Cara Menggunakan E Money Mandiri dengan Mudah

Infoyunik.com – Cara menggunakan E Money Mandiri ini sangatlah mudah, alat pembayaran ini bukanlah dalam bentuk kredit maupun penyimpanan di dalam bank tetapi kamu akan memiliki uang dalam bentuk elektronik.

Uang elektronik ini sangatlah mudah digunakan karena hanya tinggal di tap saja ke mesin pembaca uang elektronik ini. Sudah ada banyak perusahaan yang mengeluarkan uang elektronik ini.

E Money Mandiri ini merupakan uang elektronik yang banyak digunakan orang-orang karena kemudahaan dalam menggunakannya.

Uang elektronik atu digital ini diterbitkan oleh Mandiri ini bisa kamu gunakan untuk pembayaran banyak hal, yang tadinya membutuhkan uang tunai.

Dengan uang elektronik ini kamu tidak harus menenteng-nenteng uang tunai dengan jumlah yang banyak untuk membeli sesuatu. Nah untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Apa Itu E Money Mandiri

Apa Itu E Money Mandiri

E Money Mandiri ini merupakan uang elektronik yang diterbitkan oleh perusahaan Mandiri untuk membantu penggunanya dalam membayar sesuatu dalam bentuk transaksi digital yang digunakan sebagai pengganti transaksi tunai.

Uang elektronik ini juga memiliki saldo maksimum tersendiri dengan masa berlaku yang tidak terbatas sehingga bisa digunakan sampai seumur hidup.

Sekilas Tentang E Money

E Money Mandiri ini merupakan uang elektronik yang diterbitkan oleh bank Mandiri kartu. Kartu ini juga bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan transaksi kamu di Indonesia.

Saat kamu menggunakan kartu ini, kamu bisa melakukan berbagai transaksi digital sebagai pengganti dari uang tunai.

Uang elektronik ini menggunakan teknologi (Radio frequency identification) RFID yang membuat pengguna dari kartu ini bisa melakukan transaksi hanya lewat sentuhan dalam hitungan detik saja.

Fasilitas E Money Mandiri

Fasilitas E Money Mandiri

Jika tadi sudah mengetahui apa itu E Money Mandiri, untuk selanjutnya kita akan bahas fasilitas apa saja di E Money Mandiri, sebagai berikut ini:

  1. E Money Mandiri menggunakan teknologi RFID (Radio frequency identification) yang memudahkan pemegang kartu untuk melakukan transaksi dengan cara tapping atau menempelkan kartu pada reader.
  2. Saldo uang yang tersimpan di kartu dijamin aman.
  3. Tidak diperlukan tanda tangan atau PIN saat melakukan transaksi. Tidak seperti ATM atau kartu kredit. Kamu hanya perlu mengetuk kartu pada mesin.
  4. Kamu dapat dengan mudah melakukan top up kartu di berbagai channel yang telah bekerjasama dengan Bank Mandiri, salah satunya minimart.
  5. Maksimal top up kartu E Money adalah Rp20 juta per bulan.
  6. Saldo maksimal yang tersimpan di kartu E Money adalah Rp1 juta per kartu dan tidak ada bunga.
  7. Kartu E Money ini bisa dimiliki oleh siapa saja. Tidak harus menjadi nasabah Bank Mandiri. Jadi bagi kamu yang tidak memiliki tabungan Bank Mandiri, kamu tetap bisa memiliki E Money.
  8. Kartu E Money juga bisa dipindahtangankan selama kartu fisiknya berpindah.

Cara Menggunakan E Money Mandiri

Cara Menggunakan E Money Mandiri

Mungkin jika kamu baru menggunakan kartu ini, kamu pasti kesulitan untuk memahami cara penggunaanya. Sebenarnya cara untuk menggunakannya sangatlah mudah.

Kita akan memberi cara penggunannya untuk member apa transaksi yang sering dilakukan banyak orang. Berikut ini adalah cara menggunakan E Money Mandiri yang perlu kamu ketahui:

1. Gerbang Tol

Ada tiga cara menggunakan E Money Mandiri kamu di pintu tol. Yang pertama adalah di gardu manual. Di sini kamu bisa menyerahkan kartu kamu ke kasir tol. Kemudian kartu tersebut akan ditempelkan ke card reader di gardu tol.

Jika transaksi berhasil, maka saldo kartu kamu akan berkurang sesuai dengan tarif tol. Yang kedua adalah gardu tol otomatis. Di gardu ini kamu hanya perlu menempelkan kartu secara mandiri pada mesin pembaca.

Jika transaksi berhasil, maka saldo pada kartu kamu akan berkurang sesuai dengan tarif tol. Kemudian di gardu otomatis yang memiliki tanda e-toll pass.

Di gardu ini kamu harus berkendara dengan kecepatan 10km perjam. Jika transaksi kamu berhasil, akan terdengar bunyi beep dua kali. Gerbang juga akan terbuka secara otomatis dan saldo kamu akan berkurang.

2. Tempat Parkir

Ada dua cara bagi kamu untuk menggunakan E Money kamu di tempat parkir. Yang pertama adalah terminal parkir manual. Di sini kamu dapat menyerahkan kartu kamu ke kasir dan kemudian kartu akan ditempelkan ke mesin pembaca pada kartu parkir.

Baca Juga:  Syarat dan Cara Buat Rekening Online BSI Paling Mudah

Jika transaksi berhasil, saldo kamu akan terpotong. Yang kedua adalah terminal parkir elektronik. Kamu akan memilih jenis kendaraan, memasukkan nomor polisi kendaraan.

Dan juga memasukkan durasi parkir pada mesin yang tersedia. Total biaya parkir akan muncul kemudian kamu bisa mengkonfirmasinya. Tempelkan kartu E Money kamu ke mesin, jika berhasil, struk akan keluar.

3. Toko Retail

Untuk cara menggunakan E Money Mandiri yang ketiga di toko ritel, kamu dapat menyerahkan kartu Mandiri E Money kamu kepada kasir atau petugas toko. Kartu akan ditempelkan ke mesin pembaca di toko. Jika transaksi berhasil, saldo kamu akan terpotong.

4. Transjakarta

Mandiri E Money juga bisa digunakan untuk TransJakarta, Trans Jogja, atau Batik Solo Trans. Cara menggunakan E Money Mandiri adalah dengan menempelkan kartu Mandiri E Money kamu ke mesin pembaca di halte atau bus. Jika transaksi berhasil, saldo E Money kamu akan berkurang sesuai dengan tarif yang berlaku.

Itulah beberapa cara untuk mengecek saldo Mandiri E Money. Di atas juga terdapat berbagai cara untuk mengisi ulang Mandiri m-one yang kamu miliki.

Mengecek saldo dan mengisi ulang saldo sangat penting untuk dilakukan agar kamu bisa melakukan transaksi dengan nyaman.

Cara Isi Ulang atau Top Up E Money Mandiri

Cara Isi Ulang atau Top Up E Money Mandiri

Setelah kamu mengetahui cara menggunakan E Money Mandiri kamu pastinya ingin tahu bagaimana cara top up E Money Mandiri. Berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan, antara lain:

1. Melalui ATM Mandiri

Yang pertama, kamu bisa memasukkan kartu Mandiri Debit kamu ke mesin ATM. Kemudian kamu harus memasukkan nomor PIN kamu untuk masuk ke menu. Lanjutkan dengan memilih menu E Money dan pilih menu top-up.

Kamu dapat menentukan jumlah nominal yang ingin kamu top up dengan memilih nominal yang sudah tersedia atau memilih jumlah lain yang kamu inginkan.

Konfirmasikan jumlah nominal dan jika sudah kamu dapat menekan lanjutkan. Letakkan kartu E Money pada mesin pembaca kartu yang memiliki tanda logo isi ulang. Jika berhasil, maka akan muncul struk dari mesin ATM.

2. Aplikasi

Kamu bisa mengunduh aplikasi Mandiri E Money terlebih dahulu. Lakukan registrasi dengan mengisi form yang ada di aplikasi tersebut.

Pastikan smartphone kamu memiliki fitur NFC dan sudah menyala. Setelah itu, kamu bisa login ke aplikasi. Tempelkan kartu E Money kamu ke bagian belakang smartphone kamu.

Dengan cara ini kamu akan mengetahui sisa saldo dan nomor kartu E Money kamu. Disini kamu juga bisa menentukan jumlah nominal yang akan kamu tambahkan ke dalam kartu.

Setelah menentukan jumlah nominal kamu bisa memasukkan nomor kartu debit, masa berlaku, dan kode CVV. Nantinya akan muncul kode OTP di smartphone kamu, dan kamu harus memasukkannya ke kolom kode otorisasi.

Jika awalnya kartu kamu masih terpasang, maka kamu bisa melepasnya terlebih dahulu, kemudian memasangnya lagi untuk melakukan top up. Tunggu hingga proses isi ulang selesai.

3. SMS

Buka telepon kamu dan tekan *141*6#. Kamu dapat menghubungi nomor ini. Setelah tersambung, pilih nomor 5 untuk membeli dan nomor 3 untuk mengisi ulang E Money.

Masukkan nomor E Money kamu dan jumlah yang ingin kamu isi ulang. Setelah itu, masukkan nomor PIN layanan mandiri SMS yang diminta.

Kamu harus mengupdate saldo kamu setelah melakukan ini. Update saldo bisa dilakukan di ATM Mandiri atau aplikasi Mandiri.

4. Aplikasi Mandiri Online

Buka Mandiri online dan pilih menu E Money. Kemudian pilih lagi menu top-up E Money. Nantinya kamu akan diminta untuk memasukkan data pada form top-up seperti nomor kartu, jumlah, dan sumber rekening.

Akan muncul halaman konfirmasi dan kode respon. Setelah berhasil melakukannya, kamu harus melakukan update saldo. Update saldo dapat dilakukan pada menu lihat atau update saldo atau di ATM Mandiri.

Baca Juga:  Begini Cara Membedakan Bukti Transfer Asli dan Palsu

5. Livin’ by Mandiri

Pertama, kamu dapat masuk ke aplikasi Livin. Login membutuhkan username dan password. Setelah itu, pilih E Money untuk masuk ke menu E Money.

Pilih isi ulang E Money untuk melakukan top up. Pilih kartu tujuan dan masukkan nomor kartu E Money kamu atau kamu bisa menggunakan ikon tap NFC jika kamu memiliki NFC. pilih rekening dan nominal uang. Masukkan M-PIN kamu dan transaksi berhasil.

Cabang Bank

6. Cabang Bank

Kamu bisa melakukan top up E Money di kantor cabang Mandiri terdekat. Kamu juga bisa membuat kartu E Money jika belum memilikinya.

Kamu akan dibantu oleh petugas Bank Mandiri hingga saldo E Money kamu terisi penuh. Kamu bisa memilih cara lain jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk datang ke cabang Bank Mandiri.

7. Merchant Retail

Kamu bisa melakukan top up Mandiri E Money dengan situs Tokopedia. Caranya adalah dengan membuka situs halaman Tokopedia Top Up E Money pada browser pencarian kamu.

Pilih jumlah uang yang ingin kamu isi ulang lalu klik bayar. kamu dapat memilih metode pembayaran yang kamu inginkan.

Setelah kamu memilih metode pembayaran, kamu harus melakukan pembayaran sesuai dengan metode yang telah kamu pilih. Setelah itu, kamu pasti akan memperbarui saldo kamu.

Ada juga cara lain dengan menggunakan aplikasi Tokopedia. Caranya tidak terlalu jauh berbeda. Pertama-tama kamu harus membuka aplikasi Tokopedia.

Pilih menu tagihan lalu masuk ke menu E Money. Di menu ini kamu harus memasukkan nomor kartu E Money yang kamu miliki.

Pilih jumlah uang yang ingin kamu bayarkan lalu klik beli atau bayar. Centang transaksi yang akan kamu lakukan kemudian klik lanjutkan.

Lakukan metode pembayaran sesuai dengan metode yang telah kamu pilih. Jangan lupa untuk mengupdate saldo kamu setelah berhasil melakukan transaksi.

8. ATM Link atau ATM dengan Logo ATM Bersama

Yang pertama kamu harus bisa melakukan kartu debit yang mmiliki logo ATM bersama di mesin ATM Mandiri, Setelah memasukkan kartunya

Kamu bisa memasukannya nomor PIN yang dilanjutkan dengan memilih menu transaksi lainnya. Pilih menu Mandiri prabayar dan kamu bisa tentukan jumlah nominal isi ulang.

Dan kamu bisa memilih nominal yang sudah tersedia pada mesin atau menentukan jumlah lainnya yang kamu inginkan.

Setelah itu lakukan konfirmasi terhadap jumlah nominal yang sudah kamu tetapkan dan jika sudah sesuai kamu bisa menekan “Ya”.

Tempelkan E Money Mandiri kamu kepada mesin yang memiliki logo isi ulang. Jika transaksi berhasil nantinya akan muncul struk pembayaran.

Tutorial Video  Cara  Menggunakan E Money Mandiri

Source YT AFS Daily

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara menggunakan E Money Mandiri, yakni:

Berapa Saldo Maksimal E-Money Mandiri?

Saldo dapat diisi ulang di berbagai channel Bank Mandiri, dengan maksimum isi ulang bulanan Rp20 Juta dan saldo tersimpan maksimum Rp2 Juta.

Apa Bedanya E-Money dan Flazz?

Perbedaannya terletak pada cara pengisian ulang atau top up saldo kedua kartu uang elektronik tersebut. Pengisian ulang atau top up saldo Flazz BCA agak terbatas, karena hanya bisa dilakukan di ATM dan EDC milik BCA, serta merchant-merchant bertanda khusus.

E-Money Apakah Ada Biaya Admin?

Bank mulai membebankan biaya administrasi merchant (Merchant discount rate) atau MDR untuk transaksi pembayaran yang melibatkan uang elektronik berbasis chip atau e-money.

Ketentuan tersebut mengacu pada kebijakan Bank Indonesia (BI) yang memberlakukan biaya transaksi 0,5 persen mulai 1 Maret 2021.

BACA JUGA:

Daftar Kode Bank Syariah Indonesia dan Cara Transfernya
Apa Saja Peran Bank Umum dan Bank Sentral
Cara Membayar Kartu Kredit BRI Secara Lengkap

Kesimpulan

Dari penjelasan dapat kita simpulkan bahwa cara menggunakan E Money Mandiri ini sangatlah mudah hanya tinggal di tap saja, tapi kamu juga jangan sampai lupa untuk mengisi saldo E Money Mandiri ini agar bisa dipergunakan terus.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.