Cara Mengurus NPWP Hilang Secara Online

infoyunik.com – Cara mengurus NPWP hilang secara online ini sangat bisa kamu lakukan dirumah atau dimana saja. Nomor pokok wajib pajak (NPWP) adalah nomor yang digunakan sebagai tanda identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

Sebelum kamu mengajukan pengganti NPWP yang hilang, kamu harus membawa dokumen-dokumen yang penting. Dan kamu harus melapor kehilangan kartu NPWP itu kekantor polisi untuk mendapatkan surat kehilangan dari kepolisian. Nah, untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Cara Mengurus Npwp yang Hilang Secara Online

Cara Mengurus NPWP yang Hilang Secara Online

Berikut ini adalah cara mengurus NPWP hilang secara online yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

  1. Buatlah akun djp online di www.pajak.go.id.
  2. Jika kamu belum memiliki akun djp online, kamu harus terlebih dahulu mendapatkan nomor efin dari kantor pelayanan pajak tempat nama kamu diarsipkan.
  3. Kemudian, di bagian kanan atas, klik login untuk mengakses website djp online.
  4. Setelah itu ketik nomor NPWP, password, dan kode keamanan atau captcha.
  5. Ketika kamu sudah sampai di website djp online, pilih atau klik opsi “informasi”.
  6. Nantinya, NPWP elektronik kamu akan muncul. Klik atau pilih tombol “kirim email”, dan djp akan mengirimkan NPWP elektronik tersebut ke email kamu. Buka lampirannya dan langsung cetak.

NPWP elektrinik ini sangat mirip dengan NPWP fisik. Jadi ketika dalam mengurus administrasi ada persyaratan NPWP kami bisa menyerahkan NPWP elektronik ini.

Cara Mendaftar NPWP Online

Setelah kamu tahu cara mengurus NPWP yang ada diatas sekarang kamu harus tahu cara mendaftar NPWP secara onlie, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka browser seluler kamu dan buka www.pajak.go.id.
  2. Pilih opsi “daftar akun”, lalu masukkan alamat email dan kata sandi kamu saat ini.
  3. Setelah itu, kamu akan mendapatkan email dengan tautan untuk mengaktifkan akun kamu.
  4. Klik link tersebut untuk mengaktifkan akun kamu, kemudian coba cek dengan e-mail dan password yang sebelumnya kamu gunakan.
  5. Kamu kemudian akan dikirim ke halaman pendaftaran, yang mencakup formulir pendaftaran NPWP. Isi formulir pendaftaran secara lengkap, cermat, dan akurat berdasarkan kriteria yang kamu siapkan.
  6. Setelah itu, lanjutkan dengan mengklik “Daftar.” kantor pelayanan pajak akan menangani formulir pendaftaran tersebut.
  7. Jika kantor pelayanan pajak menemukan kebenaran informasi pada formulir pendaftaran NPWP, maka status pendaftaran akan ditampilkan pada halaman utama website pajak. Kemudian, di bawah status pendaftaran, klik tombol kirim token setelah memasukkan captcha dan memilih opsi “Kirim”.
  8. Token kemudian akan dikirimkan ke alamat email yang kamu gunakan untuk mendaftar sebelumnya.
  9. Salin token tersebut dan tempelkan ke menu token situs web ereg pajak. Setelah itu, kamu akan diberikan kode unik untuk digunakan saat mengajukan permohonan NPWP.
  10. Jika pengajuan NPWP online wajib pajak diterima, maka NPWP akan dikirimkan ke alamat wajib pajak.

Fungsi Npwp

Fungsi NPWP

Sebelum membahas bagaimana menangani NPWP yang hilang atau rusak, kamu harus memahami perannya, yang sangat penting dalam melaksanakan berbagai operasi pajak dan di luar masalah pajak.

Baca Juga:  Apa itu Mutasi Rekening? Cara dan Fungsinya

NPWP merupakan dokumen penting karena diperlukan untuk operasional perpajakan seperti e-filing dan pembayaran pajak online. Selain itu, NPWP berfungsi sebagai alat administrasi perpajakan dan pengawasan pemerintah.

Selain itu, NPWP merupakan prasyarat untuk menangani berbagai bentuk administrasi. Seseorang yang telah menjadi NPWP namun tidak memiliki NPWP akan menghadapi denda pajak yang jauh lebih besar. Fungi NPWP administratif yang membutuhkan penggunaan NPWP meliputi:

  1. Kebutuhan untuk mengajukan pinjaman bank.
  2. Mencetak laporan bank.
  3. Memperoleh surat izin usaha perdagangan (Siup).
  4. Prasyarat untuk melakukan operasi administrasi perpajakan.
  5. Ada banyak tanda pengenal atau identitas wp pemilik NPWP pada kartu NPWP, yang akan membantu prosedur administrasi atau perusahaan tempat ia bekerja atau menjalankan usaha.

Jika kamu menjadi wajib pajak tetapi tidak memiliki NPWP, kamu akan dikenakan biaya pajak yang jauh lebih tinggi. Sangat penting bagi wajib pajak untuk memiliki NPWP, dan NPWP harus dijaga dengan hati-hati agar tidak hilang atau hancur.

Manfaat dan Kegunaan Npwp

Manfaat dan Kegunaan NPWP

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan kegunaan NPWP yang perlu kamu ketahui antara lain yakni:

1. Menghindari Sanksi Pidana Hukum

Hal ini tercantum dalam Pasal 39 UU No. 28/2007 tentang ketentuan umum dan tata cara perpajakan. Warga negara yang memenuhi standar subyektif dan obyektif tetapi tidak memiliki NPWP terancam hukuman minimal 6 bulan dan maksimal 6 bulan.

2. Mengajukan Kredit ke Bank

Ketika kamu mengajukan pinjaman di bank atau lembaga keuangan, kamu akan diminta untuk memberikan jaminan berupa NPWP.

Peran dan kegunaan NPWP adalah sebagai tanda pengenal peminjam ketika bank memotong pph (Pajak penghasilan) pasal 23 dari bunga pinjaman.

3. Mengajukan dan Membuat Siup

Yang ingin memulai perusahaan mereka sendiri hampir mungkin akan membuat siup (Surat izin usaha perdagangan) Ini adalah penerapan NPWP sebagai salah satu prasyarat untuk menerima siup dari pemerintah.

4. Menghindari Tarif Pajak yang Tinggi

Jika kamu tidak memiliki NPWP, kamu akan dikenakan pph pasal 21 dengan tarif 20% lebih tinggi daripada mereka yang memiliki NPWP. Pembayaran pajak untuk tarif pph pasal 23 mungkin akan dinaikkan, oleh karena itu kamu harus memiliki NPWP.

5. Membuat Paspor

Permohonan NPWP lainnya adalah untuk orang yang ingin mendapatkan paspor atau pergi ke luar negeri. Ktp dan kartu keluarga keduanya diperlukan untuk pembuatan paspor (Kk).

6. Mengurus Restitusi Pajak

Kamu dapat meminta restitusi jika kamu telah membayar pajak lebih dari yang seharusnya. Kamu dapat memintanya kembali ketika kamu menunjukkan NPWP kamu untuk mengklaim kelebihan pembayaran.

7. Melamar Pekerjaan

Jika kamu baru pertama kali mencari pekerjaan, jangan kaget jika bisnis tersebut mengharuskan kamu memiliki NPWP. Ketika perusahaan membayar upah, pph pasal 21 memotong pendapatan dengan tarif standar.

8. Membuka Rekening Bank

Saat kamu membuka rekening bank, maka kamu wajib menyerahkan NPWP agar bank bisa melakukan verifikasi. Peraturan bank indonesia ini menjelaskan bahwa calon nasabah menjelaskan ketentuan tersebut untuk mencegah pencucian uang dan lainnya.

Baca Juga:  Cara Buat Kartu Kredit BNI dan Syaratnya Secara Online

9. Membeli Produk Investasi

Manfaat NPWP lainnya adalah saat ingin melakukan pembelian produk investasi, kamu harus melampirkan NPWP. NPWP ini menjadi salah satu dokumen yang sangat harus dilampirkan saat mengajukan pembelian produk investasi seperti reksadana, saham dan lainnya.

10. Melakukan Transaksi Jual Beli Properti

Kegunaan NPWP juga bisa dalam transaksi jual beli properti ketika kamu membeli rumah, apartemen atau ruko dari perusahaan pengembang.

Atau saat kamu menjual properti kepada orang lain maka transaksi ini membutuhkan npwp sebagai salah satu dokumen yang sangat wajib.

Tutorial Video Cara Mengurus NPWP Hilang Secara Online

Source ArtExplore Net

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara mengurus NPWP hilang, yakni:

NPWP Hilang Apa Bisa Bikin Lagi?

Pencetakan kartu NPWP hanya tersedia di kantor pajak terdaftar, yang sangat penting bagi wajib pajak bisnis. “Bagi #KawanPajak yang karena keadaan yang tidak terduga, kartu NPWP-nya hilang atau salah tempat dan masih membutuhkannya.”

Berapa Biaya mengurus NPWP Hilang?

Prosedur pengurusan kartu NPWP yang hilang atau rusak ini tidak hanya cepat, tetapi juga gratis.

Bisakah Mengurus NPWP Hilang Secara Online?

Kamu tidak perlu khawatir jika kehilangan NPWP atau nomor pokok wajib pajak karena kamu dapat mengurusnya secara online maupun offline.

BACA JUGA:

Syarat dan Cara Membuat Npwp Online di Hp
Berikut Cara Mengaktifkan Bpjs Kesehatan Secara Online
Cara Daftar dan Upgrade Dana Premium Secara Mudah

kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara mengurus NPWP hilang ini kamu bisa langsung lapor ke kantor polis agar mendapatkan surat kehilangan dan setelah itu kamu bisa mengurusnya dengan secara mudah.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.