Begini Cara Mengambil Uang Tanpa Kartu ATM BNI

Infoyunik.com – Sobat unik apakah kamu sudah tahu bagaimana cara mengambil uang tanpa kartu ATM BNI? Ada banyak bank yang menyediakan layanan tarik tunai tanpa kartu di ATM. Nasabah bank BNI ini juga bisa memanfaatkan layanan ini, asalka kamu sudah tahu tata caranya.

Nah lalu bagaimana cara mengambil uang tanpa kartu ATM BNI? Menguntip dari buku Best Practice Humas oleh Krisyantono (2021).

Layanan ATM BNI ini memiliki berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan untuk transaksi, salah satunya yakni tarik tunai tanpa kartu. Untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Cara Mengambil Uang Tanpa Kartu ATM BNI

Berikut ini adalah beberapa cara mengambil uang tanpa kartu ATM BNI yang perlu kamu ketahui, antara lain yakni:

1. Tahap yang Pertama Aplikasi BNI Mobile Banking

  1. Buka Aplikasi BNI Mobile Banking.
  2. Klik mobile cash (Kanan bawah)
  3. Baca syarat dan ketentuan
  4. Setuju, klik lanjutkan.
  5. Pilih rekening sumber dana.
  6. Pilih nomor handphone tujuan yang akan melakukan penarikan tunai (Bisa diri sendiri atau orang lain).
  7. Masukkan jumlah nominal uang yang akan ditarik.
  8. Jika yang menarik uang tunai adalah orang lain, kamu perlu memasukkan nama dan nomor HP tujuan.
  9. Jangan lupa untuk mendaftar sebagai favorit.
  10. Validasi data penarikan tunai (Nomor rekening debit, nomor handphone dan nama penerima).
  11. Masukkan password transaksi.
  12. Akan ada kode transaksi yang dikirimkan ke nomor handphone kamu atau penerima. Kode transaksi tersebut untuk melakukan penarikan tunai di ATM. Kode transaksi hanya berlaku selama 2 jam.

2. Ke 2 Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM

Untuk langkah pertama yang di aplikasi harus sangat dilakukan. Kalau sudah sekarang kamu bisa melakukan ambil uang tanpa kartu di ATM BNI yang, yakni:

  1. Tekan tombol pintas (Tombol enter hijau) pada mesin ATM.
  2. Pilih menu kas keliling.
  3. Masukkan kode transaksi yang telah kamu peroleh pada tahap 1 di aplikasi BNI Mobile Banking.
  4. Klik lanjutkan.
  5. Masukkan kode otp yang dikirimkan ke nomor ponsel tujuan.
  6. Transaksi kas keliling berhasil.
  7. Kamu telah berhasil melakukan penarikan uang tanpa kartu ATM BNI.

Cara Aman Menggunakan BNI Internet Banking

Cara Aman Menggunakan BNI Internet Banking

Soal keamanan, BNI Internet Banking tidak perlu diragukan lagi. Situs BNI Internet Banking menggunakan standar keamanan internasional dengan sistem pengacakan informasi, sehingga data pribadi dan keuangan kamu dijamin aman.

Selain itu, rekening BNI Internet Banking kamu akan terblokir secara otomatis jika kamu salah memasukkan password sebanyak tiga kali. Hal ini untuk mencegah penggunaan rekening oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Meski begitu, bukan berarti tidak ada celah yang bisa dibobol oleh pelaku kejahatan. Pengguna internet banking juga menjadi sasaran empuk bagi korban penipuan transaksi yang dilakukan secara online.

Untuk menghindari kejahatan online yang kini marak terjadi, berikut ini adalah tips yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Periksa Situs BNI Internet Banking

Salah satu kejahatan online yang paling umum adalah phishing atau penipuan menggunakan situs palsu yang terlihat seperti situs resmi.

Oleh karena itu, jangan terkecoh dengan memastikan link URL yang kamu ketik sudah benar. Manfaatkan fitur bookmark untuk memudahkan kamu mengakses situs tersebut di lain waktu.

2. Scan Gadget dan Update Anti Virus Secara Berkala

Malware, virus, spyware dan program berbahaya lainnya dapat bersembunyi dan bahkan mencuri data di komputer kamu.

Untuk menjaga komputer kamu tetap bersih dari program-program berbahaya ini, pindai gadget kamu secara teratur menggunakan anti-virus yang diperbarui.

3. Hindai Mengakses File atau Situs yang Tidak Terjamin Keamanannya

Program-program yang berbahaya diatas juga bisa dapat melekat pada file yang kita unduh di jaringan internet. Oleh karena itu, sebaiknya kamu hindari mengakses apalagi mengunduh file atau program di situs yang tidak memiliki jaminan keamanan.

4. Jangan Gunakan Wi-Fi Umum

Tapi upayakan hanya mengakses situs-situs personal, termasuk BNI internet Banking dengan menggunakan jaringan internet pribadi.

5. Pastikan Log-Out Usai Transaksi

Jangan buru-buru menutup browser usai mengakses BNI internet Banking. Pastikan kamu telah melakukan log-out terlebih dahulu agar informasi personal kamu tidak bisa diakses orang lain.

6. Jaga Kerahasiaan Password BNI Internet Banking

Jangan memberitahukan password BNI internet Banking, sekalipun pada keluarga atau orang terdekat. Selanjutnya lakukan perubahan password yang secara berkala, setidaknya ada tiga sampai enam bulan sekali.

7. Gunakan Fasilitas Keyboard Virtual

Penjahat online dapat “Membaca” password dengan menggunakan perangkat lunak yang dapat merekam penekanan tombol keyboard.

Itu sebabnya hampir semua situs internet banking dilengkapi dengan fasilitas keyboard virtual sehingga data yang diketik tidak terlacak. Manfaatkan fitur ini saat memasukkan password untuk meningkatkan keamanan.

Aktivasi BNI Internet Banking

Aktivasi BNI Internet Banking

Kamu juga harus mengaktivasi internet Banking dengan tahapan-tahapan sebagai berikut ini:

  1. Akses website BNI internet Banking melalui website resmi BNI, pilih menu “E-Banking” dan klik tombol “Personal login”.
  2. Klik link aktivasi “Silakan klik di sini untuk aktivasi pendaftaran BNI internet Banking”.
  3. Masukkan karakter kode aplikasi BNI internet Banking yang tertera pada struk ATM, kode captcha dan enam digit pin registrasi BNI Internet Banking kamu sebelumnya.
  4. Kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi dengan memasukkan one-time password (Otp) yang dikirimkan oleh sistem melalui sms ke nomor handphone kamu.
  5. Buat dan masukkan password yang akan digunakan untuk mengakses BNI Internet Banking. Masukkan password sebanyak dua kali sebagai konfirmasi.
  6. Selanjutnya, sistem akan menampilkan user id, data rekening, nomor handphone dan alamat email yang tercatat di BNI. Jika data sudah sesuai, kamu dapat menekan tombol “Proses” dan akun BNI Internet Banking kamu berhasil diaktifkan dan dapat digunakan. Sedangkan jika terdapat data yang tidak sesuai, kamu harus segera mengubah data tersebut melalui menu pada BNI Internet Banking.
Baca Juga:  Apa itu Dana Premium? Cara Upgrade dan Kelebihannya

Kelebihan BNI Mobile Banking

Kelebihan BNI Mobile Banking

Nah berikut ini adalah kelebihan dari BNI Mobile Banking yang perlu kamu ketahui, antara lain yakni:

1. Cepat dan Gampang Digunakan

Keunggukan m-Banking BNI ini sangatlah simpel dan cara menggunakannya tinggal login pakai user ID dan mPin ini begitu kamu masuk langsung terlihat menu-menu yang siap ditransaksikan.

Kamu hanya perlu memilih dan klik menu sesuai kebutuhan. Setelah kamu yakin ingin memproses untuk langkah selanjutnya memasukkan password transaksi dan tidak butuh yang lama mungkin kurang dari lima menit bisa berhasil.

2. Aplikasi Terjamin Aman

Meski tanpa token BNI Mobile Banking ini dipastikan akan aman. Selain registrasi dan aktivasi, syarat penginstalan dan login ini sangatlah ketat, antara lain:

  • Satu akun untuk satu perangkat.
  • Ponsel yang di-root tidak bisa masuk.
  • Ponsel harus memiliki kartu sim m-banking terdaftar yang dimasukkan.
  • Pengguna ponsel sim ganda tidak boleh bertukar posisi kartu.
  • Pergantian telepon memerlukan aktivasi ulang.
  • Setelah semua persyaratan di atas terpenuhi, login memerlukan User id dan mpin yang benar.
  • Setelah masuk, kamu harus memasukkan Kata Sandi Transaksi kamu setiap kali kamu ingin melakukan transaksi.

3. Gratis Biaya Administrasi

Keunggulan BNI Mobile Banking berikutnya adalah tidak ada biaya tambahan. Mau diaktifkan atau tidak, biaya admin (pengelolaan rekening) per bulan tetap sama.

Demikian juga selama penggunaan: gratis. Bahkan jika kamu melakukan beberapa kali transaksi dalam sehari, kamu tidak akan dikenakan biaya. Itu sudah lebih dari cukup dibandingkan harus bolak-balik ke ATM atau bank.

4. Tidak Butuh Pulsa, Hanya Kuota Data

Mengaktifkannya gratis akan tetapi, media yang digunakan membutuhkan biaya. Namun, aplikasi m-banking BNI bekerja pada jaringan internet.

Koneksinya yang harus dibayar. Tapi jangan khawatir, tidak “Memakan” pulsa kamu. Kuota data tidak harus dari kartu SIM yang terdaftar. Bisa melalui wifi. Jadi, pelanggan bisa mengakalinya dengan membeli paket internet murah.

5. Bisa Dipakai di Luar Negeri

Salah satu keuntungan transaksi menggunakan gadget adalah bisa dilakukan di mana saja. Baik di rumah, di jalan dan lain-lain, selama jaringan tersedia. Waktunya bisa 24 jam. Siang, malam atau hari libur tidak masalah.

Tidak terbatas pada wilayah Indonesia. Aplikasi BNI Mobile Banking bahkan bisa digunakan di luar. Buktinya saat aktivasi, ada pilihan negara lain. Artinya sudah disiapkan jika nasabah ingin menggunakannya di sana.

6. Transaksi Banyak dan Makin Lengkap

Hampir semua transaksi bisa dilakukan dengan m-banking BNI. Baik finansial maupun non finansial. Apalagi cek saldo dan transfer. Buat debit online untuk membayar belanja di marketplace dengan mudah juga tersedia.

Fitur terbaru, BNI Mobile bisa transfer tanpa memasukkan nomor rekening tujuan. Sebagai gantinya, cukup scan atau upload QR code. Banyak juga yang menggunakan tarik tunai di ATM tanpa kartu.

Kekurangan Mobile Banking BNI

Kekurangan Mobile Banking BNI

Setelah ada kelebihan dan pastinya akan ada beberapa kekurangan, berikut ini adalah kekurangan dari mobile banking BNI yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Butuh Jaringan Internet

Aplikasi ini berjalan pada koneksi internet yang merupakan keuntungan. Biayanya bisa lebih murah dibandingkan SMS banking atau SMS notifikasi. Seperti yang kita ketahui, harga kuota data tidak semahal pulsa biasa.

Sayangnya, jaringan internet tidak merata. Di daerah tertentu tidak ada. Dan pastikan di lokasi kamu sendiri dalam kondisi normal cukup cepat. Tapi kalau hujan, jadi lambat. Kalau listrik padam, koneksi terputus total.

2. Satu Akun Satu Device

Pengguna internet banking pasti paham soal ini. Mereka bebas login lintas gadget. Baik smartphone, tablet ataupun laptop atau desktop. Paling penting jangan satu akun dalam waktu bersamaan.

Kekurangannya, BNI Mobile Banking tidak begitu. Nasabah hanya bisa login pada aplikasi yang sudah diaktivasi. Mengaktivasi ponsel baru memang bisa. Akan tetapi pada hp sebelumnya jadi logout otomatis.

3. Ganti Nomor Harus Registrasi Lagi

Meski berjalan dengan koneksi internet, keberadaan nomor handphone untuk BNI Mobile Banking tetap penting. Harus dipasang di slot yang sama seperti saat aktivasi. Jika tidak, transaksi akan gagal.

Baca Juga:  Begini Cara Tarik Tunai LinkAja di Indomaret

Bagaimana jika nomor yang didaftarkan hilang atau berganti? kamu harus mendaftarkan kartu baru kamu. Kamu dapat melakukannya melalui ATM atau mengunjungi kantor cabang bank. Silakan klik tautan untuk menyelesaikan masalah ini.

4. Ganti Handphone Perlu Aktivasi Ulang

Bagaimana jika kamu tetap mempertahankan nomor kamu tetapi mengganti Hp kamu? Jika kamu membaca penjelasan di atas dengan seksama, kamu akan tahu jawabannya.

Yakni, instalasi aplikasi BNI Mobile Banking di ponsel lain harus diaktifkan terlebih dahulu. Untungnya, tidak perlu ke bank. kamu bisa melakukannya sendiri di rumah.

Hanya saja, cara ini berlaku jika sistem operasi ponsel lama dan baru sama. Jika Android ke iPhone atau sebaliknya, kamu harus melapor ke bank. Tujuannya untuk mereset ulang pengenalan SIM-card di slot ponsel.

Tutorial Video Cara Mengambil Uang Tanpa Kartu ATM BNI

Source YT BAGAS TUTORIAL

Tanya Jawab

Berikut ini adalah tanya jawab seputar cara mengambil uang tanpa kartu ATM BNI, yakni:

Apakah Bisa Tarik Tunai di Teller BNI?

Operasional teller termasuk penarikan tunai, setoran tunai dan pemindahbukuan tersedia di Kantor Cabang BNI. Setelah penarikan, saldo minimum rekening adalah Rp 20.000. Kecuali jika nasabah ingin membatalkan rekening, jumlah minimum penarikan di Teller adalah Rp 100.000.

Apakah Saldo BNI 50 Ribu Bisa Diambil?

Perhatikan denominasi uang yang dapat diakses di mesin ATM. ATM BNI biasanya menyediakan pecahan uang Rp20.000,-, Rp50.000 dan Rp100.000. Jika kamu ingin menarik uang dari ATM dengan pecahan Rp100.000, kamu hanya boleh menarik Rp50.000.

Apakah Uang di ATM Bisa Hangus?

Jika jumlah minimum bank secara konsisten tertinggal di ATM, sisa dana akan hilang dan dilarang jika klien tidak aktif.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa cara mengambil uang tanpa kartu ATM BNI intinya jangan pernah sekali-kali memberikan user id, mpin dan password transaksi kamu kepada siapapun termasuk petugas-petugas Bank.

Kamu juga bisa membaca beberapa artikel lainnya pada web kita, ada banyak kategori bacaan seperti Daftar Harga, Review, Info Unik, Tips, Teknologi, dll, yuk kunjungi website InfoYunik dan temukan informasi yang kamu butuhkan.