Cara Pinjam Uang di Pegadaian Online dan Syarat Pinjamnya

Infoyunik.com – Kamu butuh uang dan sedang mencari pinjaman dengan proses cepat dan mudah? Kamu bisa ajukan pinjaman online di pegadaian, jika kamu masih bingung bagaimana cara pinjam uang di pagadian online, langsung aja kamu simak artikelnya dibawah ini.

Pegadaian ini sudah terjamin kredibitasnya, di pegadaian memang nasabah tidak hanya bisa manggadaikan harta benda saja, tetapi bisa juga mengajukan pinjaman dengan menggunakan pinjaman.

Sebagai salah satu lembaga yang dimiliki oleh pemerintah, nasabah ini sangat bisa mempercayai pegadain sebagaik pihak penyedia dana.

Cara pinjam uang di pegadaian ini juga sangat terlihat mudah. Tidak butuh waktu yang lama untuk mengajukan pinjaman.

Pengertian Pegadaian

Pengertian Pegadaian

Pegadaian atau usaha gadai menurut PP nomoe 10 tahun 1990 tentang perusahaan umum pegadaian adalah kegiatan meminjam barang-barang yang dianggap berharga kepada pihak atau instansi yang tertentu.

Untuk mendapatkan itu sesuai dengan harga barang yang dijaminkan yang nantinya akan ditebus sesuai kesepakatan yang sudah di sepakati oleh nasabah dengan lembaga gadai.

Usah kegiatan gadai ini sangat meliputi pelayanan jasa penaksiran, pelayanan jasa penitpan batang dan memberikan pinjaman dengan jaminan.

Pegadaian ini merupakan salah satu perseroan terbatas yang dikelila oleh badan usaha milik negara atau biasa kamu singkat sebagai bumn yang ada di indonesia.

Yang dimana pt pegadaian ini mempunyai usaha inti yang bergerak di pada penyaluran kredit untuk mensejahterkan kehidupan masyarakat menengah kebawah.

Pt pegadain ini telah berdiri sejak tahun 1991 di sukabumi dan masih bediri sampai saat ini untuk membantu dan melayani masyarakat.

Pt pegadaian ini juga sudah memiliki cabang di mana-mana sampai pelosok negeri untuk memudahkan masyarakat untuk meminjam uang atau menggunakan jasa pegadaian lainnya.

Cara Pinjam Uang di Pegadaian Online

Kamu bisa melampirkan copy invoice sebagai agunan tanpa perlu menjaminkan aset secara fisik. Adapun proses melakukan pinjaman uang di pegadaian, kamu bisa menggunakannya secara online dengan langkah-langkah sebagai berikut ini:

  1. Pertama, luncurkan salah satu browser ponsel kamu.
  2. Setelah itu, silakan masuk ke situs web dengan mengetik “https://digilend.pegadaian.co.id” ke dalam browser kamu.
  3. Cukup daftar jika kamu sudah berhasil masuk ke halaman tersebut.
  4. Silakan unggah semua dokumen yang diperlukan, termasuk dokumen identitas, salinan faktur, dokumen keuangan, informasi bisnis, dan dokumen lainnya.
  5. Setelah kamu melengkapi semua dokumen yang diperlukan, kamu tinggal mengajukan pinjaman uang dari Pegadaian.
  6. Sebelum mengajukan pinjaman, kamu bisa menjalankan simulasi dengan memasukkan nilai faktur, sewa modal, jangka waktu pinjaman, dan tanggal jatuh tempo faktur.
  7. Jika sudah selesai melakukan simulasi, kamu tinggal klik tombol “Ajukan pinjaman”.
  8. Setelah itu, bagi yang sudah memiliki akun, silakan masukkan alamat email dan kata sandi kamu. Jika belum, kamu harus membuat akun terlebih dahulu dengan mengklik “Register”.
  9. Periksa apakah alamat email dan kata sandi yang kamu masukkan sudah benar. Jika sudah benar, cukup klik tombol “Login”.
  10. Kemudian, silakan ajukan dokumen tagihan yang diterima ke Pegadaian dengan mengisi data dan dokumen persyaratan pinjaman.
  11. Pegadaian juga akan melakukan survei untuk menilai kredit dan profil risiko pinjaman.
  12. Jika pengajuan pinjaman disetujui, Pegadaian akan mentransfer dana ke rekening bank yang telah ditentukan dalam perjanjian kredit.
  13. Yang tersisa setelah berhasil mendapatkan pinjaman adalah melakukan pelunasan kepada Pegadaian dalam jangka waktu yang telah ditentukan.
  14. Pegadaian kemudian akan meneruskan kepada debitur pembayaran yang telah dikurangi dengan seluruh jumlah pinjaman.
  15. Selesai.
Baca Juga:  Cara Menonaktifkan Kartu Kredit Mandiri dengan Mudah

Syarat Pinjaman Online

Syarat Pinjaman Online

Untuk mengajukan pinjaman uang di pegadaian, tentu ada syarat yang harus dipenuhi agar pengajuan pinjaman di pegadaian bisa berhasil. Adapun syarat utama yang wajib untuk dipenuhi oleh peminjam adalah sebagai berikut:

  1. Wni (Warga Negara Indonesia).
  2. Memiliki badan usaha yang terdaftar di Indonesia berupa cv, pt, atau perum yang telah beroperasi minimal dua tahun.
  3. Foto ktp dan sk.
  4. Sertifikat usaha.
  5. Salinan faktur.
  6. Catatan keuangan.
  7. Memiliki rekening bank.
  8. Setelah kamu memahami persyaratan dan ketentuan yang tertera di atas, kamu bisa melengkapinya sebelum mengajukan pinjaman dari pegadaian.

Produk Pinjaman di Pegadaian

Berikut ini adalah produk pinjaman di pegadian yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Kredit Cepat dan Aman (KCA)

KCA, sesuai dengan namanya, dirancang untuk menyediakan proses yang cepat dan aman bagi pelanggan. kamu bisa mengajukan pinjaman dengan berbagai alasan.

Nasabah harus membawa agunan seperti sertifikat tanah, emas, mobil, motor, dan barang lainnya untuk mendapatkan layanan produk ini.

Jumlah pinjaman berkisar antara Rp50 ribu hingga Rp500 juta. Jangka waktu pelunasan adalah 4 bulan, yang dapat diperpanjang dengan membayar sewa modal sebesar 0,75% setiap 15 hari. Proses peminjaman dapat diselesaikan dalam waktu 15 menit.

2. Rahn

Rahn adalah Pegadaian dengan sistem syariah. Prosedurnya sangat cepat, dan barang jaminan terjaga keamanannya. Ijarah atau imbalan yang berlaku per tahun adalah 5-7%. Tenornya berkisar antara 1 sampai 120 hari (maksimal).

3. KCA Prima

KCA Prima adalah produk pinjaman tanpa bunga atau bunga 0% hingga 60 hari. Waktu peminjaman atau tenor dapat ditambah jika diperlukan. Nasabah sangat membutuhkan produk ini.

Fungsi Pegadaian

Fungsi Pegadaian

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, fungsi pegadaian adalah memberikan pinjaman dengan jaminan, dimana pegadaian memberikan sejumlah uang berdasarkan nilai barang berharga yang dipinjamkan.

Atau digadaikan kepada lembaga pegadaian sebagai jaminan, yang nantinya akan ditebus kembali sesuai dengan perjanjian yang telah ditentukan.

Menurut keputusan menteri keuangan No. 39 tahun 1971, fungsi utama pegadaian adalah sebagai berikut:

  1. Menyalurkan kredit kepada masyarakat berdasarkan hukum gadai dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat menengah ke bawah yang ekonominya lemah, seperti petani, pedagang kecil, nelayan, industri kecil, dan buruh atau pegawai negeri.
  2. Turut serta atau berperan dalam mencegah praktik ijon, atau pemberian pinjaman yang tidak wajar dan meresahkan, pegadaian ilegal, dan praktik riba lainnya.
  3. Menyalurkan usaha-usaha bisnis atau kredit lain yang bermanfaat bagi masyarakat dan pemerintah.
    Membina pola perkreditan agar terarah dengan baik dan bila perlu diperluas jaringan operasinya
Baca Juga:  Cara Aktivasi Debit Online BCA Melalui Hp

Keuntungan Pinjam Uang di Pegadaian Secara Online

Berikut ini ada keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika melakukan pinjaman di pegadaian secara online. Beberapa keuntungan yang perlu kamu ketahui:

  1. Tidak perlu menjaminkan aset fisik.
  2. Untuk mengajukan pinjaman, jaminan hanya menggunakan faktur.
  3. Tidak perlu mengunjungi kantor cabang Pegadaian.
  4. Dengan jangka waktu pinjaman mulai dari 15 hari hingga 6 bulan, sewa modal mulai 0,038% per hari.
  5. Setelah dokumen disetujui, pinjaman dapat dicairkan dalam waktu 3 hingga 7 hari kerja.
  6. Pinjaman hingga 80% dari nilai faktur sebelum pajak dimungkinkan.
  7. Dengan keunggulan tersebut, kamu dapat menghemat waktu dan menghindari menjaminkan aset kamu saat mengajukan pinjaman uang di Pegadaian.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara pinjam uang di pegadaian online, yakni:

Apakah Bisa Pinjam Online di Pegadaian?

Pegadaian hanya menerima motor atau mobil sebagai jaminan untuk fasilitas pinjaman online ini. Syarat lainnya adalah akun LinkAja diupgrade menjadi akun full service LinkAja dan semua data pribadi yang dibutuhkan dimasukkan.

Berapa lama proses pinjam uang di Pegadaian?

Dengan jangka waktu mulai dari 12, 18, 24, 36, dan 48 bulan. Proses kredit hanya membutuhkan waktu tiga hari, dan dana langsung tersedia. Pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan diskon sewa modal.

Apa Nama Aplikasi Pegadaian Online?

Pegadaian digital merupakan inovasi Pegadaian dalam bentuk aplikasi mobile apps yang memungkinkan masyarakat Indonesia melakukan berbagai transaksi Pegadaian secara online, seperti transaksi gadai, Tabungan Emas, dan pengajuan kredit usaha dan pembiayaan porsi haji.

BACA JUGA:

Pinjaman Uang Tanpa Jaminan Secara Online Paling Gampang
Cara Mendapatkan Uang dari Shopee Terbaru Secara Lengkap
Begini Cara Mengambil Uang di Atm Dengan Cara Aman

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara pinjam uang di pegadaian online ini kamu tidak perlu datang ke kantor cabang pegadaian, selain itu kamu juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya jika kamu pinjam uang di pegadaian secara online.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.

Cara Pinjam Uang di Pegadaian Online dan Syarat Pinjamnya