Apa itu Split Bill? Berikut Penjelasannya

Infoyunik.com – Sobat unik apakah kalian sudah tau apa itu split bill? Secara umum split bill dalam bahas inggris yang artinya membagi tagihan atau pembayaran. Istilah ini biasa digunakan saat suatu rombongan, dua orang dalam kencan atau pertemenan makan bersama namun meminta tagihannya untuk di pisah ataupun bayar sendiri-sendiri.

Selanjutnya ada pula juga istilah split payment namun ini berbeda dengan split bill. Split payment sendiri adalah menggunakan sejumlah metode pembayaran untuk menyelesaikan seluruh biaya dari satu transaksi.

Seseorang yang menggunakan dua kredit yang berbeda untuk membayar satu barang atau satu tagihan ini juga salah satu contoh dari split payment ini. Nah untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Apa itu Split Bill

Dalam bahas inggris split bill diterjemahkan menjadi “tagihan terpisah” atau “tagihan bersama”. Setiap peserta membayar tagihan mereka sendiri dengan uang mereka sendiri di bawah ide split bill.

Teknik pembayaran ini digunakan untuk menghindari kerugian pada pihak lain. Strategi ini menghilangkan kebutuhan seseorang untuk membayar barang atau jasa yang tidak mereka gunakan atau konsumsi.

Saat makan bersama teman, kebanyakan orang berbagi biaya. Namun, mekanisme pembayaran ini sekarang digunakan dalam kencan, termasuk kencan pertama.

Tagihan terpisah digunakan lebih dari sekadar membeli produk. Cara pembayaran ini juga dapat digunakan untuk mendapatkan layanan. Misalnya, berbagi biaya taksi, menyewa ruang karaoke, atau menyewa liburan.

Manfaat Melakukan Split Bill

Manfaat Melakukan Split Bill

Split bill ini juga mempunyai beberapa manfaat, berikut ini adalah manfaat dari melakukan split bill yang perlu kamu ketahui:

1. Mudah Melakukan Penggantian Uang

Jika kamu bingung karena teman kamu selalu minta dibayarin ketika makan bareng direstoran kamu bisa gunakan aplikasi yang memiliki fitur split bill sebagai solusi.

Dengan adanya split bill kamu sangat bisa secara mudah meminta penggantian uang atau menagih utang kepada teman kamu.

2. Tidak Pusing Membuat Tagihan

Jika kamu bayangkan sangat repot setiap kamu selesai makan bareng, kamu harus menentukan sendiri jumlah tagihan masing-masing orang?

Di sisi lain, kamu harus membuat perhitungan di retoran atau kafe yang ramai, tentunya ini akan banyak yang memperhatikan dan menjadi momen yang sangat melakukan.

3. Tidak Perlu Sedia Uang Tunai Fisik

Kadang-kadang ketika makan bersama temen kamu minta dibayarkan karena lupa membawa dompet atau belum mengambil uang tunai di atm.

Manfaat split bill ini adalah bonus yang bisa memungkinkan pengguna tanpa harus repot-repot membawa uang tunai secara fisik.

Split bill ini adalah fitur yang dapat menghubungkan beberapa rekening bank dan pembayaran bisa dilakukan secara digital.

4. Pengeluaran Lebih Transparan

Selanjutnya manfaat split bill adalah memudahkan pengguna mencatat transaksi atau pengeluaran secara otomatis. Jadi sehingga kamu akan punya gambaran tentang seberapa besar pengeluaran keuangan bulanan atau berapa jumlah utang yang harus kamu bayarkan ke temen.

Rekomendasi Aplikasi Split Bill

Rekomendasi Aplikasi Split Bill

Dengan adanya pembayaran split bill adalah inovasi menuju digitalisasi transaksi yang lebih modern, mudah dan sangat cepat.

Dan ini ada banyak aplikasi yang menyediakan pemisahan tagihan. Berikut ini adalah aplikasi split bill yang perlu kamu ketahui, antara lain yakni:

1. LINE

LINE kini telah memperkenalkan inovasi baru melalui salah satu penawarannya. Selain pertukaran pesan, program ini sekarang menyertakan fungsi yang disebut LINE split bill.

LINE split bill adalah fitur yang menghitung dan membagi invoice dengan menggunakan teknologi optical character recognition (OCR). Hasilnya, kamu dapat memindai dan menghitung invoice secara lebih otomatis dalam waktu kurang dari 5 detik.

LINE menjadi aplikasi pertama yang mengintegrasikan teknologi OCR dalam fungsi LINE split bill dengan fitur ini.  Cara penggunaannya pun cukup mudah.

Cukup buka LINE dan masuk ke menu percakapan dan pilih LINE split bill. Pindai tagihan dengan kamera smartphone kamu atau ambil langsung dari galeri.

Jika teman kamu tidak menggunakan LINE, pilih “Tambahkan teman tanpa LINE.” Setelah itu, kamu tinggal mengubah tagihan yang mana.

Periksa apakah jumlah tagihan sesuai dengan apa yang ada di tagihan, lalu bagikan hasil temuan LINE split bill. Kemampuan ini, selain bisa sama-sama menghitung tagihan, juga bisa menghitung pajak dan layanan restoran secara otomatis.

Baca Juga:  Cara Memblokir ATM Mandiri dengan Mudah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, keuntungan dari alat ini tidak terbatas pada pengguna LINE; individu yang tidak menggunakan LINE juga dapat mengambil keuntungan dari opsi “add a friend without LINE”.

Hal ini dikarenakan pengguna LINE dapat menggunakan LINE Split bill untuk menyalin dan membagikan tautan ke hasil perhitungan kepada teman-teman kamu di platform lain.

Jika kamu tidak menggunakan LINE bisa mendapatkan hasil perhitungan dengan mengklik tautan tersebut, yang akan ditampilkan secara web-based.

2. Jenius

Kamu bisa membagi tagihan hanya dengan menggunakan smartphone dan fitur split bill di aplikasi Jenius. Aplikasi Jenius akan secara otomatis menghitung pembagian tagihan dan mengikuti perkembangan tagihanmu.

Kamu juga bisa memanfaatkan fungsi cashtag untuk membagi biaya makan atau berbagi utang bersama dengan teman Jenius kamu.

Cara penggunaannya cukup mudah. Untuk memulainya, klik opsi bagi tagihan, lalu cashtag di daftar kontak, atau tambahkan kontak untuk menambahkan kontak secara manual.

Setelah itu, kamu tinggal pilih kontak dan masukkan tagihan yang ingin kamu bagi. Setelah itu, jika perlu, sesuaikan jumlah pembayaran untuk memenuhi tagihan per individu.

Kemudian, jika diperlukan, tulis keterangan, verifikasi permintaan uang, dan klik tombol Send Request. Tetapi bagaimana jika kamu mendapatkan permintaan untuk tagihan yang terbagi?

Cukup pilih simbol pemberitahuan dengan bentuk seperti lonceng di sisi kanan atas. Kemudian, pada layar notifikasi, pilih permintaan uang yang akan dibayar.

Sebelum kamu dapat membayar tagihan, kamu harus terlebih dulu memeriksa kembali isi permintaan tagihan yang dibagi dan kemudian mentransfer uang.

3. Pawoon

Split bill pada aplikasi Pawoon memungkinkan kamu untuk membagi-bagi pembayaran dalam satu transaksi yang sama dengan mudah.

Dengan demikian, pelanggan dapat memisahkan kuitansi pembayaran bahkan ketika transaksi dilakukan secara bersamaan.

Aplikasi ini juga sangat mudah digunakan. Lakukan transaksi kamu terlebih dahulu, lalu masukkan pesanan dan pilih bayar untuk dikirim ke halaman tagihan akhir.

Setelah itu, pilih divide, dan pilihan banner akan muncul; pilih opsi split bill dan klik select, yang akan membawa kamu ke halaman daftar pesanan kamu.

Kamu juga dapat memilih jenis pesanan yang ingin kamu bayar satu per satu di halaman daftar pesanan ini, lalu klik bayar untuk menyelesaikan transaksi.

Kamu kemudian akan dikirim ke halaman total tagihan, yang akan menampilkan jumlah tagihan untuk pesanan yang kamu pilih.

Halaman terpisah ini juga akan menampilkan daftar pesanan yang belum dibayar, dan pesanan yang sudah dibayar akan ditandai dengan tanda centang hijau.

Dengan metode yang sama, kamu dapat menyelesaikan sisa transaksi yang belum dibayar. Jika kamu sudah melakukan pembayaran, kamu akan dikirim kembali ke halaman split bill. Jika kamu tidak ingin membayar transaksi sekarang, kamu dapat menyimpannya.

Pesanan tersebut selanjutnya akan ditambahkan ke daftar transaksi tersimpan kamu. Untuk menyelesaikan transaksi, cukup klik lanjutkan transaksi.

4. Dana

Untuk memanfaatkan opsi split bill dalam aplikasi Dana, luncurkan aplikasi Dana, klik request (permintaan), lalu pilih menu joint venture di bagian bawah.

Kemudian, klik opsi establish bill dan masukkan jumlah pembayaran kamu. Ketuk tombol Tambah Teman dan pilih orang yang ingin kamu bagi biayanya. Dana akan membagi tagihan secara adil dan otomatis setelahnya.

Jika diperlukan, kamu juga bisa memasukkan jumlah tagihan secara manual. Tap patungan yuk, lalu pilih aplikasi yang ingin kamu bagikan hasil link split bill.

5 Gopay

Pembayaran tagihan terpisah dapat dilakukan dengan menggunakan fitur Minta atau Permintaan Gopay. Usaha patungan akan lebih sederhana, dan kamu tidak akan lagi merasa dipermalukan saat menagih utang.

Namun, untuk meminta pembayaran transfer melalui chat, kamu harus meng-upgrade akun GoPay kamu terlebih dahulu.

Jika demikian, kamu dapat dengan mudah mentransfer saldo Gopay kamu ke teman kamu tanpa mengeluarkan biaya tambahan.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar apa itu split bill, yakni:

Apa Maksudnya Split Bill?

Memisahkan tagihan secara harfiah berarti memisahkan tagihan sendiri dari tagihan orang lain. Dengan kata lain, membagi tagihan berarti saling membayar tagihan satu sama lain.

Jika tidak dipahami, hal ini dapat menyebabkan kesalahpahaman. Strategi membagi tagihan tidak sering digunakan pada kencan pertama.

Baca Juga:  Pinjaman KTA Online Tanpa Kartu Kredit Secara Mudah

Apakah Split Bill Wajar?

Membagi tagihan adalah sesuatu yang dilakukan semua orang. Namun, beberapa pria akan menganggap tidak sopan untuk tidak membayar makan malam seorang wanita, terutama pada kencan pertama. Beberapa wanita, bagaimanapun, merasa tersinggung jika pria bersikeras membayar.

Kenapa Harus Split Bill?

Membagi tagihan dapat membantu kamu memahami situasi satu sama lain. Membagi tagihan adalah upaya untuk berkomunikasi satu sama lain.

Membagi tagihan tidak dilakukan untuk mengurangi atau mengejek peran pria. Sebaliknya, hal ini harus dilihat sebagai upaya untuk memahami satu sama lain selama proses pacaran.

BACA JUGA:

Apa Itu Split Payment? Manfaat dan Contohnya
Apa itu Shopee Pay? Kelebihan Fitur dan Cara Aktivasi
Apa itu Mutasi Rekening? Cara dan Fungsinya

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa apa itu split bill ini merupakan suatu metode yang nantinya tidak akan ada orang yang dirugikan dalam membayar tagihan makanan ataupun yang lainnya.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.