Cara Mulai Berjualan di Tokopedia Dengan Cara Mudah

Infoyunik.com – Sobat unik apakah kamu sudah tahu bagaimana cara mulai berjualan di Tokopedia dengan cara mudah? Nah Tokopedia ini menjadi pilihan tepat buat kamu yang ingin membeli kebutuhan sehari-hari tapi tidak bisa keluar rumah.

Dalam hal penjualan ini, Tokopedia juga memberikan kemudahan bagi seller untuk mempromosikan produknya. Tetapi tidak dengan segala kemudahan itu, masih banyak orang yang belum tahu cara membuka toko di Tokopedia.

Nah untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Profil Tokopedia

Profil Tokopedia

Tokopedia, yang dibuat pada tahun 2009, adalah salah satu unicorn Indonesia. Dampak Tokopedia melampaui batas-batas Indonesia dan telah menyebar ke seluruh Asia Tenggara.

Tokopedia adalah marketplace yang paling sering dikunjungi di Indonesia saja. Tokopedia memiliki dampak yang signifikan terhadap usaha mikro, kecil, dan menengah. Makerfest, yang telah dilakukan setiap tahun sejak 2018, adalah salah satu inisiatif Tokopedia.

Tokopedia juga menghadirkan layanan Tokopedia Center di mana pengguna dapat melakukan transaksi online-to-offline.

Tokopedia Center memfasilitasi transaksi seperti pembayaran tagihan, pembelian tiket, instruksi cara menggunakan Tokopedia, belanja interaktif, dan ide bisnis untuk.

Cara Membuat Akun Tokopedia

Membuat akun Tokopedia tidak membutuhkan banyak syarat. Kamu bisa membuat akun Tokopedia langsung dari smartphone yang kamu miliki.

Dengan satu akun Tokopedia ini, kamu dapat menggunakannya untuk jualan ataupun untuk pembelian. Berikut ini adalah cara membuat akun tokopedia yang perlu kamu ketahui:

  1. Buka situs Tokopedia atau unduh aplikasi Tokopedia dari Playstore atau Appstore.
  2. Klik tombol Daftar.
  3. Kamu dapat mendaftar dengan Facebook, Google Mail, atau nomor ponsel kamu. Kamu dapat memilih salah satu dari pilihan tersebut.
  4. Lengkapi identitas kamu secara lengkap.
  5. Kamu akan mendapatkan kode OTP yang diemailkan ke nomor handphone kamu, yang akan segera kamu aktifkan.
  6. Akun Tokopedia kamu telah dibuat dan siap digunakan.

Fitur-Fitur Tokopedia

Fitur-Fitur Tokopedia

Sebagai salah satu marketplace yang sangat terkenal di Indonesia, Tokopedia ini juga memiliki berbagai fitur yang memberikan kemudahan pelanggan untuk membeli atau menjual produk. Apa saja yang bisa dilakukan dengan aplikasi Tokopedia:

  • TokoCash.
  • Pembelian Voucher Game.
  • Pembayaran Pascabayar.
  • Donasi.
  • Gas PGN.
  • Pembayaran Angsuran Kredit.
  • Air PDAM.
  • Memesan Tiket Kereta Api.
  • Pembelian Pulsa.
  • Pembayaran Cicilan BPJS.

Selain menerima pembayaran kebutuhan sehari-hari di atas, Tokopedia juga memiliki fitur-fitur yakni sebagai berikut:

1. TopAds

Fungsi TopAds Tokopedia akan memudahkan penggunanya untuk mengiklankan bisnis atau barang ke banyak calon pembeli. Hal ini dikarenakan produk yang kamu jual atau bisnis kamu berada di bagian paling atas artikel Tokopedia.

2. Statistik Toko

Fungsi Statistik Toko Tokopedia memungkinkan kamu untuk melacak kemajuan toko dan membuat strategi untuk mengembangkan bisnis kamu. Namun, untuk menggunakan layanan ini, kamu harus menjadi klien Gold Merchant.

3. Gold Merchant

Gold Merchant Tokopedia adalah fitur yang akan mempermudah administrasi toko. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menentukan tingkat konversi dolar, mengakses informasi toko fisik melalui katalog, menambah admin, dan banyak lagi.

4. JNE Online Booking

Selain fungsi-fungsi yang telah disebutkan di atas, Tokopedia menawarkan fitur Pemesanan Online JNE yang membuat kamu tidak perlu lagi menginput resi pengiriman secara manual, karena resi pengiriman akan otomatis dikirimkan oleh fitur Pemesanan Online JNE. kamu akan lebih menghemat waktu dengan cara ini.

5. Preffered Logistic Partner

Tokopedia bekerja sama dengan JNE untuk menyediakan mitra logistik. Jika kamu menggunakan petualangan JNE, kamu akan mendapatkan potongan cashback 2% dari ongkos kirim kamu.

6. TopPoint

Tokopedia menghadirkan pilihan TopPoint bagi kamu yang beruntung. TopPoint akan memberikan reward berupa voucher yang bisa ditukarkan dengan cashback hingga 20%.

7. Lucky Deal

Berbeda dengan TopPoint yang diberikan kepada pembeli aktif di Tokopedia, Lucky Deal diberikan kepada vendor yang aktif. Dengan Lucky Deal ini, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan dalam waktu singkat.

Baca Juga:  Cara Menghitung Bunga di Bank Simpanan Secara Lengkap

Cara Mulai Berjualan di Tokopedia

Setelah mengeahui cara membuat akun di Tokopedia dan juga fitur-fitur yang ada di Tokopedia, ini saatnya kamu membuka toko di Tokopedia. Gimana sih cara mulai berjualan di Tokopedia?

Pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi Tokopedia dan login menggunakan akun kamu . Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pilih Buka Toko Gratis

Langkah pertama untuk mulai berjualan di Tokopedia adalah dengan masuk ke area ‘Buka Toko Gratis’ Tokopedia. Kamu tidak dapat mulai berjualan di Tokopedia sampai kamu memilih opsi ini, karena ini adalah langkah yang wajib dilakukan.

2. Tentukan Nama dan Link Toko

Menentukan nama toko dan link toko dilakukan setelah kamu membuka toko gratis. Pilihlah nama yang belum dipakai oleh pemilik bisnis lainnya. Kamu bisa menggunakan nama asli toko atau menggunakan nama baru.

3. Lengkapilah Informasi Toko

Informasi yang tersedia dalam akun penjual yang kamu miliki akan membantu pembeli saat melakukan pembelian. Pastikan kamu menulis informasi toko secara lengkap dan jelas agar kedepannya tidak terjadi salah informasi.

4. Isilah Informasi Pengiriman

Ketika menjual barang di marketplace seperti Tokopedia, informasi pengiriman sangat penting. Informasi pengiriman ini termasuk estimasi waktu pengiriman.

5. Pilih Layanan Kurir Paling Dekat dengan Tempat Tinggal

Selain detail pengiriman, kamu harus memilih penyedia jasa kurir. Pilihlah penyedia jasa kurir yang dekat dengan lokasi rumah kamu agar pengirimannya sesederhana mungkin.

6. Unggah Katalog Produk yang Dijual

Setelah menyelesaikan tahapan-tahapan sebelumnya dalam memulai bisnis, tahap terakhir adalah menyerahkan katalog barang yang ditawarkan.

Isi bagian yang kosong dengan barang-barang yang akan dijual. Jangan lupa untuk mengisi informasi produk dengan harga, deskripsi, dan informasi lain yang kamu yakini harus diketahui oleh calon pelanggan.

Hal yang Harus Dilakukan Saat Jualan di Tokopedia

Hal yang Harus Dilakukan Saat Jualan di Tokopedia

Kamu sekarang sudah menjadi penjual Tokopedia. Sebagai permulaan, kamu pasti dibingungkan oleh beberapa masalah.

Apa yang harus kamu lakukan ketika pesanan datang? Apakah kamu memiliki kemampuan untuk mengajukan retur penjualan?

Hal-hal tersebut adalah kekhawatiran umum di antara para penjual baru di Tokopedia. Agar kamu tidak bingung, pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dijawab di sini.

1. Ketika Ada Pesanan

Apakah kamu sudah melakukan pemesanan Tokopedia pertama kamu? Apa saja pilihan kamu?

  1. Yang pertama, cek pemberitahuan masuk di pojok kanan atas yang ditandai dengan warna merah. kamu dapat melihat barang mana saja yang sudah terjual.
  2. Kedua, perhatikan persediaan barang yang ada di bisnis kamu. Hal ini dilakukan agar kamu dapat segera mengirimkan barang yang kamu tawarkan.
  3. Ketiga, pesanan mulai diproses. Setelah menentukan ketersediaan produk, tahap selanjutnya adalah memproses pesanan pelanggan. Saat memproses pesanan pelanggan, kamu dapat memilih ‘Terima Pesanan’.
  4. Keempat, saatnya untuk mengemas barang dagangan dengan hati-hati. Kemas dengan hati-hati agar barang tidak rusak saat perjalanan.
  5. Lima, saatnya mengirimkan barang dagangan. Kirim barang-barang yang dikemas dengan baik. Saat mengirimkan barang ini, kamu harus menggunakan ekspedisi yang telah dipilih pelanggan.
  6. Keenam, masukkan nomor resi kamu. Nomor resi ini dimasukkan agar pelanggan tahu kemana kiriman mereka dikirim.
  7. Untuk yang terakhir kamu bisa tunggu hingga kiriman sampai di tujuan akhir.

2. Mekanisme dalam Retur Penjualan

  1. Pembeli yang tidak senang dengan barang yang dibelinya dapat memilih untuk mendaftarkan pengembalian penjualan. Dapatkah pelanggan meminta pengembalian dana jika barang yang diperoleh tidak memenuhi harapan? Untuk mengajukan retur kamu bisa melakukan hal-hal berikut ini:
  2. Lakukan percakapan antara seller dan pembeli. Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum melakukan pembelian kembali adalah berbicara dengan pembeli. Sebagai penjual, pastikan bahwa masalahnya ada di pihak kamu, seperti barang rusak sebelum sampai di tangan pembeli. Jika pembeli yang salah, kamu berhak menolak. Tokopedia akan membantu perdebatan pengembalian ini dan akan membuat keputusan dalam jangka waktu tertentu.
  3. Meminta pembeli untuk mengirimkan barang yang ingin kamu kembalikan. Pembeli dapat mengirimkan barang yang dikembalikan setelah Tokpedia menyetujui pengembalian barang yang dibeli.
  4. Produk baru akan dikirimkan. Ketika penjual menerima barang lama, penjual mengembalikan produk baru kepada pelanggan. Selain mengganti barang baru, pelanggan dapat meminta pengembalian dana, dalam hal ini Tokopedia akan mengganti uang yang telah dibayarkan pembeli.
Baca Juga:  Cara Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan dan Syarat Pengajuannya

Cara Tarik Saldo Tokopedia

Ketika memiliki saldo di Tokopedia dan ingin melakukan penarikan kamu juga bisa gunakan cara berikut ini:

  • Masuk ke halaman Beranda akun Tokopedia kamu.
  • Pilih akun kamu sendiri dari pilihan yang ada.
  • Pilih ‘Tarik Dana’.
  • Isi detail penarikan dana, termasuk jumlah uang, nomor rekening tujuan, nama pemilik, dan nama bank.
  • Kode OTP akan dikirimkan ke ponsel kamu.
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke ponsel kamu.
  • Pilih Konfirmasi Dana.
  • Tunggu prosedur penarikan dana yang memakan waktu kurang lebih satu hari.
  • Lihat Daftar Transaksi Penjualan

Melihat daftar transaksi penjualan Tokopedia dilakukan untuk membantu kamu merangkum transaksi pada momen tertentu. Berikut ini adalah caranya:

  • Pada menu notifikasi atau akun, masuk ke area penjualan.
  • Pilih bagian daftar transaksi dengan mengkliknya.
  • Pilih fakta yang ingin kamu pelajari.
  • Pilih opsi ‘unduh’ untuk menyimpan faktur ke smartphone kamu.

Tips Sukses Jualan di Tokopedia

Kamu ingin sukes jualan di Tokopedia? Nah kita akan kasih tau caranya sebagai berikut ini:

1. Perhatikan Kualitas Produk dan Layanan

Langkah pertama untuk menjadi penjual yang sukses di Tokopedia adalah fokus pada kualitas barang dan layanan kamu. Pembeli hampir selalu akan menyukai produk berkualitas tinggi.

Demikian pula dengan pelayanan. Penjual yang melayani dengan cara yang sopan juga akan disukai, dan pembeli akan lebih cenderung kembali ke bisnis kamu.

2. Tingkatkan Popularitas Toko dan Produk

Di Tokopedia, pengguna dapat mengirimkan peringkat bintang mulai dari 5 bintang hingga bintang 1 terendah untuk setiap pembelian. Untuk mencapai bintang 5, kamu harus memberikan pelayanan yang sangat baik.

3. Gunakan Fitur Tokopedia Power Merchant atau Official Store

Kamu dapat memanfaatkan fitur power merchant dan official store Tokopedia untuk memberikan kepercayaan calon konsumen terhadap layanan dan barang kamu.

4. Berikan Promo Menarik

Selain memanfaatkan fitur Tokopedia, kamu juga dapat memberikan cashback langsung dari bisnis kamu dan di luar program Tokopedia.

Voucher cashback tidak ditawarkan setiap hari, dan jumlahnya pun bervariasi tergantung promosinya. Memberikan promosi sendiri tentu akan membuat toko kamu lebih menarik dan populer.

Tanya Jawab

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara mulai berjualan di Tokopedia, yakni:

Bolehkah Membuka 2 Toko di Tokopedia?

1 KTP hanya dapat digunakan untuk total dua toko. Oleh karena itu, pastikan KTP kamu belum digunakan di lebih dari dua toko. Gunakan perangkat yang berbeda, seperti desktop, mobile web, atau aplikasi.

Siapa yang Menanggung Ongkir di Tokopedia?

Pesanan yang memenuhi syarat untuk pengiriman gratis adalah yang pertama kali berhasil check out. Jika nilai Ongkir melebihi nilai yang disubsidi oleh Tokopedia, maka Pembeli akan bertanggung jawab atas sisa biaya pengiriman ekstra.

Apa Arti Tanda Centang Ungu di Tokopedia?

Dengan kata lain, Tokopedia telah memvalidasi bahwa keberadaan akun tersebut merupakan identitas sah dari tokoh masyarakat, public figure, selebgram hingga masyarakat. Memastikan bahwa kamu telah memiliki akun Tokopedia.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara mulai berjualan di Tokopedia ini sudah banyak dan menjual barang dagangan. Tokopedia ini menjadi pilihan untuk menjual produk dengan cara mudah.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.