Apa Itu User ID Bca? Inilah Cara dan Contohnya

Infoyunik.com – Sobat unik apakah kamu sudah tahu apa itu user id bca? Padahal user id dan pin internet banking nasabah diperlukan jika ingin mengakses layanan finansial di klik bca. Klikbca ini adalah layanan internet banking dari bca yang sangat cukup mudah dan digunakan oleh nasabah.

User id klikbca dan pin internet banking ini dapat diperolah saat nasabah melakukan registrasi internet melalui atm bca.

Memenuhi kebutuhan nasabah akan ada permasalahan keuangan yang harus diselesaikan dengan secara cepat, bca memberikan pelayanan internet banking yang disebut KlikBca.

Layanan ini sangat cocok untuk masyarakat modern yang dimana hanya perlu klik-klik sebentar, maka semua urusan akan diselesaikan kapanpun dan dimanapun selama ada jaringan internet.

Tentu saja klikbca ini merupakan layanan yang sangat aman karena tiap user punya id dan pin sendiri-sendiri yang semuanya dibuat unik. Nah, untuk lebih jelasnya kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Apa itu User ID BCA?

Bagi kamu yang belum tahu apa itu user id sebaiknya kamu harus mengetahui dahulu pengertiannya. Dimana user id ini adalah sebuah username berupa kode kombinasi huruf dan angka yang diambil dari nama dan tanggal lahir nasabah.

User id ini yang akan didapatkan saat mengaktifkan fitur internet banking bca atau klikbca. Dengan user id ini nantinya akan kamu bisa login ke klik bca dan menikmati transaksi-transaksi yang ada.

Cara Mengetahui User Id Bca

Berikut ini adalah cara mengetahui user id bca yang perlu kamu ketahui:

1. Atm

Apabila nasabah lupa dengan user id klik bca, maka cara mengetahui user id klik bca dengan menghubungi halo bca 1500888 atau melakukan inquiry user id di mesin atm bca terdekat. Berikut ini adalah cara mengetahui user id klikbca melalui mesin atm bca:

  1. Masukkan kartu atm bca kamu.
  2. Masukkan pin atm kamu.
  3. Pilih “Daftar e-Banking atau autodebet.”
  4. Pilih “Internet banking.”
  5. User id KlikBCA akan ditampilkan jika kamu telah mendaftarkan KlikBCA.

2. HaloBCA

Yang kedua bisa melihat user id dengan melihat secara online lewat hp saja yakni dengan hubungi pihak halo bca. Namun catatannya sebelum mulai pastikan pulsa cukup untuk lakukan panggilan.

  1. Siapkan telepon kamu.
  2. Kemudian masukkan nomor 1500888 dan tekan tombol panggil.
  3. Setelah tersambung, jelaskan mengapa kamu menelepon, yaitu untuk memulihkan id pengguna yang terlupa.
  4. Petugas kemudian akan memverifikasi identitas kamu dengan meminta kamu mengisi nama lengkap, nomor HP, alamat, dan nama ibu.
  5. Tunggu sebentar, dan petugas akan memproses, dan user id bca akan berhasil diketahui.
  6. Jika informasi yang dibutuhkan di atas tidak sesuai, aplikasi kamu akan ditolak.
  7. Cara ini bisa berguna jika kamu tidak ingin pergi ke atm.

3. Call Center

Sekarang ini ada tiga cara yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui user id bca, yakni kamu bisa melakukannya dengan cara melalui call center bca, atm bca dan bisa melalui notifikasi email. Berikut ini adalah langkah-langkah cara menghubungi call center bca, antara lain:

  1. Langkah pertama adalah menyiapkan smartphone, lalu membuka menu telepon.
  2. Kemudian masukkan nomor call center bca, 1500888.
  3. Tunggu hingga telepon tersambung ke bca.
  4. Petugas bca kemudian akan melakukan verifikasi informasi dengan meminta nama lengkap, nomor hp, nama ibu, dan alamat.
  5. Kemudian kamu meminta user id bca kepada customer service, dan kamu akan diberikan user id klikbca.
  6. Namun, jika pertanyaan yang diajukan oleh customer service tidak sesuai, maka permintaan kamu untuk mendapatkan user id akan ditolak.

Jika yang lupa adalah pin internet banking, sampaikan mengenai reset klikbca individual ke customer service.

Selanjutnya kamu dapat melakukan regitstrasi ulang di mesin atm dan sebelum kamu menggunakan cara yang pertama, kamu harus memastikan bahwa sisa pulsa masih sangat cukup untuk digunakan untuk menelepon call center bca.

Baca Juga:  Cara Tarik Tunai Gopay Tanpa Kartu ATM BCA

4. Melalui Email

Apabila kamu membuka rekening melalui bca mobile maka user id klik bca dapat dilihat melalui email yang dimasukan pada saat pembukaan rekening. Kamu bisa mengecek kembali inbox email kamu jika notifikasi email tersebut belum terhapus atau hilang.

Cara Reset User ID BCA

Cara Reset User ID BCA

Apabila kamu terlanjur lupa dengan user id bca yang kamu miliki, maka kamu dapat melalukan reset user id bca tersebut dengan beberapa cara dibawah ini:

  • Kunjungi kantor cabang bca terdekat dengan kamu.
  • Hubungi call center bca (1500888).
  • Daftar ulang di atm bca.
  • Kamu harus membawa beberapa data untuk memverifikasi bahwa kamu adalah pengguna yang benar ketika kamu melakukan reset user id bca kamu.

Cara Menjaga Keamanan User ID dan PIN Klik BCA

Berikut ini adalah cara menjaga keaman user id dan pin klik bca, kamu harus melakukan yang ada dibawah ini diantaranya adalah:

  1. Jika kamu telah menyelesaikan transaksi, pelanggan harus log out terlebih dahulu.
  2. Jangan memberikan user id kamu kepada siapa pun yang menjanjikan untuk memberikan hadiah kepada kamu.
  3. Jangan menuliskan user id dan pin kamu pada media yang mudah diakses.
  4. Jangan menggunakan perangkat elektronik orang lain untuk mengakses klikbca atau internet banking bca.
  5. Dengan melakukan keempat hal di atas, kamu dapat menjaga keamanan user id dan pin klik bca kamu.

Contoh User ID BCA

Contoh User ID BCA

Biasanya format user id merupakan gabungan dari nama dan tanggal lahir. Kombinasi user id terdiri dari 8 digit alfabet dari nama dan 4 digit dari data kelahiran.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Berikut ini adalah hal yang perlu kamu perhatikan saat membuat bca, diantaranya adalah:

  1. User bca id bukanlah nomor kartu debit atau rekening, melainkan username untuk login ke aplikasi mybca atau welma.
  2. Pastikan untuk tidak sembarangan atau asal-asalan dalam membuat username bca id agar tidak kesulitan untuk mengakses layanan e-channel bca.
  3. Buatlah password bca id dan pin transaksi dengan kombinasi angka dan huruf yang mudah dihafal. Namun pastikan password tersebut sulit ditebak oleh orang lain.
  4. Hindari penggunaan kombinasi yang sangat mudah ditebak seperti tanggal lahir, urutan angka seperti 1234567 atau pengulangan nomor seperti 112233.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar apa itu user id, yakni:

Apa Itu User dan Contohnya?

Pengguna adalah individu yang memanfaatkan layanan atau perangkat dalam sistem teknologi informasi. Pengguna email adalah contohnya. Pengguna internet

Apakah Sama Username Sama User ID?

Sebagai akses akun, username atau user ID adalah rangkaian atau kombinasi angka dan huruf.

Apakah User ID Sama Dengan Email?

Alamat email yang didaftarkan pada website eProcurement adalah username. Sementara itu, password secara otomatis dikirimkan oleh sistem eProcurement ke alamat email penyedia yang terdaftar dan dapat diubah oleh kamu, jika kamu dapat login ke website eProcurement sebagai penyedia barang atau jasa.

BACA JUGA:

Cara Daftar Internet Banking Bri di Https Ib Bri Co ID
Buka Rekening Mandiri Online Lewat Hp Tanpa ke Bank
Mengenal Internet Banking Dan Cara Daftarnya

Kesimpulan

Dari penjalasan diatas dapat kita simpulkan bahwa apa itu user id dan beberapa informasi yang terkait, layaknya kesalahan dalam memasukan pin atm saat memasukan bca id dan kamu salah memasukan passowrd bca sebanyak tiga kali maka akan terblokir juga.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.