Cara Mengatasi Lupa Pin Atm BRI Dengan Mudah

Infoyunik.com – Sobat unik apakah kamu sudah tahu cara mengatasi lupa Pin Atm BRI? BRI ini Bank Rakyat Indonesia tentu saja sudah sangat berpengalaman. Hingga sampai saat ini sudah banyak bank yang di dirakan pada pertama kali.

Pada tahun 1995 di Purwokerto, Jawa Tengah untuk menjadi pilihan yang banyak di masyarakat untuk menabung dan mendeposit utangnya.

Untuk salah satu bank kknvesional ini yang sangat lebih dari cukup selama beroperasi di Indonesia. Selain itu ada lagi dari bank BRI ini juga menyediakan layanan KUR (Kredit usaha rakyat).

Yang bertujuan untuk membantu masyarakat kelas menengah kebawah untuk mengembakan tempat usahannya. Untuk setiap nasabah yang telah mempunyai rekening BRI ini juga akan otomatis akan menerima kartu atm yang berfungi sebagai melakukan berbagai macam transaksi.

Yang kamu ketahui untuk saat ini dimana hampir semua nasabah bank BRI ini juga telah memiliki kartu atm (Anjungan tunai Mandiri).

Yang berguna mempermudah segala jenis-jenis transaksi perbankan yang mulai dari taik tunai, transfer sampai melakukan pembayaran tagihan secara virtual.

Tahukan kamu berbagai macam masalah juga juga sangat bisa timbul pada pada kartu atm yang tentu saja kamu ketahui

Dengan salah satunya dan yang cukup sering terjadi adalah kamu salah memasukan nomer PIN ATM ini sebanyak tiga kali secara berturut-berturut dimana jika akan terjadi hal tersebut pada layar mesin atm maka akan otomatis muncul dengan tulisan.

“Salah PIN telah melampaui batas, silahkan ambil kartu kamu” lalu apa saja yang harus dilakukan apabila kamu mengalami hal tersebut? Untuk itu tenang saja kita akan membahas secara detail, untuk itu kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Kemudian kamu perlu ketahui dimana BRI juga telah mengajurkan setiap nasabahnya untuk mengganti Pin Atm setiap tiga bulan sekali.

Hal tersebut agar menjaga keaman nomor Pin Atm dan saldo di rekening, sekaligus jika kamu rajin mengganti Pin Atm BRI ini setiap tiga bulan sekali tentu saja kamu tidak akan lupa berapa nomer Pin Atm kamu yang baru.

Syarat Jika Lupa Pin Atm BRI

Syarat yang Perlu Dibawa

Sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai cara mengatasinya, alangkah baiknya kamu mengetahui syarat ketentuan yang diperlukan saat datang ke kantor cabang bank BRI untuk mengurusnya. Berikut ini adalah syarat-syaratnya sebagi berikut ini:

  • Kartu identitas berupa KTP, kartu SIM atau paspor.
  • Buku rekening tabungan BRI.
  • Kartu ATM atau debit yang dikeluarkan oleh BRI.
  • Uang tunai 5.000 rupiah (pembukaan blokir kartu ATM).

Cara Mengatasi Lupa Pin Atm BRI

Proses manajemen Pin cukup rumit dan harus direncanakan sebelumnya. Lebih baik untuk menghindari keharusan berurusan dengan Pin atm yang terlupa. Berikut ini beberapa cara mengatasi lupa Pin Atm BRI untuk membantu kamu mengingat Pin atm kamu:

1. Pilih Angka yang Punya Makna

Gunakan angka dengan makna spesifik untuk membuatnya lebih mudah diingat. Namun, tidak disarankan untuk menggunakan nomor umum seperti tanggal lahir pribadi.

Informasi ini lebih mudah ditebak oleh orang lain, sehingga meningkatkan risiko penggunaan ATM yang tidak bertanggung jawab. Sebagai gantinya, pilihlah hari ulang tahun idola kamu atau hewan peliharaan kamu.

2. Gunakan Kombinasi yang Sederhana

Pilih kombinasi angka yang sederhana. Jika pelanggan adalah tipe orang yang sulit mengingat, gunakan kombinasi yang sederhana. Namun demikian, ingatlah untuk menggunakan angka yang sulit ditebak oleh orang lain.

3. Catat dan Simpan PIN

Catat angka yang kamu pilih untuk pin kamu setelah kamu selesai. Jaga keamanannya dengan menuliskannya di tempat yang aman. Jangan menyimpan nomor pin ke smartphone kamu atau menyimpannya di dompet kamu.

Simpanlah di dokumen yang aman di rumah sehingga orang lain tidak memiliki akses ke sana. Gunakan catatan tersebut jika kamu lupa pin kamu.

Cara Mengatasi Lupa Pin Atm BRI Dengan Mudah

Cara Mengganti PIN ATM BRI

Jika kamu ingat nomor PIN kamu tetapi ingin mengubahnya, kamu dapat melakukannya secara langsung di ATM. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pergi ke mesin atm BRI terdekat.
  • Masukkan kartu atm kamu ke dalam slot.
  • Pilih bahasa yang kamu inginkan.
  • Pilih “Lanjutkan”.
  • Masukkan kode pin kamu.
  • Pilih “Transaksi Lainnya.”
  • Pilih menu “Ubah pin”.
  • Masukkan pin atm BRI baru kamu.
  • Selesai, pin atm BRI kamu telah berhasil diubah.

Cara Membuka Pin Atm BRI

Ketika kamu ingin membuka pin atm BRI tanpa harus ke bank kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini tapi kamu harus sesuaikan dengan kondisi kamu. Berikut ini cara membuka pin atm BRI yang terblokir yang perlu kamu ketahui antara lain yakni:

1. Menyiapkan Data

Kamu harus siapkan data yang dibutuhkan saat mendapatkan atm terblokir yakni buku rekening dan nomor kartu atm.

Pihak bank membutuhkan kedua informasi tersebut untuk dapat membuka data pada sistem. Karena itu data nasabah ini dibutuhkan untuk melakukan verifikasi bahwa atm benar-benar milik kamu.

2. Menghubungi Call Center

Setiap bank pasti tentu saja memiliki call center untuk melayani berbagai keluhan nasabah untuk bank BRI, kamu juga bisa menghubungi call center di nomor 14017 atau 150017. Dengan menghubungi langsung ke call center hal ini bisa mencegah kejahatan yang bisa menimpa nasabah.

Baca Juga:  Cara Daftar Kartu Kredit BRI Online dan Syaratnya

3. Jelaskan Maksud dan Tujuan

Ketika kamu sudah terhubung dengan call center BRI ini nantinya pihak bank akan mendengarkan keluh kesah mengenai atm yang terblokir ini. Kamu juga bisa menjelaskan bagaimana kronologi dan lokasinya juga harus secara jelas.

Selanjutnya customer service ini akan melakukan verifikasi untuk memastikan data diri nasabah ini. Kamu bisa sebutkan informasi yang akan dibutuhkan agar pihak bank bisa membuka data diri kamu di dalam sistem tersebut.

Jika sudah terverifikasi artinya data ini telah sama dengan yang ada di sistem bank. Sehabis itu customer service akan menanyakan apakah kamu masih ingat dengan pin atm BRI yang terblokir atau tidak.

Jika ternyata mengingatnya, pihak bank akan mengaktifkan kembali kartu atm tanpa kamu harus repot-repot ke bank.

Saat customer service menanyakan hal tersebut, lamgsung saja kamu menjawab ‘Ingat” tanpa harus memberitahukan pin atm.

Hal tersebut ini akan berbeda jika kamu benar-benar lupa dengan pin atm yang dimilikinya. Jika dalam kondisi yang demikian, kamu harus mendatangi cabang BRI yang terdekat.

Cara Reset Pin Atm yang Lupa

Cara Reset Pin Atm yang Lupa

Nah untuk yang selanjutnya ini kamu harus tahu langkah-langkah mengatasinnya. Cara reset pin atm ini akibat lupa tidak terlalu jauh berbeda dengan atasi lupa pin atm bank lainnya yang mengharuskan datang ke kantor cabangnya secara langsung.

Yang dimana cara reset pin iniuntuk atasi lupa pin atm yang sama sekali tidak diingat hanya bisa dilakukan dengan datang ke kantor cabang Bank Rakyat Indonesia.

Untuk kamu yang masih bingung langkah-langkahnya berikut ini adalah cara reset pin atm yang lupa perlu kamu ketahui adalah sebagai berikut ini:

1. Datang ke Kantor Bank BRI

Untuk yang pertama kamu bisa datang ke kantor cabang bank BRI dengan membawa persyaratan yang sudah disampaikan diatas.

2. Ambil dan Tunggu Nomor Antrean

Jika sudah sampai dikantor Bank Rakyat Indonesia kamu langsung ambil nomor antrian dan tunggu nomor tersebut dipanggil oleh customer service.

3. Sampaikan Maksud Tujuan

Lalu jika tiba giliran nomor antrian dipanggil silahkan temui customer service dan kamu bisa bilang jika ingin atasi lupa pin atm BRInya.

4. Tunggu Pemprosesan

Dengan adanya begitu customer service BRI ini akan memulai memproses dari meminta syarat dan mereset pin atau membuka pemblokiran. Kamu hanya perlu menunggu arahan selanjutnya.

5. Pembuatan PIN ATM Baru

Maka jika sudah kamu nanti akan diminta untuk membuat 6 digit pin atm BRI yang baru. Lalu kamu buatlah pin atm yang sangat mudah diingat dan hanya kamu yang mengetahuinya, tujuannya agar tidak terulang kembali masalah lupa pin.

Untuk proses buka pemblokiran kartu atm BRI ini nantinya akan dikenai biaya sebesar Rp. 5.000 dengan begitu kamu tidak perlu membawa cash seperti yang kita sudah sampaikan atau biaya juga bisa minta dipotong dari rekening tersebut.

Penyebab Lupa PIN ATM

PIN ATM mirip dengan password pada rekening, perbedaannya ada pada bentuknya yang hanya menggunakan kombinasi angka.

Karena urutan angka yang dibutuhkan harus sesuai dengan proses awal pembuatan kartu debit, banyak orang yang melupakannya hingga tidak bisa diakses.

Beberapa penyebab lupa pin ATM, salah satunya perlu pencatatan pola angka sebagai akibatnya sering terlupakan. Berikut ini adalah penyebab lupa pin ATM yang sering terjadi:

1. Kombinasi Angka yang Terlalu Rumit

PIN ATM ini seharusnya dibuat dengan campuran angka yang mudah kamu ingat. Namun, banyak orang yang memutuskan untuk membuat kombinasi angka yang rumit untuk menjaga keamanan.

Karena memiliki tujuan yang sangat positif. Namun di sisi lain, ada banyak risiko besar jika susunan angka tersebut akhirnya terlupakan, yaitu pemblokiran kartu debit.

Oleh karena itu, buatlah kombinasi angka yang bisa kamu hafal dengan cepat untuk meminimalisir risiko lupa PIN ATM.

2. Memiliki PIN ATM yang Berbeda-beda

Namun, untuk melancarkan aktivitas keuangan, sudah menjadi hal yang umum bagi nasabah untuk membuka rekening di beberapa bank. Memiliki 2 hingga 3 kartu ATM masih disarankan jika memang benar-benar dibutuhkan. Namun jika jumlahnya sudah mencapai 4 hingga 6 kartu ATM, kamu akan membutuhkan bantuan untuk mengingat PIN ATM di setiap rekening.

Berdasarkan hal itu, sebaiknya kamu membuat PIN ATM yang sama pada setiap kartu ATM yang kamu miliki. Karena hal ini bertujuan untuk mencegah terciptanya kombinasi angka yang terlalu bervariasi sehingga mudah dilupakan.

Dampak Lupa PIN ATM

Dampak paling signifikan yang dirasakan oleh nasabah atau pelanggan ketika lupa PIN ATM tentu saja gagalnya transaksi keuangan dengan kartu debit.

Lebih lanjut, kartu debit juga berpotensi terblokir akibat upaya mencoba PIN ATM yang salah hingga 3 kali berturut-turut.

Baca Juga:  Cara Tukar Uang Baru di Bank Secara Offline dan Online

Oleh karena itu, jika kamu sudah mencoba 1 sampai 2 kali untuk mengakses kartu debit kamu namun ternyata PIN ATM perlu diperbaiki, lebih baik kamu berhenti mencoba agar kartu kamu diizinkan.

Meskipun, jika kartu kamu sudah terlanjur terblokir, kamu bisa datang ke bank BRI untuk mengaktifkan kartu dan mengganti password.

Prospek BBRI vs BBCA

Bagi kamu selaku para investor saham perbankan ini menjadi salah satu yang recoended. Dengan statusnya sebagai bank yang terbesar di Indonesian baik Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Central Asia (BBCA) Ini sangat menjadi rekomendasi yang sangat cocok untuk kamu menaro dana.

Dan kira-kira antara BBRI dan BBCA ini saham yang lebih menarik yang mana ya? Head of Research dari Pt. Sucor Securitas ini menyatakan bahwa.

Bank BUMN ini salah satunya BBRI ini menjadi pilihan yang lebih direkomendasikan. Karena bank BUMN ini memiliki valuasi yang jauh lebih sangat murah.

Selain itu bank BUMN ini akan mendapatkan sokongan dana dari pemerintah yang tidak didapatkan oleh bank-bank swasta (Dalam hal ini BBCA) Meski begitu bank swasta ini menjadi lebih menarik di kala ekonomi berada pada kondisi yang turun.

Tanya Jawab Cara Mengatasi Lupa Pin Atm BRI

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara mengatasi lupa Pin Atm BRI, yakni:

1. Apakah Mengganti PIN ATM Bisa Diwakilkan?

Pin kartu atm yang diblokir hanya dapat diperoleh oleh pemilik rekening dan tidak dapat diwakilkan.

2. Berapa No Wa BRI?

14017/1500 017 (Pusat panggilan). Hubungi Bri di callbri@bri.co.id. Bank BRI di Facebook Messenger. Nomor Whatsapp: 08121214017

3. Jika Kartu ATM BRI Terblokir Apakah Uang Akan Hilang?

Salah satu pertanyaan dan kekhawatiran pemilik atm adalah apakah uangnya hilang jika ATM diblokir. Sebenarnya, meskipun ATM ditutup, uang di rekening tabungan kamu akan aman.

BACA JUGA:

Cara Transfer Melalui M Banking Bca Secara Mudah
Buka Rekening Mandiri Online Lewat Hp Tanpa ke Bank
Cara Tukar Uang Baru di Bank Secara Offline dan Online

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara mengatasi lupa Pin Atm BRI ini cuman bisa dilakukan dengan cara mendatangi cabang BRI terdekat dari lokasi kamu.

Kalau untuk bank lainnya seperti BCA ini mungkin kamu bisa melakukan pembukaan blokir dengan cara menghubungi customer service melalui nomor call center yang bisa kamu terpasang di mesin atm.