Pinjaman KTA Online Tanpa Kartu Kredit Secara Mudah

Infoyunik.com – Untuk saat ini sudah banyak pilihan layanan KTA online tanpa kartu kredit yang bisa dimanfaatkan untuk memperoleh pinjaman. Layanan KTA ini tanpa kartu kredit sangat bisa diperoleh mulai dari lembaga keuangan bank, fintech atau pinjaman online, hingga digital banking.

KTA (Kredit tanpa agunan) Online melalui fintech memiliki persyaratan yang lebih sederhana. Bahkan ada beberapa pilihan pinjaman KTA online melalui finctech bisa diperoleh dengan bermodalkan e-KTP.

Hanya saja, bunga cicilan tanpa kartu kredit finctech jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan KTA tanpa kartu kredit dari sejumlah bank. Jadi tetap KTA ini tanpa kartu kredit bisa menjadi solusi buat kamu yang ingin menghindari bunga tinggi.

Sebelum kamu mengetahui 10 pilihan KTA tanpa kartu kredit yang bisa kamu ambil, tentu lebih baik kalau kamu paham terlebih dulu seluk beluk mengenai KTA tanpa kartu kredit.

Apa itu KTA Tanpa Kartu Kredit

Apa itu KTA Tanpa Kartu Kredit

KTA online tanpa kartu kredit adalah pinjaman tanpa jaminan yang tidak memerlukan kepemilikan kartu kredit sebelumnya.

Mengapa kartu kredit masih sering dibutuhkan saat mengajukan KTA? Yang biasanya membutuhkan kepemilikan kartu kredit minimal satu tahun. Tujuannya adalah agar bank bisa melihat riwayat penggunaan kartu kredit nasabah.

Penggunaan kartu kredit ini akan memperlihatkan apakah calon debitur membayar pembayaran kartu kredit tepat waktu atau sering terlambat dan merepotkan.

Semua ini diperhitungkan oleh pihak bank sebelum melakukan pinjaman tanpa agunan. Saat ini, beberapa bank menyediakan layanan KTA tanpa mensyaratkan penggunaan kartu kredit.

Tentu saja, hal ini menjadi angin segar bagi kamu yang sedang mencari pinjaman untuk modal kerja, namun tidak memiliki kartu kredit yang sebelumnya diwajibkan sebagai prasyarat pengajuan kredit.

Yang harus kamu ketahui adalah bahwa bank mengenakan suku bunga yang bervariasi untuk nasabah kartu kredit dan non-kartu kredit. Tanpa kartu kredit, suku bunga yang diberikan dalam KTA sering kali lebih besar daripada KTA standar.

Jadi, jika kamu membutuhkan pinjaman dalam jumlah besar namun hanya membutuhkannya dalam jangka waktu yang terbatas, produk KTA tanpa kartu kredit ini adalah pilihan yang baik.

Pinjaman jangka pendek ini cocok untuk kebutuhan mendesak yang juga bersifat sementara. Perbaikan rumah, pernikahan, biaya sekolah, dan kebutuhan medis adalah beberapa contohnya.

Syarat Pengajuan KTA Tanpa Kartu Kredit

Pengajuan KTA tanpa kartu kredit ini sebenarnya sama dengan pengajuan KTA biasa. Prosedurnya sekarang bisa melalui online atau offline di bank-bank yang memberikan fasilitas ini.

Tentu saja kamu harus memenuhi beberapa syaratnya terlebih dahulu. Apa saja syarat pengajuan KTA tanpa kartu kredit, yakni adalah:

  • Memiliki penghasilan bulanan yang sesuai dengan produk KTA tanpa mengajukan kartu kredit. Sebagai contoh, beberapa bank menuntut calon peminjam untuk memiliki pendapatan bulanan yang stabil sebesar Rp 6 juta untuk mendapatkan kredit.
  • Pemohon kredit harus berusia di atas 21 tahun.
  • Pemohon kredit berusia di bawah 55-60 tahun pada saat pelunasan.

Selain kriteria tersebut, ada dokumentasi yang harus dilengkapi saat mengajukan KTA tanpa kartu kredit. Kebutuhan dokumen secara umum ditunjukkan di bawah ini. Secara detail, setiap bank memiliki aturannya masing-masing, yaitu sebagai berikut:

  • Fotokopi KTP atau KITA.
  • Dokumentasi pendapatan (slip gaji atau SPT pajak).
  • Salinan rekening tabungan (3 bulan terakhir).
  • Salinan lisensi profesional
  • NPWP.
  • Fotokopi akta pendirian, SIUP atau TDP.
  • Selain itu, saat mengajukan KTA ini, bank biasanya akan memeriksa rasio utang kamu. Jumlahnya tidak boleh melebihi 30% dari keseluruhan pendapatan kamu.

Bagaimana rasio utang ini dihitung? Sebagai contoh, misalkan pendapatan bulanan kamu adalah Rp7 juta. kamu harus membayar cicilan rumah sebesar Rp2 juta dan cicilan motor sebesar Rp500 ribu setiap bulannya.

Ini menandakan bahwa total utang yang harus dilunasi setiap bulannya adalah Rp2,5 juta. Rasio utangnya adalah sebagai berikut: Rp 2,5 juta/Rp 7 juta X 100% = 35,7 persen.

Jenis KTA Tanpa Kartu Kredit

Jenis KTA Tanpa Kartu Kredit

Hingga saat ini sudah tersedia cukup banyak produk pinjaman tanpa kartu kredit yang ditawarkan oleh lembaga perbankan maupun tidak perbankan. Langsung saja kamu bisa perhatikan baik-baik rekomendasi daftar KTA tanpa kartu kredit berikut ini:

Baca Juga:  Syarat dan Cara Membuat Npwp Online di Hp

Hingga kini, sudah tersedia cukup banyak produk pinjaman tanpa kartu kredit yang ditawarkan oleh lembaga perbankan maupun non perbankan. Nah, daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik rekomendasi daftar KTA tanpa kartu kredit berikut ini.

1. Permata

Bank Permata adalah pemilik bentuk KTA pertama yang tidak memerlukan kartu kredit. Permata Bank menyediakan produk KTA dengan suku bunga menarik mulai dari 1,79% dan jangka waktu pinjaman mulai dari 12 hingga 24 bulan. Nasabah kini dapat mengajukan KTA Permata secara online, hal yang tidak biasa.

2. Hana Bank

Yang berikutnya Hana Bank adalah menyediakan solusi pinjaman tanpa jaminan kepada kliennya serta mereka yang tidak membutuhkan kartu kredit.

Di mana bank membebankan suku bunga tetap bulanan sebesar 0,95% dengan jangka waktu mulai dari 12 bulan hingga 36 bulan hingga 60 bulan.

3. Bank DBS

Sebagai salah satu pelopor perbankan digital, DBS juga menawarkan kredit tanpa agunan (KTA) dengan suku bunga bulanan mulai dari 0,88% hingga 1,49%.

Perlu diingat bahwa semakin rendah suku bunga, semakin tinggi limit pinjaman KTA. DBS memiliki limit pinjaman mulai dari Rp 20 juta hingga Rp 300 juta untuk KTA.

4. Instan Dana Cinta CTBC

KTA tanpa kartu kredit berikutnya adalah KTA Instan Dana Cinta dari Bank CTBC. KTA bank CTBC memiliki suku bunga rendah sekitar 1,89% per bulan.

Dengan jangka waktu pembayaran mulai dari 12 bulan, 36 bulan hingga 60 bulan. Jumlah limit pinjamannya sendiri bisa melebihi Rp 200 juta.

5. CIMB Niaga Xtra Dana

CIMB Niaga tidak mau kalah dengan bank lain, menawarkan produk KTA yang diberi nama Xtra Dana. CIMB Niaga memberikan pinjaman dana tunai cepat dengan limit maksimal Rp 300 juta dan jangka waktu pelunasan 60 bulan. Suku bunganya juga cukup rendah, sekitar 1,79%.

6. CommBank

Saran berikutnya adalah KTA yang tidak membutuhkan kartu kredit datang dari CommBank atau Commonwealth Bank.

Tergantung dari jangka waktu pinjaman, KTA bank commonwealth menghitung suku bunga flat 1,99% setiap bulannya. KTA CommBank memiliki keuntungan karena tidak membebankan biaya administrasi kepada nasabahnya.

7. Bank Danamon

KTA dana instant merupakan instrumen pinjaman tanpa jaminan yang ditawarkan oleh bank Danamon. Danamon menyediakan limit pinjaman produk KTA hingga Rp 200 juta, dengan suku bunga mulai dari 1,19%.

KTA Danamon diperuntukkan bagi nasabah yang berpenghasilan minimal Rp 3 juta per bulan sebagai pekerja, profesional, atau wiraswasta.

8. BNI Fleksi

BNI Fleksi adalah produk kredit tanpa agunan yang tersedia bagi pekerja aktif dengan gaji bulanan yang telah ditetapkan.

Limit tertinggi yang dapat diajukan oleh nasabah BNI terkait dengan barang KTA adalah Rp 500 juta dengan jangka waktu maksimal 15 tahun. Perlu diingat bahwa layanan ini hanya tersedia bagi nasabah yang pembayaran gajinya melalui BNI.

9. BSI

Jika kamu menginginkan produk KTA yang tidak membutuhkan kartu kredit dan menganut aturan Syariah, BSI mungkin bisa menjadi alternatif terbaik.

Sedangkan BSI menyediakan produk pinjaman tanpa agunan bernama Mitraguna Online yang dapat diajukan nasabah.

Namun, agar prosedur pengajuan Mitraguna Online dapat diterima dan diotorisasi, nasabah harus menjadi pengguna BSI Mobile yang terdaftar.

10. Bank Mandiri

Bank Mandiri adalah salah satu bank BUMN besar di Indonesia, juga menyediakan fasilitas pinjaman tanpa jaminan yang dikenal sebagai kredit serbaguna Mandiri (KSM) bagi nasabahnya.

Nasabah Mandiri dapat mengajukan permohonan KSM jika mereka telah bekerja sebagai karyawan tetap selama satu tahun dan memiliki gaji bulanan minimal Rp 3 juta.

11. Asetku Akulaku

Jika yang disebutkan di atas adalah produk pinjaman tanpa jaminan dari lembaga keuangan, kali ini kami akan memberikan layanan KTA dari startup fintech, Akulaku. KTA Asetku Akulaku adalah layanan pinjaman tanpa jaminan dari Akulaku.

Karena Akulaku merupakan perusahaan teknologi digital, maka proses pengajuannya pun dilakukan secara online. Tentu saja hal ini semakin menguntungkan bagi penggunanya karena prosedur pengajuannya bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja selama semua syarat dan kriteria terpenuhi.

Baca Juga:  Cara Mengirim Pulsa ke Nomor Lain yang Beda Operator

12. UangTeman

UangTeman, startup fintech, menjadi rekomendasi terakhir untuk KTA tanpa kartu kredit. Jangan khawatir soal keamanan karena UangTeman diawasi dan diatur langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

UangTeman menyediakan produk KTA dengan nilai pinjaman maksimal Rp 1 juta hingga Rp 6 juta yang harus dikembalikan antara 10 hingga 30 hari.

Salah satu prasyarat utama untuk memenuhi syarat mendapatkan KTA di UangTeman adalah pengguna memiliki penghasilan bulanan yang konsisten.

13. Jenius BTPN Flexi Care

Flexi Care adalah fasilitas KTA persembahan Jenius yang tidak membutuhkan kartu kredit. Untuk mengajukan pinjaman Flexi Care, kita harus mengunduh aplikasi Jenius terlebih dahulu yang bisa diakses di Google Play dan Apple App Store.

Jumlah kredit tertinggi yang bisa diajukan adalah Rp50 juta, dengan jangka waktu kredit maksimal 36 bulan. Suku bunganya pun relatif murah, berkisar antara 1% hingga 2% setiap bulannya. Jika pengajuan KTA diterima, pinjaman akan cair dalam waktu 24 jam.

Kelebihan dan Kekurangan KTA Tanpa Kartu Kredit

Kelebihan dan Kekurangan KTA Tanpa Kartu Kredit

Yang memiliki sejumlah keunggulan, namun bukan berarti KTA tanpa kartu kredit tidak memiliki kelemahan sedikitpun.

Sebagaimana bahan pertimbangan sebelum mengajukannya, dibawah ini akan kami berikan sejumlah kelebihan serta kekurangannya yakni:

1. Kelebihan

Berikut adalah kelebihannya yakni:

  1. Limit pinjamannya pun terbilang tinggi. KTA ini mungkin bisa menjadi solusi bagi kita yang menginginkan keuangan baru dalam waktu cepat. Limit pinjaman yang diberikan juga cukup besar. Jadi kebutuhan mendesak kamu, termasuk dana tunai untuk bekerja, bisa terpenuhi.
  2. Tidak perlu kartu kredit. Program KTA ini, seperti namanya, tidak mengharuskan calon debitur untuk memegang kartu kredit. Hal ini sangat menguntungkan bagi kamu yang tidak memiliki kartu kredit. Tidak perlu membuat kartu kredit sebelum mengajukan KTA.
  3. Dana disalurkan dengan cepat. Jika kamu telah memenuhi semua syarat dan menyerahkan semua dokumen yang dibutuhkan, bank akan langsung mencairkan jumlah yang kamu minta.
  4. Suku bunga yang kompetitif. Suku bunga pinjaman lebih murah daripada yang harus kamu bayarkan jika meminjam melalui fintech. Selain itu, bunga KTA ini sangat kompetitif antar bank.
  5. Syarat yang sederhana dan jangka waktu pengembalian yang panjang. Calon debitur harus memenuhi standar yang relatif sederhana. Secara umum, pengajuan KTA tanpa kartu kredit prosesnya sama dengan pengajuan KTA konvensional. Waktu pengembaliannya pun bervariasi, bisa jangka pendek atau panjang.

2. Kekurangan

Berikut ini adalah kekurangan yakni:

  1. Jumlah pinjaman ditentukan oleh karier dan pendapatan kamu.
  2. Tingkat bunga cukup tinggi.
  3. Jangka waktu pinjaman terbatas.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab serta kta online tanpa kartu kredit, yakni:

Bisakah Kta Bca Tanpa Kartu Kredit?

Selain layanannya, menawarkan produk pinjaman KTA yang tidak memerlukan kartu kredit BCA, yang populer di kalangan konsumennya.

Hal ini dikarenakan pinjaman KTA BCA memiliki suku bunga yang sangat rendah. Sayangnya, mengajukan pinjaman KTA BCA tidak sesederhana kelihatannya.

Apa Nama KTA Online yang Merupakan KTA Tanpa Kartu Kredit dan Payroll?

Berikut ini adalah lima nama KTA online yang tidak perlu kartu kredit atau payroll: Sejak tahun 2015, UangTeman telah menjadi pelopor pembiayaan lewat internet.

Limit kreditnya mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 6 juta, dan harus dikembalikan dalam waktu 10 hingga 30 hari. UangTeman adalah aplikasi pinjaman yang tidak membutuhkan kartu kredit.

Kta Bank Apa yang Tidak Pakai Kartu Kredit?

KTA Tanpa Kartu Kredit adalah jenis produk pinjaman KTA di mana calon peminjam bisa mendapatkan uang pinjaman KTA online meskipun tidak memiliki kartu kredit atau riwayat kredit sebelumnya.

Kebanyakan produk KTA mensyaratkan calon peminjam untuk memiliki setidaknya satu tahun kepemilikan kartu kredit.

BACA JUGA:

Cara Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan dan Syarat Pengajuannya
Aplikasi Pinjaman Uang Tanpa Jaminan Secara Online
Apa itu Mutasi Rekening? Cara dan Fungsinya

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas bisa disimpulkan KTA online tanpa kartu kredit ini sudah ditawarkan oleh sejumlah lembaga, baik itu lembaga perbankan maupun non perbankan.

Baca Juga:  Syarat dan Cara Buat Rekening Online BSI Paling Mudah

Selanjutnya masing-masing produk KTA tersebut juga memiliki sejumlah keunggulan serta kekurangan yang harus diperhatikan.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.