Begini Cara Buka Rekening Cimb Niaga Online Secara Praktis

Infoyunik.com – Saat ini cara buka rekening CIMB Niaga online ini tidaklah sangat sulit. Karena dengan era digital yang sekarang memberikan kemudahan dalam dunia perbankan, termasuk pembukaan rekening ini.

Bank CIMB Niaga ini nampaknya memahami kebutuhan atas kepemilikan rekening bank yang saat ini terus bertambah, ini karena masyarakat mempercayakan penyimpanan uang ke bank melalui rekening tabungan.

Justru banyak masyarakat memiliki rekening tabungan lebih dari satu setiap orang, oleh karena itu kebutuhan ini dimanfaatkan CIMB Niaga untuk menarik nasabahnya untuk memiliki produk keuangannya.

Berbagai fitur menarik dan kemudahan diberikan bank yang didirikan sejak 1995 itu kepada nasabahanya dalam melakukan pembukaan rekening.

Jika sebelumnya pembukaan rekening tabungan ini hany bisa dilakukan melalui kantor cabang bank terdekat, sekarang bank-bank juga menyediakan layanan pembukaan rekening secara online termasuk CIMB Niaga. Untuk mengetahui lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Profil dan Sejarah Singkat Bank CIMB Niaga

Sebelum mempelajari barang dan manfaat CIMB Niaga, perlu dipahami terlebih dahulu sejarah dan latar belakang bank. Bagaimanapun juga, sejarah adalah salah satu faktor kunci yang dapat mendorong sebuah bank ke tingkat yang lebih tinggi dari sekarang.

CIMB Niaga memiliki sejarah yang panjang, didirikan pada tanggal 26 September 1955 sebagai Bank Niaga. Pada saat itu, bank ini masih berupaya meningkatkan profesionalisme perbankan.

Kemudian, pada tahun 19989, Bank Niaga go public di Bursa Efek Jakarta, dan Bursa Efek Surabaya menjadi BEI. Pilihan tersebut menjadi signifikan karena dapat menyebabkan pembiayaan yang lebih luas. Bank ini juga memperluas jaringannya di seluruh negeri.

CIMB Group memiliki kepemilikan penuh pada tahun 2007. Perusahaan CIMB Group sDN. bHD menguasai 92,5% saham, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Saat ini, CIMB Niaga senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada konsumennya dengan menawarkan berbagai macam barang.

CIMB Niaga memiliki 451 kantor cabang, 133 unit Cash Deposit Machine (CDM), dan 4.316 unit ATM per 31 Desember 2020, dengan 12.064 tenaga kerja yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tentukan Produk Tabungan CIMB Niaga

Sebelum kamu mengetahui cara buka rekening CIMB Niaga hal yang perlu kamu ketahui adalah jenis produk tabungan CIMB Niaga yang akan kamu pilih, ada banyak pilihan produk tabungan CIMB Niaga yang bisa kamu seusaikan dengan kebutuhannya, yakni antara lain:

1. Tabungan anak dan Perencanaan

  1. GOAL Savers-iB
  2. Tabungan CIMB Junior
  3. GOAL Savers
  4. Indie Account

2. Tabungan Transaksi

  • Tabungan CIMB Niaga Xtra
  • Octo Savers
  • Octo Savers-iB

3. Tabungan Xtra Valas

  1. Tabunganku
  2. Xtra Manfaat
  3. Xtra Payroll
  4. Tabungan Xtra Pandai
  5. Usaha-Personal
  6. Dream Savers

4. Tabungan dan Deposito Syariah

  • Deposito iB Berjangka
  • Pandai
  • Pahala
  • iB Indies Account
  • Xtra
  • CIMB Junior
  • iB-Xtra Valas
  • iB SimPel
  • iB Payroll

Setiap tabungan rencana yang ditawarkan disesuaikan dengan kebutuhan dan segmentasi nasabah Bank CIMB Niaga.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai masing-masing produk tabungan CIMB Niaga, kunjungi situs resminya di cimbniaga.co.id.

Namun, tidak semua produk tabungan CIMB Niaga yang tercantum di atas dapat dimulai secara online. Nasabah harus mengunjungi kantor cabang CIMB Niaga terdekat untuk mendapatkan produk tabungan tertentu.

Syarat Buka Rekening CIMB Niaga Online

Syarat Buka Rekening CIMB Niaga Online

Bagi kamu yang ingin melakukan prosedur pendaftaran dan pembuatan rekening bank CIMB Niaga secara online, kamu perlu menyiapkan berbagai prasyarat terlebih dahulu.

Beberapa kebutuhan yang paling penting sering tersedia dalam berbagai pilihan. Untuk kemudian kamu bisa dapat melengkapi berbagai persyaratan sebagai berikut ini:

1. Perangkat Smartphone

Untuk memulainya, kamu harus menyiapkan perangkat smartphone yang akan digunakan untuk membuka rekening Bank CIMB Niaga.

2. Data Pribadi

Untuk selanjutnya kamu harus menyiapkan data pribadi, dalam hal ini data yang harus kamu siapkan tentu sesuai dengan data KTP kamu, berikut beberapa data yang harus disiapkan adalah:

  1. Nama lengkap kamu.
  2. Tempat, tangga lahir.
  3. Lalu alamat rumah.

3. KTP Elektronik

Kamu juga harus membuat KTP elektronik. Kartu ini akan menyertakan foto, yang akan diunggah ke situs web tertentu untuk proses pendaftaran. Hasilnya, kamu dapat langsung mengunggahnya ke aplikasi seluler CIMB Niaga Octo.

4. NPWP

Untuk selanjutnya kamu bisa menyiapkan NPWP jika memang kamu memilikinya. Tetapi jika kamu tidak punya tidak menjadi masalah karena syarat buka rekening CIMB Niaga ini tanpa NPWP juga sangat mungkin bisa dilakukan.

Selain itu juga kamu bisa mengunggah NPWP beberapa waktu kemudian jika memang sudah memilikinya.

5. Foto Selfie

Dalam proses nanti kamu juga diminta untuk melakukan proses fotosintesis memegang KTP. Ini adalah salah satu upaya verifikasi juga dari pihak bank untuk mencocokan antara wajah dengan foto di KTP.

Jadi ada juga sebetulnya tidak harus dengan KTP sesuai kantor cabang karena kamu juga bisa gunakan KTP luar kota.

Baca Juga:  Apa itu Shopee Pay? Kelebihan Fitur dan Cara Aktivasi

Cara Buka Rekening CIMB Niaga online

Ada beberapa tahapan yang mudah bisa kamu ikuti, pastikan juga kamu agar sudah menyiapkan beberapa syarat ketentuan. Berikut ini adalah beberapa cara buka rekening CIMB Niaga online yang perlu kamu ketahui:

Menggunakan Octo Mobile

Untuk melalui aplikasi octo mobile kamu harus membaca dibawah ini ya, diantaranya adalah:

1. Siapkan Smartphone

Pertama, siapkan perangkat yang akan digunakan untuk mengunduh dan menginstal program. Tentu saja, ada smartphone yang tersedia dalam hal ini dan ada dua macam, yaitu Android iPhone.

2. Download Aplikasi Octo Mobile

Selanjutnya kamu harus download dan instal aplikasi octo mobile. Kamu bisa kunjungi Google Playstore jika pengguna Android kalau untuk Iphone kamu bisa download di Apple Store.

3. Pilih Buka Rekening Pertama

Untuk selanjutnya ada tombol rekening tabungan pertama. Kamu bisa klik tombol tersebut untuk kemudian bisa memulai proses pembukaan rekening.

4. Klik Buka Rekening Pertama

Lalu ada beberapa pilihan yang tersedia dan kamu bisa pilih tidak, kamu mau buka rekening pertama kamu. Ini sangat berlaku untuk kamu yang memang belum pernah memiliki rekening bank di CIMB Niaga.

5. Pilih Jenis Produk dan Tabungan

Akan ada banyak opsi tabungan yang bisa dipilih, serta beberapa penjelasan. Silakan pilih salah satu dan klik tombol ‘I want this’.

6. Pilih Menu E-ktp dan NPWP

Untuk selanjutnya kamu diharuskan untuk upload foto KTP dan juga NPWP, tinggal kemudian kamu pilih saja menunya, kemudian fotokan ke KTP ataupun NPWP. Setelah itu nanti ada informasi yang muncul hasil bacaan sistem.

7. Lengkapi Data Pribadi

Lalu kamu perlu melengkapi data pribadi seperti alamat dan detail lainnya yang memang kamu butuhkan. Kamu juga harus mengisi dengan data yang benar dan gunakan data sesuai dengan KTP.

8. Klik Buat Akun

Jika sudah dilakukan, kamu tinggal klik buat akun. Maka setelah itu akun kamu memang yang sudah jadi tetapi belum bisa digunakan karena harus verifikasi dahulu dengan petugas banking.

9. Verifikasi Lewat Video Call

Untuk tahapan yang utama adalah kamu harus melakukan proses verifikasi lewat video call. Proses ini bisa kamu lakukan dengan klik menekan tombol verify now dan kamu akan dihubungkan dengan pihak officer tapi biasanya dijadwalkan maksimal 7 hari kerja.

Menggunakan Go Mobile

Cara buka rekening online CIMB Niaga ini selanjutnya melalui aplikasi go mobile untuk melakukan pembukaan rekening CIMB Niaga secara online. Cara ini juga sangat mudah, hanya tinggal ikuti langkah-langkah seperti yang ada dibawah ini:

  1. Pertama, instal aplikasi Go Mobile pada smartphone kamu.
  2. Instal program jika ini masalahnya.
  3. Setelah instalasi selesai, luncurkan aplikasi Go Mobile dan daftar.
  4. Kemudian pilih opsi “Ayo Buka Tabungan”.
  5. Jika demikian, calon konsumen dapat memilih jenis tabungan yang mereka inginkan sebelum mengisi formulir secara lengkap.
  6. Unggah foto NPWP dan e-KTP calon nasabah, kemudian masukkan nomor masing-masing identitas secara detail.
  7. Setelah itu, masukkan informasi pribadi dan pekerjaan calon nasabah secara detail.
  8. Jika ya, buat User ID dan PIN Go Mobile.
  9. Kemudian, selesaikan prosedur registrasi dengan video call ke Video Banking Officer CIMB Niaga.
  10. Setelah selesai membuat akun online, jangan lupa untuk mengingat kode referensi yang mungkin memiliki hingga sepuluh digit.
  11. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Phone Banking di 14041, dan setoran tunai harus dilakukan dalam waktu 14 hari kerja sejak pembukaan rekening.
  12. Selesai

Nasabah Bank CIMB Niaga akan mendapatkan berbagai keuntungan dengan memanfaatkan aplikasi Go Mobile ini. Selain bermanfaat, aplikasi Go Mobile dari Bank CIMB Niaga ini menawarkan berbagai fitur yang dapat diakses dan digunakan oleh nasabah.

Keuntungan Rekening CIMB Niaga

Keuntungan Rekening CIMB Niaga

  • Sebagian besar rekening tabungan standar CIMB tidak memiliki biaya administrasi bulanan dan tidak ada biaya kartu debit bulanan jika saldo tabungan rata-rata melebihi jumlah tertentu. Beberapa bank mensyaratkan saldo minimum Rp 1 juta, sementara bank lain mensyaratkan Rp 25 juta.
  • Rekening Tabungan CIMB Niaga cocok untuk menabung penghasilan pengemudi GrabCar atau GrabBike. Setoran awal dan saldo minimalnya hanya Rp 20.000, sehingga mudah digunakan oleh pengemudi Grab. Buat rekening CIMB Niaga GrabBike = buka rekening tabungan CIMB Niaga.
  • Memudahkan pengajuan kartu kredit CIMB Niaga karena bank sudah memahami situasi keuangan kamu dari riwayat transaksi rekening tabungan CIMB kamu.
  • Dengan akses ke riwayat transaksi rekening Niaga, kamu dapat mempercepat pengajuan Kredit CIMB Niaga seperti KTA CIMB Niaga Xtra Dana, KPR CIMB Niaga Konvensional dan Syariah, serta KPM CIMB Niaga Refinancing (Kredit kendaraan bermotor).

Perbandingan Jenis Kartu Debit CIMB Niaga

Kartu debit CIMB Niaga ini merupakan kartu yang dapat kamu gunakan untuk transaksi melalui mesin ATM dan mesin EDC. Kartu debit CIMB Niaga ini tidak dikenakan biaya admin bulanan (Gratis). Satu-satunya biaya terkait kartu debit adalah biaya ganti kartu debit CIMB Niaga yang besarnya sampai Rp. 20.000.

Baca Juga:  Cara Bayar Tagihan ShopeePaylater Secara Mudah

Jenis Kartu Debit CIMB Niaga

Berikut ini adalah jenis kartu debit CIMB Niaga yang perlu kamu ketahui, antara lain yakni:

1. Debit

Kartu CIMB Niaga debit ini adalah kartu yang diberikan setelah nasabah buka tabungan yang tanpa syarat minimal saldonya.

2. Preferred Debit

Syarat memiliki kartu CIMB Niaga preferred debit: Nasabah harus mempunyai saldo gabungan di tabungan CIMB atau deposito sebesar 500 juta.

3. Private Banking

Syarat memiliki kartu debit CIMB Niaga private banking debit ini adalah nasabah harus punya saldo gabungan di tabungan CIMB Niaga atau deposito CIMB sejumlah minimal 5Miliar.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar buka rekening CIMB niaga online, yakni:

Buka Rekening CIMB Niaga Bayar Berapa?

Nasabah melakukan setoran awal minimal Rp 100.000,- melalui transfer dari bank lain atau setoran tunai dalam waktu 14 (empat belas) hari kalender setelah pembukaan rekening.

Apakah CIMB Niaga Bisa Tarik Tunai di ATM Lain?

Nasabah PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) kini dapat menarik uang tunai dan melakukan transaksi perbankan lainnya melalui ATM Link.

Apakah Cek Saldo di ATM CIMB Niaga Kena Biaya?

Nasabah harus membayar Rp2.500 untuk mengecek saldo dan Rp5.000 untuk menarik uang tunai. Biaya untuk transfer tetap konstan sebesar Rp 4.000.

BACA JUGA:

Buka Rekening Mandiri Online Lewat Hp Tanpa ke Bank
Cara Daftar Internet Banking Bri di Https Ib Bri Co ID
Cara Tukar Uang Baru di Bank Secara Offline dan Online

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa buka rekening CIMB Niaga online ini caranya cukup mudah dengan kamu mengikuti penjelasan yang ada diatas.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.