Cara Bayar Paylater Gojek dan Mengaktifkannya

Infoyunik.com – Sobat unik apakah kamu sudah tahu cara bayar paylater gojek dan cara mengaktifkannya? Kita akan kasih tahu beberapa cara agar kamu tidak kebingungan lagi. Dan kamu tidak harus menyiapkan uang tunai di kantong.

Tidak hanya itu kamu harus meluangkan sedikit waktu untuk menunggu uang kembalian. Dengan adanya layanan tersebut segala urusan.

Mulai dari bayar tagihan, beli makanan sampai pakaian, semua bisa pengguna dapat penuhi di layanan gojek, tokopedia hingga rekan usaha gopay online dan offline, kapan saja bayarnya abis gajian.

Daftarnyapun sangatlah mudah dan gak ribet. Calon penggunanyapun tidak hanya perlu mempersiapkan e-ktp dan selfie. Setelah itu gopaylater bisa langsung digunakan dimana saja dan kapan saja.

Apa itu Paylater Gojek?

Gopay paylater adalah opsi pembayaran terbaru gojek. Pengguna gojek bisa menggunakan metode pembayaran ini untuk membayar layanan gojek di lain waktu. Dengan kata lain, fitur ini memungkinkan pengguna untuk membayar layanan secara kredit.

Fitur ini dibuat atas kerja sama gojek dengan findaya, sebuah platform peer-to-peer lending. Platform ini aman digunakan karena sudah terdaftar di OJK.

Cara Bayar Paylater Gojek

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setiap pengguna gojek yang telah berhasil mengaktifkan limit paylater gojek dapat menggunakannya untuk memesan gofood, goride, atau untuk membayar tagihan (GoBills).

Perlu diingat bahwa setiap kali kamu menggunakan paylater gojek, kamu akan dikenakan biaya. Jika tidak, Gojek akan mengenakan denda jika tagihan tidak dibayar pada tanggal jatuh tempo.

kamu dapat membayar tagihan paylater gojek menggunakan gopay dengan cara bayar Paylater Gojek, sebagai berikut ini:

1. Jalankan Aplikasi Gojek

Langkah pertama kamu bisa jalankan aplikasi gojek di smartphone.

2. Tap Menu PayLater

Setelah itu kamu bisa pilih menu paylater disebelah kiri atas.

3. Klik Bayar

Selanjutnya nanti akan muncul informasi tagihan paylater gojek yang dimilikinya pada halaman ini langsung saja klik bayar.

4. Klik Bayar Tagihan

Setelah itu bisa tekan tombol bayar tagihan dibagian bawah.

5. Masukkan PIN GoPay

Langsung saja kamu masukan pin gopay untuk meyelesaikan transaksi.

6. Pembayaran Berhasil

Jika sudah semuanya berarti kamu sudah berhasil membayar tagihan paylater gojek menggunakan saldo gopay.

Cara Mengaktifkan Paylater di Gojek

Cara Mengaktifkan Paylater di Gojek

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengaktifkan fitur paylater ini sebelum kamu menjadikan layanan paylater ini sebagai metode pembayaran kamu, yang akan ditagihkan setiap akhir bulan.

Jika kamu sudah terpilih untuk dapat menggunakan fitur paylater, silahkan ikuti petunjuk cara menggunakan fitur paylater di aplikasi gojek kamu. Berikut cara mengaktifkan paylater di gojek:

  1. Pertama, buka aplikasi Gojek di smartphone kamu dan login jika belum.
  2. Kemudian, setelah berada di tampilan halaman depan, silahkan pilih menu “Lainnya”.
  3. Setelah terbuka, pilih menu “Paylater” dan tunggu beberapa saat hingga smartphone kamu menampilkan tampilan pengantar fitur Paylater.
  4. Untuk melanjutkan proses aktivasi, silahkan pilih menu “Upgrade go-pay”.
  5. Sama halnya dengan cara mendaftar Ojesy, kamu akan diminta untuk memasukkan informasi pribadi seperti identitas (Ktp, sim, Paspor) dan melakukan selfie sambil memegang kartu identitas selama proses aktivasi.
  6. Kemudian, jika semua proses yang diminta berhasil diselesaikan, silahkan klik “Submit” untuk mengirimkan data, dan kamu harus menunggu aplikasi gojek mengirimkan notifikasi bahwa aktivasi Paylater berhasil.

Jadi begitulah cara kamu mengaktifkan paylater di aplikasi gojek sebelum menggunakannya sebagai menu utama pembayaran gojek kamu.

Lalu, bagaimana cara kita membayar paylater gojek setelah proses aktivasi selesai dan kita sudah menggunakan fitur tersebut untuk membayar tagihan dari layanan gojek yang pernah kita gunakan? Silakan lihat petunjuk langkah demi langkah di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Cara Pakai Paylater Gojek

Dalam panduan di aplikasi, cara pemakaian paylater adalah sebagai berikut:

  1. Paylater harus diaktifkan. Klik ‘Lainnya’ di menu gopay, lalu paylater dan kemudian aktifkan untuk menggunakannya.
  2. Pilih paylater sebagai metode pembayaran kamu.
  3. Pesan layanan gojek yang diinginkan, lalu pilih paylater sebelum mengonfirmasi pesanan kamu.
  4. Periksa tagihan paylater kamu.
  5. Buka halaman paylater untuk melihat jumlah total tagihan dan sisa saldo limit untuk bulan ini.
  6. Periksa riwayat transaksi paylater kamu. Untuk melihat detail transaksi paylater kamu, buka halaman paylater dan klik ‘Transaksi’.
  7. Lakukan pembayaran di akhir bulan. Untuk melunasi tagihan paylater kamu, buka halaman paylater dan klik ‘Bayar tagihan’.

Kelebihan dan Kekurangan Paylater Gojek

Kelebihan dan Kekurangan Paylater Gojek

Setelah kamu mengetahui tentang gopaylater, batasan, biaya, dan suku bunganya, kamu dapat melihat beberapa kelebihan dan kekurangannya. Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat yang berikut ini:

Kelebihan

1. Pembelian Barang dan Layanan Bayar Belakang

Pengguna bisa menggunakan layanan terlebih dahulu dan kemudian membayar tagihan pada bulan berikutnya dengan fitur ini. Setiap bulan, pembayaran jatuh tempo pada tanggal satu bulan tersebut.

Baca Juga:  Kode Bank Mandiri Syariah Terbaru, Ini Cara Transfernya!

2. Interface yang Cukup Mudah

Pengguna bisa dengan mudah mengakses tombol paylater karena terletak di bagian atas halaman utama gojek. Proses transaksinya juga sederhana pengguna bisa menggunakan uang tunai atau paylater.

3. Jumlah Tagihan Transparan

Jumlah tagihannya jelas. Setiap tagihan dapat dengan mudah dilihat dengan masuk ke menu tagihan paylater dan mengklik riwayat penggunaan.

Pengguna dapat melihat tagihan mereka untuk melihat kapan dan dimana mereka membeli barang atau menggunakan layanan gojek.

4. Bisa membayar Layanan Lain

Gojek telah bermitra dengan berbagai merchant yang menerima pembayaran paylater.

5. Fitur Sama Persis dengan Saldo

Ini identik dengan saldo Gopay. Paylater biasanya lebih murah daripada pengiriman saat menggunakan saldo. Penting untuk dicatat bahwa pembelian yang dilakukan dengan saldo gopay dan yang dilakukan dengan uang tunai memiliki perbedaan harga, meskipun kecil.

Kekurangan

1. Hanya untuk pengguna terpilih

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gopaylater hanya tersedia untuk sekelompok pengguna tertentu. Akibatnya, tidak sembarang orang bisa menggunakan fitur Paylater.

2. Proses ACC cukup lama

Proses acc juga cukup panjang, gojek harus membuat keputusan dengan jangka waktu yang tidak terbatas.

3. Terdapat biaya layanan bulanan

Kerugian berikutnya adalah adanya biaya layanan bulanan. Setiap bulannya, gopaylater membebankan biaya layanan mulai dari Rp 12.500 hingga Rp 25.000. Besaran biaya juga ditentukan oleh jumlah limit paylater yang digunakan.

4. Resiko suspend jika telat bayar

Kerugian terakhir adalah kemungkinan ditangguhkan jika kamu terlambat membayar tagihan. Akibatnya, pengguna tidak bisa lagi menggunakan GoPaylater untuk bertransaksi.

Tips Aman Menggunakan Fitur GoPaylater

Tips Aman Menggunakan Fitur GoPaylater

Dan yang terakhir adalah mengenai tips aman menggunakan fitur gopaylater yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. Bijak dalam Penggunaan

Ingatlah bahwa gopaylater adalah fitur pinjaman, jadi gunakanlah dengan hati-hati. Cobalah untuk tidak menunggak pembayaran tagihan kamu setiap bulan. Selain ditangguhkan, riwayat kredit kamu akan memburuk, membuat aplikasi di masa depan sulit diterima.

2. Jaga Kerahasiaan Data Paylater

Paylater saat ini menjadi target populer bagi penjahat siber. Akibatnya, cobalah untuk menjaga kerahasiaan data setiap saat dan hindari mengungkapkannya kepada orang lain untuk menghindari konsekuensi yang tidak diinginkan.

3. Ganti PIN Paylater Secara Berkala

Terakhir, ubah pin secara teratur untuk meningkatkan keamanan. Tidak hanya pin atm dan kartu kredit yang harus diubah secara teratur, tetapi begitu juga pin paylater ini.

Cara Mengatasi Paylater Tidak Muncul di Aplikasi

Jika ada kendala disaat kamu tidak bisa menemukan layanan pembayaran Gojek Paylater di aplikasi Gojek kamu. Berikut ini adalah beberapa langkah dan cara yang bisa kamu lakukan untuk memunculkan kembali layanan pembayaran tagihan Gojek Paylater:

  1. Kamu bisa hapus dulu cache aplikasi Gojek kamu.
  2. Silakan keluar dari akun Gojek kamu.
  3. Periksa apakah nomor telepon yang terdaftar masih aktif sehingga kamu dapat masuk kembali.
  4. Silakan hapus aplikasi.
  5. Nyalakan kembali ponsel yang kamu gunakan.
  6. Silahkan install ulang program Gojek dan login kembali.
  7. Kembali ke menu pembayaran tagihan.
  8. Jika kamu masih tidak bisa melihat opsi pembayaran, silakan hubungi call center Gojek atau tulis email ke support@findaya.com dan jelaskan masalahnya secara lengkap.

Mudah kan untuk melakukan hal ini? Hampir semua strategi atau prosedur yang kami sampaikan di atas telah disarankan oleh Gojek melalui situs resminya.

Cara Mencairkan Paylater Gojek ke Rekening

Cara Mencairkan Paylater Gojek ke Rekening

Nah setelah mengetahui beberapa rincian syarat dan ketentuan diatas. Bagi kalian yang ingin tahu cara mencairkan Paylater Gojek ke rekening bank, berikut adalah proses atau langkah-langkah untuk kalian lakukan.

Cek Sisa Limit Paylater

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memverifikasi sisa limit paylater Gojek akun kamu. Berikut ini adalah beberapa pilihannya:

  1. Buka aplikasi Gojek, lalu klik opsi Jelajahi, diikuti dengan menu lainnya.
  2. Pilih tab Paylater di halaman tersebut untuk mengecek sisa limit yang tersedia.

Gunakan Limit Paylater Untuk Bayar GoInvestasi

Jika kamu sudah mengetahui berapa banyak uang yang tersisa di akun Paylater Gojek kamu. Untuk dapat menarik uang dari Paylater Gojek ke rekening bank tanpa keterlibatan pihak ketiga.

Opsi pertama adalah menggunakan sisa limit Paylater Gojek yang tersisa di layanan GoInvest untuk membeli emas. Prosedurnya adalah sebagai berikut:

  1. Untuk memulai, gunakan aplikasi Gojek lalu masuk ke menu layanan GoInvest.
  2. Cukup pilih beli emas.
  3. Masukkan nominal pembelian (dalam rupiah) berdasarkan sisa limit Gojek Paylater, jika ada.
  4. Jika sudah otomatis, informasi emas yang diperoleh akan ditampilkan, dan tinggal klik Beli Sekarang.
  5. Informasi pembelian kemudian akan muncul, dan kamu dapat mengkonfirmasi transaksi dengan mengklik tombol.
  6. Pilih opsi pembayaran dari Paylater, lalu klik Confirm dan Pay.
  7. Untuk menyelesaikan transaksi, masukkan pin Gojek Paylater atau verifikasi sidik jari pada halaman yang diberikan.
Baca Juga:  Cara Cek Pajak Kendaraan Banten Online Dengan Mudah

Jual Pembelian Emas di GoInvestasi

Setelah menyelesaikan prosedur pembelian emas di GoInvest melalui Gojek Paylater. Langkah selanjutnya dalam mencairkan Gojek Paylater adalah menjual emas yang telah diperoleh.

Tujuannya adalah agar keuntungan penjualan dapat disetorkan ke akun Gopay. Prosedur atau tahapannya adalah sebagai berikut ini:

  1. Pilih jual emas dari menu GoInvest.
  2. Kemudian, masukkan nominal penjualan berdasarkan saldo di akun kamu (terlihat di pojok kiri bawah).
  3. Lalu klik tombol jual sekarang.
  4. Informasi transaksi akan ditampilkan, dan silahkan konfirmasi bahwa kamu ingin memasukkan saldo penjualan ke Gopay kamu.

Tutorial Vidio Cara Bayar Paylater Gojek

Source Yt ARP Studio Tutorial

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara bayar paylater gojek yakni:

PayLater Gojek Bayar Setiap Tanggal Berapa?

Jika kamu melakukan pembayaran dan kemudian menggunakan kembali gopaylater dalam bulan yang sama, kamu harus tetap membayar transaksi tersebut pada akhir bulan atau tanggal 5 bulan berikutnya. Jika kamu tidak membayar tagihan tepat waktu, kamu akan didenda setiap hari.

Apakah GoPay PayLater Bisa Dinonaktifkan?

Bagaimana cara menonaktifkan gopay bayar nanti? Untuk memastikan bahwa semua limit paylater yang telah kamu terima dikembalikan sepenuhnya, kamu harus memenuhi syarat-syaratnya terlebih dahulu. Pengguna tidak bisa menonaktifkan paylater Gopay jika memiliki tagihan yang masih menjadi tanggungan dan belum terbayar.

Kapan Tagihan GoPayLater?

Menurut ketentuan dan kebijakan gojek, tanggal jatuh tempo pembayaran gopay paylater adalah hari terakhir setiap bulannya. Setelah melebihi batas gojek paylater, maka pengguna akan menerima tagihan yang harus dibayarkan setiap akhir bulan.

BACA JUGA:

Cara Bayar Pbb Online Terbaru dan Mudah
Cara Daftar Shopee Food Driver dari Hp Secara Mudah
Mengenal E-Commerce Dan Jenis-Jenisnya

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara bayar Paylater Gojek dan mengaktifkan ini sangat tentu bisa di manfaatkan fitur yang ada secara maksimal, maka semua urusan yang berhubungan dengan transportasi akan bisa di handle secara sempurna oleh gojek.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.