Cara Transfer Melalui M Banking Bca Secara Mudah

Infoyunik.com – Apakah kamu pernah saat lagi di jalan diminta untuk melakukan transfer dana ke orangtua atau saudara? Tapi kamu sudah tahu cara transfer melalui M Banking BCA? Untuk jaman sekarang jaman semakin canggih kamu tidak perlu repot-repot ke atm.

Melalui M Banking ini kamu bisa transaksi keuangan seperti transfer dana baik ke sesama pengguna bank yang digunakan maupun antara bank.

Salah satu bank yang memiliki sistem Mobile Banking yakni adalah bank BCA. Tetapi untuk menggunakan Mobile Banking untuk transaksi transfer. Nah untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Apa itu BCA Mobile

Apa itu BCA Mobile

BCA Mobile ini sendiri merupakan platform yang memudahkan setiap nasabah BCA untuk melakukan transaksi non tunai tanpa perlu mengunjungi bank atau mesin ATM dan cukup menggunakan smartphone.

Untuk dapat mengakses layanan ini, kamu juga harus memiliki pulsa atau kouta internet atau setidaknya bisa terhubung dengan koneksi internet melalui sinyal wifi.

Dalam aplikasi BCA Mobile terdapat berbagai macam layanan, yaitu dimana salah satunya adalah layanan Mobile Banking BCA atau yang bisa disebut dengan m-BCA. Selain m-BCA dalam aplikasi BCA Mobile ini juga terdapat menu KlikBCA dan InfoBCA.

Registrasi dan Aktivasi Mobile Banking BCA

Sama seperti menggunakan setiap aplikasi yang terdapat di smartphone, untuk mendapatkan akses layanan Mobile Banking BCA ini kamu harus mengaktifkan layanan tersebut terlebih dahulu dan bisa meregistrasikan rekening yang digunakan.

Untuk melakukan registrasi dan pengaktifkan layanan Mobile Banking BCA bawa KTp, buku tabungan dan smartphone yang dimiliki ke bank BCA yang terdekat.

Kamu juga cukup mengambil nomor antrian untuk menggunakan layanan customer service bank BCA, lalu informasikan kepada petugas customer service bahwa hendak mengaktifkan layanan Mobile Banking BCA.

Petugas akan meminta kamu untuk mengunduh dan menginstal aplikasi BCA mobile di Play Store untuk handphone yang berbasis android dan untuk pengguna iOS bisa mendownload melalui AppStore.

Setelah selesai mendownload aplikasi, pihak petugas akan melakukan registrasi dan mengaktifkan layanan Mobile Banking BCA. Untuk biasanya pihak BCA akan meminta kamu untuk membuat kode akses aplikasi.

Kode akses aplikasi tersebut berupa 6 karakter yang berisi angka dan huruf. Setelah itu, petugas akan memperoses dan jika sudah selesai petugas akan menginformasikannya kepada kamu.

Cara Mendaftarkan Nomor Rekening Untuk Transfer

Cara Mendaftarkan Nomor Rekening Untuk Transfer

Setelah mengaktifkan M-Banking BCA melalui bank, maka langkah selanjutnya kamu harus mendaftarkan nomor rekening untuk tujuan transfer. Untuk caranya sebagai berikut ini:

  1. Untuk mengakses menu layanan Mobile Banking atau M-Banking, gunakan aplikasi BCA Mobile dan masukkan 6 digit nomor password.
  2. Ada dua jenis transfer: “Antar rekening” dan “Antar bank”. Kamu dapat mendaftarkan tiga rekening sekaligus jika kamu mendaftarkan nomor rekening BCA pendamping. Namun, kamu hanya dapat mendaftarkan satu rekening sebagai penerima uang lintas bank.
  3. Jika kamu lebih suka mentransfer dana antar rekening, masukkan nomor rekening penerima dan pilih “kirim” dari menu untuk mendaftarkan nomor rekening penerima. Ponsel kamu akan secara otomatis mengirimkan SMS ke bank BCA untuk mendaftarkan nomor tersebut, dan biaya transaksi registrasi nomor rekening penerima sebesar Rp 1.500 akan diambil dari pulsa kamu.
  4. Langkah selanjutnya adalah memvalidasi nama penerima uang transfer dengan data penerima dana transfer yang akan muncul saat SMS dikeluarkan.
  5. Perhatikan lampu indikator di pojok kanan atas dan pastikan selalu berwarna hijau. Lampu indikasi hijau digunakan untuk memastikan kestabilan sinyal.
  6. Setelah kamu menyelesaikan proses registrasi nomor rekening, maka nomor rekening tersebut akan disertakan dalam transfer kamu. Karena registrasi nomor rekening hanya berlaku satu kali, maka nomor rekening yang didaftarkan akan langsung tersimpan dan kamu akan dapat mengakses daftar penerima transfer melalui menu transfer.
Baca Juga:  Cara Mengubah Alamat Pengiriman di Shopee Lewat Hp

Cara Transfer Lewat M Banking BCA

Setelah layanan finansial aktif, maka kamu bisa menggunakan M-Banking BCA untuk transfer ke sesama BCA ataupun beda bank. Bagi yang penasaran ingin mengetahui cara transfer lewat M Banking BCA untuk itu kamu bisa mengikuti caranya:

Sesama BCA

  1. Bukan aplikasi m-BCA yang sudah diinstal sebelumnya pada smartphone.
  2. Selanjutnya, pada ponsel, buka opsi “m-BCA”.
  3. Kemudian pilih opsi “M-Transfer”.
  4. Selanjutnya, pilih “Antar rekening,” diikuti dengan “Mata uang (Rp, Usd atauSgd).”
  5. Kemudian masukkan jumlah yang akan ditransfer.
  6. Masukkan nomor rekening yang akan ditransfer sebagai no rekening tujuan.
    Cukup masukkan pin m-BCA yang diperoleh saat mengaktifkan akun m-BCA.
  7. Kemudian akan terbuka menu untuk memasukkan informasi “Berita”. Kamu dapat mengganti atau membuat konsesi.
  8. Tunggu beberapa detik untuk pesan dengan informasi tentang transaksi transfer, apakah berhasil atau tidak.
  9. Jika kamu memiliki lebih dari satu rekening yang terhubung dengan rekening M-Banking BCA kamu, kamu dapat memilih terlebih dahulu nomor rekening mana yang akan digunakan sebelum mencoba metode transfer yang disebutkan di atas melalui M-Banking BCA.

Antar Bank

Melakukan transfer dengan M-Banking tidak hanya transfer sesama rekening saja, namun dapat digunakan dengan antara rekening. Adapun cara transfer lewat M-Banking BCA antara bank adalah sebagai berikut ini:

  1. Bukan aplikasi m-BCA yang sudah diinstal sebelumnya pada smartphone.
  2. Selanjutnya, pada ponsel, buka opsi “m-BCA”.
  3. Kemudian pilih opsi “m-BCA”.
  4. Selanjutnya, masuk ke opsi “m-Transfer”.
  5. Kemudian, untuk transfer ke bank BCA lain, pilih “Antar bank”.
  6. Selanjutnya, masukkan “Kode bank” tujuan.
  7. Cukup masukkan nomor rekening tujuan.
  8. Kemudian masukkan nominal yang akan ditransfer.
  9. Setelah itu, masukkan PIN m-BCA.
  10. Informasi data transaksi kemudian akan ditampilkan. Periksa apakah informasi yang ditampilkan sudah benar-benar akurat. Jika sudah benar, pilih ok atau yes untuk memasukkan nomor PIN m-BCA. Jika informasi yang diberikan tidak akurat, kamu dapat menunggu hingga pemberitahuan konfirmasi menghilang dan transaksi segera dibatalkan.
  11. Kemudian ketik pin m-BCA kamu dan klik ok.
  12. Tunggu beberapa detik hingga muncul informasi apakah transaksi berhasil atau tidak berhasil.

Limit Transfer BCA

Limit Transfer BCA

Pembatasan limit transfer harian BCA ini bertujuan untuk melindungi nasabah dari tindakan kriminal seperti penyalah gunaan kartu atm yang hilang.

Batas Maksimal dan biaya transfer BCA juga dibedakan berdasarkan jenis transaksi dan kartu yang dimiliki nasabah. Selain itu limit transfer juga berbeda-beda berdasarkan alat-alat yakni atm dan e banking:

Platinum

  • ATM BCA
    BCA: Rp 100 juta
    Bank Lain: Rp 25 juta
  • M-Banking
    BCA: Rp 100 juta
    Bank lain: Rp 25 juta
  • E-Banking
    BCA: Rp 100 juta
    Bank lain: Rp 25 juta

Blue

  • ATM BCA
    BCA: Rp 50 juta
    Bank Lain: Rp 15 juta
  • M-Banking
    BCA: Rp 25 juta
    Bank lain: Rp 10 juta
  • E-Banking
    BCA: Rp 50 juta
    Bank lain: Rp 15 juta

Gold

  • ATM BCA
    BCA: Rp 75 juta
    Bank Lain: Rp 20 juta
  • M-Banking
    BCA: Rp 50 juta
    Bank lain: Rp 10 juta
  • E-Banking
    BCA: Rp 75 juta
    Bank lain: Rp 20 juta

Sejarah BCA

Berikut ini adalah sejarah dari BCA yang perlu kamu ketahui.

1981

Sebagai cikal bakal PT. BCA finance, PT Central sari metropolitan leasing corporation (CSML) didirikan dengan fokus bisnis pada pembiayaan komersial, seperti pembiayaan mesin-mesin produksi, alat berat, dan transportasi, dan pemegang sahamnya antara lain PT Bank central asia dan japan leasing corporation.

Baca Juga:  Rekomendasi Kado Ulang Tahun Buat Mama

Setelah itu, Perusahaan mendapatkan pembaharuan izin usaha di bidang lembaga pembiayaan, yang memungkinkannya untuk melakukan bisnis sebagai lembaga pembiayaan, yang meliputi pembiayaan konsumen, leasing, anjak piutang, dan aktivitas kartu kredit.

2001

Pada tahun 2001, PT. Bank central asia secara resmi mengambil alih kepemilikan mayoritas perusahaan, mengganti namanya menjadi PT. Central sari finance (CSF), dan mengalihkan penekanan bisnisnya ke pembiayaan kendaraan bermotor, terutama yang beroda empat atau lebih, dengan persyaratan yang telah direvisi.

2002

Untuk melengkapi kegiatan pembiayaan mobil baru yang sudah berjalan, perusahaan ini mulai masuk pada pasa pembiayaan mobil bekas.

2003

Dan untuk melayani nasabah BCA, perusahaan ini bekerjasama dengan BCA mulai memasarkan pembiayaan bagi nasabah BCA.

2005

Ini untuk demi memperkuat branding di masyarakat nama perusahaan diubah menjadi PT. BCA finance.

2007

Pada ulang tahun BCA yang ke-50, BCA finance meluncurkan pembiayaan “Bunga rendah” yang diterima dengan baik oleh masyarakat dan secara konsisten menjadi andalan BCA Finance di pasar pembiayaan Indonesia.

2011- 2012

Perusahaan dengan cepat mengembangkan jaringan kantor cabang di seluruh Indonesia.

2013

Perusahaan ini membedakan penawaran tenor panjangnya (Fix n cap) dalam pembiayaan Mobil Baru (Cs mobil baru) dan Mobil Bekas (Cs mobil bekas) dengan tenor hingga 6 tahun dan memenangkan Rekor MURI.

2015

Mengimbangi pertumbuhan pembiayaan mobil baru yang berkembang pesat pada tahun-tahun sebelumnya, Perusahaan memperbesar skala pembiayaan pada mobil bekas (CS used car).

2020

Adanya masa epidemi Covid-19, yang mempercepat transformasi digital, secara progresif mengkatalisasi perubahan perilaku masyarakat saat mereka memasuki era digital.

Perusahaan bereaksi terhadap masalah ini dengan mendorong transformasi digital di dalam Perusahaan, termasuk pemasaran, layanan, dan prosedur operasional umum.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara transfer melalui m banking BCA, yakni:

Apakah Menggunakan M Banking BCA Dikenakan Biaya?

Biaya admin untuk transfer uang antar bank melalui mobile banking (M-BCA) Rp 7.500 akan dibayarkan untuk transfer yang dilakukan melalui mobile banking BCA.

Kenapa Saldo ATM BCA Berkurang 50 Ribu?

Dengan demikian, perbedaan saldo Rp 50.000 pada menu informasi saldo dan mutasi rekening klikBCA disebabkan oleh adanya ketentuan saldo minimum settlement untuk rekening Tahapan. Untuk saldo efektif, dapat diakses pada menu informasi saldo.

Apa Yang Terjadi Jika Saldo BCA?

Rekening otomatis ditutup. Sistem BCA akan menutup rekening tahapan, tapres, tahapan gold, tahapan xpresi, tabunganKu, dan BCA Dollar apabila saldonya 0 (nol) dan tidak ada aktivitas keuangan selama 12 bulan berturut-turut.

BACA JUGA:

Apa Itu User ID Bca? Inilah Cara dan Contohnya
Cara Top Up Ovo Bca dari Hp Dengan Mudah
Apa itu Nomor Rekening? Fungsi dan Manfaatnya

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kamu simpulkan bahwa cara transfer melalui m banking bca ini kamu pastikan menyimpan kode akses dan pin m-BCA di tempat aman agar account banknya terhindar dari penyusupan yang memungkinkan bisa mengurus dana yang dimiliki.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.