Tips Memilih Bahan Jilbab yang Mudah Dibentuk

InfoYunik.comBahan jilbab yang mudah dibentuk dan nyaman perlu menjadi pertimbangan sebelum memilikinya. Jangan sampai karena memilih kain hijab yang tidak tepat malah bikin bad hijab day yang bikin mood berantakan sekaligus ngga percaya diri.

Sebenarnya banyak sekali faktor untuk memilih hijab mana yang paling tepat, namun untuk pemula kenyamanan pastinya merupakan hal yang utama.

Pilihlah hijab yang sekiranya mudah dibentuk dan kerapiannya tahan lama, jangan sampai hijab malah membuat kamu jadi kurang nyaman.

Memilih Bahan Jilbab yang Mudah Dibentuk

Memilih Bahan Jilbab yang Mudah Dibentuk

Nah, berikut ini kita akan membahas bahan jilbab yang mudah dibentuk kamu bisa baca artikelnya dibawah ini.

1. Sifon

Biasanya bahan yang satu ini sangat cukup dikenal sebagai bahan untuk pashmina. Sifon atau chiffon ini memiliki karakter yang tidak terlalu tebal, sehingga sangat ringan ketika dikenakan.

Karena bahannya yang sangat ringan, pashmina berbahan sifon ini tidak membuat kamu gerah. Meski begitu, bahan ini cendurung transparan.

Jadi, sebelum menggunakannya, sebaiknya memakai inner atau alias dalam kerudung agar tidak menerawang. Tetapi, bahan ini sangat halus dan tidak mudah kusut. Cocoklah untuk dijadikan pilihanmu.

2. Crepe

Bahan hijab yang sangat nyaman dan mudah dibentuk selanjutnya adalah crepe. Bahan ini menjadi favorit banyak orang.

Karena tidak kaku dan sangat lentur. Berbeda dengan bahan sifon, crepe tidaklah tipis, sehingga mampu menutupi rambut dengan sempurna.

Ciri khas lainnya adalah permukaannya yang kesat dan sangat ringan. Crepe merupakan perpaduan antara bahan kaos ataupun sifon dan biasanya dijadikan sebagai pashmina atau hijab instan.

3. Voal

Bahan hijab yang satu ini sedang naik daun. Bahan voal biasanya disebut sebagai bahan paris premium. Meski berbahan katun tipis, namun sangat adem, mudah diatur dan tidak mudah kusut.

Sehingga kamu akan merasa nyaman ketika memakainya. Tidak heran hijab berbahan voal ini disukai banyak orang. Apalagi, hijab dengan bahan ini kini juga hadir dengan beragam motif yang sangat menarik.

4. Ceruti

Banyak orang yang sering keliru saat membedakan antara bahan ceruti dan sifon. Sebab, keduanya sangat mirip, ceruti maupun sifon ini sangat ringan dan tidak terlalu tebal.

Adapun yang menjadi pembedanya adalah bahan ceruti memiliki tekstur menyerupai kulit jeruk sehingga lebih terasa ketika di raba.

Pashmina berbahan ceruti ini akan menghasilkan tampilan yang lebih elegan dibanding bahan lainnya. Ketika dipakai, pashmina ini bisa jatuh menjuntai sehingga memberikan efek anggun. Agar tidak licin jangan lupa menggunakan inner terlebih dahulu.

Satin atau Sutra

5. Satin atau Sutra

Memilih hijab yang nyaman dan mudah dibentuk untuk pergi ke pesta, satin adalah pilihan yang tepat. Selain memberikan kesan mewah dan glamor, bahan hijab lembut dan dingin ini juga sangat cocok untuk model hijab apapun. Mulai dari hijab instan, pashmina hingga hijab segi empat.

6. Diamond

Diamond ini dikenal juga sebagai salah satu bahan hijab yang mudah dibentuk. Biasanya bahan jenis ini kerap digunakan dalam bentuk pashmina maupun kerudung segi empat.

Meski teksturnya sedikit kasar, namun bahan jenis ini sangatlah nyaman dipakai karena sangat ringan dan tentunya tidak membuat gerah.

7. Katun

Katun tidak hanya cocok dijadikan sebagai bahan untuk membuat saja, namun juga sangat sangat pas untuk hijab.

Bahan yang terbuat dari serat alami ini, permukaanya sangat halus membuat hijab dengan jenis ini memberi kenyamanan dalam berpenampilan.

Selain itu, bahan katun ini memiliki sifat menyerap keringat dengan baik. Itu berarti bahwa pashmina berbahan katun bisa diandalkan oleh para hijabers yang aktif dan sering beraktivitas diluar ruangan tanpa khawatir panas dan gerah.

8. Wolfis atau Wolpeach

Bahan yang berikut ini tidak hanya populer dipakai sebagai hijab, tapi juga sebagai kemeja atau baju gamis.

Bahan wolfis ini merupakan perpaduan antara kain katun dan sutra yang di tambahkan dengan
serat sintetis. Hijab jenis ini biasanya lebih tampak ‘jatuh’, tapi tebal, tidak menerawang, tidak panas dan nyaman dipakai.

9. Maxmara

Maxmara merupakan jenis bahan yang banyak dipilih oleh para hijabers. Sebab, memiliki tekstur yang halus dan warnannya yang agak glossy, sehingga membuat tampilannnya terkesan sangat mewah. Hijab dengan bahan ini, sangat cocok sekali ketika digunakan untuk acara formal maupun pesta.

Baca Juga:  Promedia CCTV, Sediakan CCTV Pekanbaru yang Berkualitas dengan Harga Pas

10. Jersey atau Lycra

Bahan hijab jersey atau lycra biasanya dipakai sebagai bahan kerudung instan, bergo atau inner hijab. Materialnya berupa katun stretch yang tebal, halus dan elastis. Meskipun bahan hijab ini nyaman digunakan, tapi tidak cocok jika kamu pakai di acara formal.

Voile

11. Voile

Voile kini menjadi salah satu bahan hijab yang banyak digemari oleh para hijabers. Bukan tanpa alasan, ini karena voile adalah bahan jilbab yang bagus.

Bahan voile atau lebih dikenal dengan nama voal ini memiliki kain yang sangat lembut dan tipis, biasanya terbuat dari 100% bahan katun atau campuran katun dan linen atau polyester.

Kelebihan bahan voile adalah bahannya halus, lembut, sejak dan ringan. Sehingga sangat nyaman untuk digunakan. Apalagi untuk berkegiatan seharian.

Akan tetapi, bahan voile ini juga memiliki kekurangan yakni bahannya kurang lentur dan mudah untuk kusut. Untuk itu, ada baiknya kamu selalu menyetrika hijab bahan voile terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

12. Rayon

Kamu suka beraktivitas diluar ruangan dengan cuaca yang panas? Hijab dengan bahan rayon bisa pilihan yang tepat untuk kamu.

Kain hijab yang terbuat dari rayon memiliki kelebihan tekstur yang halus, lembut dan nyaman saat digunakan. Selain itu, hijab dengan bahan rayon juga tidak mudah kusut dan memiliki daya serap yang tinggi.

Akan tetapi, bahan rayon ini memiliki kekurangan dapat menimbulkan bau kurang sedap ketika dipakai terlalu sangat lama, karena rayon dapat menyerap keringat.

13. Satin

Untuk kamu yang ingin mendapatkan kilau mewah bahan sutra namun dengan harga yang lebih terjangkau, kamu bisa mencoba menggunakan bahan satin sebagai pengganti bahan sutra.

Bahan satin memiliki sifat dan kelebihan yang hampir mirip dengan bahan sutra, yakni berkilau, lembut dan sangat halus. Meskipun memiliki sifat yang sama, kedua bahan ini memiliki bahan serat yang berbeda.

Kain satin umumnya terbuat dari bahan polyester dan memiliki permukaan yang lebih mengkilap. Perbedaan bahan dasar kain ini membuat bahan satin memiliki beberapa kekurangan, seperti mudah rusak karena tusukan jarum dan mudah berbulu.

14. Corn Skin

Berbeda dengan jenis bahan hijab lainnya, bahan corn skin memiliki tekstur berserat halus seperti tekstur kulit jagung. Untuk hal itu, bahan ini disebut dengan nama corn skin atau kulit jagung.

Hijab dengan bahan kulit jagung ini umumnya memiliki kain yang lembut, tipis, ringan, tidak mudah kusut dan sejuk saat digunakan.

Namun akan tetapi, bahan corn skin ini biasanya sulit untuk dibentuk dan bergelombang. Untuk itu, kamu perlu sering-sering merapikan hijab ketika sedang menggunakan bahan corn skin.

Tips Agar Jilbab Mudah Dibentuk

Tips Agar Jilbab Mudah Dibentuk

Ada beberapa tips paling simpel agar memakai hjab lebih mudah. Terutama untuk penggunaan hijab segiempat atau pashmina, berikut ini adalah tips agar jilbab mudah dibentuk:

1. Perhatikan Cara Pencuciannya

Cara agar hijab tegak tentu saja kamu harus memperhatikan pada bagian pencuciannya. Agar hijab tetap bersih dan terhindar dari bau yang tidak sedap, maka kamu bisa mencampurkan cuka pada saat mencuci hijabnya.

Selain pencampuran cuka perlu diperhatikan pula deterjen yang digunakan untuk mencuci hijab. Di bandingkan penggunaan deterjen bubuk, kamu sebaiknya memilih deterjen dengan bentuk cairan.

Penggunaan deterjen bubuk dengan kualitas yang kurang bagus, akan meninggalkan residu ketika hijab yang kering.

Saat pencucian hijab, tidak boleh menggunakan mesin cuci karena bisa berpengaruh pada tekstur kain hijab. Tekstur kain yang berubah bisa membuat bahan jilbab susah dibentuk karena kusut.

2. Perhatikan Proses Menyetrika

Selain proses mencuci hijab, kamu harus perlu perhatikan juga saat menyetrika kerudung agar selalu rapih dan mudah dibentuk. Untuk hijab segi empat ataupun pashmina, maka kamu harus menutup semua bagian permukaan hijab.

Setelah disetrika, hijab jangan langsung dilipat tetapi digantung menggunakan hanger. Nah untuk tips menyetrika hijab instan dengan pet, maka sebaiknya kamu hindari melipat bagian pet.

Baca Juga:  Indahnya Perpaduan Gaya Tradisional dan Modern di Dalam Rumah

Melipat bagian pet tentu bisa membuat bentuknya jadi berubah, sehingga ketika dipakai akan mudah lemas dan tidak akan kembali ke bentuk semula.

3. Pemakaian Inner

Cara agar kerudung tidak lepek ternyata berpengaruh juga pada penggunaan inner. Seperti diketahui tidak semua perempuan muslimah yang memakai hijab suka menggunakan inner. Tapi ternyata inner sangat berguna ketika ingin menggunakan hijab tetap rapih seharian.

Salah satu model inner yang bisa memperngaruhi bentuk hijab adalah inner ciput. Gunakan inner untuk hijab dengan tekstur yang licin.

Alasannya mungkin tentu saja agar membuat hijab licin kamu, tidak mudah bergeser dan tetap rapih ketika dipakai untuk waktu yang lama.

Namun dalam penggunaan inner sendiri kamu harus tahu tips yang tepat. Yakni sebaiknya ketika memakai hijab setiap hari maka kamu juga harus mengganti inner setiap kali ganti hijab. Hal ini membuat inner kamu tidak mengeluarkan bau yang kurang sedap.

4. Pemakaian Aksesoris Jilbab

Ketika memakai hijab terutama untuk yang model segi empat dan pashmina tentu perlu adanya tambahan aksesoris hijab. Aksesoris ini bisa berupa jarum pentul peniti hingga bros.

Ketiga aksesoris tambahan ini, bisa membuat hijab tetap rapih dan tidak mudah bergerak kemana-mana. Sangat membantu kamu ketika sedang menggunakan hijab untuk acara resmi, karena hijab jadi tidak mudah rewel.

Apalagi ketika kamu menghadiri acara pesta atau wisuda yang mengharuskan penampilan on point setiap saat.

Akan tetapi penggunaan ketiga aksesoris ini membuat tekstur hijab jadi rusak bahkan bisa robek. Terutama untuk bahan hijab yang tipis, aksesoris-aksesoris yang dipasang terlalu lama ini akan lebih mudah rusak.

Penggunaan aksesoris yang punya tekstur cukup tajam ini juga sangat berbahaya, jika kamu sedang punya balita.

5. Rajin Perawatan Rambut

Ketika menggunakan hijab, para perempuan tentu harus tetap memperhatikan kesehatan rambutnya. Karena ketika rambut sehat maka kulit kepala jadi sehat dan tidak mudah berkeringat.

Saat kepala kamu mudah keringatan, sangat bisa berpengaruh pada hijab yang mengeluarkan bau kurang sedap.

Rajinlah keramasan minimal 2kali seminggu. Pilih juga shampo yang sesuai dengan jenis rambut agar tetap lembab dan tidak mudah mengalami masalah kulit kepala.

Rambut yang berketombe saat menggunakan hijab tentu akan menjadi gangguan yang cukup merepotkan kamu.

6. Jangan Pakai Jilbab Saat Rambut Basah

Ada beberapa perempuan yang memang punya kebiasaan buruk yakni menggunakan hijab saat rambutnya masih basah.

Padahal kebiasaan ini tidak hanya berpengaruh pada kesehatan rambut tapi juga model jilbab yang jadi susah rapih.

Pemakaian hijab ketika rambut sedang basah tentu saja bisa membuat kerudung kamu jadi tampak lepek. Maka harus dipastikan kamu sudah dikeringkan terlebih dahulu baru gunakan hijab.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar bahan jilbab yang mudah dibentuk, yakni:

Bahan Voal Apakah Mudah Dibentuk?

Bahan voal tidak tembus pandang, sehingga nyaman dipakai. Saat dibentuk di wajah, bahannya tidak jatuh dan mudah diluruskan.

Bella Square Yang Bagus Bahan Apa?

Hijab bella square adalah nama lain dari bahan polycotton atau double hycon. Hijab bella square adalah hijab segi empat, seperti namanya.

Hijab Paris Itu Bahan Apa?

Bahan voal kembali meningkat! Bahan ini sering disebut sebagai bahan paris premium. Banyak orang memilih hijab voal karena terbuat dari katun tipis yang sangat adem, mudah dipegang, dan tidak mudah kusut.

Bahan Kerudung Polycotton Seperti Apa?

Bahan polycotton yang halus dan lembut membuatnya lebih nyaman dipakai. Bahannya juga adem dan mudah menyerap keringat, sehingga nyaman dipakai.

Meskipun bahannya jatuh, namun ketika digunakan sebagai kain dasar jilbab, polycotton tetap simpel untuk dibentuk.

Apakah Bahan Double Hycon Mudah Dibentuk?

Kain double hicon juga dikenal dengan sebutan sifon ganda karena bahannya yang halus dan adem. Saat dikenakan, hijab segi empat hycon kembar terlihat jatuh.

Meskipun bahannya jatuh, hijab double hicon mudah dibentuk untuk memenuhi tuntutan gaya berhijab dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:

Daftar Harga Model Baju Gamis 2021 Terbaru
Contoh Model Baju Brokat Terbaru 2020
Contoh Model Baju Lebaran Gamis Couple Keluarga 2020

Baca Juga:  Belajar Islam di Islam Download

Kesimpulan

Demikianlah beberapa informasi yang bisa kita sampaikan mengenai bahan jilbab yang mudah dibentuk, semoga artikel diatas bermanfaat dan berguna untuk sobat unik.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna ya sobat unik!