Cara Cek Pajak Kendaraan Banten Online Dengan Mudah

Infoyunik.com – Cara cek pajak kendaraan Banten online ini bukan suatu hal yang mustahil untuk dilakukan. Dengan cara ini kamu tidak hanya mengetahui besaran pajak saja, tapi juga dengan denda yang dimiliki jika terjadi keterlembatan membayar pajak.

Tapi tidak lupa, juga kamu bisa melakukan pembayaran pajak secara online. Hal ini sebagai upaya pemerintah Banten untuk meningkatkan pelayanan yang efektif dan efisien kepada masyarakat.

Pajak kendaraan ini dibayarkan setiap satu tahun sekali. Nominal pajak setiap kendaraan berbeda-beda tergantung dari jenis kendaraan yang kamu miliki. Kebanyakan tarif pajak ini diukur berdasarkan kapasitas mesin pada kendaraan tersebut.

Hal tersebut tercantum dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 yang kemudian akan diperjelas pada peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Perubahan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2010.

Terkait Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Lantas bagaimana cara cek pajak kendaraan Banten online untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Syarat Bayar Pajak Kendaraan Online

Syarat Bayar Pajak Kendaraan Online

Apabila kamu ingin membayar pajak secara online, terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi para pemilik kendaraan bermotor, berikut ini adalah syarat-syarat yang perlu kamu ketahui, antara lain yakni:

  • Kamu harus sudah mengunduh aplikasi Signal di smartphone melalui Google Play Store atau App Store.
  • Scan atau foto data e-KTP.
  • Foto diri untuk proses verifikasi biometrik.
  • Alamat email dan nomor pengguna yang aktif.

Cara Cek Pajak Kendaraan Banten Online

Cara Cek Pajak Kendaraan Banten Online

Bagi kamu warga Banten, kamu tidak usah bingung jika ingin mengetahui pajak motor, berikut ini cara cek pajak kendaraan Banten online yang perlu kamu ketahui antara lain, yaitu:

1. Melalui Website Samsat

Cara cek pajak kendaraan Banten online untuk yang pertama, kamu bisa menggunakan website https://bapenda.bantenprov.go.id/ Jika sudah kamu bisa silahkan masukkan kombinasi plat nomor kendaraan kamu.

Lalu kamu lengkapi data NIK (Opsional) Lalu kamu beri tanda centang pada bagian kotak kosong di sebelah tulisan “I’m not a robot” Untuk verifikasi otomatis dan terakhir akan muncul informasi terkait pajak kendaraan bermotor (PKB)

2. Aplikasi Sambat-Samsat Banten Hebat

Lalu selanjutnya kamu bisa memanfaatkan aplikasi “Sambat-Samsat Banten Hebat” Aplikasi ini hanya tersedia bagi pengguna smartphone Android saja.

Untuk tampilan aplikasi ini mirip dengan website Dispenda Banten yang telah dijelaskan di nomor sebelumnya. Kamu hanya perlu memasukan plat nomor kendaraan yang informasinya ingin dicari. Selepas itu informasi terkait mobil tersebut akan ditampil secara jelas.

3. Layanan SMS

Cara cek pajak kendaraan Banten online untuk yang terakhir bagi kamu yang tidak memiliki jaringan internet yang akan memadai bisa menggunakan layanan sms untuk caranya adalah sebagai berikut ini:

Tuliskan INFO (Spasi) PAJAK (Spasi) Plat nomor kendaraan yang akan kamu cek. Lalu kemudian kirim sms ke nomor 8893.

Misalnya dari pengguna sms untuk cek plat nomor di Banten adalah INFO PAJAK A3234SAM lalu kirim ke 8893.

Fakta Samsat Online

Fakta Samsat Online

Ada beberapa fakta mengenai samsat online yang tidak banyak diketahui banyak orang. Berikut ini adalah fakta-faktanya, antara lain yakni:

1. Data Kendaraan Bisa Kena Blokir

Ada beberapa data kendaraan yang tidak akan bisa ditampilkan di samsat online. Data ini yang akan ditampilkan oleh aplikasi tersebut sesuai identitas NIK.

Jika ini terdapat pada masalah seperti adanya hukum pidana atau perdata data ini akan bisa diblokir oleh sistem Samsat online. Jika tidak ingin diblokir maka mau tidak mau harus benar-benar diselesaikan dulu masalahnya.

2. Pembayaran Pajak Kendaraan Bisa 3 Bulan Sebelum Tanggal Jatuh Tempo

Untuk fakta yang kedua yakni Samsat online bisa untuk membayar pajak kendaraan bermotor 3 bulan sebelum jatuh tempo.

Selain itu kamu juga bisa untuk membayar SWDKLLJ sebelum jatuh tempo. Hal ini untuk memudahkan penyiapan legalitas kendaraan dalam pengurusan pembayaran pajak kendaraanya.

3. Mendapatkan Stiker Regident

Kendaraan bermotor yang dikenakan pajak biasanya mendapatkan stiker regident (registrasi dan identifikasi) pengesahan STNK tahunan dan TNKB (Tanda nomor kendaraan bermotor).

Stiker tersebut dikirim oleh petugas Samsat melalui jasa pengiriman sesuai alamat yang tertera pada STNK. Stiker regident ini ditempelkan pada kolom pengesahan STNK sesuai tahun pengesahan.

Keuntungan Membayar Pajak Secara Online

Keuntungan Membayar Pajak Secara Online

Berikut ini adalah keuntungan membayar pajak secara online yang perlu kamu ketahui, antara lain yakni:

1. Informasi Data yang Lengkap

Setelah memasukkan data kendaraan, pengguna sistem pembayaran pajak melalui aplikasi atau online akan mengetahui informasi data secara lengkap.

Jumlah total tagihan pajak yang harus dibayarkan nantinya akan tertera pada link yang sama, sehingga pengguna hanya perlu memikirkan dana yang harus disediakan untuk membayar pajak bermotor.

Selain itu, pembayaran melalui aplikasi online juga aman karena cara pembayarannya nanti akan melalui aplikasi layanan bank dengan memberikan kode pembayaran.

2. Hemat Waktu

Membayar pajak secara offline sering kali memakan banyak waktu, namun hal ini tidak berlaku jika kamu membayar pajak secara online.

Membayar pajak secara online dapat dilakukan dengan mudah dan cepat tanpa harus mengantri dan kehilangan banyak waktu.

Baca Juga:  Cara Membuat Internet Banking BCA

Pengguna aplikasi pembayaran pajak dapat melakukan pembayaran kapan saja dan dimana saja, bahkan di akhir pekan.

3. Tersedia Banyak Metode Pembayaran

Saat melakukan pembayaran pajak secara online, aplikasi akan menawarkan banyak pilihan sistem pembayaran yang bisa dipilih oleh pemilik kendaraan bermotor.

Hal ini tentunya juga akan memudahkan pemilik kendaraan bermotor untuk membayar pajak sesuai dengan kanal pembayaran online yang dipilih.

Kerugian Telat Bayar Pajak Kendaraan

Kerugian Telat Bayar Pajak Kendaraan

Bagi pengguna kendaraan baru mungkin kamu ada yang belum tahu apa saja kerugian yang didapat jika telat membayar pajak kendaraanya.

Berikut ini adalah beberapa kerugian akibat telat bayar pajak kendaraan yang sudah kita rangkum dari berbagai sumber, yakni:

1. Bayar Denda

Kerugian pertama adalah harus membayar denda. Besaran denda yang dikenakan bervariasi tergantung dari lamanya keterlambatan pembayaran pajak kendaraan.

Perlu diketahui, denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) hingga 25 persen dalam satu tahun. Perhitungan denda pajak tersebut berdasarkan tahun dan bulan.

Untuk wilayah DKI Jakarta sendiri, denda keterlambatan pembayaran pajak sebesar dua persen setiap bulannya. Hal ini mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta No. 6 Tahun 2010 tentang KUPD (Ketentuan Umum Pajak Daerah).

Jika kamu telat membayar pajak kendaraan kamu selama satu hari saja, denda akan dihitung selama satu bulan. Selain itu.

Jika kamu terlambat membayar pajak kendaraan satu bulan lewat satu hari, dendanya akan dihitung dua bulan. Hal ini juga berlaku untuk periode berikutnya.

Oleh karena itu, lebih baik kamu membayar pajak kendaraan kamu tepat waktu daripada harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk membayar denda jika terlambat membayar pajak.

2. Kena Pidana Kurungan

Bagi setiap pengguna kendaraan yang tidak membayar pajak tepat pada waktunya juga dikenakan sanksi UU No. 22 Pasal 28 ayat 1 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Undang-undang ini menyebutkan bahwa; “Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan dan tidak dilengkapi dengan STNKB (Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor).

Atau Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia, dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp500 ribu”.

3. Harga Jual Kendaraan Turun

Kerugian selanjutnya yang tidak diinginkan oleh setiap pemilik kendaraan adalah harga jual yang lebih rendah ketika ingin menjual kendaraannya kembali.

Kamu harus memastikan pajak kendaraan dalam keadaan aktif. Pajak yang mati bisa menjadi alasan kuat bagi mereka yang ingin membeli kendaraan kamu untuk menurunkan harga jual.

Biasanya, calon pembeli akan menawarkan harga yang rendah dengan alasan ada biaya yang harus dibayarkan untuk membayar denda pajak kendaraan tersebut.

4. Nomor Registrasi Kendaraan Dihapus

Kerugian terakhir dan yang paling bisa dihindari adalah nomor registrasi kendaraan bisa dihapus. Jangan heran jika kamu telat membayar pajak kendaraan kamu hingga dua tahun.

Kendaraan tersebut sudah tidak terdaftar lagi. Hal ini sesuai dengan UU No. 22 pasal 74 ayat 2 tahun 2009 yang berisi bahwa, yakni:

“Penghapusan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor dapat dilakukan apabila kendaraan rusak berat, sehingga tidak dapat dioperasikan atau pemilik kendaraan bermotor tidak melakukan registrasi ulang sekurang-kurangnya dua tahun setelah berakhirnya Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor”.

Perlu diketahui juga, pajak kendaraan bermotor adalah jenis pajak provinsi. Pajak ini merupakan bagian dari pajak daerah.

Dalam UU No. 28 pasal 1 angka 12 dan 13 tahun 2009, pajak kendaraan bermotor adalah pajak atas kepemilikan atau penguasaan kendaraan bermotor.

Untuk pemungutannya, dilakukan di kantor bersama Samsat. Dasar pengenaan pajak kendaraan bermotor yang tercantum dalam pasal 5, termasuk mobil pribadi, merupakan hasil kali dari dua unsur pokok.

Dua unsur pokok tersebut meliputi nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) Dan bobot yang menunjukkan tingkat kerusakan jalan atau pencemaran lingkungan akibat penggunaan kendaraan bermotor secara relatif.

Mengambil Formulir Perpanjangan STNK

Mengambil Formulir Perpanjangan STNK

Untuk yang pertama kamu bisa ambil formulir perpanjangan surat tanda nomor kendaraan (STNK) di Samsat lalu kemudian isi formulir tersebut.

Sangat disaramkan kamu untuk membawa pulpen sendiri agar bisa mengisi formulirnya dalam waktu cepat karena biasanya hanya tersedia satu pulpen di Samsat, yakni:

1. Menyiapkan Dokumen

Setelah formulir perpanjangan STNK selesai diisi, kamu ambil nomor antrian dan siapkan dokumen-dokumen yang telah disebutkan tadi (STNK asli dan fotokopinya, BPKB asli dan fotokopinya, formulir perpanjangan STNK dan lain-lain).

Sebaiknya semua dokumen beserta formulir perpanjangan STNK yang telah diisi digabungkan menjadi satu map agar tidak berantakan. Ketika nama kamu dipanggil.

Kamu juga bisa langsung menyerahkan map tersebut kepada petugas yang mengurus dokumen sebagai syarat untuk membayar PKB. Setelah berkas dianggap lengkap, kamu akan menerima slip pembayaran STNK.

2. Membayar PKB di Kasir

Langkah selanjutnya adalah membayar PKB di kasir. Kasir biasanya terletak di sebelah loket yang menangani persyaratan pembayaran PKB.

Jika ingin aman dan cepat, sebaiknya membawa uang tunai sesuai dengan jumlah yang tertera pada slip pembayaran.

Namun, jika uang Carmudi ternyata berlebih, ada risiko uang kembalian kurang karena banyak orang lain yang juga membayar PKB. Kamu disarankan untuk menghitung kembali uang kembaliannya ketika mendapatkannya.

Baca Juga:  Cara Bayar Shopee Paylater Lewat Atm Terbaru

Setelah melakukan pembayaran, kamu akan menerima bukti pembayaran PKB. Jangan sampai hilang, simpan di tempat yang aman, dan tunggu sampai nama kamu dipanggil lagi untuk mengambil STNK.

3. Mengambil STNK

Perlu kamu ketahui bahwa pengambilan STNK dilakukan secara acak. kamu harus bersabar dan mendengarkan dengan seksama ketika petugas memanggil nama kamu satu per satu agar tidak terlewat.

Ketika nama kamu dipanggil, serahkan tanda terima PKB kepada petugas, kemudian ambil STNK dan KTP kamu. kamu juga akan mendapatkan bukti pembayaran.

Alamat Samsat Provinsi Banten

Berikut ini adalah alamat Samsat yang ada di Provinsi Banten, antara lain yakni:

  1. Serpong Kab Tangerang
    Jalan Civic Center Blok 405, 5 BSD.
    Phone 021 5376031.
  2. Cikokol, Tangerang City
    Jalan Perintis Kemerdekaan II B.
    Phone 021 5521039, 55776675.
  3. Serang
    Jalan Raya Pandeglang KM. 4.
    Phone 0254 200181.
  4. Cilegon
    Jl Raya Merak KM 3.
    Phone 0254 573554.
  5. Pandeglang
    Jl Raya Labuan KM.3.
    Phone 0253 201206.
  6. Lebak
    Jl. H. Juanda N0. 114 Rangkas Bitung.
    Phone 0252 201023.

Tutorial Video Cara Cek Kendaraan Pajak Banten

Source YT OnlineYuk Channel

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara cek pajak kendaraan Banten online, yakni:

Apakah Banten Ada Pemutihan Pajak?

Pemerintah Provinsi Banten menerapkan program pembebasan pokok dan denda Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) II dan pengurangan pokok PKB sebesar 20% bagi kendaraan mutasi yang masuk dari luar Provinsi.

Berapa Tahun Pajak Motor di Blokir?

Untuk konteksnya, aturan bahwa kendaraan akan disita jika STNK dan plat nomor belum diganti selama dua tahun sudah lama tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Apakah Motor Bodong Bisa Bikin Surat Baru?

Pengguna kendaraan palsu hampir dipastikan tidak akan bisa mengurus surat-surat kendaraan seperti balik nama dan pembayaran pajak.

BACA JUGA:

Cara Transfer Dari Bank BCA Ke Ovo Secara Mudah
Buka Rekening Mandiri Online Lewat Hp Tanpa ke Bank
Begini Cara Ganti Nomor Di M Banking BCA

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara cek pajak kendaraan Banten online ini harus kamu perhatikan terutama pengguna sms jangan lupa untuk mengecek penggunaan huruf besarnya di setiap ketikan.

Terutama untuk tulisan huruf pada plat nomor kendaraan. Dari sana kamu akan terhindari dari kesalahan data pengiriman sehingga proses pengecekannya berjalan lebih lancar.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.