Cara Bayar Pajak Motor Secara Online

InfoYunik.com – Kami akan menjelaskan mengenai cara bayar pajak motor online, mari simak penjelasan detail dan rincinya pada artikel yang sudah kami rangkai untuk sobat unik!

Apakah kamu tahu bahwa membayar pajak bermotor saat ini bisa dilakukan dengan cara online? Sekarang kamu tidak perlu lagi pergi dan mengantri untuk ke kantor samsat, dan cara ini sangatlah mudah dan praktis. Hal ini diluncurkan karena berkat pemerintah yang mulai meleuncurkan program ini diberbagai daerah.

Pengertian Perpajakan Online

Merupakan gabungan dari kata pajak dan online. Tidak sepenuhnya salah jika diartikan sebagai proses pembayaran pajak secara online.

Namun, agar lebih transparan dan lebih tepat, kita akan mulai dengan definisi perpajakan dan perpajakan online. Banyak sumber yang mendefinisikan perpajakan, dan kita akan membahas beberapa diantaranya.

Menurut situs web Direktorat Jenderal Pajak, pajak adalah kontribusi wajib warga negara kepada negara. Baik warga negara perorangan, maupun badan usaha, dasarnya tertulis dalam undang-undang. Dana pajak akan digunakan sepenuhnya untuk warga negara dan kemakmuran masyarakat.

Meski dikatakan wajib, negara juga mendefinisikan pajak sebagai hak warga negaranya. Mengapa itu menjadi hak? Menurut situs Dirjen Pajak, dikatakan sebagai hak karena warga negara dapat berkontribusi untuk membangun negaranya. Ini adalah hak yang dimiliki setiap warga negara.

Pajak Online

Sekarang kita akan memasuki pembahasan berikut ini. Penambahan kata pajak online di sini ditujukan untuk sistem atau platform yang digunakan untuk pembayaran pajak.

Pajak online adalah sistem elektronik yang disediakan oleh Dirjen Pajak atau pihak lain, yang bekerja sama dengan Dirjen Pajak.

Tujuannya adalah untuk melakukan pelayanan dan transaksi elektronik terkait perpajakan. Keputusan terkait pelaporan pajak online tertulis dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-42/PJ/2017.

Sejarah Pajak Online

Ketika berbicara tentang pembayaran pajak secara elektronik, kamu mungkin pernah mendengarnya atau menganggapnya bukan hal yang baru.

Karena beberapa waktu yang lalu, pajak sudah bisa dibayarkan secara elektronik atau melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Sistem pembayaran ini sudah ada sejak tahun 2013, yang biasa dikenal dengan layanan id-billing dari Direktorat Jenderal Pajak.

Sistem id-billing ini masih minim, pembayaran yang bisa dilakukan dengan sistem ini hanya pembayaran pajak penghasilan saja.

Pada awal kemunculannya, id-billing juga hanya bisa dilakukan di bank-bank tertentu saja. Namun seiring berjalannya waktu, pemerintah mencoba mengembangkannya dengan mengeluarkan SSE Pajak versi 2 dan SSE Pajak versi 3.

Setelah sistem id-billing, Dirjen Pajak kemudian mengeluarkan sistem pembayaran yang disebut e-filing pajak. Sistem ini mengembangkan aplikasi dan pemberitahuan terkait wajib pajak di website Ditjen Pajak. Wajib pajak nantinya dapat mengisi formulir pembayaran secara online di website Ditjen Pajak.

Setelah pengadaan sistem e-billing dan e-filing ini, pemerintah juga mengintegrasikan kedua sistem tersebut. Lebih tepatnya, setelah Modul Penerimaan Negara Generasi Kedua diluncurkan. Integrasi kedua sistem tersebut membuat Ditjen Pajak meluncurkan DJP Online.

Cara Cek Pajak Kendaraan Online

Cara Cek Pajak Kendaraan Online

Mengetahui jumlah pajak kendaraan yang harus dibayar merupakan langkah awal dalam mempelajari cara bayar pajak kendaraan bermotor secara online.

Jenis dan tahun produksi kendaraan akan menentukan nominal pajak kendaraan bermotor. Jumlah tagihan untuk mobil milik pribadi dan perusahaan juga akan bervariasi.

Untuk informasi cara cek pajak mobil online, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Kunjungi website Service Info yang ditawarkan oleh Instansi Pemerintah Daerah yang sesuai dengan kota Anda (misalnya info.dipendajatim.go.id untuk Jawa Timur).

  1. Pilih “Info PKB” dari menu.
  2. Ketik nomor plat mobil Anda di sini.
  3. Kode captcha untuk dimasukkan
  4. Pilih “Cari” dari menu.
  5. Jumlah tagihan pajak akan muncul.

Syarat Bayar Pajak Bermotor Online

Perlu kamu ketahui bahwa terdapat beberapa syarat untuk membayar kendaraan bermotor secara online yang harus disiapkan sebelum membayar pajak. Nah salah satunya tenggat waktu dalam keterlambatan membayar pajak yang diperbolehkan dalam satu tahun.

Selain itu, ketika kamu menukar bukti pembayaran dengan lembar pengesahan akan terdapat dokumen – dokumen yang menjadi persyaratan. Berikut ini daftarnya:

  1. KTP sesuai STNK ( asli dan fotokopi)
  2. STNK ( asli dan fotokopi)
  3. BPKB ( asli dan fotokopi)
  4. Bukti pembayaran pajaknya

Baca Juga: Cara Membuat Akun eBilling Melalui Website

Cara Membayar Pajak Bermotor Online

Kewajiban dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor ( PKB) jika sebelumnya membayar pajak dilakukan dengan secara langsung mendatangi kantor samsat ( Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) terdekat.

Saat ini pemerintah telah meluncurkam metode cara bayar pajak motor secara online, supaya bisa mempermudah masyarakat. Selain itu saat ini kegiatan diluar rumah sangat dibatasi karena pandemi covid.

Baca Juga:  Lima Merek Drone dengan Harga Terjangkau

Dan pemerintah mengharapkan pembayaran dilakukan tepat waktu dengan adanya metode pembayaran pajaknya.

Panduan Pembayaran Pajak Bermotor Online

Pembayaran PKB bisa dilakukan secara online melalui e-comerce, merchant, bank, serta minimarket yang bekerja sama. Berikut ini beberapa prosedur untuk bayar pajak motor online:

1. Langkah pertama adalah cek nominal tagihan pajak motor dihalaman Bapenda domisili kamu terlebih dahulu

2. Kemudian kamu pilih merchant, gerai, atau bank yang mempunyai layanan e-samsat

3. Setelah itu masukan syarat dokumen sesuai prosedur yang diminta

4. Selanjutnya bayar pajak sesuai jumlah, kemudian kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi untuk membayar melalui metode yang berbeda

5. Jika sudah selesai semua, simpan bukti pembayaran pajak kamu

Syarat Bayar Pajak Bermotor Online

Trik Memperpanjang STNK

Jika kamu sudah mengetahui biaya dan dokumen untuk membayar pajak selama 5 tahun sepeda motor, bukan berati semuanya lancar – lancar saja.

Apalagi ini disebabkan oleh setiap orang yang sering melakukan permohonan yang tepat. Nah kami akan menjelaskan beberapa triknya untuk memprepanjang STNK

1. Datang Pagi – Pagi

Trik yang pertama dan sudah sering dilakukan adalah, datang sepagi mungkin. Karena pada dasarnya seiap samsat akan selalu ramai setiap jam kerja, tidak heran jika banyak wajib pajak yang datang sebelum kantor samsat buka.

Karena selain kantor selalu ramai, kamu juga tidak akan mendapatkan antrian yang terlalu panjang.

2. Memakai Baju Berkerah

Berikutnya adalah memakai baju yang berkerah. Selain kamu diharuskan untuk berangkat pagi, wajib pajak juga disuruh untuk memaki baju yang berkerah dan celana panjang ketika datang ke kantor samsat, dan disarankan juga untuk memakai sepatu. Jika wajib pajak mematuhi aturan tersebut, maka wajib pajak tidak akan terkena masalah

3. Siapkan Uang Tunai

Trik yang ketiga adalah siapkan uang tunai sebesar dengan rincian biaya. Meskipun sudah ada fitur transaksi transfer dari bank, Meskipun begitu disarankan tetap menyiapkan uang tunai.

Setidaknya membawa minimal 100 ribu untuk pegangan, dan tidak menutup kemungkinan nantinya dibutuhkan beberapa dokumen yang difotocopy. Jadi tidak ada salahnya untuk membawa uang.

Keuntungan Bayar Pajak Kendaraan Online

Keuntungan Bayar Pajak Kendaraan Online

Dengan sistem yang dioperasikan dengan baik, berbagai keuntungan dapat dirasakan oleh pemilik kendaraan yang memutuskan untuk bayar pajak motor secara online.

Berikut adalah keuntungan yang bisa kamu rasakan sebagai pemilik kendaraan berkat sistem pembayaran pajak motor online yang terintegrasi ini, antara lain yakni:

1. Menjaga Produktivitas

Sebagai pemilik kendaraan di kota-kota besar di Indonesia, waktu merupakan salah satu elemen yang paling esensial dalam kehidupan sehari-hari. Manajemen waktu yang baik dinilai mampu menjaga produktivitas yang optimal.

Oleh karena itu, sistem bayar pajak motor online memungkinkan pemilik kendaraan untuk memenuhi kewajiban pajaknya tanpa menyita waktu dari aktivitas sehari-hari.

Dengan integrasi sistem online ini, kamu bisa membayar pajak motor secara online kapan saja dan di mana saja. Kamu bahkan bisa membayar pajak motor kamu di akhir pekan.

Dengan sistem pembayaran pajak motor online yang terintegrasi ini, kamu juga tidak perlu menyiapkan dokumen kendaraan.

Kamu hanya perlu memasukkan data seperti NIK KTP dan juga nomor polisi kendaraan yang kamu miliki melalui aplikasi yang dirancang oleh Samsat.

Aplikasi tersebut kini bisa kamu unduh melalui layanan di smartphone kamu. Perlu kamu ketahui, setiap daerah memiliki aplikasi yang berbeda-beda.

Jadi pastikan terlebih dahulu kendaraan kamu terdaftar di provinsi mana untuk bisa menggunakan aplikasi pembayaran pajak motor online yang tepat. Kamu juga bisa mengunduh aplikasi samsat nasional yang sudah tersedia dalam layanan di smartphone kamu.

2. Informasi Data Lengkap Dan Up to Date

Dalam aplikasi pembayaran pajak motor online, informasi lengkap mengenai mobil kamu akan muncul setelah kamu memasukkan data diri dan kendaraan kamu.

Selain itu, jumlah tagihan juga akan tertera pada link yang sama. Jadi kamu perlu memastikan bahwa ada alokasi dana yang sudah disiapkan di rekening tabungan kamu untuk menyelesaikan pembayaran pajak motor online.

Kamu tidak perlu khawatir untuk menghubungkan rekening kamu di aplikasi tersebut. Pasalnya, dalam metode pembayaran pajak motor online ini, kamu hanya akan diberikan kode pembayaran yang nantinya bisa diselesaikan melalui aplikasi layanan bank yang kamu miliki.

3. Channel Pembayaran Online

Pembayaran pajak motor online ini juga menawarkan berbagai macam channel pembayaran online. Selain bisa dibayarkan melalui aplikasi bank digital.

Baca Juga:  Pengertian, Jenis dan Contoh Marketplace

Kamu juga bisa membayar pajak motor online melalui layanan yang tersedia di aplikasi marketplace pilihan kamu. Tetapi bagi kamu yang ingin membayar pajak motor online melalui marketplace.

Pastikan ada layanan Samsat sesuai dengan wilayah kamu saat ini. Jadi ingatlah untuk melakukan riset dengan teliti, terutama bagi kamu yang baru pertama kali ingin memulai membayar pajak motor online.

FAQ

Berikut ini pertanyaan mengenai cara bayar pajak untuk kendaraan bermotor online

Bayar pajak motor di Indomaret apa bisa?

Pajak bermotor bisa dibayarkan melalui Indomaret ataupun Alfamarr terdekat. Metode ini memudahkan para masyarakat yang ingin membayar pajak, karena mereka tidak harus antri loket Samsat lagi.

Berapa denda terlambat bayar pajak untuk kendaraan bermotor?

Berdasarakan peraturan yang sudah ditetapkan, jika telat melakukan pembayaran dalam kurun waktu melebihi satu hari bahkan sampai satu bulan maka akan dikenakan denda sebesar 25 persen dari PKB (Pajak Kendaraan Bermotor)

Setelah bayar pajak bermotor online apakah harus ke Samsat?

Jika masyarakat membayar pajak dengan metode online yaitu melalui SIGNAl, maka masyarakat tidak perlu untuk mendatangi kantor Samsat untuk mendapatkan stempel atau stiker pengesahan.

BACA JUGA:

Begini Cara Mencairkan Uang di Shopeepay
Pengen Beli Rumah? Ini Syarat dan Cara Beli Rumah Kpr
Cara Bayar Pajak Tanah dan Cara Menghitungnya

Kesimpulan

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai cara bayar pajak motor online , Semoga informasi diatas bisa membantu dan berguna untuk sobat unik!

Kalian juga bisa membaca artikel yang lainnya di website kami, dan ada banyak jenis kategori bacaan didalamnya seperti Daftar Harga, Review, Tips, Info Unik, Teknologi, dll. Yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.