Ide Menu Masakan Harian Hemat, Mudah dan Enak

Infoyunik.com – Apakah kamu kehabisan ide menu masakan sehari-hari? Kali ini kita akan membahas menu masakan harian hemat, namun kamu juga perlu memperhatikan nilai gizi dan kesehatan menu makan yang disajikan untuk keluarga setiap harinya.

Menu makanan yang sehat itu tidak harus mahal dan mewah, bahkan menu sederhana sangat bisa jadi pilihan yang cocok untuk kamu asalkan tetap sehat dan memenuhi kebutuhan gizi. Nah untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Daftar Menu Masakan Harian Hemat

Buatlah menu sederhana untuk keluarga yang ada dirumah agar lebih istimewa dengan adanya aneka resep masakan rumahan yang sangat simple tapi enak dan mudah dibuat, berikut ini daftar menu masakan harian hemat yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. Telur Balado

Telor balado ini sangatlah mudah disiapkan sebagai menu harian dirumah. Namun yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan cabai merah, bawang merah dan bawang putih yang dihaluskan.

Lalu goreng terlebih dahulu hingga telur matang, masukan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam wajan dan gorenglah sampai matang, kemudian kamu bisa bumbui dengan garam, gula dan penyedap rasa, setelah semua sudah beres kamu bisatambahkan telur dan aduk dengan bumbu balado. Hidangan telur balado sudah siap disantap.

2. Tempe Bacem

Jika kamu menyukai manisan kamu bisa banget memilih tempe bacem sebagai menu masakan sehari-hari untuk keluarga.

Apa saja bahannya ya, kamu bisa siapkan tempe seperlunya, setelah itu haluskan bawang putih, jika sudah halus kamu bisa oseng di penggorengan jika bawang putihnya sudah harum kamu bisa tambahkan kecap asin dan garam secukupnya.

Setelah mendidih kamu bisa tambahkan air dan tempe, rendam bumbu dalam tempe, maka setelah itu siap untuk dinikmati.

Menjadikan tempe bacem sebagai menu sehari-hari ini menjadi pilihan tepat bagi kamu yang menginginkan masakan yang sangat mudah.

3. Rawon Surabaya

Rawon adalah makanan khas dari surabaya jawa timur, kecap hitam yang digunakan untuk olahan daging ini konon merupakan makan favorit keluarga kerajaan.

Warna hitamnya ini berasal dari buah kluewek, selain kluwek masakan ini menggunakan bumbu lainnya seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, lengkuas, jahe, serai, daun jeruk dan daun salam.

Kamu juga bisa menambahkan sayuran seperti toge sebagai pelengkap, masyarakat surabaya ini rutin menjadikan rawon sebagai menu makanan sehari-hari. Hidangan ini merupakan ciri khas masakan kota pahlawan tersebut.

Sup Ayam

4. Sup Telor Puyuh

Dengan menjadikan sup telor puyuh dari bagian menu harian ini juga merupakan pilihan yang sangat tepat, apalagi ini bagi kamu yang tidak punya banyak waktu untuk memasak, nah untuk caranya kamu bisa menyiapkan bahan-bahannya untuk membuat sup ayam yang sangat mudah didapat.

Cara masaknya pun sangatlah mudah dan tidak memakan watu lama, rasanya pun tidak kalah enak. Kamu juga bisa menambah variasi dengan menambahkan sosis dan toping lainnya, dijamin sup telor puyuh ini sebagai menu harian tidak akan gagal atau mengecewakan.

5. Capcay

Capcay ini merupakan salah satu menu yang ditawarkan oleh para penjual nasi goreng, sehingga kamu bisa menemukannya dipenjual nasi goreng, campuran sayuran yang bergizi ini sangatlah cocok untuk vegetarian yang ingin makan makanan yang sehar namun lezat.

Untuk kamu pemakan daging, ayam, seafoof atau daging sapi ini juga sangat bisa ditambahkan kedalam campuran capcay.

6. Pecel Semanggi

Masyarakat jawa timur ini khususnya di kota surabaya pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan masakan yang satu ini.

Pecel semanggi ini sangat terkenal sebagai makanan khas surabaya, masyarkat surabaya ini suka menjadikan pecel semanggin sebagai menu sehari-hari.

Adapun perbedaan dengan keunikan pecel ini dengan menu pecel lainnya, perbedaan ini terletak pada penggunaan daun semanggi dan kecambah di dalamnya.

Setelah itu adalah bumbu petis uang merupakan campuran dari ubi jalar, kacang tanah, gula merah dan pettis dan perbedaan lainnya terletak pada cara unik menikmati hidangan ini yaitu menggunakan kerupuk sebagai sendok dan menyajikannya diatas daun pisang

7. Ayam Saus Tiram Pedas

Rekomendasi lainnya yakni adalah ayam saus tiram yang sangat simple. Bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk membuat saus tiram ayam pedas ini sama dengan saus tiram ayam biasa.

Namun bedanya ini adalah menggunakan cabai rawit untuk menambah rasa pedas pada resep ini, resepnya sangat sama persis hanya dengan cabai rawit saja, rasa pedas dari resep ayam pedes ini ditambah dengan saus tiram.

Sayur Asem

8. Sayur Asem

Menu ala rumahan untuk makan sehari-hari ini terdiri dari berbagai macam rasa dan isian. Perpaduan sempurna antara rasa manis, asam, segar serta pedasnya irisan cabai merah besar.

Sayur asem ini merupakan makanan favorit masyarakat indonesia yang sangatlah mudah dibuat dan cukup dengan satu kali proses memasak.

9. Sayur Tauge

Menu selanjutnya adalah sayur toge, toge yakni adalah bahan yang diperoleh dari biji kedelai untuk mempersiapkan hidangan ini sangatlah mudah tidak akan membutuhkan banyak bahan. Hanya saja membutuhkan toge, bawang putih, bawang bombay dan tomat.

Untuk cara membuatnya yakni kamu bisa membersihkan toge, rendam dalam air dan mulailah memasak, setelah itu kamu bisa siapkan wajan dengan minyak dan tumis bawang, bawang bombay dan tomat setelah layu kamu bisa langsung tambahkan toge dan bumbu penyedap rasa sesuai selera.

10. Telur Dadar

Menu makan malam yang sederhana dibuat dari olahan telur ini biasanya adalah telur dadar. Indonesia bukan satu-satunya negara yang suka membuat telur dadar ternyata orang Italia juga suka membuat telur dadar atau frittata.

Baca Juga:  Begini Cara Menghemat Uang Setiap Hari Secara Efektif

Fritata ini merupakan makanan berbahan dasar telur yang bisa kamu jadikan sebagai menu makan malam, cukup mencampurkan telur dengan sayuran seperti jamur, bayam dan daun bawang kedalam fritata.

Kamu bisa bayangkan sebutir telur dan bayam ini dapat memenuhi hingga 26 persen kebutuhan vitamin A harian kamu, vitamin A ini sangat diketahui dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah kebutaan dan rabun senja, jika kamu ingin memasak telur dadar italia ini bisa memakai minyak zaitun atau minyak alpukat.

Sayur Tahu

11. Sayur Tahu

Menu masakan harian hemat ini untuk keluarga yang sangat bisa kamu coba yakni sayur tahu. Sayur tahu ini merupakan masakan yang sangat sederhana yang bisa dijadikan menu sehari-hari.

Tidak hanya murah saja, pembuatannya juga sangatlah mudah, yang kamu harus lakukan adalah menyiapkan tahu goreng dan taruh dengan berbagai bumbu.

Sebelum kamu menambahkan saus untuk memasak sayuran tahu kita sarankan ntuk menggiling bumbu dan kemudia menggorengna.

12. Oseng Tempe

Oseng tempe ini adalah andalah seluruh keluarga Indonesia, untuk caranya bisa kamu simak ya. Bumbui tempe, kemangi, bawang bombay, bawang putih, cabai rawit merah, kecap manis, gula pasir dan garam.

Membuat menu harian ini sangatlah muda, yang pertama kamu bisa memotong tempe menjadi kubus lalu goreng memakai api yang sedang, iris cabai, bawang putih dan bawang merah.

Lalu tumis dan kamu bisa tambahkan gula dan garam, lalu tambahkan tempe dan aduk sampai rata. Jangan lupa tambahkan kemangi dan kecap manis masak hingga bumbu meresep ketempe.

13. Perkedel

Perkedel ini adalah masakan yang bisa dijadikan lauk dari kentang untuk menu makanan keluarga menu harian kentang butuh waktu lama untuk digoreng telebih dahulu.

Sebelum memotong kentang menjadi potongan-potongan yang kecil dan mencampurkannya dengan telur dan bumbu lainnya.

Setelah kentang sudah beres kamu bisa campur telur dan bumbu, yang harus kamu lakukan adalah membentuknya menjadi sedikit bulat pipih, mecicipinya dan menggoreng sesuai keinginan.

Cah Kangkung Bawang Putih

14. Cah Kangkung Bawang Putih

Untuk bahan yang sederhana kamu bisa memasak cah kangkung, untuk bahanya juga sangat gampang dicari yakni kangkung, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, garam, gula, kaldu ayam bubuk dan gula.

Persiapannya juga sangatlah mudah, kamu bisa iris terlebih dahulu dengan bumbu yang sudah dihaluskan kemudian kamu bisa tumis bawang putih dan bawang bombay.

Saat aromanya keluar kamu bisa tambahkan cabai rawit dan goreng. Kemudian masukkan kangkung, aduk hingga rata sampai kangkungnya layu kamu bisa tambahkan air panas secukupnya, kamu bisa tambahkan gula, garam dan bubuk merica. Jika ingin mencicipinya, resep kangkung panggang ini bisa kamu santap.

15. Sambal Goreng Kentang

Untuk menu selanjutnya yakni sambel goreng kentang, untuk cara buatnya juga sangat cukup mudah, kamu bisa haluskan bumbu masak seperti bawang merah, bawang putih, cabai kemudian kamu blender hingga menyatu.

Setelah halus, tumis bumbu tersebut bersama serai, daun jeruk dan daun salam serta lengkuas. Sambal goreng kentang siap untuk disajikan.

16. Terong Balado

Terong Balado adalah hidangan sederhana yang ideal untuk acara kumpul keluarga. Yang dibutuhkan adalah terong ungu sedang, cabai merah keriting, cabai merah, bawang putih bawang merah, tomat merah sedang, batang serai, garam, bumbu halus, dan gula pasir.

Langkah pertama dalam membuat bumbu terong ini adalah menumbuk dan menumis semua bumbu, kecuali batang serai, sampai mengeluarkan aromanya.

Kemudian tambahkan serai dan aduk rata. Masak bumbu yang tersisa sebentar, lalu tambahkan terong ungu dan aduk rata.

Bumbui dengan garam, bumbu halus, dan gula secukupnya. Lanjutkan mengaduk sampai semuanya tercampur rata. Ingatlah untuk menyesuaikan rasa agar balada terong sesuai dengan keinginan kamu. Pastikan terong sudah benar-benar matang.

Sup Ayam Jagung

17. Sup Ayam Jagung

Selain penuh gizi menu ini juga sangat bisa membuat orang yang sakit berselera. Kamu hanya cukup menumis bawang putih, bawang bombay, jahe, lalu ayam yang telah dipotong kecil-kecil, lalu masukan jagung, gula pasir, kecap asin dan bumbu penyedap lainnya. Setelah mendidih, sup ayam jagung ini siap dihidangkan.

18. Bihun Goreng

Bihung goreng ini merupakan menu yang sangat umum kamu temui di setiap penjual nasi goreng. Karena memang menjadikan bihung goreng ini sebagai menu masakan sehari-hari karena sangat mudah juga sangat enak, lalu bihung goreng ini juga sangat murah membeli bahan-bahannya.

19. Telur Tahu

Makanan yang terinspirasi dari Surabaya ini sering dikonsumsi dan disukai saat sarapan. Masyarakat Surabaya menyebutnya tahu tek. Menjadikan tahu tek sebagai makanan sehari-hari sangat ideal, terutama sebagai bagian dari menu pagi hari.

Bumbu kacang yang kental dengan berbagai macam petis menjadi ciri khas dan kekhasan tahu tek. Rasanya juga cukup gurih dan lezat, terutama jika dipadukan dengan irisan kikil atau telur, serta lontong yang menjamin kenyang.

20. Ayam Kecap Manis

Hidangan berikutnya pada menu adalah ayam kecap manis. Ayam, bawang merah, bawang bombay, bawang putih, kecap manis, saus tomat, garam, dan 500 kaldu bubuk adalah komponen yang dibutuhkan.

Langkah pertama adalah membersihkan ayam hingga baunya hilang, lalu segarkan dagingnya dengan air jeruk nipis. Dinginkan daging selama 15 menit agar daging dapat direndam.

Bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay kemudian harus diiris halus. Tumis bumbu bawang merah dalam minyak panas sampai harum. Aduk ayam yang sudah direndam dengan baik.

Baca Juga:  Begini Cara Pakai Voucher Gratis Ongkir Shopee Secara Mudah

Kemudian masukkan air, kecap asin, saus tomat, garam, dan sup. Jangan lupa untuk mengubah rasa jika perlu sampai ayam benar-benar digoreng dan dibumbui. Ayam sederhana dengan kecap manis sudah siap.

 

21. Olahan Ikan

Ikan, khususnya salmon, tuna, dan makarel, adalah pilihan makan malam bergizi yang tidak boleh diabaikan. Pertimbangkan fakta bahwa kombinasi vitamin D dan asam lemak omega 3 yang ditemukan dalam ikan dianggap dapat membantu tidur.

Tidak mengherankan jika diet seimbang ini dapat meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh. Faktanya, responden yang makan 8 ons salmon tiga kali seminggu selama enam bulan tertidur lebih cepat daripada mereka yang makan ayam atau babi, menurut sebuah penelitian.

Kamu cukup kombinasikan sayurat favorit kamu dengan ikan kukus atau bakar. Tidak hanya enak saja namun menu makan malam ini sangat cukup bergizi.

22. Soto Lamongan

Soto lamongan sering disajikan dengan nasi hangat dan kerupuk udang, yang berkontribusi pada kelezatan hidangan gourmet ini. Alhasil, masakan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Jawa Timur.

Kamu bisa dapat menjadikan soto lamongan sebagai salah satu menu makanan sehari-hari. Karena dengan menyiapkan soto lamongan sebagai menu makan akan meningkatkan keinginan seseorang untuk makan. Karena soto lamongan terkenal gurih dan beraroma sedap.

23. Rendang

Rendang adalah menu masakan yang populer di Indonesia. Dan rendang ini dinobatkan sebagai yang pertama dalam daftar 50 makanan paling lezat di dunia versi CNN pada tahun 2011.

Menjadikan rendang sebagai makanan sehari-hari adalah keputusan yang bijak. Rendang tidak dapat dipungkiri populer di kalangan banyak orang dan membuat mereka lapar setelah makan. Rendang memiliki kemampuan untuk merangsang rasa lapar kita.

24. Udang Saus Padang

Hidangan ini hanya membutuhkan charlotte, bawang putih, jahe, cabai merah besar, saus tomat, saus pedas, dan kecap manis.

Langkah pertama adalah menggiling bumbu, yang meliputi paprika, bawang merah, bawang putih, dan jahe. Masak sampai bumbu halus beraroma harum, lalu tambahkan udang yang sudah dikupas dan aduk rata.

Sebagai perasa, tambahkan kecap asin, kecap manis, gula, dan garam. Aduk sekali lagi, lalu tambahkan air. Jangan lupa cicipi dan didihkan hingga udang benar-benar matang dan bumbu meresap.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar menu masakan harian hemat, yakni:

Menu Sehat itu Apa?

Makan berbagai makanan dari masing-masing lima kategori makanan utama (buah-buahan, sayuran, protein, karbohidrat, dan susu) dalam proporsi yang disarankan merupakan makanan yang sehat.

Jam Makan Siang itu Jam Berapa?

Makan siang disajikan antara pukul 12.30 siang dan 13.00 siang, dengan waktu yang ideal adalah pukul 12.38 siang. Sementara itu, waktu optimal untuk makan malam adalah antara pukul 18.00 dan 18.30, dengan pukul 18.14 sebagai jam yang paling baik.

Apakah Tempe Termasuk Makanan 4 Sehat 5 Sempurna?

Tidak hanya itu, makanan 4 sehat 5 sempurna juga harus mencakup lemak dan protein yang baik. Tempe dan tahu adalah dua lauk pauk dasar dan mudah dibuat yang kaya akan protein.

BACA JUGA:

Cara Memasak Daging Kornet Pronas Kalengan
Cara Masak Nasi Liwet di Magic Com
Manfaat Getah Daun Jarak Untuk Sakit Gigi

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa menu masakan harian hemat ini sangat bisa menjadi ide kamu agar tidak kebingungan lagi dan jangan lupa kamu harus menyedaiakan bahan-bahan yang dibutuhkan ya.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.