8 Cara Lepas dari Pinjol Terbaru

Infoyunik.com – Bagaimana cara lepas dari pinjol? Banyak orang yang belum begitu paham dengan cara lepas dari pinjol. Sehingga mereka tetap terjebak dalam jeratan pinjaman online. Hutang yang semakin banyak dengan konsep “Gali lobang tutup lobang”

Kemudahan aplikasi pinjaman online ini untuk mendapatkan pinjaman memang menjadi “Senjata makan tuan” Bagi sebagian orang.

Mereka mengajukan pinjaman tanpa memiliki pertimbangan yang sangat matang. Pada akhirnya, mereka kesulitan untuk membayar sehingga akan terjerat dalam pinjaman online.

Sebenarnya sangatlah mudah untuk bisa terlepas dari jeratan pinjaman online. Kebanyakan orang terlalu khawatir dan panik ketika tidak bisa membayar tagihan ketika sudah jatuh tempo.

Mereka juga mengambil keputusan secara gegabah yang membawa mereka ke masalah baru yang lebih besar. Nah untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Cara Lepas dari Pinjol

Berikut ini adalah beberapa cara lepas dari pinjol yang efektif yang perlu kamu ketahui, antara lain yakni:

1. Jangan Bayar Hutang dengan Hutang

Untuk langkah pertama cara lepas dari pinjol ceroboh yang sering diambil orang ketika harus membayar hutang adalah mereka yang berhutang untuk membayar tagihan.

Membayar hutang dengan hutang adalah kesalahan yang sangat fatal. Ini juga hanya akan menunda masalah yang sangat lebih besar datang kepada mereka.

Memang benar jika masalah pertama akan selesai ketika kamu membayarnya dengan hutang lain. Tapi ini akan menjadi membawa kamu ke masalah yang lebih besar yaitu hutang lain yang nominalnya akan jauh lebih besar.

Ketika kamu ingin membayar hutang dengan mengambil hutang yang lain tentu saja nominal yang harus kamu ambil jadi lebih besar.

Karena memang bunga dan biaya lainnya akan membuat uang yang kamu terima akan lebih sedikit ketika berhutang.

Hal ini tentu saja bagaikan sebuah “Bola salju” yang terus membesar. Semakin sering kamu melakukan ini, maka total hutang kamu tidak akan pernah berkurang malah justru semakin besar.

Ini juga yang membuat banyak orang yang tidak pernah melunasi hutangnya, menggunakan konsep “Gali lobang, tutup lobang”.

Oleh karena itu, apapun yang terjadi jangan pernah mengambil hutang untuk membayarhutang lainnya. Barangkali itu sudah jatuh tempo, pihak DC sudah mendesak, pokonya jangan sampai berhutungan untuk melunasinya.

2. Hadapi DC, Tunjukan Itikad Baik

Kalau tagihan tidak terbayar ketika waktu jatuh tempo tiba, pasti tentu saja akan ada desakan dari DC untuk segara melunasi hutang.

Kamu harus bisa dan mau menghadapi DC pinjol dengan tetap kooperatif dan menunjukan itikad yang baik untuk mau membayar hutang.

Dan biasanya DC akan terus mendesak agar debitur bisa membayar hutang bagaimanapun caranya. Tapi terkait pembahasan sebelumnya, jangan ambil tindakan gegabah apalagi berhutang untuk menutupi hutang.

Tapi tetap harus kamu sampaikan niatan kamu untuk membayar hutang kepada DC. Meski itu mungkin tidak akan digubris dan tetap akan mendesak setidaknya kamu sudah menunjukan itikad baik untuk membayar walaupun kamu belum mampu.

Negosiasi dengan DC Lapangan

3. Negosiasi dengan DC Lapangan

Banyak orang yang ketakutan akan DC pinjol yang akan datang kerumah untuk menagih hutang. Padahal ini sebuah peluang yang bagus untuk cara lepas dari pinjol.

Dengan bertemu dengan DC kamu bisa saja membuat masalah kamu jadi lebih ringan. DC lapangan mungkin bisa lebih kooperatif.

Karena ketemu langsung lebih enak untuk komunikasi dibandingkan by phone bisa disebut melalui telepon. Kebanyakan aplikasi pinjaman online legal atau resmi ini biasanya akan memiliki divisi untuk penagihan lapangan.

Seperti contohnya saja minta bayar pokoknya saja, minta untuk cicilan yang lebih ringan dan sebagainya. Sehingga lebih mudah untuk mereka melunasinya. Tapi satu hal yang perlu kamu ingat, tetap lakukan pembayaran melalui aplikasi jangan melalui DC.

4. Fokus Kerja

Cara lepas pinjol selanjutnya adalah dengan fokus pada pekerjaan. Tentu saja penghasilan atau pendapatan jadi kunci yang paling utama untuk bisa menyelesaikan permasalah hutang.

Karena hal itu kamu harus fokus kerja sehingga kamu bisa cepat untuk melunasi hutang kamu.

Jangan terperngaruh oleh desakan DC pinjol untuk segara membayar hutang kamu tetap fokus untuk kerja sehingga penghasilan ataupun pendapatan kamu bisa stabil.

Jangan mengambil tindakan gegabah hanya karena desakan pihak pinjol untuk segera menyelesaikan hutang.

5. Bantuan Keluarga atau Kerabat

Ketika kamu tidak bisa membayar hutang pinjol tepat waktu, mungkin kamu bisa meminta bantuan ke keluarga atau kerabat yang terdekat ini bisa menjadi solusi yang terbaik. Kamu juga bisa meminjam uang kepada mereka agar bisa melunasi hutang pinjaman online terlebih dahulu.

Ini tidak termasuk konsep “Gali lubang tutup lubang” Karena tentu saja tidak akan ada bunga dan denda yang memberatkan kalau kamu pinjam uang ke mereka.

Daripada kamu harus menanggung denda keterlambatan, kalau punya kesempatan pinjam uang ke saudara atau teman akan lebih baik.

Baca Juga:  Apa itu Dana Premium? Cara Upgrade dan Kelebihannya

Pinjaman uang yang secukupnya sesuai kebutuhan kamu untuk bayar pinjol dan jangan lupa kamu juga harus kembalikan uang mereka setelah kamu mampu.

6. Jual Barang dan Aset

Kalau kamu punya barang atau aset yang bisa dijual terlebih dahulu untuk bayar hutang pinjaman online, lebih baik dijual saja dulu. Karena cara lepas dari pinjaman online yang terbaik adalah dengan membayarnya sesegera mungkin.

Dan kalau bisa sebelum jatuh tempo. Karena kalau sudah jatuh tempo tagihan akan dikenakan dengan keterlembatan. Semakin lama kamu menunda bayar hutang maka nominal tagihan kamu akan semakin membengkak.

Kamu juga beli barang atau aset yang kamu jual itu setelah kondisi ekonomi kamu stabil. Daripada harus bingung karena DC yang menagih hutang, lebih baik jual dulu barang-barang yang memang bisa dijual.

Pinjaman Bunga Rendah

7. Pinjaman Bunga Rendah

Cara lain untuk lepas dari pinjol adalah dengan pinjaman bunga rendah. Kamu bisa mengambil pinjaman untuk membayar utang kamu.

Bagaimana kamu bisa melakukan itu? Bukankah itu tidak diperbolehkan? Kamu bisa memanfaatkan pinjaman dengan bunga rendah atau tanpa bunga jika ada kesempatan.

Misalnya, di tempat kamu bekerja, ada layanan seperti koperasi yang bisa memberikan pinjaman dengan bunga rendah.

Nah, hal ini bisa kamu manfaatkan untuk melunasi utang pinjol kamu. Kalaupun tidak benar-benar menyelesaikan utang, setidaknya pinjaman yang kamu ambil tidak lebih memberatkan.

Ingat, ambil jika pinjaman tersebut benar-benar tidak memberatkan. Karena jika kamu mengambil pinjaman dengan bunga yang sama atau lebih tinggi dari utang kamu sebelumnya, hal ini akan membuat utang kamu semakin besar.

8. Pekerjaan Sampingan

Terakhir, jika memungkinkan, kamu bisa mencari bisnis atau pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan. Dengan begitu, kamu bisa melunasi utang pinjol kamu lebih cepat.

Mungkin akan melelahkan jika kamu harus melakukan pekerjaan tambahan. Tapi ini juga bisa menjadi cara terbaik untuk lepas dari pinjol. Dengan penghasilan yang bertambah, kamu juga bisa melunasi utang kamu lebih cepat.

Cara Menghapus Data Pinjol

Cara Menghapus Data Pinjol

Agar tidak terganggu dengan berbagai hal yang terkait pinjaman online, kamu bisa dapat melakukan beberapa langkah mudah. Beberapa langkah yang dilakukan dengan cara bertahap.

Tergantung tingkat kesulitan terkadang memang sulit, tapi ada pula juga yang mudah dilakukan. Berikut ini adalah cara menghapus data pinjol yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Melunasi Angsuran

Jika kamu masih memiliki cicilan yang belum terbayar, sebaiknya kamu melunasinya pada cicilan terakhir. Jangan lupa untuk membayar bunganya karena jika tidak, akan ada denda yang akan bertambah seiring berjalannya waktu.

Dengan lunasnya cicilan, berarti kamu sudah selesai berurusan dengan rentenir. Sangat wajar jika kamu ingin menghapus data-data yang ada di aplikasi.

2. Menghapus Data

Cara ini sangat lebih mudah dilakukan yakni langsung masuk ke menu pengaturan ponsel kamu. Pilih aplikasi lalu aplikasi pinjaman online. Pilih hapus data serta cache. Maka data kamu akan terhapus dengan sendirinya.

3. Menghapus Aplikasi

Untuk cara berikutnya dengan menghapus aplikasi di perangkat yang kamu miliki. Caranya adalah masuk ke menu pengaturan serta pilih aplikasi pinjaman online yang kamu miliki.

Kemudian kamu pilih uninstall agar aplikasi hilang dari perangkat kamu. Aplikasi yang telah ter uninstall membuat data kamu aman dari pinjaman online.

4. Menghubungi Call Center

Menghubungi secara langsung pihak call center pinjol dan katakan kamu telah lunas dari pinjaman. Kemudian ingin mengajukan penghapusan data pribadi di pihak pinjaman online. Dengan begitu data kamu akan dapat dihapus dari pihak pinjaman online yang bersangkutan.

Ganti SIM Card

5. Ganti SIM Card

Mengganti nomor ponsel merupakan cara ampuh ketika cara-cara di atas gagal dan tidak berhasil. Cara menghapus data pinjaman online dengan mengganti kartu SIM banyak dilakukan karena lebih praktis dan mudah.

Nomor yang sudah diganti akan membuat pinjol tidak bisa menghubungi kamu lagi. Hal ini menyebabkan pesan atau notifikasi bahkan panggilan yang datang dan mengganggu kamu tidak akan kamu terima lagi.

6. Menghapus Akun Media Sosial

Menghubungkan data pribadi dengan media sosial memang sedikit merepotkan. Namun, mungkin cara ini akan lebih aman, yaitu dengan menghapus akun media sosial kamu, baik itu FB, Instagram atau bahkan Twitter.

Menghapus akun secara otomatis menghapus data dan tidak terlacak oleh rentenir. Namun, hal ini akan menyulitkan kamu jika media sosial bukan hanya untuk hal-hal biasa. Berbeda lagi jika akun tersebut untuk bisnis, maka kamu perlu berpikir ulang.

7. Lapor Pihak OJK

Laporkan ke OJK jika kamu merasa telah diganggu dan data pribadi disalahgunakan. OJK akan mengecek apakah pinjol tersebut legal atau ilegal.

Dengan demikian, akan ada kejelasan dan tidak ada lagi gangguan melalui ponsel. Sebelum melakukan pinjaman online, ada baiknya mencari informasi sebanyak-banyaknya agar jelas.

Baca Juga:  Begini Cara Membedakan Bukti Transfer Asli dan Palsu

Tanya Jawab Cara Lepas dari Pinjol

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara lepas dari pinjol, yakni:

Bagaimana Cara Menghentikan Pinjol Sebar Data?

Langkah pertama adalah mengajukan pinjaman online legal. Kamu bisa mengurangi risiko tersebarnya data pribadi nasabah dengan menggunakan pinjol legal. Sebab, pada intinya, pinjol legal harus mematuhi pengawasan dan ketentuan yang diberlakukan oleh OJK.

Berapa Lama Blacklist akan Hilang?

Biasanya, penghapusan daftar hitam membutuhkan waktu antara 24 hingga 60 bulan untuk menyelesaikannya. Begitu pula dengan lamanya waktu nama nasabah bebas dari OJK, yang membutuhkan waktu 24 bulan untuk mengubah status kredit macetnya.

Apakah EASY CASH Legal atau Ilegal?

Sejak 16 Oktober 2020, Easycash telah memiliki izin dan diawasi oleh OJK dengan nomor izin KEP-49/D.05/2020.

BACA JUGA:

Pinjaman KTA Online Tanpa Kartu Kredit Secara Mudah
Cara Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan dan Syarat Pengajuannya
Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BRI Secara Mudah

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara lepas dari pinjol ini harus kamu pikir-pikirkan terlebih dahulu sebelum berhutang pastikan kamu sudah mengetahui kemampuan keuangan kamu saat ini sehingga tidak sembarangan berutang.

Apalagi jika kamu meminjam uang hanya untuk beli barang konsumtif maka kondisi ini akan semakin buruk dan bisa menghancurkan kamu.

Berbeda jika kamu meminjam uang untuk modal usaha, maka hal ini bisa memberikan dampak yang positif jika modal tersebut bisa dikelola dengan secara baik. Oleh karena itu lebih bijak dalam menggunakan uang hasil utang agar tidak kesulitan di masa depan.

Bagi kamu yang saat ini terjerat pinjaman online sesegara mungkin harus kamu lunasi ya. Setelah lunas pastikan kamu lebih bijak dalam meminjam uang agar tidak bingung meminjam uang

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.