Cara Membuka Bisnis Travel Tiket Pesawat Online

InfoYunik.com – Berikut ini kami akan menjelasakan mengenai cara membuka bisnis travel tiket pesawat online. Yuk simak penjelasan lengkapnya pada artikel dibawah ini ya sobat!

Salah satu pilihan paling populer di negara ini adalah memulai bisnis perjalanan. Bagaimana bisa? Seperti diketahui, semakin banyak orang yang memilih tinggal di pesawat.

Semua orang menyukai pesawat karena waktu perjalanan yang cepat, kenyamanan, dan biaya rendah. Banyak pelaku bisnis melihat meningkatnya permintaan tiket pesawat sebagai peluang bisnis yang sangat baik.

Permintaan pelanggan akan kemudahan dalam memperoleh tiket harus dipenuhi oleh agen tiket (travel agent).

Dengan kemudahan hanya satu aplikasi dan koneksi internet, siapa pun kini dapat dengan mudah membeli tiket pesawat, memilih tempat duduk di pesawat, dan membeli tiket untuk bulan-bulan berikutnya.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah yang dapat kamu gunakan segera jika kamu ingin bekerja sebagai agen tiket pesawat (Travel Agent).

Cara Membuka Bisnis Travel Tiket Pesawat 

Cara Membuka Bisnis Travel Tiket Pesawat

Berikut dibawah ini adalah cara untuk membuka bisnis travel agen

1. Persiapan Awal Membuka Bisnis Travel Tiket Pesawat

Tidak ada keraguan bahwa cara agen perjalanan menjual tiket pesawat telah berubah selama sepuluh tahun sebelumnya. Yang dimaksud dengan “tiket elektronik” adalah tiket yang dikirimkan secara elektronik atau digital karena adanya internet (e-tiket).

IATA mewajibkan anggotanya untuk beralih ke e-ticketing yang dapat dipesan secara online pada tahun 2009. Akibatnya, kamu akan berkonsentrasi pada penjualan internet jika ingin menjual tiket pesawat.

2. Fasilitas Teknis

kamu membutuhkan dedikasi, pendanaan, dan strategi bisnis yang sehat, sama seperti perusahaan lain pada umumnya. Menyediakan sumber daya tambahan seperti komputer, laptop, dan koneksi internet.

Kamu memerlukan koneksi internet untuk melakukan bisnis ini karena dilakukan secara online. Layanan reservasi online 24 jam tambahan tersedia.

Perlu diketahui bahwa tidak semua maskapai penerbangan mengizinkan mitra untuk menggunakan sistem reservasi online mereka alhasil, terkadang kita harus mengembangkan sistem reservasi online kita sendiri (cara ini mengacu pada agen perjalanan resmi dan tentunya membutuhkan biaya yang besar).

Untuk mempermudah penjualan, diperlukan aplikasi atau perangkat lunak. kamu harus menginstal master agen tiket online di PC kamu. Aplikasi ini mempermudah dalam menangani koordinasi pemesanan dan penjualan tiket.

Penjualan tiket pesawat harus memenuhi stkamur akurasi dan kenyamanan. Pastikan kamu selalu mendapatkan informasi terbaru tentang tiket pesawat, ketersediaan kursi, dan rencana perjalanan.

Informasi seperti yang disebutkan di atas sangat penting untuk menyediakan informasi dan statistik yang benar kepada pelanggan.

3. Bekerjasama dengan Maskapai

Pertimbangkan pilihan ini jika kamu bekerja sebagai agen untuk sebuah perusahaan besar. Membangun bisnis penjualan tiket pesawat yang lebih aman dan terjamin melalui kerjasama dengan maskapai penerbangan.

Tapi kamu akan membutuhkan banyak uang untuk setor awal pada pihak maskapai. kamu harus menyetor minimal Rp 10 juta dengan maskapai mana pun yang ingin kamu ajak bekerja sama, menurut agen resmi pesawat.

Ingatlah bahwa tidak semua agen akan diberikan kesempatan untuk berhubungan langsung dengan maskapai penerbangan.

Hanya agen yang perusahaannya CV, PT, dan lain-lain yang berpeluang disini.

Misalnya, kamu perlu menyiapkan dokumen dan dokumen yang diperlukan jika kamu ingin beroperasi langsung dengan maskapai Garuda. Izin badan usaha seperti TDP, SIUP, NPWP, dan lain-lain termasuk dalam beberapa surat.

Cukup sulit untuk menjadi agen tiket pesawat resmi secara langsung, tetapi jika kamu berhasil, kamu mungkin mendapatkan fasilitas tambahan.

Pengurangan biaya pembelian tiket adalah salah satu keuntungannya. Karena kamu dapat menjual kembali tiket dengan harga stkamur atau bahkan lebih murah dari dealer maskapai lain, pengurangannya sangat signifikan.

Menjual tiket pesawat yang lebih terjangkau meningkatkan kemungkinan mendapatkan pelanggan setia karena siapa yang tidak menginginkan tiket pesawat murah?

Selain itu, agen yang berhubungan langsung dengan maskapai penerbangan dapat memperoleh data yang berguna untuk operasi mereka, seperti daftar tiket terbang atau promosi tiket.

4. Bekerja sama dengan Agen tiket pesawat

Kamu dapat mencari agen tiket pesawat dan bekerja sebagai agen jika berkolaborasi dengan maskapai tampaknya tidak mungkin dan menantang.

Pilihan terbaik bagi pemula yang hanya ingin berjualan tetapi kekurangan dana yang cukup dan bisnis yang belum menjadi ukuran badan usaha adalah menjadi sub-agen.

Sub-agen tiket pesawat adalah perusahaan yang menyediakan pembelian dan pemesanan tiket pesawat tanpa terkait dengan maskapai mana pun.

Meskipun demikian, mereka tetap terlihat resmi karena hubungan kerja yang erat dengan maskapai penerbangan.

Diperlukan investasi minimal Rp 2 juta untuk menjadi sub-agen. kamu bisa mendapatkan keuntungan dengan bekerja sebagai sub-agen, seperti komisi atau detail penerbangan yang bermanfaat untuk memikat pelanggan.

Baca Juga:  Cara Membuat Body Scrub Dari Kopi

Periksa reputasi agen tiket pesawat jika kamu ingin mendaftar sebagai sub-agen. Kamu harus terampil memilih pemasok tiket pesawat yang memiliki rekam jejak dalam menawarkan layanan dan harga tiket terbaik.

Sudah ada beberapa agen tiket pesawat yang menyediakan sistem penjualan tiket online dengan biaya pendaftaran geser mulai dari Rp. 100k hingga Rp. 300k.

Ketahuilah bahwa tawaran itu tidak pantas; pemasar online akan lebih cocok untuk itu.

Bagaimana bisa? Karena sekitar 90% dari penjualan tiket tidak pernah terjadi ketika kamu hanya bergantung pada anggota baru untuk bergabung dengan jaringan kamu.

Menjual tiket tersebut hanya merupakan afiliasi MLM dengan tampilan menjual tiket pesawat; itu bukan bisnis yang sah.

5. Mendaftar untuk Program Afiliasi Maskapai

Seperti yang kami katakan di bagian terakhir, afiliasi MLM yang meniru agen tiket harus dihindari dengan cara apa pun.

Namun, tidak ada salahnya jika kamu dapat menemukan jaringan afiliasi maskapai yang dapat dikamulkan.

Wego, Skyscanner, Momondo, dan Travelpayouts hanyalah beberapa contoh perusahaan terkenal di seluruh dunia yang mungkin berfungsi sebagai standar.

Mereka memberikan komisi yang layak dan menawarkan ruang yang memadai bagi para pemula, webmaster, dan pemasar berpengalaman untuk berkembang.

Ada banyak program afiliasi perjalanan online yang tersedia, tetapi memilih satu dengan mitra yang dapat dikamulkan sangat penting.

Nama program afiliasi yang disebutkan di atas menggunakan teknologi meta-search untuk memberi pelanggan biaya tiket terendah.

Saat membandingkan berbagai program afiliasi, berhati-hatilah untuk mempertimbangkan pengalaman seperti tingkat konversi, bereksperimen dengan berbagai gaya iklan, dan strategi pemasaran.

Selalu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan layanan setiap program sesuai dengan syarat dan kondisi yang disajikan.

Cara Membuka Bisnis Travel Agen Tiket Pesawat Tanpa Modal

6. Cara Membuka Bisnis Travel Agen Tiket Pesawat Tanpa Modal

Peluang untuk bergabung sebagai agen penjualan tiket pesawat baru-baru ini telah tersedia melalui sejumlah waralaba.

Pastikan untuk membaca ketentuan mereka sebelum memutuskan untuk bergabung.

Rekomendasi kami adalah mencari waralaba yang menawarkan kondisi yang adil dan memperhatikan ukuran tiket yang ditawarkan, apakah itu tiket lokal, tiket internasional, atau keduanya.

Kemudian, apakah agen masih menjual tiket secara manual atau menggunakan sistem online, pelajari cara menjualnya di sana.

Selalu ikuti perusahaan penjualan tiket pesawat yang menggunakan sistem informasi penjualan tiket.

Kamu melanjutkan ke langkah pendaftaran jika agen tertentu memenuhi persyaratan.

Dibutuhkan waktu yang sangat singkat untuk menyelesaikan transaksi saat menggunakan metode internet untuk tiket pesawat karena tidak ada jeda waktu.

Selama ada koneksi internet, cara pembelian tiket secara online juga cukup praktis.

7. Cara Membuka Bisnis Travel dari Segi Legalitas

Kamu harus dapat memenuhi dua syarat penting untuk memasuki bisnis tiket pesawat: kamu harus memiliki lisensi Perseroan Terbatas (PT) dan sertifikat keanggotaan Asita (Asosiasi Pariwisata Indonesia). Siapapun yang ingin bekerja sebagai agen tiket pesawat harus mempertimbangkan hal ini.

Jika kamu sudah memenuhi dua syarat ini, aplikasi kamu untuk menjadi agen maskapai telah diterima, artinya kamu bisa mulai menjual tiket.

Secara umum, kamu dapat menjual tiket pesawat. Maskapai akan menyediakan tiket fisik dan non fisik, yang keduanya dapat dijual (e-tiket).

Ada minimal deposit Rp 5 juta yang diperlukan untuk e-tiket. Harga tiket minimal kemudian langsung diambil dari deposit.

Jaminan yang diperlukan untuk pembelian tiket fisik adalah Rp. 500.000 per tiket. Minimum order adalah 10 tiket, dan ada jaminan bahwa kamu dapat membatalkannya dengan mengembalikan tiket asli yang dicuri.

8. Memeriksa Biaya Tiket

Tiket tiket pesawat selalu dapat berubah. Agen yang kompeten harus melakukan pemeriksaan tiket secara teratur. Lakukan pemeriksaan harga tiket setiap hari atau setiap hari.

Kamu akan memiliki pengetahuan yang lebih baik tentang perubahan biaya tiket berkat penilaian rutin ini. Misalnya, biaya tiket akan naik saat hari raya besar atau mendekati musim liburan.

Jika klien meminta informasi secara mendadak dan kamu dapat memberikannya segera, kredibilitas kamu sebagai agen atau sub-agen tiket pesawat akan meningkat.

9. Mempekerjakan Karyawan Baru

Sangat disarankan untuk merekrut staf sesuai kebutuhan jika kamu berhasil mengembangkan bisnis keagenan kamu sendiri dan mampu memberikan penghasilan yang stabil.

Karyawan akan membantu administrasi dan operasi reservasi jika bisnis sedang berkembang dan kamu tidak dapat menangani semuanya sendiri.

Biasanya, dua pekerja dipekerjakan oleh sebagian besar agen untuk berhubungan langsung dengan klien atau calon pembeli. Hanya satu karyawan yang dibutuhkan untuk operasi bisnis.

Selain itu, kamu harus mengajari anggota staf seluk beluk bisnis yang terhubung sehingga nantinya mereka dapat melayani pelanggan dengan penuh perhatian.

Baca Juga:  Tips Rumah Dijual Supaya Banyak Yang Menawar

10. Memberikan Promosi

Ada banyak cara untuk mempromosikan apa saja. kamu dapat menggunakan iklan offline atau online (seperti SEO, pemasaran konten, dukungan, dll.).

Apa pun pilihan yang kamu pilih, pastikan untuk menanganinya dengan baik untuk mencegah pemborosan uang. Mencapai penjualan tiket pesawat yang sehat dengan promo yang tepat dan efektif bukan hanya impian belaka.

Pelanggan tidak akan mengetahui keberadaan bisnis kamu jika kamu tidak mempromosikannya. Jika tidak ada yang mengetahui bisnis kamu, pertumbuhan bisnis akan lamban dan stagnan.

Maskapai itu sendiri telah aktif beriklan baru-baru ini.

Kamu dapat melakukan banyak upaya sebagai agen atau agen tiket pesawat untuk mempelajari tentang penawaran sehingga kamu dapat segera memberi tahu pelanggan.

Promosi seringkali sangat diterima oleh masyarakat, yang akan menguntungkan bisnis kamu juga.

Berpartisipasi dalam Komunitas

11. Berpartisipasi dalam Komunitas

Prospek baru yang besar akan muncul dari jaringan yang luas dengan beberapa rekan bisnis.

Oleh karena itu, jaga agar kontak kamu tetap terbuka dan tetap terlibat dalam kelompok yang akan memperluas wawasan kamu dan memberi kamu prospek bisnis.

Kamu memiliki kesempatan untuk mempelajari keluhan, preferensi, ide, dan sudut pkamung konsumen mengenai layanan atau maskapai penerbangan tertentu dengan tetap mengikuti perkembangan komunitas tertentu.

Dengan demikian, kamu dapat terus meningkatkan layanan bisnis kamu sendiri. Ini menguntungkan bagi komunitas online jika kamu dapat berpartisipasi dengan berpartisipasi dalam percakapan atau hanya dengan menanggapi pertanyaan pengguna.

Kamu dapat menginstruksikan orang-orang di forum. Kepercayaan pembaca terhadap kamu dapat ditingkatkan dengan berbagi wawasan dan keahlian baru tentang bisnis ini.

Perilaku kamu akan berubah karena melihat pelanggan sebagai mitra dan bukan sekadar konsumen, menjadikan kamu pebisnis yang lebih cerdik.

12. Bekerja sama dengan pihak luar

Nasihat ini sangat penting kamu harus bisa membangun hubungan yang kuat dengan pihak lain. “Pihak lain” mengacu pada tujuan pariwisata yang terhubung seperti fasilitas akomodasi, hotel, tempat makan (restoran), tempat wisata, tempat hiburan, mal ritel, dan pengemudi atau bentuk transportasi sewaan lainnya.

Kedua belah pihak dapat diuntungkan jika kolaborasi yang tepat dapat dikembangkan secara adil, dan kamu pasti akan menambah koneksi baru yang semakin luas.

Bisnis tiket pesawat kamu akan lebih sering dirujuk sebagai akibat dari peningkatan koneksi, yang dapat meningkatkan penjualan.

13. Semangat Kewirausahaan

Saat pertama kali memulai, usaha kamu tidak akan langsung menghasilkan banyak penjualan tiket. Semangat kewirausahaan kamu akan diuji pada saat ini, jadi lakukan beberapa pekerjaan di banyak departemen perusahaan, termasuk pemasaran, manajemen, promosi, hubungan, dan proses.

Apa pun itu, cari tahu apa yang harus diubah atau ditingkatkan untuk memastikan masa depan bisnis yang lebih cerah.

Manfaat Menjual Tiket Pesawat

Bisnis travel dan ticketing kini menjadi industri yang menjanjikan. Selain itu, mendapatkan tiket tidak terlalu sulit di era digital modern.

Kemudahan dalam pembelian dan penjualan tiket pesawat dimungkinkan oleh kemajuan teknologi.

Lalu apa saja keuntungan yang bisa didapatkan oleh seseorang yang menjual tiket bisnis? Intinya adalah sebagai berikut:

Praktis dan Mudah

Kamu dapat mengoperasikannya hanya sebagai bisnis tiket dan perjalanan menggunakan sistem aplikasi online. Untuk mendidik agen dan sub-agennya, mayoritas agen jaringan memberikan pelatihan dan tutorial menyeluruh.

Di sini, menggunakan sistem aplikasi online tidak perlu mengambil kelas coding atau pemrograman. Mereka memiliki fitur yang sangat kuat dan ramah pengguna.

Modal Kecil

kamu akan menghemat banyak uang, terutama jika kamu menggunakan metode aplikasi online, karena yang kamu butuhkan untuk memulai hanyalah komputer atau smartphone, serta aplikasi ke internet.

Efisiensi Waktu

Agen perjalanan hanya memberikan kode reservasi kepada calon penumpang dengan menggunakan sistem aplikasi internet (seperti VAN dari travelagent.co.id).

Bagaimana cara menggunakan e-tiket yang dikirim melalui kotak masuk email? Untuk check-in di bandara, kamu harus terlebih dahulu membuka lampiran file e-tiket, mencetaknya sebagai tkamu pengenal, dan kemudian membawanya pada hari keberangkatan.

Investasi Abadi

Bisnis ini menjalankan bisnis yang pada akhirnya akan menghasilkan keuntungan. Investasi awal kecil, dan jam kerja fleksibel. Selain itu, jumlah masyarakat yang menggunakan jasa transportasi udara juga sering meningkat.

Manfaat Menjual Tiket Pesawat

FAQ

Berikut ini pertanyaan mengenai Cara mebuka bisnis Travel Agent

Apakah bisnis travel menjanjikan?

Peluang usaha bisnis ini bisa dikatakan cukup menjanjikan bahkan dalam jangka waktu panjang. Mudah dilakukan dan modal juga tidak terlalu besar untuk memulainya.

Apa tugas travel agent?

Tugas dari travel agent adalah bertindak sebagai organisator atau orang yang membantu merencanakan, memilih, dan mengatur liburan konsumennya. Beberapa tugas agen perjalanan lainnya antara lain : Memberi jasa bantuan atau berkomunikasi dengan klien menentukan paket wisata yang akan dipilih

Baca Juga:  Cara Memasang Iklan di Shopee

Apa saja jenis jenis dari travel agent jelaskan?

Jenis dalam bisnis travel agen itu ada Agen Tour Internasional (International Tour Agent) Agen tour internasional merupakan sebuah biro perjalanan

1. wisata yang melayanai rute nasional dan internasional
2. Agen Tour Nasional (National Tour Agent)
3. Agen Tour Domestik (Domestic Tour Agent)
4. Gabungan Semuanya

Kesimpulan

Nah itulah beberapa infromasi yang bisa kami berikan kepada sobat unik mengenai cara membuka bisnis travel tiket pesawat, semoga bermanfaat dan berguna ya informasinya sobat.

Kalian juga bisa membaca artikel kami yang lainnya pada web InfoYunik, ada banyak kategori seperti Tips, Daftar Harga, Info Unik, Teknologi, Review dll, yuk kunjungi website kami dan temukan informasi yang kamu butuhkan.