratan data pelengkap seperti kartu identitas. Sebelum diproses pihak bank akan mengecek data kamu terlebih dahulu. Jika masih ada cicilan atau tunggakan pembayaran, maka tidak akan diproses.

Tunggu saja sampai pihak bank memberikan surat kuasa atau dokumen perjanjian penonaktifan. Jangan lupa untuk menyimpan dokumen-dokumen yang kamu miliki dengan baik, karena mungkin akan sangat berguna suatu saat nanti.

2. Batalkan Pembayaran Otomatis

Untuk cara menonaktifkan kartu kredit BCA yang kedua sebenarnya sebelum melakukan pembatalan ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Salah satunya adalah mengenai pembatalan berbagai pembayaran otomatis yang dicover oleh kartu kredit.

Jika kamu sudah mengaktifkan fitur pembayaran otomatis kartu kredit maka langkah yang satu ini wajib kamu ketahui. Silakan nonaktifkan berbagai metode pembayaran otomatis pada kartu kredit terlebih dahulu.

Nantinya pembayaran otomatis tidak akan berlaku lagi ketika kartu kredit sudah benar-benar dinonaktifkan. Pembayaran otomatis yang dicover oleh kartu kredit biasanya adalah cicilan kredit, listrik, air, PLN, dan lain-lain.

3. Amankan Bukti Tertulis

Jika kamu sudah mendatangi kantor bank BCA dan mengurus proses penonaktifkan kartu kredit BCA maka langkah selanjutnya cara menonaktifkan kartu kredit BCA adalah dengan amankan bukti tertulis.

Simpan bukti penonaktifkan kartu kredit BCA untuk jaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Bukti ini akan di berikan bank saat kamu memang sudah berhasilkan menonaktifkan kartu kredit BCA kamu.

Dengan adanya bukti ini akan menguatkan kamu jika memang masih terjadi transaksi di kartu kredit yang sudah di nonaktifkan. Bahkan kamu juga bisa melayangkan protes ke bank dengan membawa bukti-bukti tertulis tersebut.

4. Lunasi Tagihan Dan Denda

Sebelum bisa menonaktifkan kartu kredit, kamu harus melunasi terlebih dahulu tagihan dan denda yang terbaca pada kartu kredit tersebut. Agar lebih jelas, lunasi di kantor bank BCA sambil menonaktifkan kartu kredit itu sendiri.

Pastikan semuanya lunas beserta denda yang mungkin ada agar proses penonaktifan bisa berjalan lebih cepat. Kamu juga perlu menghitung annual fee atau iuran tahunan beserta bunga yang dibebankan kepada kamu saat menggunakan kartu kredit.

Terkadang tidak banyak nasabah pengguna kartu kredit yang jeli jika ada Annual free dari bank. Bahkan kebanyakan dari mereka terkadang kaget ketika diminta untuk melakukan pembayaran iuran tahunan dari bank BCA.

5. Habiskan Bonus Sebelum Menonaktifkannya

Ada juga bonus bagi pengguna kartu kredit BCA yang perlu kamu gunakan hingga habis dan sayang sekali jika kamu kehilangannya.

Bonus kartu kredit merupakan salah satu nilai tambah kartu kredit yang hanya bisa dinikmati oleh pengguna kartu kredit itu sendiri.

Berbagai macam reward, baik diskon atau apapun itu, siap untuk kamu nikmati sebagai pengguna kartu kredit BCA. Jangan lupa bahwa kamu juga perlu melakukan pembayaran atas reward yang mungkin digunakan, sehingga kamu perlu sangat jeli dalam menggunakan reward kartu kredit.

6. Langkah Menutup Kartu Kredit

Cara menonaktifkan kartu kredit BCA yang di atas memang penting namun semua bisa kamu atasi di bank BCA dengan membawa dokumen data diri. Untuk menonaktifkan kartu kredit secara permanen, kamu harus mendatangi bank BCA secara langsung adapun beberapa hal yang perlu kamu ketahui, antara lain yakni:

  1. Datang ke bank BCA selaku penerbit kartu kredit.
  2. Harus melunasi semua tagihan yang ada.
  3. Membayar iuran atau bunga tahunan.
  4. Melakukan pembayaran penuh bunga kartu kredit jika ada.
  5. Membelanjakan reward.
  6. Pembatalan otomatis dan meminta bukti penutupan kartu kredit.
  7. Jadi intinya kamu tidak bisa “Asal potong kartu kredit” jika ingin menonaktifkan kartu kredit. Pastikan kamu sudah melalui semua proses dengan benar jika ingin menonaktifkan kartu kredit kamu. Jika kamu masih ragu-ragu, silahkan hubungi call center BCA atau kamu bisa datang ke kantor BCA terdekat.
Baca Juga:  Cara Buka Toko Di Shopee Lewat Hp Untuk Pemula

Syarat dan Ketentuan Menutup Kartu Kredit BCA

Syarat dan Ketentuan Menutup Kartu Kredit BCA

Sebelum mengajukan proses penutupan kartu kredit BCA baik offline maupun online, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan. Ini adalah syarat dan ketentuannya.

1. Membayar Hutang atau Tunggakan

Yang pertama coba cek apakah masih ada tagihan atau utang di kartu kredit BCA kamu. Jika masih ada, maka kamu harus segera membayar semua biaya pembayaran di muka.

2. Membatalkan Pembayaran Otomatis

Jika sebelumnya kamu telah menetapkan kartu kredit sebagai metode pembayaran rutin dan otomatis, kamu harus segera memastikan terlebih dahulu apakah akan beralih ke kartu kredit lain atau memilih metode pembayaran lain.

Karena proses penutupan kartu kredit tidak dapat diselesaikan jika kamu selalu menetapkan kartu kredit BCA sebagai metode pembayaran otomatis.

Alasan Seseorang Menutup Akun Kartu Kredit BCA

Alasan Seseorang Menutup Akun Kartu Kredit BCA

Kamu bisa dapat meminta penutupan segara pada kartu kredit BCA kamu. Tapi apa yang membuat seseorang ingin menutup kartu kreditnya? Alasan yang paling umum untuk menutup rekening kartu kredit adalah sebagai berikut ini:

1. Pernah Menjadi Korban Penipuan Kartu Kredit

Bukan tidak mungkin di zaman teknologi ini. Banyak orang yang menggunakan teknologi secara secara sembarangan dan membuat orang lain menjadi korbannya.

Banyak orang menyalahgunakan kartu kredit dengan mencuri semua data yang diambil dan digunakan untuk transaksi.

Dari sana tagihan akan sampai ke pemiliki kartu kredit dan pelanggan akan terkejut meskipun belum pernah menggunakannya.

2. Tidak Dapat Mengontrol Penggunaan Kartu Kredit

Karena kemudahannya, pemegang kartu kredit Visa atau Mastercard terkadang kehilangan kendali saat menggunakannya.

Belanja dan tinggal gesek kartu saja dan akhirnya sadar ketika tagihannya keluar dan jumlah yang harus dibayar diluar jangkauan.

3. Tagihan Terlalu Besar dan Berakhir Dengan Pembayaran Minimum

Karena tagihannya begitu besar, banyak orang akhirnya memutuskan untuk hanya melakukan pembayaran minimum.

Jika kamu terus melakukan hanya satu kali pembayaran minimum, tagihan kamu kemungkinan besar akan meningkat.

Karena pokoknya tidak bisa dilunasi. Karena alasan ini, banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk menutup kartu kredit mereka sebelum tagihan mereka semakin jauh menjadi tidak terbayar.

Kelebihan Kartu Kredit

Kelebihan Kartu Kredit

Berikut ini kelebihan kartu kredit yang perlu kamu ketahui, antara lain yakni:

1. Membayar Belakangan

Salah satu manfaat kartu kredit adalah memungkinkan kamu untuk membeli atau membayar sesuatu meskipun kamu tidak memiliki uang tunai, terutama jika kamu membutuhkannya segera.

Kamu bisa membayar tagihan kartu kredit kamu di akhir periode yang ditentukan. Usahakan untuk membayarnya tepat waktu agar reputasi akun kamu tetap aman.

2. Poin Reward

Banyak kartu kredit yang menyediakan poin reward bagi penggunanya. Poin ini didapatkan setiap kali pengguna melakukan transaksi dengan kartu kredit.

Selain itu, banyak juga kartu kredit yang memberikan promo lainnya, seperti cashback dan diskon. Promo-promo ini sering terjadi ketika menggunakan kartu kredit untuk membeli tiket pesawat dan hotel.

Jika kamu mampu memanfaatkannya dengan baik, kartu kredit akan memberikan keuntungan yang cukup besar bagi kamu.

3. Keamanan Terjamin

Keuntungan lain dari kartu kredit adalah sistem keamanan khusus. Jika kamu kehilangan kartu kredit kamu, perusahaan kartu kredit dapat menahan transaksi apa pun yang mungkin dilakukan orang lain dengan kartu kredit kamu.

Perusahaan kartu kredit ini juga dapat memberitahu kamu jika ada transaksi mencurigakan dengan kartu kredit kamu.

4. Sarana Membangun Track Record

Kamu mungkin membutuhkan lebih dari satu kartu kredit. Oleh karena itu, kamu dapat membangun rekam jejak yang baik dengan membayar kredit kamu saat jatuh tempo.

Perusahaan kartu kredit biasanya memberikan info kepada lembaga pelaporan kredit jika kamu ingin mengajukan kartu kredit baru.

Salah satu informasi yang diberikan adalah mengenai kedisiplinan kamu dalam membayar kredit. Jika kamu memiliki rekam jejak yang baik, kemungkinan besar kamu akan diizinkan untuk mengajukan kartu kredit lagi.

Kekurangan Kartu Kredit

Kekurangan Kartu Kredit

Berikut ini adalah kekurangan kartu kredit, antara lain yakni:

1. Banyak Biaya Tambahan

Ketika menggunakan kartu kredit, ada beberapa jenis biaya yang harus kamu bayarkan kepada perusahaan. Biaya-biaya ini bisa lebih tinggi daripada menggunakan cara lain untuk meminjam uang.

Beberapa biaya ini termasuk tingkat persentase tahunan (APR), biaya layanan, dan denda yang harus kamu bayar jika kamu terlambat membayar pinjaman kamu. Jika kamu tidak mampu membayarnya, utang kamu akan terus bertambah dan menjadi beban di masa depan.

Baca Juga:  Cara Mengaktifkan Kembali M Banking BCA Via Bank dan Hp

2. Berhubungan Dengan Skor Kredit

Skor kredit kamu adalah yang menentukan apakah pengajuan pinjaman kamu diterima atau tidak. Jika kamu memiliki skor kredit yang baik, kamu memiliki kesempatan untuk membuka kartu kredit lain atau mengambil pinjaman.

Penggunaan kartu kredit sangat erat kaitannya dengan skor kredit. Menurut The Balance, setiap kali pengguna kartu kredit melakukan keterlambatan pembayaran, skor kredit mereka akan turun.

Skor kredit yang rendah bisa menjadi masalah ketika kamu membutuhkan sesuatu yang mendesak, tetapi kamu tidak dapat membayarnya dengan kartu kredit.

3. Ketagihan Untuk Berutang

Keuntungan dari kartu kredit adalah memudahkan pembayaran. Namun, hal ini bisa membuat kamu merasa nyaman berutang.

Kartu kredit bisa membuat kamu sulit mengendalikan diri untuk membayar atau membeli sesuatu tanpa memiliki uang tunai pada saat itu. Banyak pengguna kartu kredit yang terjebak dalam masalah ini.

Oleh karena itu, jika kamu benar-benar ingin memanfaatkan kartu kredit dengan baik, kamu harus ketat dalam penggunaan dan pengelolaan keuangan.

Tutorial Video cara menonaktifkan kartu kredit BCA

Source YT Andre Tuwan

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara menonaktifkan kartu kredit BCA, yakni:

Apakah Iuran Tahunan Kartu Kredit BCA Bisa Dihapus?

Ada dua cara untuk membatalkan iuran tahunan kartu kredit BCA kamu, namun keduanya harus dilakukan dengan menghubungi Halo BCA Prioritas di 1500222. Syarat pengajuan untuk BCA Amex Platinum, serta nomor telepon yang harus dihubungi, akan berbeda dengan kartu non-Amex.

Kartu Kredit BCA Minimal Gaji Berapa?

Memiliki penghasilan bersih bulanan minimal Rp 3 juta perbulan. Fotokopi NPWP, fotokopi slip gaji kamu.

Apakah Tarik Tunai Kartu Kredit BCA Bisa Dicicil?

Kamu tidak bisa mencicil uang yang ditarik tunai dari kartu kredit BCA. Dengan kata lain, kamu harus siap mengembalikan seluruh jumlah uang, ditambah biaya penarikan dan bunga yang dibebankan, sekaligus.

BACA JUGA:

Cara Transfer Dari Bank BCA Ke Ovo Secara Mudah
Buka Rekening Mandiri Online Lewat Hp Tanpa ke Bank
Cara Daftar Internet Banking Bri di Https Ib Bri Co ID

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara menonaktifkan kartu kredit BCA ini sangatlah mudah dan jika ingin menutup kartu kredit BCA kamu juga harus mempunyai bukti alasan yang kuat agar pihak BCA akan membantu sampai selesai.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.