Tiga Doa Nabi Daud yang Penting Bagi Kehidupan

Nabi Daud merupakan salah satu yang diperintahkan untuk memperingatkan kaum Bani  Israil agar kembali ke jalan Allah. Akan tetapi setiap tugas yang diemban tentu memiliki kesulitan tersendiri dan Nabi Daud juga mengalaminya.

Akan tetapi, Allah SWT Maha Baik terhadap hamba-Nya. Untuk memudahkan dakwah yang dilakukan nabi Daud, maka Allah memberikannya beberapa mukjizat kepada beliau. Di antaranya adalah memiliki suara yang merdu, bisa melenturkan besi.

Namun Nabi Daud tidak pernah lupa untuk berdoa kepada Alllah. Beliau kerap berdoa terkait kehidupan yang kemudian banyak dicari oleh manusia pada masa sekarang ini. Lantas doa apa sajakah yang dimaksud? Berikut informasi selengkapnya.

1. Doa Nabi Daud Agar Suara Merdu
Doa pertama yang sering diucapkan oleh Nabi Daud adalah agar memiliki suara yang merdu. Untuk kita yang ingin memiliki keinginan tersebut bisa mengamalkan doa yang sering dibaca oleh nabi Daud tersebut. Doa ini sendiri berbunyi:

“Allaahumma inni as-aluka shautan khofiifan hasanan qawiyyan ka shauti Nabiyyina Daawuda ‘alaihi salaam”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku minta kepada-Mu suara yang ringan, bagus dan kuat seperti Nabi Daud As.”

Cara mengamalkannya adalah dengan membacanya setiap hari, tiga kali di depan segelas air. Lalu selanjutnya minumlah air tersebut maka air yang telah didoakan tadi akan member energi positif kepada pita suara kita. Akan tetapi, satu hal yang perlu diingat adalah gunakan suara yang merdu itu untuk melakukan hal yang sesuai perintah Allah dan bukannya untuk sebuah tindakan kemungkaran.

2.  Doa Nabi Daud untuk Melunakkan Hati Seseorang
Selain memiliki suara yang merdu, nabi Daud juga memiliki mukjizat untuk melenturkan besi. Untuk mendapatkan keberkahan ini, beliau senantiasa berdoa kepada Allah. Namun untuk kita manusia biasa, bisa mengambil karomah dari doa ini agar dapat melunakkan atau melembutkan hati seseorang. Adapun bacaan doanya adalah sebagai berikut:

“Allahumma laiyinli qalbahu, laiyinta li Daudal hadid”

Artinya: “Ya Allah, lembutkanlah hatinya sebagaimana Kamu melembutkan Daud (akan) besi”

Doa ini bisa diamalkan ketika kita sedang berhadapan dengan orang yang keras hati dan sangat sulit untuk dinasihati. Seperti pasangan yang suka mengajak berdebat dan tidak mau kalah atau anak yang mulai membangkang perintah orangtua.

3. Doa Nabi Daud Agar Cepat Dapat Jodoh

Doa terakhir yang sering diucapkan nabi Daud adalah yang terkait dengan jodoh. Perkara ini sudahlah pasti menjadi hal yang sering dicari oleh manusia zaman sekarang. Doa ini ternyata sangat mustajab bagi mereka yang ingin menikah namun belum mendapatkan jodoh. Lafadz doa tersebut tercantum dalam HR. Tirmidzi 3412.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu cinta-Mu, dan cinta orang-orang yang mencintai-Mu, dan aku memohon kepada-Mu, perbuatan yang dapat mengantarkan aku kepada cinta-Mu. Ya Allah, jadikanlah cinta-Mu lebih aku cintai dari pada diriku, keluargaku, serta air dingin.”

Doa ini bisa dibaca ketika kita selesai melaksanakan shalat fardhu dan juga shalat hajat. Jangan lupa berdoanya dengan bertawakal atau berserah diri kepada Allah SWT dengan ikhlas dan sungguh-sungguh agar doa tersebut terkabulkan.

Demikianlah informasi mengenai tiga doa Nabi Daud yang penting bagi kehidupan. Nabi dan Rasul memang menjadi tauladan yang baik bagi umatnya. Semoga kita termasuk dalam hamba yang doanya diijabah oleh Allah SWT.
Loading...

Artikel Menarik Lainnya

Tag : Doa, Islam
0 Komentar untuk "Tiga Doa Nabi Daud yang Penting Bagi Kehidupan"

Back To Top