Cara Menggunakan Kartu Kredit BRI Untuk Pemula

Infoyunik.com – Cara menggunakan kartu kredit BRI ini sangalah mudah dan BRI ini merupakan salah satu bank yang terbesar di Indonesia, bank ini juga telah menawarkan berbagai produk unggulan yang sangat menguntungkan. Salah satu produk dari bank BRI ini yakni kartu kredit BRI.

BRI juga menjadi bank dengan jumlah pengguna kartu kredit yang terbesar di Indonesia. Sampai saat ini juga penggunaan kartu kredit BRI terus meningkat sampai 345% atau sekitar 1,9 jutaan lebih pengguna.

Beragam penawaran juga disematkan kedalam produknya, sampai beragam jenis kartu kredit dikeluarkan demi memenuhi berbagai kebutuhan para nasabahnya.

Untuk penggunan kartu kredit ini ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, terutama perihal pembayaran tagihan.

Pembayaran tagihan kartu kredit ini wajib dilakukan oleh nasabah bank BRI yang telah menggunakan produk kartu kredit. Nah untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Cara Menggunakan Kartu Kredit BRI Pertama Kali

Cara Menggunakan Kartu Kredit BRI Pertama Kali

Berikut ini adalah cara menggunakan kartu kredit BRI untuk pertama kali yang perlu kamu ketahui, antara lain yakni:

1. Cek Kartu Kredit

Cara menggunakan kartu kredit BRI yang pertama adalah setelah kartu kredit kamu diterima kamu bisa buka amplopnya dan cek apakah jenis kartu kredit kamu sudah sesuai pada saat pengajuan kartu, baik pengajuan kartu kredit BRI online ataupun offline.

Kamu juga bisa cek apakah nama dan data diri lainnya sudah sesuai dengan KTP kamu jika terdapat keliruan kamu bisa langsung tukar di bank BRI yang terdekat.

2. Aktivasi Kartu kredit dan buat PIN

Nah untuk cara menggunakan kartu kredit BRI selanjutnya adalah lakukan aktivasi kartu kredit BRI. Aktivasi dapat dilakukan melalui sms, calll center dan BRI credit card Mobile. Dan biasanya panduan aktivasi sudah dilampirkan di dalam amplop.

3. Baca Syarat dan Ketentuannya

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat menggunakan kartu kredit BRI sebaiknya baca syarat dan ketentuan yang berlaku pada lembar surat lampiran yang terdapat pada amplop.

Dengan demekian terjadinya kesalahan saat menggunakan kartu kredit dapat diminimalisir.

4. Lihat Limit Kartu Kredit

Untuk melihat limit kartu kredit BRI juga bisa kamu cek pada lampiran yang ada pada amplop.

Gunakan Kartu Kredit BRI Sesuai dengan Kebutuhan

5. Gunakan Kartu Kredit BRI Sesuai dengan Kebutuhan

Kartu kredit biasa digunakan untuk pembayaran, baik online maupun offline. Gunakan kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan kamu agar limit kartu kamu tetap utuh.

Alasan awal orang-orang memiliki kartu kredit adalah untuk verifikasi akun PayPal, karena sebelum ada kartu jenius, verifikasi akun PayPal harus dilakukan dengan kartu kredit.

Ketika kamu menggunakan kartu kredit BRI untuk belanja online, tarik tunai dan transaksi lainnya karena kamu baru sadar bahwa kartu kredit bisa digunakan untuk keperluan lain. Tujuannya agar tidak melebihi kemampuan seseorang untuk membayar tagihan.

6. Pahami Sistem Pembayaran Kartu Kredit

Untuk mempermudah, kamu dapat meminta “Lembar penagihan” yang dikirimkan kepada kamu melalui email. Metode ini tidak terlalu berbahaya dibandingkan pembayaran auto-debit.

Lembar penagihan mencakup informasi mengenai biaya administrasi, bunga dan pembayaran minimum yang bisa dilakukan pelanggan.

Namun, mereka tidak menyarankan untuk menggunakan pembayaran minimum karena bunga lebih mahal bagi pelanggan.

Perlu diingat bahwa ada beberapa pilihan untuk membayar tagihan kartu kredit BRI. Bisa melalui ATM, Internet Banking, SMS Banking, Mobile Banking, Marketplace dan sebagainya.

7. Manfaatkan Promo Kredit Untuk Belanja

Untuk sekarang ini berbagai marketplace bekerjasama dengan bank-bank di indonesia untuk penawaran promo cashback atau potongan harga pada event-event tertentu, seperti promo hut bank, promo hari besar atau promo weekend.

Agar manfaat kartu kredit tidak sia-sia kamu bisa gunakan promo tersebut untuk sedikit meraup keuntungan. Kamu sendirinya pasti kadang menggunakan kartu kredit untuk sekedar “Kulakan”.

Baca Juga:  Cara Daftar Kartu Kredit BRI Online dan Syaratnya

Barang dagangan karena untuk event-event tertentu beberapa marketplace memberikan potongan belanja yang sangat cukup besar jika menggunakan kartu kredit.

8. Tarik Tunai Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit, selain digunakan untuk pembelian online, juga dapat digunakan sebagai kartu debit. Yang perlu kamu ketahui adalah bahwa penarikan tunai kartu kredit BRI dikenakan biaya admin sekitar 4% setiap penarikan.

Serta bunga, yang dapat kamu lihat pada lembar tagihan kamu. Jika kamu menarik uang tunai menggunakan kartu kredit, kamu tetap harus berhati-hati dalam perhitungan.

Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Cara Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit ini telah menjadi alat pembayaran yang paling sering digunakan. Produk ini telah dikeluarkan oleh lembaga keuangan untuk memberi kemudahan serta kenyamanan bagi para nasabah untuk berbelanja, baik secara online ataupun offline.

Untuk berbagai promo menarikpun akan diberikan untuk memberi keuntungan pada kamu, mulai dari program cashback, potongan harga tambahan point ataupun harga spesial untuk pengguna jenis kartu kredit tertentu.

Maka dari itu sebelum kamu menggunakan kartu kredit ini kamu perlu mengetahui beberapa hal agar tidak mengalami masalah di kemudian cara. Berikut ini adalah cara bijak menggunakan kartu kredit, antara lain:

1. Menyesuaikan Limit Kartu Kredit dengan Pendapatan Bulanan

Hal pertama yang harus kamu pahami adalah bagaimana menyeimbangkan pendapatan dan pengeluaran kamu. Tentu saja.

Pendekatan pertama ini sangat penting untuk diingat agar setiap orang dapat mencegah kesulitan seperti melebihi limit yang telah ditetapkan.

Perusahaan keuangan yang menyediakan kartu kredit akan menetapkan limit bulanan berdasarkan pendapatan kamu. Jadi, simpanlah catatan setiap pengeluaran kartu kredit sehingga kamu bisa mengecek limit pembayaran setiap bulannya.

2. Menjaga Kerahasiaan Informasi Pribadi

Aspek yang penting lainnya dalam menggunakan kartu kredit BRI adalah selalu menjaga keamanan informasi pribadi agar tidak dibagikan kepada pihak luar.

Jika kamu diberikan kartu kredit, hanya anggota keluarga, seperti orang tua, pasangan atau istri kamu, yang harus mengetahuinya. Selain itu, jangan mengungkapkan kode OTP dan selalu merahasiakan CVV di bagian belakang kartu kamu.

Serta selalu gunakan PIN untuk keamanan lebih lanjut. cara mengajukan kartu kredit BRI hal ini diperlukan sebagai bentuk perlindungan diri agar terhindar dari hal-hal yang mungkin dapat merugikan dan tidak memberikan kemungkinan bagi pelaku kejahatan yang nekat.

3. Memilih Suku Bunga yang Terendah

Bank-bank yang menawarkan kartu kredit memiliki standar yang berbeda, tetapi mereka tetap harus mematuhi otoritas, terutama dalam hal menentukan suku bunga.

Hal ini mungkin menjadi salah satu perhatian kamu ketika memilih kartu kredit. Ketentuan ini penting untuk diperhatikan, terutama jika kamu memiliki cicilan selama 6 hingga 12 bulan.

Sehingga membayar tagihan tidak terasa memberatkan selain itu, bank biasanya memiliki promo cicilan 0% yang bisa kamu manfaatkan.

4. Hindari Penarikan Dana Tunai

Cara menggunakan kartu kredit BRI keempat yang harus kamu perhatikan adalah hindari sering melakukan penarikan tunai.

Kamu dapat menggunakan fasilitas cash advance yang disediakan oleh bank yang menyediakan fasilitas kartu kredit untuk kamu sesekali untuk kebutuhan tak terduga dan fungsi yang bermanfaat.

Namun, kamu harus menyadari bahwa jika kamu menarik uang tunai menggunakan kartu kredit makanan, kamu akan dikenakan bunga 4% ditambah bunga harian sejak tanggal transaksi kamu. Cara Mengajukan Kartu Kredit BRI

5. Mengatur Penggunaan Kartu Kredit dengan Aplikasi di Smartphone

Cara lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara mengatur penggunaan kartu kredit pada aplikasi di smartphone kamu.

Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan yaitu BRI credit card mobile. Kamu hanya bisa menggunakan aplikasi ini untuk memudahkan dalam menggunakan kartu kredit BRI dengan Handphone.

Penggunaan kartu kredit BRI dengan aplikasi pada smartphone yang kamu miliki akan memudahkan kamu untuk mengakses beberapa fitur yang dapat memudahkan kamu untuk mendapatkan informasi penting seperti penggunaan kartu kredit, riwayat penagihan kartu, mutasi rekening.

Baca Juga:  Cara Membersihkan Bi Checking Di Ojk Online Lewat Hp

Dan informasi sisa limit kartu tanpa harus menghubungi BRI terlebih dahulu. kamu dapat membuat transaksi ini lebih nyaman dengan mengunduh aplikasi BRI Credit Card Mobile dari Google Play atau App Store.

6. Melunasi Pinjaman Cicilan Kartu Kredit sesuai Jadwal yang ditentukan

Dengan adanya aplikasi BRI credit card mobile akan mempermudah kamu agar tidak terlambat membayar tagihan kartu kredit.

Hal ini sangat cukup penting untuk dilakukan karena ada bunga yang cukup besar diberikan atas keterlambatan pembayaran pada bulan yang bersangkutan.

Dan pasalnya semakin lama kamu membayar dapat membuat bunga tagihan terus bertambah. Jadi pastikan kamu tidak terlambat bayar tagihan setiap bulannya.

Syarat Pengajuan Kartu Kredit BRI

Syarat Pengajuan Kartu Kredit BRI

Agar bisa memiliki kartu kredit BRI maka kamu harus memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan bank BRI. Sebenarnya persyaratannya cukup mudah, karena yang terpenting adalah memiliki penghasilan yang sangat cukup perbulannya.

Untuk minimal gaji yang didapatkan nasabah juga berpengaruh terhadap limit kartu kredit serta jenis kartu kredit yang bisa diajukan. Berikut ini adalah syarat pengajuan kartu kredit BRI yang perlu kamu ketahui, antara lain:

  1. Warga negara Indonesia.
  2. Usia minimal 25 tahun dan maksimal 55 tahun.
  3. Memiliki penghasilan bulanan minimal Rp. 3.000.000.
  4. Melengkapi aplikasi kartu kredit BRI.
  5. Memiliki riwayat kredit yang bersih.
  6. Nasabah harus memiliki gaji bulanan minimal 3 juta. Jika penghasilan kamu kurang dari itu, kamu tidak dapat mengajukan permohonan kartu kredit BRI. Semakin besar gaji bulanan, semakin lebih baik.

Selanjutnya, sebelum memutuskan apakah akan menerima atau menolak aplikasi, bank BRI akan meninjau riwayat kredit pemohon terlebih dahulu. Jika kamu memiliki riwayat kredit yang baik, peluang kamu bahkan lebih baik.

Dengan semua persyaratan yang tertera di atas, tidak semua nasabah bank BRI memenuhi syarat untuk mengajukan kartu kredit. Jadi, sebelum mengajukan kartu kredit BRI, pastikan kamu telah memenuhi semua persyaratan yang tertera di atas.

Tutorial Video Cara Menggunakan Kartu Kredit BRI

Source YT Andre Tuwan

Tanya Jawab Cara Menggunakan Kartu Kredit BRI

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara menggunakan kartu kredit BRI, yakni:

1. Berapa Bunga Kartu Kredit Bank Bri?

Secara umum, bunga kartu kredit BRI dibatasi maksimal 3%. Sedangkan suku bunga pembelanjaan adalah 2,95 persen jika konsumen membayar penuh. Rp5 juta hingga Rp24,9 juta adalah batasannya.

2. Berapa Denda Telat Bayar Kartu Kredit?

Menurut kebijakan baru, denda keterlambatan pembayaran untuk kartu kredit adalah 1% dari seluruh jumlah, hingga Rp 100.000.

3. Kartu Kredit BRI Bisa Digunakan Untuk apa Saja?

Kartu kredit BRI diterima di lokasi bermerek Visa dan MasterCard di seluruh dunia. Berbelanja itu sederhana dan tingkat pembiayaan tidak mahal. Semua ATM dengan logo Visa atau MasterCard menyediakan layanan penarikan tunai.

BACA JUGA:

Cara Cek Tagihan Kartu Kredit Mandiri Paling Lengkap
Pinjaman KTA Online Tanpa Kartu Kredit Secara Mudah
Cara Mengurus ATM BNI Hilang Secara Mudah

Kesimpulan

Dari penjelasan disamping dapat kita simpulkan bahwa cara menggunakan kartu kredt BRI ini sangatlah mudah, kamu bisa memiliki kartu kredit BRI ini asalkan mengetahui syarat dan ketentuan yang berlaku.

Ketika kamu menerima kartu kredit BRI, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengaktifkannya. Sms, call center BRI dan BRI credit card mobile adalah pilihan untuk aktivasi.

Setelah berhasil mengaktifkan kartu kredit dan membuat kode pin, maka kartu kredit siap digunakan untuk verifikasi rekening PayPal, pembayaran online dan penarikan tunai dari ATM.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.