Cara Membuat Coklat Batangan Dari Bubuk

InfoYunik.com – Berikut kami akan menjelaskan mengenai cara membuat coklat batangan dari bubuk , mari simak beberapa ulasannya yang sudah kami rangkum untuk sobat unik pada artikel dibawah ini ya!

Cokelat merupakan makanan manis yang lezat dan sangat disukai. Tanaman kakao digunakan untuk membuat cokelat ini, yang diproses untuk membuat cokelat dengan berbagai manfaat kesehatan.

Karena banyaknya pecinta cokelat, berbagai jenis masakan telah dikombinasikan dengan cokelat. Cokelat ini mahal, tetapi banyak diiklankan dan selalu laris manis.

Cokelat batangan adalah salah satu jenis cokelat yang paling sering digunakan. Karena rasanya yang enak dan teksturnya yang lembut namun agak keras, cokelat batangan sebenarnya lebih disukai.

Ternyata bubuk kakao dapat digunakan untuk membuat cokelat batangan, sehingga membuatnya mudah. Sehingga coklat batangan yang berbahan dasar coklat bubuk dapat diolah kembali.

Siapa pun dapat mencoba membuat cokelat batangan dari bubuk kakao karena prosesnya sangat mudah. Pelajari detail penting mengenai manfaat kesehatan cokelat sebelum mempelajari cara membuat cokelat batangan.

Cara Membuat Coklat Bubuk Menjadi Coklat Batangan

Sangat mudah untuk membuat cokelat batangan kamu sendiri. Selain itu, bubuk kakao digunakan untuk membuat cokelat batangan ini. Berikut cara langsung membuat coklat bubuk coklat batangan:

Bahan:

  1. Bubuk kakao, 2 sendok teh
  2. susu encer
  3. tepung maizena, satu sendok makan
  4. Gula

Bagaimana Cokelat Batangan Terbuat dari Bubuk Kakao:

  1. Jika kamu sudah makan satu atau satu setengah sendok teh tepung maizena, ambil bubuk kakao sebanyak dua sendok makan.
  2. Kemudian konsumsi susu dan gula seperlunya. Saat semuanya digabungkan, masukkan semuanya ke dalam mangkuk dan kocok untuk digabungkan.
  3. Saat kamu terus mengaduk semua bahan ini dengan api kecil.
  4. Campuran ini harus diaduk sampai menjadi hitam.
  5. Setelah menyiapkan cetakan, bentuk adonan cokelat.
  6. Cokelat batangan ini disiapkan setelah dimasukkan ke dalam lemari es.
  7. Agar cokelat batangan lebih tahan lama, siapkan dalam stoples atau wadah.
  8. Komponen-komponen yang dibutuhkan untuk membuat coklat batangan dari coklat bubuk mudah didapatkan di berbagai toko swalayan. Coba gunakan resep ini untuk membuat cokelat batangan kamu sendiri.
  9. Tentu, jika kamu membuat resep yang tepat, hasilnya akan menyenangkan.

Cara Kedua

Bahan:

  1. Kakao bubuk seberat 220 gram
  2. 30 gram gula bubuk
  3. Seratus gram gula pasir
  4. 170 gram mentega suhu kamar yang dilunakkan
  5. 150 mililiter susu cair, pada suhu kamar
  6. 235 ml air

Cara Membuat:

  1. Masukkan air ke dalam panci, panaskan, lalu sesuaikan panasnya agar air tidak mendidih.
  2. Kemudian campurkan mentega cair dan bubuk kakao dalam mangkuk. sambil diaduk-aduk hingga menjadi pasta yang halus.
  3. Untuk menghilangkan gumpalan, gunakan garpu, blender tangan, atau benda lain.
  4. Aduk setelah menambahkan isinya ke air mendidih.
  5. Biarkan suhu naik tetapi jangan biarkan mendidih.
  6. Jika itu ayam, campurkan gula pasir dan gula bubuk dalam mangkuk dan tuangkan campuran coklat panas ke dalamnya. Buang gumpalan sebelum menambahkan campuran gula dan aduk ke dalam cairan kakao panas.
  7. Untuk membuat adonan lembut, tambahkan susu ekstra.
  8. Kemudian, setelah adonan dituang ke dalam cetakan yang berbeda bentuk, masukkan adonan coklat ke dalam freezer selama satu malam.
Baca Juga:  Kerudung yang Cocok untuk Baju Warna Mustard

Jenis-Jenis Coklat

Ada beberapa jenis cokelat, oleh karena itu perhatikan hal-hal berikut:

Coklat Cair

Minuman dengan kandungan gula tinggi dan massa kakao disebut cokelat cair. Kandungan gula cokelat ini bisa membuat berat badan bertambah.

Coklat Tawar

Cokelat tawar adalah jenis cokelat yang cocok untuk memanggang kue dan makanan manis lainnya. Ada rentang yang luas dalam kandungan massa kakao, dari 30% hingga 70%. Rasanya akan lebih baik semakin besar konsentrasi massa kakao.

Couverture

Cokelat yang ideal adalah couverture. Karena memiliki banyak lemak kakao dan murni, cokelat jenis ini memiliki rasa yang enak.

Barang-barang cokelat buatan tangan sering dibuat menggunakan cokelat jenis ini. Saat menggunakan ini, cokelat dicairkan terlebih dahulu.

Cokelat Susu

Kakao, gula, susu, cokelat cair, dan vanila membentuk cokelat susu. Cokelat yang paling populer adalah cokelat yang satu ini.

Meskipun cokelat susu hanya mengandung 20% massa kakao, namun memiliki rasa yang lebih manis daripada cokelat biasa.

Cokelat susu ini memiliki rasa yang lebih ringan karena mengandung susu. Karena cepat gosong dan memiliki kandungan cokelat yang rendah, cokelat jenis ini tidak disarankan untuk dicampurkan pada kuliner.

Kakao

Setelah cocoa butter dibuat, massa kakao digunakan untuk membuat produk cokelat ini. Produk ini terjangkau dan mudah diproses. Kakao yang sangat mudah ini sering dipadukan dengan kuliner lainnya.

Coklat Putih

Cokelat putih ini berwarna putih dan memiliki kandungan massa kakao yang rendah. Cokelat jenis ini dapat dimakan langsung dan sering digunakan sebagai komponen dekorasi kue.

Cokelat putih, yang tidak termasuk cokelat asli, terbuat dari lemak kakao, gula, dan vanila. Cokelat putih ini harus diproses dengan hati-hati karena cepat terbakar.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai cara membuat coklat batangan dari bubuk. Semoga bermanfaat dan membantu ya sobat, kalian juga bisa membaca info lainnya di web kami ada banyak kategori yang bisa kalian temukan.