Cara Aktivasi Kartu Kredit Bri Secara Mudah dan Aman

Infoyunik.com – Beberapa cara aktivasi kartu kredit BRI ini bisa kamu lakukan dengan secara mudah dan aman, baik melalui aplikasi, sms, ataupun call center BRI. Untuk meningkatkan keaman dalam pelayanannya.

BRI ini menerapkan aturan verifikasi kartu kredit BRI pin yang terdiri dari 6 digit angka. Semua kartu kredit ini yang tidak menggunakan pin akan ditolak secara otomatis ketika digunakan untuk berintraksi.

Persyaratan Buka Rekening BRI

Persyaratan Buka Rekening BRI

Salah satu bank yang milik pemerintah terbesar di Indonesia ini yaitu BRI ini menyediakan berbagai kemudahan bagi para nasabahnya. Berikut ini adalah syarat dan cara membuka rekening BRI:

  • KTP berfungsi sebagai bukti identitas diri.
  • Menyiapkan dana untuk setoran pertama, yang berkisar antara Rp10.000 hingga Rp250.000 tergantung bentuk tabungan yang dipilih.
  • Uang tunai Rp6.000 untuk mengganti materai.
  • Kamu dapat membawa kartu pelajar jika kamu seorang pelajar. Sedangkan BRI tipe junio harus didampingi oleh orang tua yang sebelumnya sudah pernah menabung di BRI.
  • Setelah melengkapi prasyarat, silahkan kunjungi kantor BRI setempat dan buat akun dengan customer service.

Cara Aktivasi Kartu Kredit BRI

Cara Aktivasi Kartu Kredit BRI

Terdapat tiga cara dalam proses aktivasi kartu kredit BRI yang dapat dipilih oleh nasabah. Ketiga cara aktivasi kartu kredit BRI tersebut dapat kamu lakukan lewat sms, call BRI, aplikasi BRI credit card mobile. Berikut ini adalah cara aktivasi kartu kredit BRI yang perlu kamu ketahui antara lain:

1. SMS

Untuk proses aktivasi kartu kredit BRI lewat sms, maka kamu harus melakukan pengiriman sms melalui nomer handphone yang telah terdaftar dalam sistem bank BRI. Lalu untuk aktivasinya, sebagai berikut ini:

  • Silakan buka menu pesan ponsel kamu.
  • Silahkan gunakan format penulisan pesan aktivasi sms berikut ini: KKBRI<spasi>AKT<spasi> 6 nomor kartu kredit digit pertama#4 Nomor kartu kredit digit terakhir#Tanggal lahir.
  • KKBRI AKT 123456 0987 12071996 adalah contoh sms.
  • Silahkan kirimkan format pesan sms tersebut ke 3300.
  • Mohon tunggu jawaban dari pihak bank mengenai keberhasilan aktivasi kartu kredit kamu.
  • Prosedur aktivasi kartu kredit telah berhasil diselesaikan.
  • Jika aktivasi kartu kredit melalui sms berhasil, kartu kredit nasabah belum bisa digunakan untuk berbelanja.
  • Nasabah harus membuat PIN transaksi kartu kredit melalui sms terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Berikut ini adalah format penulisan permintaan pin kartu kredit: PIN<spasi>KK<spasi> 6 nomor kartu kredit digit pertama#4 nomor kartu kredit digit terakhir#tanggal lahir Silahkan kirimkan format pesan tersebut ke nomor 33oo jika sudah diketik dengan benar.

2. Call BRI

Proses aktivasi kartu kredit BRI lewat call BRI hampir sama dengan sms, karena proses ini perlu dilakukan melalui nomor handphone yang telah terdaftar dengan sistem bank. Adapun langkah-langkahnya, sebagai berikut ini:

  • Silakan hubungi Call Center BRI di 14017 atau 1500017.
  • Silahkan tekan 2 setelah tersambung ke contact center BRI untuk memulai prosedur otorisasi kartu kredit.
  • Sebagai bagian dari prosedur keamanan data, petugas contact center akan memeriksa informasi pribadi nasabah selama proses aktivasi kartu kredit.
  • Jika data sesuai dengan sistem, petugas contact center akan membantu kamu dalam memperoleh PIN kartu kredit.
  • Pin kartu kredit akan langsung dikirimkan ke nomor telepon kamu.
  • Jika nasabah menerima sms termasuk pin kartu kredit, maka prosedur aktivasi kartu kredit BRI berhasil.

3. Card Mobile

Bagi kamu pengguna smartphone android dengan sistem kitkat atau Iphone Os11, maka kamu dapat melalkukan aktivasi kartu kredit melalui aplikasi BRI credit card mobile. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut ini:

  • Silakan unduh aplikasi BRI card mobile dari Google Play atau Apple AppStore.
  • Jika kamu berhasil mengunduh program tersebut, silakan buat akun dengan memilih “Buka akun” dari menu.
  • Kemudian buatlah user dan password sesuai dengan spesifikasi nasabah.
  • Jika kamu telah membuat user dan password, silakan lanjutkan dengan memasukkan informasi kartu kredit secara akurat dan teliti. Silakan lanjutkan dengan memilih opsi “Register”.
  • Silahkan tunggu beberapa detik hingga nasabah mendapatkan kode verifikasi rekening melalui pesan SMS ke nomor handphone yang terdaftar pada sistem bank BRI.
  • Jika sudah mendapatkan kode verifikasi, masukkan ke dalam aplikasi BRI credit card mobile.
  • Silakan masuk ke pilihan “Aktivasi kartu”.
  • Pilih jenis kartu kredit yang akan diaktifkan dan tunggu beberapa detik hingga prosedur selesai.
  • Prosedur aktivasi kartu kredit telah berhasil diselesaikan.
Baca Juga:  Cara Daftar Gratis Ongkir Shopee Seller Paling Mudah

Sejarah Berdirinya Bank BRI

Raden Bei Aria Wirjaatmadja mendirikan BRI di Indonesia pada tahun 1895 di Purwokerto, Jawa Tengah. Purwokerto adalah ibu kota Karesidenan Banyumas, dan pendopo Si Panji akhirnya dipindahkan dari Kota Banyumas ke Kota Purwokerto.

Kota ini telah memainkan peran penting dalam sejarah keuangan Indonesia. Lebih jauh lagi, kota ini memainkan peran dalam upaya negara untuk mempertahankan kemerdekaannya.

Ada beberapa tugu peringatan untuk menghormati para pelajar yang membantu pergerakan kemerdekaan Indonesia. Simak juga sejarah bank syariah di Indonesia.

Pendiri BRI, Raden Bei Aria Wirjaatmadja, adalah orang Banyumas yang berkomitmen dan dipercaya oleh kolonial Belanda. Jadi, untuk memudahkan operasi rakyat Indonesia, Bank Rakyat Indonesia (BRI) didirikan.

BRI berawal dari De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden, yang diterjemahkan sebagai “Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto.” Bank ini adalah badan keuangan yang membantu masyarakat Indonesia dan pribumi.

Secara resmi, organisasi ini didirikan pada tanggal 16 Desember 1895, yang masih diakui sebagai hari ulang tahun BRI hingga saat ini.

Kelebihan dan Kekurangan Bank BRI

Kelebihan dan Kekurangan Bank BRI

Pada umunya, seluruh lembaga perbankan yang beroperasi di Indonesia pasti memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Hal seperti ini juga sangat berlaku pada bank BRI. Kelebihan dan kelemahan ini sangat tentu dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam menentukan layanan perbankan yang ditubuhkan. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan bank BRI yakni:

Kelebihan

Berikut ini adalah kelebihan dari bank BRI yang perlu kamu ketahui antara lain:

1. Jaringannya yang Luas

Keunggulan atau keuntungan pertama yang dimiliki Bank BRI adalah jaringannya yang luas. Hal ini kemungkinan besar disebabkan karena Bank BRI memiliki nasabah dari seluruh penjuru nusantara.

Oleh karena itu bank yang satu ini juga memberikan layanan keuangan kepada konsumen dengan menjangkau hampir seluruh lokasi di Indonesia. Dari segi jaringan perbankan, Bank BRI memiliki lebih dari 1000 kantor cabang yang tersebar di Indonesia.

Selain kantor cabang, Bank BRI menawarkan berbagai layanan yang berbeda untuk melayani seluruh konsumen di wilayah Indonesia yang bervariasi.

Kantor kas, BRI unit, Teras BRI dan teras BRI mobile adalah saluran yang digunakan bank untuk menyediakan layanan perbankan BRI. Berbagai layanan perbankan bank BRI tidak diragukan lagi sangat berguna bagi konsumen yang ingin bertransaksi tanpa harus mengunjungi kantor cabang utama.

2. Produk Perbankan yang Beragam

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, bank BRI telah berkembang menjadi salah satu bank dengan berbagai macam barang dan jasa perbankan. Barang dan jasa perbankan bank BRI diklasifikasikan ke dalam tiga kategori berdasarkan jenis nasabah: perorangan (Individu) Bisnis dan UMKM.

Barang dan jasa Bank BRI untuk nasabah perorangan meliputi simpanan, pinjaman, investasi, kartu kredit, dan jasa perbankan lainnya.

Keragaman layanan perbankan yang ditawarkan kepada nasabah korporasi hampir sama, dengan sedikit tambahan pada jenis layanan perbankan komersial.

3. Tersedia Layanan secara Online

Tersedianya layanan internet banking merupakan manfaat berikutnya yang dimiliki bank BRI. Nasabah tidak perlu lagi mengunjungi lokasi cabang bank BRI untuk melakukan transaksi perbankan karena mereka dapat melakukannya dengan mudah secara online.

Baca Juga:  Cara Menggunakan E Money Mandiri dengan Mudah

Pengguna Bank BRI dapat mengakses layanan perbankan online seperti informasi saldo, transfer keuangan, perubahan rekening koran, membayar berbagai macam tagihan, membeli barang digital, dan masih banyak lagi.

Kekurangan Bank BRI

Berikut ini adalah kelebihan dari bank BRI yang perlu kamu ketahui antara lain:

1. Kendala dalam Layanan Perbankan Digital

Kendala dalam layanan digital banking merupakan salah satu kekurangan atau keterbatasan yang paling sering dialami oleh nasabah bank BRI.

Nasabah sering mengeluhkan masalah sistem yang muncul dalam aplikasi digital banking bank BRI, Brimo (BRI mobile). Kegagalan login dan crash adalah contoh kendala yang tidak terduga.

Namun nasabah tidak perlu khawatir, karena bank BRI secara konsisten memperbaiki dan memelihara infrastruktur digital banking untuk meningkatkan kualitas layanan.

2. Terdapat Biaya Administrasi

Masalah umum lainnya dari konsumen adalah mengenai biaya layanan atau administrasi yang dipungut oleh bank BRI. Biaya layanan ini bervariasi, tetapi sering kali mencakup biaya administrasi bulanan atau biaya transfer rekening.

Namun demikian, dapat dijamin bahwa biaya layanan yang dibayarkan sesuai dengan tingkat layanan yang ditawarkan, sehingga nasabah dapat terus melakukan perdagangan dengan aman dan nyaman.

Pembuatan Kartu Kredit Bank BRI Secara Online

Setelah kamu memutuskan jenis kartu yang kamu inginkan, langkah selanjutnya adalah mendaftar. Kamu dapat mengikuti petunjuk di bawah ini untuk mempelajari cara mendaftar secara online.

  • Berikut ini adalah tautan ke halaman web aplikasi kartu kredit Bank BRI.
  • Pilih jenis kartu kredit.
  • Lengkapi kolom yang dapat diakses dengan benar.
  • Kamu dapat melanjutkan dengan mengikuti prosedur yang disarankan.
  • Setelah itu, pihak Bank BRI akan meninjau kembali formulir pendaftaran yang telah diisi untuk menentukan disetujui atau tidaknya pengajuan kredit BRI.
  • Tahap selanjutnya adalah menunggu keputusan BRI, yang akan menentukan apakah permohonan disetujui atau ditolak.
  • BRI akan menghubungi kita untuk mengkonfirmasi apakah kita diterima.
  • Prosedur pengajuannya mungkin panjang atau singkat, tergantung pada berbagai faktor. Namun, setelah semua dokumen yang kamu sediakan lengkap, prosedur yang sebenarnya akan dapat berjalan lancar dan cepat.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara aktivasi kartu kredit BRI, yakni:

Apakah Tagihan Kartu Kredit BRI Bisa Dicicil?

Pembayaran dana tunai kartu kredit BRI dengan cicilan bulanan yang telah ditentukan. Waktu pembayaran berkisar antara 3 bulan hingga 36 bulan.

Apakah Limit Kartu Kredit BRI Bisa Dicairkan?

Caranya cukup mudah. Cukup pergi ke ATM dan langsung ambil uang dari kartu kredit BRI kamu. Tidak ada lagi persyaratan untuk prosedur pengajuan dan persetujuan. Tarik tunai diperbolehkan selama limit kartu masih bisa diakses.

Kapan Tanggal Jatuh Tempo Kartu Kredit BRI?

Setiap bulan, tanggal penagihan untuk transaksi dan jumlah tagihan lainnya terjadi pada hari yang sama. Batas waktu pembayaran jumlah tagihan yang harus dibayar oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk harus diterima, yaitu 15 hari dari tanggal penagihan.

BACA JUGA:

Cara Transfer Melalui M Banking Bca Secara Mudah
Cara Tukar Uang Baru di Bank Secara Offline dan Online
Buka Rekening Mandiri Online Lewat Hp Tanpa ke Bank

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara aktivasi kartu kredit BRI ini bisa kamu menggunakan BRI credit card mobile, sms, call center BRI dan datang langsung ke kantor BRI terdekat wilayah kamu.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.