Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 6

InfoYunik.com – Sampai saat ini banyak yang belum mengetahui kelebihan dan kekurangan xiaomi redmi 6. Redmi 6 ini disebut sebagai penerus redmi 5 yang lebih dulu sukses di pasaran, Apakah redmi 6 lebih baik?

Tentu saja, redmi 6 hadir membawa sejumlah perubahan jika di bandingkan dengan redmi 5. Perubahan yang paling jelas terlihat ada sektor kamera.

Dimana xiaomi redmi 6 sudah dibekali dengan dual kamera yang juga di dukung oleh artirtificial intelligence (AI). Nah untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Kelebihan Xiaomi Redmi 6

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari xiaomi redmi 6 yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Harga Murah

Salah satu alasan utama smartphone xiaomi seri redmi laris dipasaran adalah karena smartphone ini memiliki harga yang terjangkau.

Smartphone terbaru xiaomi ini dibanderol mulai dari Rp. 1 jutaan saja. Meski dibanderol dengan harga murah, ponsel pintar ini tetap memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk penggunaan sehari-hari.

2. Chipset Andal dan Hemat Daya

Memiliki harga murah tidak membuat smartphone ini memiliki chipset yang tidak memadai, puncak xiaomi redmi 6 menggunakan chipset keluaran Mediatek, yaitu Mediatek MT6762 Helio P22 Octa-core 2,0 GHz.

Prosesor kelas menengah terbaru dari Mediatek ini tentu menawarkan performa yang andal sekaligus lebih hemat daya.

Bagaimana tidak? Chip perangkat mobile ini dibangun dengan proses fabrikasi 12 nanometer (nm). Teknologi ini lebih canggih dibandingkan snapdragon seri 400 dan 600 yang masih menggunakan teknologi pemrosesan 14 nm. Semakin kecil, maka suatu prosesor akan lebih hemat konsumsi daya.

3. Penyimpanan Besar

Jika berbicara soal kapasitas penyimpanan, xiaomi redmi 6 memiliki kapasitas penyimpanan yang lumayan cukup besar xiaomi ini menawarkan dua versi penyimpanan untuk redmi 6 dengan besar ram yang berbeda, yaitu 3Gb ram 32Gb storage dan 4Gb ram 64Gb storage.

Selain itu, kapasitas yang penyimpanan pada smartphone ini masih sangat diperluas karena tersedianya slot microSD (dedicated slot) hingga 256Gb.

4. Desain Modern yang Ringkas

Desain full-screen memang menjadi tren pada smartphone setahun belakangan ini. Desain full-screen sudah dimiliki oleh pendahulu dari xiaomi redmi 6, yakni xiaomi redmi 5.

Secara umum, desain redmi 5 dan redmi 6 terbilang sangat mirip. Perbedaan yang paling mencolok terdapat pada peletakan sebuah kamera ganda, serta grill speaker yang kini pindah posisi kebagian belakang smartphone ini.

Untuk bahan yang digunakan untuk cover body redmi 6 ini menggunakan bahan plastik tidak seperti pendahuluanya yang menggunakan bahan metal.

5. Dual Camera Berkualitas

Berbeda dengan pendahulunya, xiaomi redmi 6 menggunakan dua buah kamera yang sangat berkualitas dengan resolusi 12Mp, f/2.2 berteknologi phase detection autofocus (PDAF) serta 5Mp (f/2.2 dengan depth sensor).

Karena adanya memiliki dual camera, redmi 6 kini menghasilkan foto potrait alias bokeh dengan yang sangat berkualitas baik.

Hal ini menjadi perbedaan dan keunggulan utama redmi 6 dibanding pendahulunya. Selain itu, belum banyak ponsel seharga Rp. 1Jutaan yang membawa teknologi kamera seperti ini.

Kekurangan Xiaomi Redmi 6

Kekurangan Xiaomi Redmi 6

Berikut ini adalah beberapa kekurangan xiaomi redmi 6 yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Absennya Infrared

Salah satu keunggulan smartphone xiaomi adalah tersedianya infrared blasteran yang dapat digunakan untuk bisa.

Menggantikan remote tv, remote ac, remote dvd dan music player bahkan untuk menyalakan proyektor ketika ingin melakukan presentasi. Namun sangat disayangkan, fitur unggulan xiaomi tersebut dihilangkan dari redmi 6 ini.

2. Tanpa Perlindungan Gorilla Glass

Xiaomi redmi 6 yang dilengkapi dengan layar berjenis IPS LCD berukuran 5.45 inci dan resolusi 720 x 1440 pixels ini ternyata tidak memiliki perlindungan layar gorilla glass. Sehingga kamu harus lebih berhati-hati ketika menggunakannya.

Namun kamu tidak perlu khawatir, karena kamu bisa menggunakan perlindungan layar tempered glass agar lebih aman dari benturan dan goresan.

3. Tak Dilengkapi NFC

Near field communication (NFC) adalah teknologi yang disematkan pada smartphone dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari mengecek saldo uang elektronik maupun untuk saling berbagai ke sesama pengguna smartphone android menggunakan fitur android beam.

Tetapi fitur NFC tidak hadir pada smartphone redmi 6 ini. Teknologi NFC sendiri sangat banyak membantu disaat pembayaran apapun itu yang serba instan seperti sekarang.

Baca Juga:  Tafsirweb.com, Sarana Belajar Tafsir Alquran Terpercaya

4. Kapasitas Baterai Kurang Besar

Untuk smartphone keluaran terbaru ini di tahun 2018, kapasitas baterai xiaomi yakni redmi 6 terbilang kurang besar yakni hanya sebesar 3.000 mAh. Kapasitas baterai redmi 6 malah lebih kecil dibandingkan pendahulunya, redmi 5 yang berkapasitas 3.300 mAh.

Namun, jumlah kapasitas baterai redmi 6 masih cukup untuk penggunaan harian. Kamu juga masih bisa menggunakan power bank sebagai tenaga cadangan.

5. Port USB Terbilang Jadul

Pada tahun 2018, port microUSB sudah mulai ditinggalkan dan bisa dibilang sudah ketinggalan zaman jika kebanyakan smartphone yang rilis di tahun 2018 menggunakan teknologi port USB type C.

Redmi 6 masih setia dengan port microUSB. Sehingga untuk transfer data ataupun pengisian daya baterai tidak bisa begitu cepat.

Review Xiaomi Redmi 6

Review Xiaomi Redmi 6

Perlu diketahui bahwa berita akan peluncuran smartphone tersebut tentunya semakin memperjelas akan rumor yang sempet mencuat dimana ponsel cerdas buatan xiaomi ini sebenarnya sudah muncul dalam daftar.

Di sisi lain, meski xiaomi redmi 6 ini sudah resmi diperkenalkan dinegara asalnya cina, namun tampaknya smartphone kelas mid-range tersebut masih belum diketahui kapan akan diluncurkan di pasar global.

Desain Xiaomi Redmi 6

Berbicara soal spesifikasi xiaomi redmi 6, tampaknya tidak bisa lepas dari pokok bahasan topik mengenai sisi tampilan fisik maupun visualisasinya.

Pasalnya sektor ini merupakan segmen paling luar yang akan memberikan kesan pertama kepada setiap konsumen yang melihatnya.

Nah, guna memberikan daya tarik pada kesan awal tersebut, xiaomi redmi 6 pun akan hadir dengan bodi yang sangat modern yang mana dibangun dengan dimensi berukuran 147.5 x 71.5 x 8.3 mm berbobot 146 gram.

Baterai Xiaomi Redmi 6

Berkenaan dengan kamera, memang sektor ini menjadi fitur yang sangat cukup menarik perhatian. Bukan tanpa alasan mengingat sebagai salah satu sektor yang sangat penting sebagai sumber suplai daya, sektor ini tampaknya mendapat perhatian dari xiaomi.

Pasalnya, kali ini pihak produsen akan mengusung baterai handal dari jenis Li-Po (lithium polymer) yang mana memiliki keunggulan diatas Li-Ion. Bahkan, kapasitas daya baterai pda xiaomi redmi 6 ini pun juga terbilang cukup jumbo hingga 3000 mAh.

Hardware dan Software Xiaomi Redmi 6

Selain memiliki tampilan visual maupun bodi elegan, pada spesifikasi xiaomi redmi 6 ini pun juga memiliki sejumlah komponen mesin sistem operasi.

Bukan tanpa alasan meski menyandang sebagai perangkat kelas mid-range, pabrikan asal negeri panda tersebut memang dibekali jantung sistem operasi dan berkualitas.

Sebut saja seperti dengan bekalan chipset mediatek MT6762 helio p22 yang dinilai cukup handal untuk di jadikan berkolaborasi dengan prosesor octa core berkecepatan 2.0 Ghz.

Dengan begitu maka sudah dipastikan bahwa kinerja operasional xiaomi redmi 6 bakal semakin bersih dan bisa diandalkan.

Apalagi, sektor ruang sistem operasi pada ponsel cerdas ini sudah dibekali dengan dua pilihan ram berkapasitas 3Gb atau 4Gb. Dengan adanya kedua pilihan ram tersebut maka pengguna bisa memilih varian sesuai dengan kebutuhan guna menunjang aktivitas multitasking.

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar xiaomi redmi 6, yakni:

Apa Itu Xiaomi Redmi 6?

Prosesor Mediatek MT6762 Helio P22 Octa-core 2.0 GHz digunakan dalam Xiaomi Redmi 6. CPU kelas menengah Mediatek terbaru ini memberikan kinerja yang dapat diandalkan sekaligus lebih hemat daya. Bagaimana bisa sebaliknya? Teknik pembuatan chip mobile ini adalah 12 nanometer (nm).

Apakah Xiaomi Redmi 6 Memiliki Layar Gorilla Glass?

Xiaomi Redmi 6 yang memiliki layar jenis IPS LCD 5,45 inci dengan resolusi 720 x 1440 piksel ini tidak memiliki proteksi layar Gorilla Glass. Akibatnya, kamu harus lebih berhati-hati saat menggunakannya.

Berapa Kapasitas Penyimpanan Xiaomi Redmi 6?

Dari segi ruang penyimpanan, Xiaomi Redmi 6 memiliki jumlah yang cukup. Xiaomi menyediakan dua varian penyimpanan untuk Redmi 6, masing-masing dengan ukuran RAM yang berbeda: RAM 3 GB dan penyimpanan 32 GB, serta RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB.

Berapa Ram Xiaomi Redmi 6?

Singkatnya, karakteristik mesin Xiaomi Redmi 6 mencakup CPU Octa-ore 2.0 GHz dengan RAM 3/4 GB. Spesifikasi Xiaomi Redmi 6 mencakup layar 5,45 inci dan kamera belakang dengan resolusi ganda 12 + 5 MP.

Baca Juga:  Contoh Model Baju Pesta Terbaru 2020

BACA JUGA:

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 6
Spesifikasi dan Harga Xiomi Redmi Note 5 Pro
Kekurangan dan Kelebihan Xiaomi Redmi Note 5 Pro

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa kelebihan dan kekurangan xiaomi redmi 6 yakni kelebihan xiaomi redmi 6 dibanderol dengan harga mulai dari Rp 1 jutaan saja.

Smartphone ini masih memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk penggunaan sehari-hari. Kamera ganda dengan resolusi 12Mp, f/2.2 dengan phase detection autofocus (PDAF) dan 5Mp dengan depth sensor.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.